Logo Bee Web

Cara Mendaftar Shopee Food dan Penjelasannya

Cara mendaftar shopee food untuk bisnis kuliner saat ini sebenarnya sangat mudah, simak informasinya di artikel ini!
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Wednesday, 12 July 2023

Cara mendaftar shopee food saat ini sebenarnya sangat mudah. Aplikasi layanan pesan antar ini tentunya memungkinkan Anda untuk bisa menjual barang secara online.

Shopee Food ini sebenarnya juga termasuk layanan dari aplikasi Shopee. Sekarang pelanggan tidak hanya bisa membeli dan menjual secara online di Shopee, Tetap juga dapat menikmati makanan dari usaha kecil maupun menengah, khususnya restoran.

Syarat dan Ketentuan Menjual Makanan di Shopee Food

Ada beberapa syarat dan ketentuan jika ingin menjual makanan di Shopee Food. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait syarat untuk menjual makanan di Shopee Food, antara lain:

  • SPPKP (Surat Penegasan Pengusaha Kena Pajak);
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara);
  • NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah);
  • Foto buku kertas pribadi.

Sementara itu, untuk syarat penjualan Shopee Food, khususnya bagi UMKM kelas atas, antara lain:

  • SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan) atau TDUP (Surat Keterangan Usaha Pariwisata);
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara);
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak);
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan);
  • Sertifikat Pendirian Perusahaan
  • Sertifikat Tempat Tinggal;
  • Foto buku kertas aktif;
  • Bukti foto restoran atau bisnis.

Seperti platform lainnya, Shopee Food juga memiliki ketentuan untuk jual beli makanan dan minuman. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Ketentuan Produk Yang Dijual

Shopee Food kini sudah memiliki berbagai macam aturan bagi merchant yang menjual makanan serta minuman secara online. Pedagang tidak boleh menjual makanan serta minuman yang tidak tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat umum.

Namun, pedagang bisa menjual barang-barang non-makanan seperti di bawah ini:

  • Peralatan minum seperti sedotan, sedangkan peralatan makan seperti sendok, garpu, dan wadah makanan;
  • Botol minum;
  • Totebag.

2. Daftar Menu yang Dilarang

Berikut ini sudah ada daftar menu yang dilarang dijual melalui Shopee Food, yaitu:

  • Makanan dan minuman yang terbuat dari hewan langka atau berbahaya;
  • Makanan dan minuman yang tidak tersedia dibawa pulang (pre-order, buffet, all you can eat).
  • Menu-menu yang berisi kata-kata tidak pantas seperti kata-kata kotor, pornografi, supranatural dan lainnya.
  • Makanan atau minuman dari hewan peliharaan atau hewan liar yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.
  • Menu yang tidak memenuhi syarat sebagai makanan maupun minuman, seperti rokok, perabot rumah tangga dan lain-lain. Obat-obatan, khususnya obat-obatan herbal.
  • Minuman yang beralkohol tanpa persetujuan SIUP.
Pelanggan Membeli Makanan

Pelanggan Membeli Makanan secara Langsung (Credit: Freepik.com)

Baca Juga: Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya

Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant

Setelah Anda sudah berhasil menyiapkan semua persyaratan yang telah ada di atas, langkah selanjutnya adalah mendaftar di halaman Shopee Food. Lihat beberapa cara daftar shopee food merchant di bawah ini.

1. Buka Portal Pendaftaran

Pertama, bisa langsung membuka portal pendaftaran merchant Shopee Food terlebih dahulu. Apabila sudah memenuhi persyaratan yang diperlukan, maka Anda bisa langsung membuka portal pendaftaran bisnis Shopee Food.

Cara mendaftar shopee food selanjutnya, bisa melakukan proses pendaftaran hanya dengan mengunduh aplikasi Shopee Partner yang telah tersedia di App Store dan Google Store. Bagian ini sangat penting sebagai langkah awal untuk menjadi affiliate melalui layanan Shopee Food.

2. Daftarkan Akun dengan Shopee Partner

Selanjutnya, pilihlah "Masuk/Daftar melalui SMS" dan masukkanlah nomor ponsel Anda. Lanjut gunakanlah kode verifikasi OTP yang dikirimkan kepada Anda saat membuat akun. Kemudian, Anda dapat membuat kata sandi untuk akun tersebut.

3. Pilih Jenis Toko Shopee Food

Setelah Anda masuk ke akun, segera pilihlah pendaftaran yang sesuai dengan bisnis. Setelah itu, apabila perusahaan Anda berupa resume pribadi, maka bisa mulai mengisi formulir yang telah disediakan.

Cara mendaftar shopee food selanjutnya, isi formulir yang sesuai. Namun, apabila bisnis Anda adalah perorangan, maka dapat "Memulai Aktivasi" dan memilih jenis bisnis yang ingin didaftarkan.

Setelah itu, Anda harus bisa melengkapi informasi perusahaan sesuai dengan jenis perusahaan yang dipilih.

Pastikanlah untuk memasukkan informasi pemilik atau pengguna, yang harus sama persis dengan informasi pemilik. Cara mendaftar shopee food selanjutnya, Anda bisa langsung mengirimkan formulir pendaftaran.

4. Tetapkan Lokasi dan Detail Perusahaan

Setelah Anda sudah berhasil mengisi formulir sesuai jenis usaha dan mengirimkannya ke Shopee Food, maka bisa mulai mengisi informasi lokasi atau alamat usaha. Sebelum itu, Anda harus bisa memastikan bahwa layanan Shopee Food sudah sampai ke lokasi.

Anda juga dapat memeriksanya dengan cara mengklik ikon toko Shopee Food. Apabila tidak bisa diklik, berarti lokasi usaha Anda belum tersedia di layanan Shopee Food.

Setelah lokasi Anda telah tercapai, maka dapat langsung memasukkan lokasi bisnis hingga jam operasional toko. Cara mendaftar shopee food selanjutnya, pastikanlah Anda sudah memasukkan informasi yang benar.

5. Proses Audit

Setelah semua langkah pendaftaran telah selesai. Tunggulah proses verifikasi informasi perusahaan yang membutuhkan waktu 1-5 hari kerja.

Anda nantinya juga bisa langsung mengeceknya secara berkala melalui aplikasi Shopee Partner atau email terdaftar. Perlu diketahui bahwa pendaftaran bisa melalui Shopee Partner yang bersifat gratis.

Jadi berhati-hatilah apabila seseorang menghubungi Anda atas nama Shopee Food dan meminta pembayaran. Apabila Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang proses pendaftaran Shopee Food, silakan hubungi Layanan Pelanggan di +628001500702.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee Dapatkan Ratusan Order Per Bulan

Tips Menjalankan Bisnis Kuliner di Shopee Food

Ada beberapa tips menjalankan bisnis kuliner di Shopee Food. Di bawah ini sudah ada penjelasan terkait tips menjalankan bisnis tersebut.

1. Ikuti Aturannya

Shopee Food saat ini telah menetapkan pedoman makanan yang bisa dan tidak bisa dijual. Jadi Anda harus mengikuti peraturan yang ada di Shopee. Apabila tidak, manajemen platform ini dapat memblokir akun Anda dan menurunkan peringkat bisnis.

2. Selalu Perbarui Informasinya

Dengan berkolaborasi pada acara tertentu serta menawarkan diskon untuk konsumen, tentunya pelanggan Anda pasti akan puas. Bahkan, bisnis Anda akan semakin laris.

Jadi jangan sampai ketinggalan informasi event apapun. Anda bisa langsung mengikuti media sosial Shopee Food.

3. Menyediakan Kemasan Makanan Berkualitas Tinggi

Salah satu permasalahan saat bisnis online yaitu kemasan makanan. Gunakanlah kemasan yang berlabel. Hal ini tentunya juga membuktikan bahwa Anda lebih peduli dengan kesehatan konsumen.

Keuntungan dan Kerugian Berjualan di Shopee Food

Perlu diketahui saat ini ada beberapa keuntungan dan kerugian yang didapatkan dari berjualan di Shopee Food. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait kelebihannya yaitu:

  • Mendapatkan penawaran yang gratis;
  • Nama resto akan semakin terkenal;
  • Jumlah konsumen akan semakin meningkat;
  • Pesanan akan lebih meningkat.
  • Penjualan tumbuh secara signifikan.

Sementara itu, untuk kerugian Berjualan di Shopee Food akan dijelaskan di bawah ini:

  • Ada pajak restoran yang diminta oleh pihak Shopee Food;
  • Sistem terkadang bug atau lelet.

Kesimpulan

Melihat beberapa cara yang di atas, bisa disimpulkan bahwa berjualan di Shopee Food memang sangat mudah. Bahkan, sampai saat ini tidak jauh berbeda dengan jasa pesan antar lainnya.

Memang layanan ini masih baru, jadi belum banyak yang tahu fitur-fitur terbaru Shopee, tapi sebenarnya hal tersebut bukan masalah besar. Apalagi jika Anda sudah tahu cara mendaftar shopee food.

Saat menjalankan bisnis kuliner di Shopee Food, penting untuk memiliki sistem kasir yang efisien untuk memudahkan pencatatan pesanan dan mencetak struk pembayaran. Salah satu aplikasi kasir yang direkomendasikan adalah Beepos. Beepos merupakan aplikasi kasir yang dirancang khusus untuk bisnis food and beverage.

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Dengan Beepos, Anda dapat mencatat pesanan secara akurat, mengelola stok inventaris, serta mencetak struk pembayaran dengan mudah. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang user-friendly, sehingga mudah digunakan oleh pengusaha kuliner, baik pemilik usaha kecil maupun menengah. Dengan menggunakan Beepos, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis kuliner Anda di Shopee Food.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Laporan Penjualan dan Langkah Pembuatannya
Di dalam kegiatan usaha, laporan penjualan adalah bagian penting sebagai bahan analisa. Dengan melihat laporan penjualan kita dapat mengetahui keluar
Baca Juga
8 Fitur Toko Online Wajib Ada dalam Situs Web
Situs Toko Online hadir dalam beragam bentuk dan variasi. Dalam membangun sebuah situs toko online, Anda akan dihadapkan pada banyak
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Mikro Online 2022
Untuk para pengusaha mikro maupun menengah, mengurus sebuah surat perizinan menjadi salah satu langkah penting ketika mendirikan sebuah bisnis. Cara
Baca Juga
5 Cara Optimasi Bisnis dengan Biaya Peluang dan Info Lainnya
Biaya yang muncul dikarenakan hilangnya kesempatan dampak dari pemenuhan suatu kebutuhan lain yaitu definisi biaya peluang atau opportunity cost. Jenis
Baca Juga
7 Tips Kelola Hutang Usaha dengan Mudah
Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha. Dalam
Baca Juga
Bargaining Adalah: Teori, Perbedaan, Dampak dan Contohnya
Bargaining adalah suatu proses tawar menawar yang dilakukan oleh dua belah pihak untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Proses bargaining
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu