Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

5 Rahasia Membangun E-Commerce Yang Sukses

Dipublish Tgl: Wednesday, 28 August 2019

Sebagai pengusaha, Anda tentunya ingin usaha Anda bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai hal itu, salah satunya dengan menjalankan bisnis e-commerce. Namun, jika Anda berniat mengubah toko online e-commerce menjadi bisnis yang besar, Anda harus tahu rahasia membangun e-commerce yang sukses karena tanpa langkah yang tepat, kesuksesan akan lebih sulit untuk dicapai.

Selalu ada kesempatan bagi bisnis e-commerce untuk berkembang, dan di bawah ini Anda bisa menemukan beberapa rahasia untuk membangun sebuah e-commerce yang sukses.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Barbershop dari Nol?

1. Perlakukan bisnis e-commerce seperti bisnis sesungguhnya.

Rahasia Membangun E-Commerce

Gambar 1. Perlakukan bisnis e-commerce seperti bisnis sesungguhnya (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda masih melihat bisnis e-commerce sebagai hobi atau sampingan, saatnya berhenti melakukan hal itu. Mungkin menjalankan sebuah toko online terasa seperti pekerjaan sampingan jika belum mendatangkan banyak keuntungan, namun niat untuk mengembangkan bisnis e-commerce harus dibarengi dengan ketekunan.

Memang baik jika bisnis e-commerce yang Anda jalankan mendatangkan kesenangan, namun Anda pasti lebih semangat untuk membangun bisnis e-commerce jika bisnis itu diperlakukan seperti bisnis yang sudah sukses.

2. Gunakan software yang bisa mendukung produktivitas.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa melihat masalah yang mungkin timbul sebelum hal itu benar-benar terjadi. Dalam hal ini, pemilik bisnis bisa terbantu dengan adanya software yang mendukung. Saat mempertimbangkan software mana yang paling tepat diaplikasikan untuk bisnis e-commerce Anda, pertimbangkan beberapa hal seperti keamanan, kemudahan penggunaan, serta pastikan bahwa nantinya software Anda bisa disesuaikan dengan perkembangan bisnis e-commerce.

3. Ketahui di mana pelanggan dan calon pelanggan Anda berada.

Dalam bisnis apa pun, target pasar merupakan hal yang mutlak untuk diketahui. Tanpa adanya target pasar yang jelas, bisnis tidak akan bisa memasarkan produk atau layanan ke orang yang tepat. Karena bisnis e-commerce tidak memiliki bentuk fisik, yang harus Anda jadikan pertimbangan untuk tempat “membidik” calon pelanggan adalah berbagai situs dan media sosial. Jika ada target pasar yang ditetapkan, proses pemasaran akan memberi hasil yang lebih baik.

4. Promosikan produk dan layanan lewat pelanggan.

Mendapatkan testimoni dari pelanggan yang puas akan mendongkrak reputasi bisnis Anda serta menarik minat calon pelanggan lain. Jika berhasil mengumpulkan testimoni dan ulasan secara rutin, lama kelamaan hal ini bisa meningkatkan penjualan secara drastis.

Usaha pemasaran dari pemilik bisnis memang penting, namun pendapat dari pelanggan adalah yang paling menentukan. Pelanggan merupakan aset terbesar yang Anda miliki, maka manfaatkanlah hal itu sebaik-baiknya.

5. Kurangi hambatan pada langkah

Jika ingin menjual lebih banyak produk, Anda harus memastikan bahwa pelanggan tidak merasa direpotkan saat mereka ingin melakukan checkout atau menyelesaikan pembelanjaan. Jika pelanggan merasa proses checkout terlalu rumit, kemungkinan besar mereka akan membatalkan pembelian. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah proses checkout adalah:

  • Jangan mengharuskan pelanggan membuat akun terlebih dahulu.
  • Jangan mengarahkan pelanggan ke banyak halaman.
  • Pastikan opsi pengiriman standar adalah yang paling murah.
  • Jangan memberikan terlalu banyak kolom yang harus diisi. Sediakan fitur auto-fill jika memungkinkan.
  • Simpan data pelanggan yang tidak bersifat pribadi, misalnya alamat penagihan, pengiriman, serta pilihan cara pembayaran.
  • Sediakan beberapa cara pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan. pastikan beberapa pilihan umum seperti kartu kredit, transfer bank, dan cash on delivery

Mengembangkan bisnis e-commerce memang tidak mudah, apalagi dengan banyaknya pesaing yang ada. Tetapi dengan ketekunan serta alat-alat yang mendukung, membangun e-commerce yang sukses bukan lagi suatu impian.

Semoga Bermanfaat 🙂

4 Cara Mudah Membuat Barcode Produk
Barcode produk atau yang juga dikenal dengan sebutan kode bar, kode batang, atau kode palang merupakan sekumpulan data optik yang […]
Baca Juga
Nota Tunai: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Ketika Anda membeli sesuatu, misalnya membeli kebutuhan usaha, maka pihak penjual akan memberikan nota tunai atau kontan kepada Anda. Hal […]
Baca Juga
Apa itu Warung Kopi? Cara Pembukuan dengan Aplikasi Warkop
Aplikasi warkop emang ada ya? Warkop adalah salah satu tempat favorit para remaja untuk berkumpul dengan teman-temannya. Banyak yang ingin […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu