🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Berakhir Hari Ini
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Katalog dalam Pemasaran: Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Yuk, mengenal brosur/ katalog dalam pemasaran mulai dari pengertian, ciri-ciri, manfaat sampai contohnya lengkap dalam artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Dalam dunia pemasaran, katalog adalah alat yang efektif dalam mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Katalog berisi informasi detail tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Termasuk harga, deskripsi, dan gambar produk. Selain itu, katalog/ brosur juga bisa didesain dengan menarik agar memikat perhatian konsumen.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian , ciri-ciri, manfaat, dan contoh dalam pemasaran. Dengan memahami hal-hal tersebut, diharapkan perusahaan dapat memanfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Pengertian Katalog

Katalog Online Shop

Ilustrasi Potret Katalog di Online Shop Tokopedia (Sumber: Bee.id)

Dalam konteks pemasaran, katalog adalah sebuah dokumen atau publikasi yang berisi daftar produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau merek. Brosur biasanya mencantumkan gambar, deskripsi, spesifikasi, dan harga produk atau layanan yang dijual.

Brosur dapat dibuat dalam bentuk cetak atau digital (online), dan biasanya digunakan sebagai alat promosi dan penjualan untuk menarik perhatian konsumen dan memudahkan mereka dalam memilih produk atau layanan yang diinginkan.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

Ciri-Ciri Katalog

Sebagai salah satu alat pemasaran, katalog memiliki ciri-ciri yang membuatnya berbeda dengan alat pemasaran lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri katalog pemasaran:

1. Memiliki Daftar Produk atau Layanan

Katalog pemasaran biasanya mencantumkan daftar produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau merek.

Dengan memiliki daftar produk, bisa membantu konsumen untuk membandingkan produk atau layanan dengan mudah dan memilih produk atau layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka

2. Mengandung Informasi Detail Produk atau Layanan

Brosur pemasaran umumnya mencantumkan informasi detail tentang produk atau layanan yang ditawarkan, termasuk deskripsi produk, spesifikasi, dan harga.

Dengan informasi yang detail, konsumen dapat memahami fitur dan manfaat dari produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau merek, sehingga dapat membantu mereka membuat keputusan pembelian yang lebih tepat.

3. Didesain dengan Estetika yang Menarik

Brosur pemasaran biasanya didesain dengan estetika yang menarik, termasuk tata letak yang menarik, font yang mudah dibaca, dan gambar produk yang menarik.

Katalog yang dirancang dengan baik dapat memberikan kesan profesional dan dapat meningkatkan citra merek atau perusahaan.

4. Menarik Perhatian dan Memikat Konsumen

Brosur pemasaran biasanya dirancang untuk menarik perhatian konsumen dan memikat mereka untuk melihat produk atau layanan yang ditawarkan.

5. Memiliki Target Pasar yang Jelas

Brosur pemasaran biasanya ditargetkan untuk segmen pasar tertentu, yang berarti katalog tersebut didesain untuk menarik perhatian calon konsumen yang memiliki kebutuhan atau preferensi tertentu.

Baca Juga: Pentingnya Tujuan Promosi dan Bentuk-bentuk Promosi

6. Tersedia dalam Berbagai Format

Brosur pemasaran dapat tersedia dalam berbagai format, seperti cetak atau digital, dan dapat diakses melalui berbagai saluran, seperti media sosial atau situs web perusahaan.

Manfaat Katalog dalam Marketing

Ilustrasi Pemilik Online Shop

Dengan Foto Produk yang Menarik Maka Potemsi untuk Dilirik Konsumen Semakin Tinggi yang Berimbas Pada Peningkatan Penjualan (Credit: Freepik.com)

Brosur dapat menjadi alat pemasaran yang efektif untuk perusahaan atau merek dalam menjangkau konsumen baru dan meningkatkan penjualan produk atau layanan yang mereka tawarkan, manfaat lebih jelasnya sebagai berikut:

1. Menarik Perhatian Konsumen

Dengan adanya Brosuryang dirancang dengan estetika yang menarik, konsumen akan lebih tertarik untuk membaca dan mengetahui lebih jauh tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Katalog yang menarik juga dapat membuat konsumen merasa bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik dan dapat dipercaya. Hal ini dapat memperkuat citra merek perusahaan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Memberikan Informasi Lengkap

Dalam Brosur, perusahaan dapat menyajikan informasi secara detail tentang spesifikasi, fitur, keunggulan, manfaat, harga, dan lain-lain dari setiap produk atau layanan yang ditawarkan. Informasi ini dapat membantu konsumen untuk membuat keputusan pembelian yang tepat dan memuaskan.

3. Membantu Konsumen dalam Memilih Produk

Perusahaan dapat menyajikan daftar produk atau layanan yang lengkap dan terstruktur dengan baik, sehingga memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Selain itu, dengan menyertakan informasi yang lengkap dan jelas pada setiap produk atau layanan yang ditawarkan, katalog dapat membantu konsumen membandingkan produk atau layanan yang satu dengan yang lainnya.

4. Mendorong Konsumen untuk Membeli Produk

Perusahaan dapat menampilkan gambar produk atau layanan yang menarik dan informasi yang lengkap tentang produk atau layanan tersebut. Hal ini dapat memicu minat konsumen dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Selain itu, katalog juga dapat menyertakan tawaran khusus, diskon, atau promo yang dapat meningkatkan daya tarik produk atau layanan dan mendorong konsumen untuk segera melakukan pembelian.

Terutama untuk produk yang dipasarkan melalui e-commerce atau media sosial. Sebeb, konsumen hanya bisa melihat dari foto katalog yang dipasang oleh penjual. Anda perlu melakukan optimasi katalog, menentukan mana produk yang paling laris mana yang perlu evaluasi, salah satunya evaluasi dalam hal foto katalognya.

Bagaimana caranya mengetahui produk yang terlaris di e-commerce? Caranya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud. Anda hanya tinggal menyalin transaksi dan menginportnya di Beecloud dan secara realtime Anda akan tahu mana produk yang llarus dan mana yang kurang.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Beecloud untuk mengelola keuangan bisnis dengan fiturnya yang lengkap dari pengaturan stok, pembuatan laporan laba rugi sampai akuntansi secara otomatis.Thumbnailvid Aplikasi Pembukuan Online Shop

Jenis-Jenis dan Contoh Katalog

Berikut jenis-jenis katalog sesuai dengan kategorinya:

1. Katalog Produk

Sebagai salah satu alat pemasaran, katalog produk memegang peranan penting dalam membantu perusahaan mempromosikan produk dan layanan mereka. Katalog ini berfungsi sebagai media informasi bagi konsumen dalam memilih produk yang ingin mereka beli.

Berikut adalah beberapa contoh katalog produk yang sering digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka:

a. Contoh Katalog Produk Supermarket

Katalog ini mencantumkan berbagai macam produk seperti makanan, minuman, produk perawatan pribadi, produk kebersihan rumah tangga, dan produk-produk sejenis lainnya yang biasanya dijual di supermarket.

Contoh Katalog Produk

Contoh Brosur Supermarket (Credit: images.promoproduk.id)

b. Contoh Katalog Produk Toko Pakaian

Brosur ini mencantumkan berbagai macam pakaian seperti baju, celana, rok, jaket, dan aksesoris lainnya yang biasanya dijual di toko pakaian.

Contoh Brosur Produk Fashion (Credit: templateupdates.com)

c. Contoh Katalog Produk Toko Elektronik

Katalog Produk

Brosur produk produk digital (Credit: promoproduk.id)

Katalog ini mencantumkan berbagai macam produk elektronik seperti telepon genggam, televisi, laptop, komputer, kamera, dan aksesoris elektronik lainnya yang biasanya dijual di toko elektronik.

2. Katalog Perlengkapan Usaha

Katalog perlengkapan usaha biasanya berisi tentang daftar produk yang dibutuhkan oleh sebuah usaha untuk menjalankan operasional sehari-hari. Dalam katalog ini, biasanya terdapat berbagai jenis produk seperti alat tulis kantor, peralatan komputer, furnitur, hingga perlengkapan kebersihan.

Berikut adalah contoh katalog perlengkapan usaha:

a. Contoh Brosur Perlengkapan untuk Kantor

Katalog ini mencantumkan berbagai macam barang persediaan seperti kertas, alat tulis, pensil, penghapus, dan produk-produk sejenis lainnya yang biasanya digunakan di kantor.

Katalog

Ilustrasi Brosur Produk Perlengkapan Kantor (Sumber: asset-a.grid.id)

b. Contoh Brosur Perlengkapan untuk Restoran

Brosur ini mencantumkan berbagai macam barang persediaan seperti kertas laminasi, tisu, piring, sendok, garpu, dan produk-produk sejenis lainnya yang biasanya digunakan di restoran.

Katalog Peratan Dapur

Contoh Brosur Peratan Dapur (Sumber: www.mrkitchen.co.id)

c. Contoh Katalog Perlengkapan untuk Salon Kecantikan

Brosur ini mencantumkan berbagai macam barang persediaan seperti sabun cuci wajah, shampo, pewarna rambut, krim kecantikan, dan produk-produk sejenis lainnya yang biasanya digunakan di salon kecantikan.

Katalog Produk Salon

Contoh Brosur Produk Salon (Credit: pasarbarubandung.files.wordpress.com)

3. Katalog Layanan

Jenis ini berisi daftar layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Katalog ini biasanya berisi deskripsi layanan, harga, dan kualifikasi teknis atau sertifikasi yang dimiliki oleh perusahaan. Berikut contoh katalog layanan:

a. Contoh Brosur Layanan Jasa Pengiriman

Brosur ini berisi tentang daftar layanan yang ditawarkan oleh perusahaan jasa pengiriman, seperti pengiriman dalam kota, pengiriman antar kota, pengiriman luar negeri, pengiriman barang berat, dan lain-lain.

Jasa Pengiriman

Brosur Jasa Pengiriman (Kredit: lionparcelsemarang.com)

b. Contoh Katalog Jasa Konstruksi

Katalog ini berisi tentang daftar layanan yang ditawarkan oleh perusahaan konstruksi, seperti konstruksi gedung, konstruksi jalan, konstruksi jembatan, dan lain-lain.

Katalog Jasa Renov Rumah

c. Contoh Katalog Layanan Asuransi

Katalog ini berisi tentang daftar layanan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, seperti asuransi kendaraan, asuransi rumah, asuransi kesehatan, dan lain-lain. Contohnya, Allianz.

Asuransi Jiwa

Sekian deretan informasi mengenai katalog, mulai dari pengertian, manfaat, sampai contohnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dia artikel berikutnya

Artikel Terkait

Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana dan Contohnya
Buat Anda pelaku bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan penjualan harian. Laporan penjualan ini memiliki peranan penting untuk
Baca Juga
Pembukuan UMKM Masih Dianggap Sepele, Bahaya Bisa Bangkrut!
Pembukuan UMKM akan membantu pelaku usaha mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian selama satu kali periode tertentu. Oleh karena itu, pembukuan
Baca Juga
12 Franchise Makanan untuk Pemula Modal Kecil
Ada Franchise makanan kekinian dapat menjadi pilihan yang menarik bagi seseorang yang ingin memulai bisnis makanan namun tidak memiliki pengalaman
Baca Juga
Pangsa Pasar adalah: Jenis, Rumus, hingga Contoh
Salah satu cara agar Anda bisa melakukan perbandingan penjualan dengan beberapa kompetitor, pangsa pasar adalah jawabannya. Tidak hanya salesperson, para
Baca Juga
10 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Kasir Angkringan
Angkringan merupakan salah satu bisnis modal minim. Jika pengelolaannya dibantu dengan aplikasi kasir angkringan, maka bisnis akan mudah berkembang. Karena
Baca Juga
Faktur Adalah, Fungsi dan Perbedaan dengan Kuitansi atau Nota
Anda mungkin pernah mendengar istilah 'faktur' sebelumnya, tetapi apakah Anda tahu apa itu? Faktur penjualan adalah dokumen penting dalam bisnis,
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Monday, 25 December 2023
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu