Logo Bee Web

Contoh Kuitansi dan Panduan Cara Membuat Kwitansi Pembayaran

Pelajari cara membuat kuitansi pembayaran yang profesional dan efisien. Lengkapi transaksi Anda dengan contoh kwitansi yang sesuai standar.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 30 May 2023

Apakah Anda sering mencari contoh kwitansi? Hampir setiap kali kita melakukan transaksi pembayaran, baik itu untuk membeli barang, membayar jasa, atau melakukan transaksi keuangan lainnya, seringkali kita akan menerima sebuah bukti pembayaran yang disebut kwitansi.

Kwitansi merupakan dokumen penting yang menunjukkan bukti pembayaran yang telah dilakukan. Kwitansi ini dapat berguna sebagai bukti transaksi dan catatan keuangan yang dapat digunakan untuk keperluan perpajakan, klaim garansi, dan berbagai keperluan lainnya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan komponen yang harus diperhatikan dalam pembuatan kwitansi, berbagai jenis kwitansi yang ada, serta cara mudah untuk membuat kwitansi sebagai bukti pembayaran.

Komponen yang Harus Ada di Kwitansi

Sebelum kita mempelajari jenis dan cara membuat kwitansi, ada beberapa komponen yang perlu kita perhatikan dalam sebuah kwitansi.

Contoh Kuitansi

ilustrasi pembuatan kwitansi (Credit: Freepik/pressfoto)

Dengan memahami komponen-komponen ini, kita dapat memastikan bahwa kwitansi yang kita buat memiliki informasi yang lengkap dan akurat.

1. Nomor Kuitansi atau Tanda Terima

Setiap kwitansi harus memiliki nomor kuitansi atau tanda terima yang unik. Nomor ini digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak transaksi tertentu. Pastikan nomor kuitansi yang Anda gunakan berurutan dan tidak terjadi pengulangan.</p>

2. Tempat dan Tanggal Pembuatan Kuitansi

Tempat dan tanggal pembuatan kwitansi menunjukkan di mana dan kapan transaksi pembayaran dilakukan. Hal ini penting untuk keperluan pencatatan dan dokumentasi.

3. Nama Penerima dan Pemberi Uang

Kwitansi harus mencantumkan nama lengkap atau nama perusahaan dari penerima uang serta pemberi uang. Informasi ini membantu mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam transaksi.

4. Nama Produk

Jika transaksi pembayaran terkait dengan pembelian produk, kwitansi harus mencantumkan informasi tentang produk yang dibeli, termasuk deskripsi, jumlah, dan harga.

5. Nominal Pembayaran

Informasi mengenai jumlah uang yang dibayarkan harus jelas tercantum dalam kwitansi. Hal ini meliputi jumlah pembayaran, mata uang yang digunakan, dan metode pembayaran yang digunakan.

6. Tujuan Pembayaran

Sebuah kwitansi harus menjelaskan tujuan pembayaran dengan jelas. Apakah itu untuk pembelian barang, pembayaran jasa, atau tujuan pembayaran lainnya.

7. Tanda Tangan

Kwitansi harus ditandatangani oleh penerima uang dan pemberi uang. Tanda tangan ini menegaskan keabsahan kwitansi dan menunjukkan persetujuan dari kedua belah pihak terhadap transaksi tersebut.

Jenis dan Contoh Kuitansi

Kwitansi dapat bervariasi dalam bentuk dan kontennya tergantung pada jenis transaksi yang dilakukan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis kwitansi yang umum digunakan beserta contoh-contohnya.

1. Contoh Kwitansi Kosong

Contoh Kwitansi Pembayaran Credit Bee.id

Kwitansi kosong adalah format kwitansi yang belum diisi dengan informasi tertentu. Format ini dapat digunakan secara umum dan diisi sesuai kebutuhan transaksi.

2. Contoh Kwitansi Cash Receipt

Contoh Kwitansi Cash Receipt Credit Bee.id

Kwitansi ini digunakan ketika pembayaran dilakukan secara tunai, yaitu dengan menggunakan uang tunai. Biasanya digunakan dalam transaksi ritel atau di toko-toko.

3. Contoh Kwitansi Hotel

Contoh Kuitansi Pembayaran Hotel

Kwitansi hotel (Credit: nesabamedia.com)

Kwitansi ini diterbitkan oleh hotel kepada tamu sebagai bukti pembayaran atas akomodasi atau layanan hotel yang telah digunakan.

4. Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah

Kwitansi jual beli tanah (Credit: rumah123.com)

Kwitansi ini digunakan dalam transaksi jual beli tanah atau properti. Kwitansi ini mencantumkan informasi mengenai harga tanah, luas tanah, dan persyaratan lain yang terkait.

5. Contoh Kwitansi Pembelian Motor

Contoh Kwitansi Jual Beli Kendaraan

Kwitansi pembelian motor (Credit: mojokbisnis.com)

Kwitansi ini digunakan saat seseorang membeli sepeda motor. Informasi yang tercantum mencakup merek motor, harga, dan nomor identifikasi kendaraan.

6. Contoh Kwitansi Pembelian

Contoh Kwitansi Pembelian Barang

Kwitansi pembelian (Credit: akseleran.co.id)

Kwitansi pembelian digunakan dalam transaksi pembelian barang atau jasa. Biasanya mencantumkan informasi tentang barang atau jasa yang dibeli, harga, dan jumlah sebagai bukti pembayaran.

7. Contoh Kwitansi Pembelian Rumah

Contoh Kwitansi Pembelian Rumah

Kwitansi pembelian rumah (Credit: lokerjakarta.id)

Kwitansi ini digunakan dalam transaksi pembelian rumah atau properti. Kwitansi ini mencantumkan informasi mengenai harga rumah, alamat rumah, dan persyaratan lain yang terkait.

8. Contoh Kwitansi Tanda Terima Uang

Tanda Terima Uang

Kwitansi tada terima uang (Credit: lifepal.co.id)

Jenis kwitansi ini digunakan ketika seseorang menerima uang dalam bentuk donasi, hadiah, atau pengembalian uang. Kwitansi ini mencantumkan informasi tentang jumlah uang yang diterima dan tujuan atau sumber uang tersebut.

9. Contoh Kwitansi Pembayaran Sekolah

Bukti Bayar Sekolah

Kwitansi pembayaran sekolah (Credit: mjr.co.id)

Di bidang pendidikan, kwitansi ini digunakan ketika melakukan pembayaran biaya sekolah, biaya pendaftaran, atau biaya lainnya terkait pendidikan. Kwitansi ini mencantumkan informasi mengenai nama sekolah, jumlah pembayaran, dan tujuan pembayaran.

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran

Sekarang kita akan membahas cara membuat kwitansi pembayaran yang mudah. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan, dan di bawah ini kami akan menjelaskan dua metode yang umum digunakan, yaitu menggunakan Word dan menggunakan Excel.

1. Cara Membuat Kwitansi di Word

Anda dapat menggunakan program pengolah kata seperti Microsoft Word untuk membuat kwitansi pembayaran.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kwitansi pembayaran menggunakan Microsoft Word:

  • Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  • Buat header dokumen yang mencantumkan informasi perusahaan atau identitas Anda sendiri, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  • Buatlah tabel dengan kolom dan baris yang diperlukan untuk mencantumkan komponen-komponen kwitansi, seperti nomor kuitansi, tanggal, nama penerima dan pemberi uang, produk, nominal pembayaran, tujuan pembayaran, dan tanda tangan.
  • Sesuaikan ukuran kolom dan baris tabel sesuai kebutuhan Anda.
  • Berikan judul pada setiap kolom untuk memudahkan identifikasi informasi.
  • Isi nomor kuitansi secara berurutan.
  • Cantumkan tanggal pembuatan kwitansi.
  • Tuliskan nama lengkap atau nama perusahaan dari penerima uang serta pemberi uang.
  • Jika transaksi pembayaran terkait dengan pembelian produk, tuliskan informasi tentang produk yang dibeli, termasuk deskripsi, jumlah, dan harga.
  • Catatkan informasi mengenai jumlah uang yang dibayarkan dengan jelas.
  • Tuliskan tujuan pembayaran dengan jelas, misalnya pembelian barang atau pembayaran jasa.
  • Sediakan kolom untuk tanda tangan penerima uang dan pemberi uang.
  • Periksa kembali semua informasi yang tercantum untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan data.
  • Simpan kwitansi sebagai template untuk penggunaan berulang di masa mendatang.
  • Cetak kwitansi atau simpan sebagai file elektronik sesuai kebutuhan Anda.

2. Cara Membuat Kwitansi di Excel

Alternatif lain adalah menggunakan spreadsheet seperti Microsoft Excel. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kwitansi pembayaran menggunakan Microsoft Excel:

  • Buka Microsoft Excel dan buat spreadsheet baru.
  • Buatlah kolom dan baris yang sesuai untuk mencantumkan komponen-komponen kwitansi
  • Berikan nama pada setiap kolom untuk memudahkan identifikasi informasi
  • Gunakan formula dan format khusus dalam Excel untuk mengatur otomatis nomor kuitansi, menghitung total pembayaran, atau memperindah tampilan kwitansi.
  • Cantumkan informasi seperti nomor kuitansi, tanggal, nama penerima dan pemberi uang, produk, nominal pembayaran, tujuan pembayaran, dan tanda tangan dalam sel yang sesuai.
  • Sesuaikan ukuran kolom dan baris sesuai kebutuhan.
  • Isi nomor kuitansi secara berurutan.
  • Cantumkan tanggal pembuatan kwitansi.
  • Tuliskan nama lengkap atau nama perusahaan dari penerima uang serta pemberi uang.
  • Jika transaksi pembayaran terkait dengan pembelian produk, tuliskan informasi tentang produk yang dibeli, termasuk deskripsi, jumlah, dan harga.
  • Catatkan informasi mengenai jumlah uang yang dibayarkan dengan jelas.
  • Tuliskan tujuan pembayaran dengan jelas, misalnya pembelian barang atau pembayaran jasa.
  • Sediakan kolom untuk tanda tangan penerima uang dan pemberi uang.
  • Periksa kembali semua informasi yang tercantum untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan data.
  • Cetak kwitansi atau simpan sebagai file elektronik sesuai kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat kwitansi pembayaran menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel.

Pastikan untuk selalu memeriksa kembali kwitansi yang telah dibuat sebelum memberikannya kepada penerima uang, untuk memastikan semua informasi yang tercantum sudah benar dan lengkap.

Masih bingung bagaimana cara membuat kwitansi? takut hilang dan sebagainya. Sebaiknya Anda memanfaatkan software akuntansi Beecloud, dengan teknologi dan keunggulannya.

Fitur kwitansi online bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Beecloud, yang akan dengan cermat mencatat setiap transaksi aman dan terhindar dari manipulasi dan kebocoran data, serta bisa diakses dimana saja baik HP, Laptop atau Tablet.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan kwitansi transaksi, karena data telah di-backup dengan rapi berbasis Cloud technology. Selain itu juga portable, bisa dicetak atau dikirim langsung dengan mudah melalui chat atau email.

Coba gratis Beecloud, klik gambar di bawah!

Aplikasi Pembuatan Kwitansi Online Dengan Fitur Attachment

Apa Perbedaan Laporan Pajak Bulanan dan Tahunan?
Laporan Pajak Bulanan – Apakah anda pernah kesulitan membuat Laporan Pajak Bulanan atau Tahunan ? Bagi anda yang belum mengerti
Baca Juga
Mesin Printer Kasir Portable, Kecil Tapi Canggih
Mesin printer kasir portable, benda kecil yang sering kita jumpai di berbagai sektor usaha, termasuk di bidang F&B. Tidak hanya
Baca Juga
Liabilitas dalam Dunia Bisnis. Apa Saja?
Dalam dunia bisnis, liabilitas bukan hal asing lagi. Liabilitas adalah salah satu komponen keuangan penting untuk menunjang sebuah perusahaan. Meskipun
Baca Juga
Kenali Rumus Indeks Harga Jadi Tolak Ukur Perubahan Harga
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perubahan harga suatu produk atau pasar dapat diukur? Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah
Baca Juga
Up Selling: Rahasia Sukses Meningkatkan Penjualan
Halo para pebisnis! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang strategi up selling atau penjualan dan bagaimana menerapkannya untuk
Baca Juga
Mengenal Aset Lancar, Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Salah satu elemen kunci yang mengukuhkan fondasi keuangan bisnis yang sehat adalah aset lancar. Aset lancar, atau yang lebih dikenal
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu