Logo Bee Web

Cara Memulai Bisnis Online Lengkap Anti Gagal

Bagaimana cara memulai bisnis online tanpa ribet? Ada delapan langkah yang sama pentingnya untuk mengawali bisnis online dari nol.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 17 March 2023

Bisnis online sudah menjadi salah satu solusi yang disukai oleh para pengguna smartphone. Banyak produk bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan beberapa sentuhan saja. Dari segi calon penjual, bagaimana cara memulai bisnis online dan menjalankannya untuk meraih keuntungan yang besar?

Sebelum memulai bisnis online, setiap calon pelaku bisnis wajib mencari tahu permasalahan apa yang dihadapi oleh masyarakat. Setelah mengetahui permasalahan tersebut, pelaku usaha bisa segera mempersiapkan bisnis online yang mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Ilustrasi Pemilik Online Shop

Pengusaha Pemula Wajib Tahu Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online (Sumbr: Freepik.com)

Meskipun seorang calon pebisnis online belum pernah mencoba menjalankan bisnis apapun, bukan berarti tidak bisa langsung menjalankan bisnis online dengan sukses. Setiap orang sebenarnya bisa memulai bisnis dari nol dan meraih kesuksesan dengan menerapkan beberapa langkah di bawah ini.

1. Menentukan Jenis Bisnis

Cara memulai bisnis online dari nol yang pertama adalah dengan menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan. Misalnya, Anda bisa memilih bisnis elektronik, pakaian, makanan, atau produk lainnya. Dengan menentukan produk yang akan dijual, langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan mudah.

Tapi menentukan ide bisnis sama sekali tidak mudah. Itulah sebabnya, penting untuk mencari tahu masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan menyediakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk permasalahan yang dihadapi, produk yang Anda sediakan pasti akan laku keras.

2. Menyusun Rencana Bisnis

Langkah berikutnya adalah Menyusun rencana bisnis, langkah ini sama pentingnya dengan langkah sebelumnya. Rencana bisnis biasanya berisi beberapa faktor, seperti deskripsi tentang bisnis yang akan dijalankan dan analisis pasar seperti produk serupa, pelanggan yang menjadi target, dan pesaing.

Rencana bisnis sebaiknya juga berisi produk serta layanan yang akan disediakan serta rencana terperinci untuk memasarkannya. Jangan lupa deskripsikan juga rencana operasi dan logistic serta rencana keuangan seperti caranya memperoleh modal dan biaya produksi barang.

3. Melakukan Riset Pasar

Cara memulai bisnis online yang ketiga adalah melakukan riset pasar dengan tujuan lebih memahami calon pelanggan dan juga produk. Riset pasar bisa diawali dengan mencari produk serupa yang disediakan oleh competitor.

Pelajari bentuk produk, cara pelayanannya, harganya di pasaran, dan sebagainya. Hal ini akan mempermudah pelaku bisnis dalam menganalisis kekurangan, kelebihan, serta peluang produk yang akan dijual.

Baca Juga: Tujuan Riset Pasar Adalah: Pengertian dan Tipsnya

4. Menentukan Target Pasar

Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

Langkah Selanjutnya adalah Menentukan Siapa Target Merket yang Dituju (Sumber: Freepik.com)

Selain riset pasar, target pasar juga harus ditentukan, pemilik bisnis wajib tahu siapa yang nantinya akan membeli produk tersebut. Untuk menentukan target pasar, pelaku bisnis bisa menggunakan salah satu dari dua cara, yaitu demografi atau psikografi.

Berdasarkan demografi, ada beberapa kelompok pelanggan yang perlu dipertimbangkan. Misalnya saja usia pelanggan, apakah target pasarnya antara 13 dan 18 tahun atau antara 20 hingga 30 tahun? Tetapkan target pasar agar Anda bisa menjual produk dengan lebih terarah.

5. Memilih Platform Jual Beli

Setelah empat tahap sebelumnya terlewati, cara bisnis online pemula berikutnya adalah pemilihan platform yang paling cocok untuk jual beli produk. Jika produk yang dijual berupa barang, maka gunakan e-commerce atau marketplace agar toko online bisa mencapai lebih banyak pembeli.

Tapi kalau produk yang disediakan berupa jasa, maka cara promosi yang paling tepat adalah dengan menggunakan sosial media. Sosial media merupakan sarana pemasaran yang paling efektif karena popularitasnya. Selain itu, pelaku bisnis bisa berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan.

6. Gunakan Seluruh Fitur

Saat menggunakan salah satu platform untuk berjualan secara online, jangan lupa memanfaatkan seluruh fitur yang ada. Misalnya, marketplace dan sosial media menawarkan fitur yang cukup lengkap, seperti video, gambar, komentar, rating, dan deskripsi.

Berbagai fitur tersebut perlu dimaksimalkan agar penjualan produk menjadi lebih efektif. Unggah foto produk yang kualitasnya jelas karena gambar yang jelas akan lebih meyakinkan calon pembeli. Balas komentar para calon pembeli untuk menjalin hubungan yang baik dan menggerakkan para pembeli.

7. Membuat Website Toko

Cara memulai bisnis online yang cukup efektif adalah dengan mempersiapkan website toko. Website toko bisa membuat kepercayaan calon pembeli meningkat. Selain itu, website toko juga menawarkan berbagai manfaat lainnya, seperti menyediakan informasi bisnis yang lebih lengkap.

Situs web toko juga bisa diakses dimana saja sehingga bisa menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Cara bisnis online untuk pemula tidak boleh diremehkan, ciptakan website toko dengan tampilan profesional dan domain yang meyakinkan.

8. Promosikan Produk di Media Sosial

Media sosial merupakan jaringan yang sangat luas dengan pengguna yang beragam dari berbagai belahan dunia. Instagram, TikTok, dan Facebook merupakan berbagai pilihan media sosial yang sangat cocok untuk mempromosikan produk yang dijual.

Baca Juga: Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital

Tiga media sosial tersebut juga menyediakan fitur toko atau bisnis sehingga bisa membantu pelaku bisnis mempromosikan produk dengan lebih baik.

9. Memiliki Pembukuan Transaksi

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web 768x402

Langkah penting terakhir yang harus dilakukan ketika sudah mulai menjalankan bisnis online adalah memiliki pembukuan transaksi. Pembukuan transaksi ini penting untuk memanajemen bisnis agar lebih teratur.

Tidak perlu menyiapkan buku dan belajar rumus-rumus agar bisa melakukan pembukuan yang benar, kini Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan online shop dari Beecloud, Anda hanya perlu merekap transaksi dan memasukkannya ke dalam program. Laporan keuangan langsung jadi, Stok terkontrol dan bisa memantau mana produk yang menjadi favorit customer selama ini.

Ada sembilan cara memulai bisnis online anti gagal yang sebaiknya Anda coba. Setiap langkahnya mempunyai peranan yang penting, jadi sebaiknya jangan lewatkan satupun.

Artikel Terkait

Cara Membuat SIUP Mikro Online 2022
Untuk para pengusaha mikro maupun menengah, mengurus sebuah surat perizinan menjadi salah satu langkah penting ketika mendirikan sebuah bisnis. Cara
Baca Juga
Catering Adalah Peluang Usaha Menjanjikan, Begini Tips Suksesnya
Apa itu catering? Catering adalah usaha yang menyediakan berbagai jenis makanan sesuai dengan pesanan dari customer, jenis bisnis ini bisa
Baca Juga
Cara Menentukan Harga Jual Makanan dan Contoh Sederhananya
Menentukan harga jual makanan yang tepat adalah salah satu langkah kunci untuk keberhasilan bisnis kuliner. Harga jual yang terlalu tinggi
Baca Juga
Harga, Syarat dan Cara Daftar Franchise Alfamart (Update 2023)
Melihat ramainya toko ritel seperti alfamart seking kali menjadikan iri, bagaimana ya caranya buat usaha seperti itu? Tenang Anda bisa
Baca Juga
After Sales Adalah Cara Memuaskan Pelanggan, Ini Strateginya
After sales adalah salah satu aspek yang krusial dalam pengalaman pelanggan yang sering kali diabaikan. Terfokus pada hubungan yang terjalin
Baca Juga
3 Penting Komponen Laporan Keuangan dan Pembagiannya
Laporan keuangan menjadi sumber informasi penting serta dasar dalam mengambil keputusan demi terjadinya bisnis yang sehat. Komponen laporan keuangan sendiri
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu