🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa itu Afiliasi? Kesalahan Awam dan Cara Menyebarkan

Sering gagal saat menjadi afiliator? Di artikel ini dibahas apa itu afiliasi dan cara menjadi affiliate marketing yang handal
Penulis: Al Faris
Dipublish Tgl: Saturday, 11 March 2023

Anda mungkin pernah mendengar istilah apa itu afiliasi dan mungkin bertanya-tanya apa arti sebenarnya dan bagaimana bisnis affiliate marketing bisa menguntungkan untuk Anda. Jadi, mari kita bahas bersama-sama.

Apa itu Afiliasi?

Afiliasi adalah bentuk kemitraan antara dua pihak atau lebih di mana satu pihak mempromosikan produk atau layanan dari pihak lainnya. Dalam hal ini, afiliasi mengacu pada tindakan mempromosikan produk atau layanan tersebut.

Program afiliasi adalah cara bagi perusahaan atau pengusaha untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui affiliate marketing, yang pada dasarnya adalah mitra pemasaran.

sebelum berbisnis afifiliate marketing anda perlu tau apa itu afiliasi

Afiliasi merupakan cara efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Selain itu, program afiliasi juga memungkinkan Anda untuk membangun hubungan dengan perusahaan atau pengusaha yang Anda promosikan dan memberikan kesempatan untuk memperoleh penawaran khusus atau promosi tambahan.

Pengertian Afiliator

Setelah mengetahui apa itu afiliasi dan juga sebagai calon afiliator, Anda akan menjadi bagian dari program afiliasi yang ditawarkan oleh perusahaan atau pengusaha. Tugas Anda sebagai afiliator adalah mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau pengusaha tersebut kepada audiens Anda.

Sebagai afiliator, Anda akan memperoleh komisi atau persentase dari penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi yang Anda bagikan. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai afiliator adalah memastikan bahwa produk atau layanan yang Anda promosikan sesuai dengan audiens Anda.

Anda akan mempromosikan produk atau layanan tersebut melalui berbagai platform, seperti situs web, blog, media sosial, dan lain sebagainya. Dalam melakukan promosi, penting bagi Anda untuk membangun kepercayaan dengan audiens Anda dan memberikan nilai tambah bagi mereka.

Selain itu, Anda juga harus memantau kinerja promosi Anda dan mengevaluasi apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Dengan begitu, Anda dapat terus memperbaiki strategi promosi Anda untuk memaksimalkan penghasilan Anda sebagai afiliator.

Baca Juga: Cara Bekerja sebagai Affiliate Marketer (Affiliator)

Jenis Afiliasi dalam Affiliate Marketing

Sebagai calon afiliator, mungkin penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu afiliasi, jenis-jenis afiliasi dalam affiliate marketing. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing jenis afiliasi, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan produk atau layanan:

1. Influencer

Jika Anda memiliki basis pengikut yang besar dan loyal di media sosial atau platform lainnya, Anda bisa menjadi seorang influencer. Sebagai afiliasi, Anda dapat memanfaatkan pengaruh dan reputasi Anda untuk mempromosikan produk atau layanan dari perusahaan atau pengusaha tertentu.

influencer riset apa itu afiliasi

ilustrasi influencer sedang menyusun plan untuk afiliasi (Credit: Unsplash)

Anda dapat membuat konten yang kreatif dan menarik perhatian pengikut Anda untuk memperkenalkan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Blogger

Jika Anda memiliki situs web atau blog yang berkaitan dengan topik tertentu atau niche, Anda bisa menjadi seorang blogger afiliasi. Sebagai afiliasi, Anda dapat memanfaatkan situs web atau blog Anda untuk mempromosikan produk atau layanan dari perusahaan atau pengusaha tertentu.

Anda dapat menulis ulasan produk atau menambahkan tautan afiliasi dalam konten Anda untuk membantu pembaca mengakses produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Media Sosial

Jika Anda memiliki akun di media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook, Anda bisa menjadi seorang afiliasi media sosial. Sebagai afiliasi, Anda dapat memanfaatkan akun media sosial Anda untuk mempromosikan produk atau layanan dari perusahaan atau pengusaha tertentu.

Anda bisa mengunggah gambar atau video produk atau membuat cerita pendek yang mengarahkan pengikut Anda ke produk atau layanan yang ditawarkan.

Dalam memilih jenis afiliasi yang cocok untuk Anda, perlu dipertimbangkan jenis platform yang paling sesuai dengan audiens Anda. Pilih jenis afiliasi yang sesuai dengan niche atau topik yang Anda minati, sehingga Anda dapat mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang alami dan efektif.

Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan penghasilan Anda sebagai afiliasi.

Keuntungan Program Afiliasi

Untuk menjadi seorang afiliator, Anda mungkin ingin tahu apa keuntungan dari mengikuti program afiliasi. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari program afiliasi:

1. Penghasilan Pasif

Salah satu keuntungan utama dari program afiliasi adalah Anda dapat menghasilkan uang secara pasif. Setelah Anda mempromosikan produk atau layanan, Anda bisa terus mendapatkan komisi bahkan jika Anda tidak lagi aktif mempromosikan produk atau layanan tersebut. Ini membuat program afiliasi menjadi sumber penghasilan yang potensial bagi Anda.

2. Modal Kecil

modal kecil affiliate marketing

ilustrasi modal memulai bisnis afiliasi (Credit: Unsplash)

Untuk menjadi afiliasi, Anda tidak memerlukan modal besar. Anda tidak perlu membeli produk atau membayar biaya pemasaran. Anda hanya perlu mendaftar ke program afiliasi dan mempromosikan produk atau layanan dengan tautan afiliasi yang diberikan. Ini memungkinkan Anda untuk memulai bisnis online dengan modal yang sangat kecil.

3. Bekerja dari Rumah

Sebagai afiliasi, Anda dapat bekerja dari rumah atau di mana saja yang Anda inginkan. Anda tidak perlu memikirkan biaya transportasi atau waktu yang diperlukan untuk bepergian ke kantor.

Dengan program afiliasi, Anda dapat bekerja dari tempat yang nyaman bagi Anda, seperti dari rumah, kafe, atau tempat-tempat lain yang Anda sukai.

4. Waktu Kerja yang Fleksibel

Sebagai afiliasi, Anda dapat mengatur jadwal kerja Anda sendiri. Anda dapat memilih kapan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan, dan kapan waktu untuk beristirahat atau melakukan kegiatan lain.

Anda dapat bekerja sesuai dengan jadwal Anda sendiri, sehingga Anda dapat menyesuaikan program afiliasi dengan kebutuhan dan waktu luang Anda.

5. Penghasilan yang Didapatkan dari Kerja Keras Anda

Dalam program afiliate marketing, penghasilan yang didapatkan tergantung pada seberapa banyak waktu, usaha, dan kreativitas yang Anda investasikan. Semakin banyak usaha yang Anda lakukan, semakin besar juga potensi penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

Anda dapat memilih untuk fokus pada satu program afiliasi atau memilih beberapa program afiliasi sekaligus untuk memaksimalkan potensi penghasilan Anda. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada jaminan bahwa Anda akan selalu mendapatkan penghasilan yang besar, karena tergantung pada seberapa efektif Anda dalam mempromosikan produk atau layanan.

Dalam hal ini, kerja keras, ketekunan, dan kreativitas adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam program afiliasi.

Dengan program afiliasi, Anda dapat memanfaatkan keuntungan ini untuk menghasilkan uang secara online. Namun, perlu diingat bahwa menjadi afiliasi memerlukan kesabaran, usaha, dan waktu untuk membangun reputasi Anda sebagai afiliasi yang dapat dipercaya dan memberikan nilai tambah bagi audiens Anda.

Baca Juga: Strategi Sukses Manfaatkan Strategi Affiliate Marketing

Kesalahan dalam Menjalankan Affiliate Marketing

1. Memasarkan Produk Terlalu Agresif

Sebagai afiliator, Anda harus mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang persuasif, namun tidak terlalu agresif. Jika Anda terlalu agresif dalam mempromosikan produk, bisa membuat calon pembeli merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk tidak membeli produk tersebut.

Anda harus membangun hubungan baik dengan calon pembeli dan memberikan informasi yang objektif mengenai produk, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat. Ingatlah bahwa tujuan Anda adalah untuk membantu calon pembeli dan bukan memaksakan produk kepada mereka.

2. Memilih Program Afiliasi yang Tidak Tepat

Saat memilih program afiliasi, pastikan Anda memilih program yang sesuai dengan niche atau topik yang Anda minati. Jangan hanya memilih program afiliasi hanya karena tingkat komisi yang tinggi, namun tidak sesuai dengan minat Anda.

Salah satu program affiliate yang bisa Anda manfaatkan adalah program partnership dari Bee. Anda cukup mendaftar sebagai partner Bee lalu Anda bisa membagikan link affiliate di platform yang Anda punya dan tunggu orang lain melakukan pembelian software Bee melalui link Anda. Selengkapnya tentang program affiliate atau partnership dari Bee ini, Anda bisa hubungi di sini

Beecloud Kelola Keuangan Bisnis Tanpa Asal Asalan Laporan Akurat

Bee sendiri memiliki beberapa produk unggulan, salah satunya software akuntansi online Beecloud, sebuah program yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis sampai kontrol stok barang dengan akurat dan lengkap.

3. Kurang Paham Mengenai Produk yang Dipromosikan

Sebagai afiliator, Anda harus benar-benar memahami produk atau layanan yang Anda promosikan. Jangan hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh merchant, tetapi juga melakukan penelitian sendiri dan mencoba produk tersebut sendiri.

Dengan memahami produk atau layanan yang Anda promosikan, Anda dapat memberikan informasi yang lebih akurat dan membantu calon pembeli dalam membuat keputusan.

4. Tidak Melakukan Pelacakan Terhadap Tautan Afiliasi

Pelacakan tautan afiliasi penting untuk mengetahui seberapa efektif kampanye afiliasi Anda. Jangan hanya memasukkan tautan afiliasi tanpa melakukan pelacakan, karena Anda tidak akan tahu seberapa banyak pengunjung yang mengklik tautan Anda atau seberapa banyak penjualan yang Anda hasilkan.

Dengan melakukan pelacakan, Anda dapat mengetahui performa kampanye afiliasi Anda dan membuat perbaikan yang diperlukan.

5. Cepat Tergoda untuk Bergabung dengan Program Afiliasi Baru

Tergoda untuk bergabung dengan program afiliasi baru dapat mengalihkan fokus Anda dari program afiliasi yang sudah berjalan dan mengurangi efektivitas kampanye afiliasi Anda.

Jangan terlalu cepat tergoda untuk bergabung dengan program afiliasi baru, namun pertimbangkan terlebih dahulu apakah program afiliasi tersebut sesuai dengan niche Anda dan apakah Anda memiliki waktu dan sumber daya untuk mempromosikan program afiliasi tersebut.

6. Tidak Memiliki Situs Web Pribadi

Memiliki situs web pribadi sangat penting dalam program afiliasi karena ini adalah tempat di mana Anda dapat mempromosikan produk dan layanan, menulis konten relevan dengan niche Anda, dan membangun hubungan dengan pembaca.

Jangan mengandalkan media sosial sebagai satu-satunya platform Anda untuk mempromosikan produk atau layanan karena Anda tidak memiliki kendali penuh atas platform tersebut. Miliki situs web pribadi yang profesional dan terus-menerus memperbarui konten dan informasi di dalamnya.

Cara Menyebar Link Afiliasi

Tentunya sebagai seorang afiliator, Anda harus tahu cara efektif untuk menyebar link afiliasi Anda ke calon pembeli. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Buat Review Produk di Blog

Anda bisa membuat review tentang produk yang Anda promosikan di blog Anda. Review tersebut bisa berupa ulasan tentang fitur produk, kelebihan dan kekurangan produk, serta pengalaman Anda dalam menggunakan produk tersebut.

review produk

ilustrasi pengambilan produk untuk direview

Pastikan review yang Anda tulis objektif dan dapat dipercaya sehingga bisa mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk tersebut melalui link afiliasi Anda.

2. Pasang Banner di Blog

Selain membuat review produk, Anda juga bisa memasang banner di blog Anda yang mengarahkan calon pembeli ke situs penjual menggunakan link afiliasi Anda. Pastikan banner tersebut menarik perhatian dan sesuai dengan tema blog Anda.

3. Promosi di Media Sosial

Promosikan produk melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter dengan menambahkan link afiliasi pada postingan Anda. Pastikan postingan Anda menarik dan memberikan manfaat bagi calon pembeli sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang Anda promosikan.

4. Promosi di Forum Online

Anda juga bisa mempromosikan produk di forum online yang relevan dengan niche Anda. Jangan lupa sertakan link afiliasi pada setiap postingan atau komentar yang Anda tulis.

Ingat, pilihlah cara penyebaran link afiliasi yang tepat dan tidak melanggar aturan dari program afiliasi yang Anda ikuti. Dengan cara yang tepat, Anda bisa meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari program afiliasi yang Anda jalankan.

Dari pengertian apa itu afiliasi di atas, kira-kira Anda sudah siap terjun ke bidang affiliate marketing?

Artikel Terkait

7 Ide Bisnis Makanan Untuk Diet yang Menjanjikan
Melirik makanan untuk diet  adalah hal yang tepat dilakukan. Gaya hidup sehat merupakan salah satu keyword yang saat ini banyak
Baca Juga
Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B
Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena
Baca Juga
Mengenal Konsep Win-Win Solution dan Penerapannya
Dunia bisnis terbilang cukup kompetitif oleh sebab itu perlu mencari solusi yang menguntungkan semua pihak adalah kunci keberhasilan jangka panjang.
Baca Juga
Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Menjanjikan di Tahun 2023
Beberapa contoh bisnis rumahan tanpa modal yang bisa dilakukan di HP adalah online shop, drophsip, jasa penulis dan lain sebagainya
Baca Juga
Apa Itu Marketing, Jenis dan Tugasnya dalam Pemasaran Usaha
Anda mungkin pernah mendengar kata "marketing" dalam berbagai konteks termasuk pemasaran, tetapi sebenarnya apa itu marketing? Mengapa marketing begitu penting
Baca Juga
8 Aplikasi Keuangan Online Gratis Terbaik dan Mudah Digunakan
Aplikasi keuangan online adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, melakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu