⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Syarat dan Cara Cek Merek Dagang Online Terbaru

Bagaimana cara cek merek dagang? Yuk, simak pembahasan lengkap dari syrat hingga manfaatnya dalam artikel ini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 14 September 2023

Anda tentu telah mengenal istilah "cek merek dagang" dalam berbagai aspek kehidupan Anda. Dari produk-produk yang Anda gunakan setiap hari hingga jasa-jasa yang Anda nikmati, merek dagang hadir sebagai identitas yang membedakan suatu produk atau jasa dari yang lainnya.

Merek dagang adalah elemen penting dalam dunia bisnis, dan memahami bagaimana cara melindungi serta memeriksa status merek dagang sangatlah penting.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang bagaimana Anda bisa melakukan cek merek dagang dan mengapa hal ini begitu krusial.

Pengertian Merek Dagang

Tugas Ba Adalah Mempromosikan Merek

Merek dagang berfungsi sebagai identitas bisnis (Credit: Freepik.com)

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang pentingnya memeriksa merek dagang, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan merek dagang.

Secara sederhana, merek dagang adalah simbol, nama, kata, frasa, desain, atau kombinasi dari elemen-elemen ini yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan produk atau jasa suatu bisnis dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis lain.

Merek dagang berperan penting dalam memberikan identitas yang mudah dikenali oleh konsumen. Ketika Anda melihat apel dengan gigitan di sisi atasnya, Anda pasti langsung terbayang perusahaan besar: Apple Inc.

Logo tersebut adalah contoh sempurna dari bagaimana merek dagang bisa menjadi wakil dari seluruh citra suatu perusahaan.

Manfaat Merek Dagang

Merek dagang memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari memiliki merek dagang yang kuat:

1. Membedakan Produk atau Jasa dari Produk atau Jasa Lain

Dalam pasar yang penuh dengan berbagai pilihan produk dan jasa, memiliki merek dagang yang kuat membantu Anda untuk menonjol. Bayangkan Anda berada di sebuah supermarket dan ingin membeli pasta gigi.

Di hadapan Anda, terdapat banyak merek dengan kemasan yang hampir sama. Tanpa merek dagang yang jelas, Anda mungkin akan bingung memilih. Merek dagang membantu produk atau jasa Anda untuk dikenali dengan mudah di antara opsi yang ada.

2. Membangun Identitas dan Reputasi Merek

Merek dagang juga membantu Anda membangun identitas yang kuat di benak konsumen. Logo, warna, dan elemen-elemen desain lainnya menjadi representasi visual dari bisnis Anda.

Ketika konsumen melihat elemen-elemen tersebut, mereka seharusnya langsung teringat pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, merek dagang juga terkait erat dengan reputasi bisnis Anda.

Merek dagang yang telah dikenal baik karena kualitasnya akan membantu mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru.

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Merek dagang yang dikenal dan memiliki reputasi baik juga berkontribusi pada peningkatan kepercayaan konsumen. Konsumen cenderung merasa lebih nyaman membeli produk atau menggunakan jasa dari merek yang mereka kenal dan percayai daripada dari merek yang tidak dikenal.

Kepercayaan konsumen adalah faktor kunci dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

4. Melindungi Bisnis dari Persaingan

Merek dagang dapat memberikan perlindungan hukum terhadap upaya pesaing untuk menggunakan identitas bisnis Anda. Ini mencegah pesaing untuk secara tidak sah memanfaatkan reputasi dan identitas yang Anda bangun dengan susah payah.

Jika merek dagang Anda sudah terdaftar, Anda memiliki dasar hukum yang kuat untuk melawan penggunaan ilegal atau merugikan terhadap merek Anda.

Baca Juga: Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya

Cara Cek Merek Dagang secara Online

Cek Merek Dagang

Langkah awal dalam mengecek merek dagang adalah mengunjungi laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) (Credit: Freepik.com)

Untuk memastikan bahwa merek dagang Anda terdaftar secara sah, Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Berikut adalah cara cek merek dagang yang bisa Anda lakukan:

1. Kunjungi Portal DJKI

Langkah pertama untuk cek merek dagang adalah dengan mengunjungi portal Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham. Portal DJKI menyediakan layanan pengecekan merek dagang secara online.

2. Pilih Menu "Merek"

Setelah membuka portal DJKI, pilih menu "Merek" di halaman utama.

3. Masukkan Nama Merek Dagang atau Jasa

Pada kolom "Merek", masukkan nama merek dagang atau jasa yang ingin Anda cek.

4. Klik "Cari"

Setelah memasukkan nama merek dagang atau jasa, klik tombol "Cari".

5. Tunggu Hingga Daftar Merek Dagang atau Jasa yang Telah Terdaftar Muncul

Nantinya, akan muncul daftar merek dagang atau jasa yang telah terdaftar. Anda dapat melihat informasi detail dari masing-masing merek dagang, seperti nomor register, kelas barang/jasa, dan tanggal pendaftaran.

6. Bandingkan dengan Merek Dagang Anda

Setelah mengetahui daftar merek dagang atau jasa yang telah terdaftar, bandingkan dengan merek dagang Anda. Jika merek dagang Anda memiliki kesamaan dengan merek dagang yang telah terdaftar, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengubah merek dagang Anda agar tidak melanggar hak paten orang lain.

Perbedaan Merek Dagang Terdaftar dan Tidak Terdaftar

Merek dagang dapat dibagi menjadi dua kategori utama: merek dagang terdaftar dan tidak terdaftar. Merek dagang terdaftar adalah merek dagang yang telah didaftarkan pada lembaga pemerintah yang berwenang, seperti Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Dengan merek dagang terdaftar, Anda mendapatkan perlindungan hukum yang lebih kuat dan eksklusivitas penggunaan identitas bisnis Anda. Di sisi lain, merek dagang tidak terdaftar juga memiliki perlindungan hukum dalam skala yang lebih terbatas.

Perlindungan ini didasarkan pada asas "prior use," yang berarti merek dagang tersebut dilindungi jika Anda bisa membuktikan bahwa Anda telah menggunakannya sebelumnya dan memiliki hak yang sah atas penggunaan tersebut. Namun, perlindungan ini cenderung kurang kuat dibandingkan dengan merek dagang terdaftar

Pentingnya Cek Merek Dagang

Cek merek dagang adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga hak-hak kekayaan intelektual Anda dan melindungi reputasi merek Anda. Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu secara rutin melakukan pemeriksaan merek dagang:

1. Menjaga Hak Kekayaan Intelektual

Merek dagang adalah bagian dari hak kekayaan intelektual Anda sebagai pemilik bisnis. Melalui merek dagang, Anda memiliki hak eksklusif untuk menggunakan identitas bisnis Anda dalam lingkup tertentu.

Dengan melakukan cek merek dagang secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa tidak ada pihak lain yang mencoba mendaftarkan merek yang serupa dengan milik Anda. Ini akan membantu Anda untuk melindungi hak-hak Anda secara efektif.

2. Melindungi Reputasi Merek

Reputasi merek yang baik membutuhkan waktu dan usaha untuk dibangun, tetapi dapat hancur dalam sekejap jika identitas merek Anda disalahgunakan atau terkait dengan produk atau jasa yang buruk.

Dengan rutin melakukan cek merek dagang, Anda dapat mengidentifikasi potensi pelanggaran merek atau penggunaan yang merugikan reputasi merek Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai sebelum reputasi merek Anda tercoreng.

Selain hak merek dagang yang bisa dijadikan alat untuk melindugi reputasi merek, Anda juga perlu memberikan produk dan layanan yang baik secara konsisten, sehingga reputas bisnis bisa tetap tejaga. Coba gunakan software kasir online Beepos, media perantara Anda untuk berikan palayanan cepat dan aman integrasi akunting. Dapatkan akses gratis trial TERBATAS khusus untuk Anda pengguna pertama!

Beepos Bikin Pelanggan Puas Belanja Dengan Layanan Kasir Yang Cepat Dan Aman

3. Mencegah Persaingan Tidak Sehat

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, tidak jarang pesaing yang mencoba untuk mendapatkan keuntungan dengan cara tidak fair, termasuk dengan menggunakan identitas merek Anda.

Dengan melakukan cek merek dagang secara rutin, Anda dapat menghindari persaingan tidak sehat yang dapat merugikan bisnis Anda.

Jika Anda menemukan upaya pelanggaran merek, Anda dapat mengambil langkah hukum yang diperlukan untuk melindungi bisnis Anda.

Cek Merek HAKI

HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) adalah istilah yang mencakup berbagai jenis hak, termasuk hak cipta, hak paten, hak desain industri, dan tentu saja, merek dagang.

Untuk mengecek merek HAKI, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas dan melakukan pencarian khusus untuk merek dagang di lembaga yang mengatur hak kekayaan intelektual di negara Anda.

Baca Juga: Pengertian, Jenis dan Contoh Hak Paten dalam Bisnis

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, identitas merek dagang adalah aset yang tak ternilai harganya. Maka dari itu, mengelola merek dagang dengan bijak adalah suatu keharusan.

Melalui artikel ini, kita telah memahami pengertian merek dagang, manfaatnya, perbedaan antara merek dagang terdaftar dan tidak terdaftar, serta pentingnya melakukan cara cek merek dagang secara berkala.

Dengan rutin melakukan cek merek dagang, Anda dapat menjaga hak kekayaan intelektual, melindungi reputasi merek, dan mencegah potensi persaingan tidak sehat.

Jangan lupa untuk menggunakan sumber daya yang ada, seperti database resmi lembaga kekayaan intelektual dan bantuan dari ahli hukum, untuk memastikan bahwa merek dagang Anda tetap aman dan kuat dalam pasar yang berubah-ubah.

Artikel Terkait

5 Strategi Penetapan Harga Jual Agar Tidak Rugi
Harga bagi pebisnis akan sangat menentukan seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan, sedangkan bagi konsumen harga juga menjadi hal yang
Baca Juga
Contoh Faktur Penjualan, Komponen dan Fungsinya (Lengkap)
Menjalankan sebuah usaha yang melibatkan transaksi pastinya membutuhkan sebuah kwitansi atau faktur penjualan maupun faktur pembelian sebagai bukti. Faktur sendiri
Baca Juga
Mengenal Visual Merchandising, Strategi Meningkatkan Penjualan
Visual merchandising salah satu strategi sekaligus  menyajikan produk secara menarik dan memikat pelanggan agar dapat memperkuat brand hingga meningkatkan penjualan,
Baca Juga
Usaha Bengkel untuk Pemula Mulai Persiapan Hingga Cuan
Apakah Anda termasuk pelaku usaha bengkel pemula ? Atau mempunyai niatan untuk membuka usaha bengkel? Anda sebelum membangun usaha ini
Baca Juga
Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula
Gagasan membangun ide bisnis rumahan untuk pemula memiliki daya tarik karena alasan yang jelas, apalagi selama pandemi Covid-19 berlangsung. Bayangkan,
Baca Juga
Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung & Cara Membuatnya
Ada dua metode yang digunakan dalam menyusun laporan arus kas, yakni laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung. Dalam
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu