Logo Bee Web

Investasi Jangka Pendek: Manfaat, Jenis & Tips Memulainya

Ingin hasil investasi lebih cepat? Keuntungan dalam hitungan bulan? Investasi jangka pendek adalah jawabannya! Cari di artikel berikut ini.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 26 August 2023

Investasi secara sederhana dibedakan menjadi dua jenis yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Dalam kesempatan ini akan membahas mengenai apa itu investasi dalam jangka pendek secara mendalam.

Saat ini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya mengelola keuangan dengan bijak dan memanfaatkan peluang investasi untuk meraih keuntungan.

Nah, untuk Anda yang belum begitu mengenal apa itu investasi jangka pendek, jangan khawatir, karena kami akan membahasnya secara lengkap dan mudah dipahami. Mari kita mulai!

Apa itu Investasi Jangka Pendek?

Contoh Invetasi

Ilustrasi investasi dengan menggunakan reksadana pasar uang (Credit: Freepik.com)

Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang memiliki jangka waktu relatif singkat, biasanya kurang dari satu tahun. Tujuan dari investasi ini adalah untuk mendapatkan keuntungan secepat mungkin dengan risiko yang relatif rendah.

Investasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merencanakan keuangan dalam jangka pendek dan menghindari fluktuasi pasar yang tinggi.

Baca Juga: Mengenal Investasi Jangka Panjang Kunci Bisnis Berkelanjutan

Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek

Ada beberapa jenis investasi jangka pendek yang populer dan layak dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Deposito Bank

Deposito bank adalah simpanan berjangka di bank dengan jangka waktu tertentu. Anda menyetor sejumlah uang ke bank, dan bank akan memberikan bunga sebagai imbalan atas simpanan Anda. Deposito bank umumnya menawarkan tingkat bunga yang stabil dan risiko yang rendah.

2. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka mirip dengan deposito, namun tidak memiliki jangka waktu yang ketat. Anda tetap menyetor uang dalam tabungan berjangka, dan bank memberikan bunga dengan tingkat yang mungkin berubah sesuai kebijakan bank.

3. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan kumpulan dana dari berbagai investor yang dikelola oleh manajer investasi. Dana tersebut diinvestasikan pada instrumen pasar uang seperti deposito, surat berharga pasar uang, dan obligasi jangka pendek.

4. Surat Berharga Negara (SBN)

SBN adalah instrumen utang yang diterbitkan oleh pemerintah. SBN biasanya memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun dan dianggap sebagai investasi yang cukup aman karena didukung oleh negara.

5. Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah. Obligasi jangka pendek memiliki tenor singkat dan memberikan bunga secara berkala kepada pemegang obligasi.

6. Saham

Meskipun saham lebih dikenal sebagai investasi jangka panjang, tetapi ada juga saham-saham dengan pergerakan harga yang cepat dan cocok untuk investasi jangka pendek. Jenis saham ini biasanya memiliki likuiditas tinggi dan terdapat peluang mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat.

7. Kripto

Kripto, seperti Bitcoin dan Ethereum, telah menjadi pilihan investasi alternatif bagi banyak orang. Harganya yang volatil membuatnya menarik bagi para investor jangka pendek yang berani mengambil resiko.

Keuntungan Investasi Jangka Pendek

Investasi ini memiliki beberapa keuntungan yang patut Anda pertimbangkan sebelum memulai perjalanan investasi Anda:

1. Modal yang Dibutuhkan Relatif Kecil

Investasi jangka pendek umumnya tidak memerlukan modal besar. Beberapa produk, seperti deposito atau tabungan berjangka, dapat dimulai dengan nominal yang terjangkau.

2. Risiko yang Relatif Rendah

Dalam investasi jangka pendek, risiko cenderung lebih rendah dibandingkan investasi jangka panjang. Anda tidak perlu terlalu lama menunggu untuk melihat hasil investasi Anda.

3. Keuntungan yang Bisa Didapatkan Lebih Cepat

Salah satu keunggulan investasi jangka pendek adalah potensi untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat. Bunga atau keuntungan dari investasi seringkali dibayarkan secara periodik, sehingga Anda bisa merasakan hasilnya lebih cepat.

Risiko Investasi Jangka Pendek

Apa Itu Resiko Usaha

Salah satu kelemahan dari investasi dalam jangka waktu pendek adalah turunnya nilai investasi (Credit: Freepik)

Namun, investasi jangka pendek juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai. Beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi antara lain:

1. Nilai Investasi Bisa Turun

Seperti halnya dengan investasi apa pun, nilai investasi jangka pendek juga bisa mengalami penurunan. Fluktuasi pasar dapat menyebabkan nilai investasi Anda menurun dari waktu ke waktu.

2. Investor Bisa Kehilangan Uang

Tidak ada investasi yang 100% aman, termasuk investasi jangka pendek. Ada risiko bahwa Anda bisa kehilangan sebagian atau seluruh modal yang Anda investasikan.

3. Investor Harus Bisa Mengambil Keputusan yang Cepat

Investasi pendek seringkali mengharuskan investor untuk mengambil keputusan dalam waktu singkat. Ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang pasar dan kesediaan untuk mengambil risiko.

Baca Juga: Liabilitas Jangka Pendek: Kelebihan dan Cara Analisisnya

Cara Memulai Investasi Jangka Pendek

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi jangka pendek, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Tentukan apa yang ingin Anda capai dari investasi jangka pendek Anda. Apakah Anda ingin membeli barang tertentu, menyiapkan dana darurat, atau merencanakan liburan? Tujuan yang jelas akan membantu Anda memilih jenis investasi yang sesuai.

2. Pahami Karakteristik dan Risiko Masing-masing Jenis Investasi

Pelajari dengan seksama karakteristik dan risiko dari setiap jenis investasi pendek yang telah disebutkan sebelumnya. Pahami bagaimana mekanisme investasi tersebut bekerja dan bagaimana potensi keuntungannya.

3. Pilih Jenis Investasi yang Sesuai dengan Profil Risiko Anda

Setiap orang memiliki profil risiko yang berbeda. Beberapa lebih toleran terhadap risiko, sementara yang lain lebih konservatif. Pilih jenis investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda agar Anda merasa nyaman dalam menghadapi fluktuasi pasar.

4. Lakukan Riset Sebelum Berinvestasi

Jangan pernah berinvestasi secara impulsif. Lakukan riset mendalam tentang produk investasi yang Anda pilih. Perhatikan kinerja masa lalu, prospek masa depan, dan kebijakan pengelolaan investasinya.

5. Diversifikasikan Portofolio Investasi Anda

Agar mengurangi risiko, sebaiknya diversifikasikan portofolio investasi Anda. Jangan hanya mengandalkan satu jenis investasi saja. Sebisa mungkin, alokasikan dana Anda pada beberapa jenis investasi yang berbeda.

Tips Memilih Investasi Jangka Pendek

Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih investasi pendek yang tepat:

1. Buat Rencana Investasi yang Jelas

Buat rencana investasi yang terperinci, termasuk tujuan, jumlah dana yang akan diinvestasikan, jenis investasi yang dipilih, dan jangka waktu investasi.

2. Disiplin dalam Berinvestasi

Jangan tergoda untuk mengambil dana investasi Anda sebelum jangka waktu berakhir, kecuali dalam keadaan darurat. Tetaplah konsisten dengan rencana investasi Anda.

3. Jangan Mudah Tergiur oleh Iming-iming Keuntungan Besar

Hindari investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat tanpa risiko. Ingatlah pepatah yang mengatakan, "Tidak ada makan siang gratis di dunia ini."

4. Pelajari Pasar secara Berkala

Ikuti perkembangan pasar dan berita ekonomi terkini secara berkala. Informasi ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan investasi yang lebih baik.

5. Jangan Panik saat Terjadi Penurunan Harga Pasar

Fluktuasi pasar adalah hal yang wajar. Jangan panik dan jual investasi Anda saat terjadi penurunan harga. Pertimbangkan situasi secara menyeluruh sebelum mengambil tindakan.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai investasi jangka pendek. Investasi ini dapat menjadi instrumen yang menguntungkan jika dijalankan dengan bijaksana. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan profil risiko dan tujuan keuangan Anda sebelum berinvestasi.

Lakukan analisa terlebih dahulu dengan melihat laporan keuangan bisnis. Laporan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan menggunakan sofware akuntansi online Beecloud. Dimana Beecloud akan merangkum dari pencatatan penjualan dan pembelian yang terjadi pada bisnis Anda dan menyajikannya menjadi laporan akuntansi lengkap dan mudah dianalisa.

Selain itu, Beecloud juga mudahkan Anda dalam mengelola kontrol stok barang, hingga kasir. Bisa di akses dimana saja dan kapan saja. Dapatkan gratis trial dan konsultasi bisnis sederhana klik banner di bawah ini. Terbatas hanya untuk pengguna pertama!

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana untuk mengelola keuangan dengan lebih pintar. Selamat berinvestasi dan semoga sukses!

5 Contoh Surat Penerimaan Barang dan Cara Membuatnya
Apakah Anda sedang mencari contoh surat penerimaan barang yang lengkap dan ingin mempelajari cara membuatnya? Surat penerimaan barang, juga dikenal
Baca Juga
Pengertian Sustainable Business, Contoh dan Konsepnya
Bisnis berkelanjutan atau sustainable business bukan hanya sekadar tren, melainkan sebuah pendekatan holistik yang menekankan pada pertanggungjawaban sosial dan lingkungan,
Baca Juga
6 Langkah Praktis Memulai Bisnis untuk Pemula
Bagi banyak orang, memulai bisnis untuk pemula bisa terasa sangat menakutkan dan mengintimidasi. Namun, dengan adanya pandemi global yang mengubah
Baca Juga
Mau Investasi Sukses? Pahami Rumus Payback Period Berikut!
Rumus payback period adalah sebagai salah satu metode evaluasi yang penting dalam dunia keuangan dan investasi, memberikan gambaran yang signifikan
Baca Juga
Cost Center Adalah: Pengertian, Contoh dan Cara Kerjanya
Dalam era bisnis yang kompetitif dan terus berkembang, manajemen keuangan yang cerdas dan terstruktur menjadi kunci keberhasilan suatu perusahaan. Cost
Baca Juga
10 Kerja Sampingan Online Mudah dan Bisa Lewat HP
Kerja sampingan online menjadi pilihan banyak orang untuk menambah penghasilan. Selain fleksibel, kerja sampingan online juga bisa dilakukan di mana
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu