🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Digital Marketing: Tingkatkan Penjualan di Era Digital

Pelajari contoh digital marketing yang efektif dari perusahaan terkenal dan tingkatkan bisnis Anda dengan strategi pemasaran digital.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 26 June 2023

Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang, tidak dapat dipungkiri bahwa pemasaran digital atau digital marketing telah menjadi elemen penting dalam strategi bisnis.

Dengan memanfaatkan kekuatan internet dan teknologi, perusahaan dapat mencapai khalayak yang lebih luas, meningkatkan visibilitas merek, dan memperoleh pelanggan baru. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang digital marketing, artikel ini akan membahas contoh-contoh digital marketing yang sukses dan dapat Anda tiru.

8 Contoh Digital Marketing yang Bisa Anda Pilih

Dalam dunia digital marketing, terdapat berbagai contoh digital marketing atau jenis pemasaran digital yang dapat Anda manfaatkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa contoh atau jenis pemasaran digital yang populer:

1. SEO atau Search Engine Optimization

SEO adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Dengan mengoptimalkan konten dan struktur situs web Anda, Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda dan menarik lebih banyak pengunjung organik.

2. PPC atau Pay-Per-Click Advertising

PPC adalah metode di mana Anda membayar untuk setiap klik iklan yang ditempatkan di platform seperti Google Ads atau Facebook Ads. Dengan menggunakan PPC, Anda dapat menargetkan audiens yang relevan dan mendapatkan hasil yang cepat dalam waktu singkat.

3. Social Media Marketing

Channel digital marketing ini melibatkan penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat membangun hubungan dengan pelanggan potensial, meningkatkan kesadaran merek, dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

4. Email Marketing

Email marketing adalah contoh pemasaran digital yang melibatkan pengiriman email kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan Anda. Melalui email, Anda dapat memberikan informasi terbaru, penawaran khusus, atau konten yang relevan kepada audiens Anda.

5. Content Marketing

Content marketing adalah contoh digital marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang berharga dan relevan untuk menarik dan mempertahankan audiens. Konten dapat berupa artikel, blog, infografis, atau video yang memberikan informasi yang berguna kepada pengguna.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing dalah metode di mana Anda membayar komisi kepada afiliasi yang berhasil mengarahkan pelanggan ke situs web Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar Anda dengan bantuan mitra bisnis.

7. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah contoh pemasaran digital yang melibatkan kerjasama dengan influencer atau tokoh terkenal di media sosial untuk mempromosikan produk atau merek Anda. Dengan memanfaatkan popularitas dan pengaruh mereka, Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas dan membangun kepercayaan pelanggan.

8. Video marketing

Video marketing adalah contoh digital marketing yang melibatkan penggunaan konten video untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Video dapat berupa tutorial, ulasan produk, atau iklan yang menarik perhatian pengguna dan meningkatkan keterlibatan mereka dengan merek Anda.

Dengan menggabungkan berbagai jenis pemasaran digital di atas, Anda dapat menciptakan strategi yang kuat dan efektif untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Baca Juga: 11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

Contoh Perusahaan yang Sukses dengan Digital Marketing

Untuk memahami betapa efektifnya digital marketing, mari kita melihat beberapa contoh perusahaan yang telah mencapai kesuksesan luar biasa berkat strategi pemasaran digital mereka:

1. Netflix

Sebagai platform streaming terkemuka di dunia, telah menggunakan digital marketing dengan sangat efektif. Mereka mengandalkan penggunaan konten yang menarik dan personalisasi untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada.

Selain itu, Netflix juga aktif dalam berbagai saluran media sosial dan menggunakan kampanye pemasaran yang kreatif untuk mempromosikan konten baru mereka.

2. Tokopedia

Salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, juga merupakan contoh sukses dalam pemasaran digital. Mereka menggunakan strategi SEO yang kuat untuk meningkatkan peringkat mereka dalam hasil pencarian, serta berinvestasi dalam iklan online dan kampanye influencer.

Semua upaya ini telah membantu Tokopedia membangun kehadiran merek yang kuat dan menarik lebih banyak pelanggan.

3. Gojek

Iklan Pemasaran Digital Gojek Lucu

Iklan Gojek (Sumber img: Youtube.com/ @Gojek Indonesia)

Layanan transportasi dan pengiriman terkemuka di Indonesia, telah menggunakan pemasaran digital sebagai salah satu faktor kunci kesuksesan mereka. Mereka menggunakan berbagai saluran digital, seperti aplikasi mobile, media sosial, dan situs web, untuk mencapai pelanggan mereka.

Selain itu, Gojek juga berfokus pada personalisasi dan pengalaman pengguna yang mudah, yang telah membantu mereka memenangkan hati konsumen.

4. by.U

Operator telekomunikasi di Indonesia, adalah contoh perusahaan yang menggabungkan digital marketing dengan inovasi produk. Mereka menggunakan kampanye media sosial yang kreatif dan strategi konten yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan potensial.

Selain itu, by.U juga menerapkan program referral yang berhasil dalam meningkatkan kesadaran merek dan mendapatkan pelanggan baru.

5. Erigo

Sebuah perusahaan teknologi di bidang logistik, adalah contoh sukses lainnya dalam pemasaran digital. Mereka telah mengembangkan situs web yang responsif dan ramah pengguna, serta memanfaatkan iklan digital dan strategi SEO yang efektif untuk meningkatkan visibilitas mereka di pasar.

Dengan pendekatan yang komprehensif terhadap pemasaran digital, Erigo telah berhasil menarik minat pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis mereka.

6. Scarlett Whitening

Song Joong Ki Jadi Bintang Iklan Pemasaran Scarlett Whitening

Iklan Pemasaran Scarlett Whitening (Sumber img: detik.com)

Produsen produk perawatan kulit, juga telah mencapai kesuksesan besar melalui pemasaran digital. Mereka menggunakan konten berkualitas tinggi dan kampanye influencer untuk membangun kesadaran merek yang kuat.

Selain itu, Scarlett Whitening juga mengoptimalkan situs web mereka untuk SEO dan menggunakan iklan online yang strategis untuk mencapai target pasar mereka.

Keberhasilan perusahaan-perusahaan di atas menunjukkan betapa pentingnya digital marketing dalam mencapai kesuksesan bisnis. Dengan mengamati dan mempelajari strategi mereka, Anda dapat mengambil pelajaran berharga untuk menerapkan dalam bisnis Anda sendiri.

5 Channel Digital Marketing yang Bisa Anda Gunakan

Ada banyak saluran atau platform yang dapat Anda manfaatkan dalam pemasaran digital. Berikut adalah beberapa contoh channel digital marketing yang efektif untuk mencapai audiens Anda:

1. Situs Website

Situs Web adalah salah satu saluran pemasaran digital yang paling penting. Ini adalah tempat di mana Anda dapat mempresentasikan informasi tentang bisnis Anda, menampilkan produk atau layanan Anda, dan menjalin interaksi dengan pengunjung.

2. Media Sosial

Merupakan saluran yang sangat efektif untuk membangun komunitas, berinteraksi dengan pelanggan, dan mempromosikan produk atau layanan Anda. Setiap platform memiliki keunikan dan audiens yang berbeda, jadi pastikan untuk memilih yang sesuai dengan target pasar Anda.

3. Blog

Blog adalah saluran yang baik untuk berbagi konten yang lebih mendalam dan berharga kepada audiens Anda. Anda dapat menggunakan blog untuk memberikan informasi terbaru, tips, tutorial, atau cerita tentang perusahaan Anda.

4. Platform Video

Statistik Media Social Platform Video

Statistik Platform Video (Sumber img: HubSpot Blog)

Platform seperti YouTube atau TikTok memungkinkan Anda untuk berbagi konten visual yang menarik. Video dapat memiliki dampak yang kuat dan memungkinkan Anda untuk mengekspresikan pesan dengan lebih jelas kepada audiens Anda.

5. Email

Email tetap menjadi saluran pemasaran yang kuat. Anda dapat mengirimkan buletin, penawaran eksklusif, atau informasi penting kepada pelanggan melalui email. Pastikan untuk menyusun kampanye email yang relevan dan personal untuk mencapai hasil yang optimal.

Manfaat Digital Marketing untuk Perusahaan atau Brand

Implementasi digital marketing dalam strategi bisnis Anda dapat memberikan sejumlah manfaat berharga. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan digital marketing, Anda dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman konsumen tentang merek Anda melalui berbagai saluran online.

2. Menjangkau Target Audience

Dengan menggunakan strategi digital marketing yang tepat, Anda dapat menjangkau target audience Anda dengan lebih efektif dan mengirimkan pesan yang relevan kepada mereka.

3. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan

Digital marketing memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan audiens Anda melalui media sosial, email, komentar, dan lainnya. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan mereka dengan merek Anda dan membangun hubungan yang lebih kuat.

4. Lebih Efisien dan Terukur

Digital marketing memungkinkan Anda untuk mengukur kinerja kampanye Anda dengan lebih detail dan mengoptimalkan pengeluaran Anda berdasarkan data yang diperoleh.

5. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Dengan mengarahkan audiens yang relevan dan menawarkan konten yang menarik, Anda dapat meningkatkan tingkat konversi dan penjualan Anda.

Dengan memanfaatkan digital marketing, Anda dapat memperoleh keunggulan kompetitif dalam pasar yang semakin digital ini. Pelajari contoh-contoh digital marketing yang sukses, pilih jenis pemasaran digital yang sesuai dengan bisnis Anda, dan manfaatkan saluran digital dengan bijak untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Baca Juga: Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang contoh digital marketing dan bagaimana Anda dapat menerapkannya dalam bisnis Anda. Ingatlah bahwa pemasaran digital adalah proses yang terus berkembang, jadi selalu pantau tren terbaru dan eksperimen dengan strategi yang tepat.

Selain strategi pemasaran digital yang telah disebutkan di atas, penting juga bagi bisnis untuk mengelola dan menghitung biaya yang terkait dengan promosi usaha. Dalam menghadapi era digital yang semakin kompleks, ada banyak faktor yang harus diperhatikan, seperti anggaran iklan, biaya produksi konten, dan pengeluaran lainnya yang terkait dengan pemasaran.

Untuk membantu bisnis dalam menghitung dan melacak biaya promosi mereka, ada aplikasi pembukuan yang sangat berguna, seperti Beecloud. Beecloud adalah sebuah aplikasi pembukuan berbasis cloud yang dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis, termasuk menghitung biaya promosi.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Dengan Beecloud, Anda dapat mencatat dan memonitor semua pengeluaran yang terkait dengan promosi usaha, termasuk biaya iklan digital, pembuatan konten, kampanye influencer, dan lainnya. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mengatur dan mengkategorikan pengeluaran, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas berapa banyak yang telah Anda keluarkan untuk promosi bisnis Anda.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan inspirasi bagi Anda untuk mencapai keberhasilan dalam dunia digital marketing!

Artikel Terkait

Advertising Adalah Iklan, Pahami Penjelasannya Disini
Advertising adalah teknik promosi yang jadi andalan pebisnis saat ini untuk memperkenalkan produk dan layanannya kepada masyarakat luas. Terlebih lagi
Baca Juga
Endorse: Pengertian, Manfaat, Tips Memilih dan Tarifnya
Endorse menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer dan efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Banyak perusahaan atau brand yang
Baca Juga
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Positioning adalah strategi pemasaran yang penting untuk membedakan produk dari pesaingnya di pasar sekaligus memudahkan proses pemasaran. Selain memudahkan melakukan
Baca Juga
Affiliate Marketing: 6 Strategi Meningkatkan Pendapatan
Sekarang, ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, termasuk bekerja sebagai affiliate marketing. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat
Baca Juga
Flash Sale: Strategi Jitu Meningkatkan Konversi Penjualan
Flash sale adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk mereka dalam waktu singkat. Hal ini
Baca Juga
Slogan Adalah: Jenis, Ciri, Contoh dan Tips Membuatnya
Slogan merupakan kalimat pendek yang memiliki kekuatan dalam membangun citra merek dan mempengaruhi perilaku konsumen. Sebuah slogan yang baik mampu
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu