🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP

Suka nonton drakor, Kpop? Yuk intip deretan paluang usaha penggemar drama korea seperti Anda. Ada apa saja ya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 26 April 2023

Peluang Usaha Penggemar Drakor  - Efek dari hallyu Korea Selatan memang luar biasa, mulai dari film, musik, fashion, sampai makanan semuanya kini serba Korea. Banyak brand besar turut menggandeng para artis asal negeri ginseng menjadi model sampai brand ambassador dari brand mereka.

Selain menjadi hobi, Anda juga bisa memanfaatkan peluang ini menjadi usaha yang menguntungkan. Nah berikut rekomendasi ide bisnis yang akan mengubah hobi kamu jadi peluang usaha yang menjanjikan.

Rekomendasi Peluang Usaha Penggemar Drakor dan KPOP

Peluang Usaha Penggemar Drakor

Potret Salah Satu Korean Street Food yang Digemari (Credit: Freepik.com)

Berikut ini rekomendasi deretan usaha untuk Anda penggemar drakor dan KPOP:

1. Menjual Korean Food ala Drakor

Peluang usaha pengemar drakor pertama adalah makanannya, dalam serialnya mereka sukses menyuguhkan aneka ragam kuliner khas yang menjadikan siapa saja ingin mencobanya. Rasa penasaran dari penonton banyak pebisnis ingin mencoba memanfaatkan kesempatan ini.

Ada banyak sekali deretan makanan yang sering muncul di drama korea, sebut saja Tteokbokki Pedas, Odeng, Jajangmyeon, Ramyeon, Saus Gochujang, Kimchi, Korean Fried Chicken dan masih banyak lagi.

Buat bisnis Anda semenarik mungkin dan seunik mungkin agar mudah dikenali dan melekat di hati customer Anda nantinya.

2. Rekomendasi Jualan Baju Korean Style

Kegemaran masyarakat Indonesia terhadap serial drama asal negeri ginseng menjadikan mereka secara tidak langsung ingin meniru bagaimana cara gaya pakaian para artinya. Terutama gaya pakaian yang simpel namun terlihat elegan.

Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai ide usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki banyak peminat. Selagi Anda menonton drama korea atau sekedar mengamati media sosial mereka, Anda bisa melakukan pengamatan tentang bagaimana gaya pakaian mereka dan menjadikannya sebagai inspirasi bisnis.

Banyak kisah sukses pebisnis di luaran sana telah mencoba peruntungan dari peluang usaha ini, kapan giliran Anda?

3. Menjual Merchandise Kpop

Peluang Usaha

Contoh Produk Marchendise KPOP (Credit: Twitter.com/@ukshawolEm)

Selain serial dramanya, budaya Korea Selatan juga sukses disebarkan oleh para idol-nya, siapa saat ini yang tidak mengetahui deretan artis KPOP seperti EXO, NCT, BTS, Blackpink, Seventeen dan masih banyak lagi lainnya.

Berbeda dengan drama Korea yang jarang memiliki merchandise resmi, para idol ini lebih banyak meluncurkan merchandise resmi untuk dijual belikan kepada para penggemarnya.

Merchandise ini meliputi album fisik, photocard, photobook, lightstick, poster, kalender, dan masih banyak lagi.

Harga yang dibandrol juga terbilang tidak murah, namun masih memiliki banyak peminat karena mereka memiliki banyak penggemar. Untuk itu menjual produk merchandise KPOP ini bisa menjadi peluang usaha pecinta drakor dan KPOP seperti Anda.

4. Open PO Pembelian Album

Selain menjual produknya secara langsung, Anda juga bisa membuka jasa PO atau Pre-Order. Kenapa harus Pre-Order? Sebab biasanya platform resmi penjual album ini memberikan benefit atau hadiah khusus untuk para penggemar yang membeli album sebelum perilisan.

Seperti mengikuti acara pre-record di acara musik sampai melakukan fansign baik secara langsung maupun menggunakan platform online.

Hal ini akan menjadikan para penggemar tidak akan melewatkan kesempatan dua kali dan pastinya mereka akan berbondong-bondong melakukan pembelian.

So, peluang ini akan sangat menjanjikan, yang perlu Anda lakukan adalah memahami bagaimana prosedur yang tepat agar tidak mengecewakan customer.

5. Membuka Jasa War Tiket Konser dan Fanmeeting

Peluang usaha penggemar drakor dan Kpop lainnya adalah membuka jasa war tiket. Istilah war ticket adalah digunakan untuk menunjukan aktivitas pembelian tiket. Karena banyaknya peminat dan persaingan dalam proses pembelian tiket ini orang-orang menyebutnya dengan war tiket.

Banyak dari penggemar KPOP atau drakor yang menggunakan jasa ini untuk mendapatkan tiket konser atau fanmeeting yang diadakan oleh idola mereka, karena mereka sangat menyadari potensi kegagalan yang besar karena tingginya persaingan.

Anda bisa mencoba kesempatan ini dan menjadikannya sebagai bisnis yang cukup menguntungkan.

6. Jual Accesories Konser

Peluang Usaha Penggemar

Potret Para Pedagang Memasarkan Produknya di Luar Venue Konser (Credit: Detil.com/ @Marni)

Berikutnya adalah menjual aneka aksesoris dan keperluan untuk konser. Di Indonesia sendiri pelaksanaan konser sudah dibuka besar-besaran sejak awal tahun 2023 pasca pandemi.

Deretan artis baik dari dalam maupun luar negeri termasuk Korea Selatan telah membuat dan menghadiri acara disini.

Dalam pelaksanaan konser ada peraturan yang harus ditepati juga kreasi unik yang dibawa masing-masing penggemar.

Berkaitan dengan peraturan konser, setiap Individu yang datang untuk konser di wajibkan menggunakan tas PVC bening untuk memudahkan pengecekan isi tas.

Nah, Anda bisa menjadikan tas ini menjadi ide bisnis yang menguntungkan, karena mereka yang akan pergi konser pastinya akan membeli produk ini. Sedangkan untuk kreasi ini biasanya berkaitan dengan banner, poster, dan lain-lain untuk memeriahkan konser.

7. Jual Produk Custom Artis dan Idol Kpop

Tidak hanya produk resminya saja, Anda juga bisa menjual produk produksi sendiri yang terinspirasi dari mereka, seperti boneka karakter, baju, totebag, selimut, banner, stand dan masih banyak lagi.

Mengutip dari Detik.com pengusaha UMKM sekaligus pengerajin boneka asal Malang sukses bertahan di tengah gencatan ekonomi kala pandemi karena berhasil menjual ribuan produk boneka karakter.

Ide usaha ini bisa Anda olah sekreatif mungkin dan cocok untuk Anda yang memiliki modal sedang. Karena modal produk tidak setinggi menjual merchandise resminya.

Selain menguntungkan dari sisi penjual, dari pembeli juga lebih luas karena tidak semua penggemar memiliki kemampuan untuk membeli produk resmi.

Ingat sebaiknya produk Anda kreasikan sekreatif mungkin dan tidak melakukan duplikasi.

Tips Sukses Bisnis UMKM Hasilkan Untung Besar

keuntungan berjualan di marketplace

Begini Tips dan Trick Sukses Bisnis UMKM (Credit: Freepik.com)

Nah, agar bisnis semakin sukses, Anda tidak hanya perlu memperhatikan peluang usahanya saja tapi bagaimana perancangan dan pengelolaannya. Berikut tipsnya untuk Anda:

1. Merancang Bisnis dengan Matang

Sebelum menjalankan sebuah bisnis pastikan untuk merancang dan menyusun rencana bisnis secara matang. Rencana bisnis ini penting dilakukan untuk mendapatkan persiapan terbaik dalam menjalankan bisnis.

Seperti untuk memahami potensi keunggulan bisnis sampai kerugian bisnis yang bisa diantisipasi dan kerugian pun bisa diatasi.

2. Melakukan Analisa Pasar dan Kompetitor

Masih berkaitan dalam proses perencanaan bisnis, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan analisa pasar dan kompetitor. Analisa pasar ini digunakan untuk mengetahui hal hal terkait seperti bagaimana ekosistem pasar dan kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian.

Sedangkan analisa kompetitor digunakan untuk memantau dan mengetahui bagaimana para kompetitor selama ini melakukan bisnis sehingga Anda bisa melakukan evaluasi agar bisa tetap bersaing.

3. Menentukan Platform Jualan

Berikutnya, menentukan platform untuk jualan ini juga tidak kalah pentingnya. Dengan menentukan platform jualan fokus untuk melakukan analisa customer dan perencanaan bisnis bisa lebih fokus lagi.

Sebab, biasanya setiap platform memiliki karakteristik penjual tertentu dan Anda pebisnis wajib melakukan analisa agar mudah bersaing dan disukai oleh calon customer.

4. Melakukan Promosi

Untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda perlu melakukan promosi, hal ini dilakukan untuk mengenalkan produk barang atau jasa yang Anda kelola kepada masyarakat luas. Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara juga melalui berbagai platfom.

Salah satu platform yang memiliki potensi besar untuk dikenal dengan biaya yang minim adalah media sosial.

Caranya, Anda bisa membuat konten unik dan menarik sekaligus promosi yang mampu menggaet banyak followers, untuk menjangkau lebih banyak reach lagi Anda perlu melakukan promosi berbayar yang sudah disediakan mereka.

6. Memiliki Manajemen Keuangan yang Baik

Selanjutnya adalah memiliki manajemen keuangan yang baik. Pengaruh manajemen keuangan dan suksesnya bisnis sangatlah tinggi.

Dengan manajemen yang baik pebisnis bisa memantau posisi keuangan bisnisnya juga mengambil keputusan yang tepat dan tidak asal-asalan.

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web

Jika Anda memilih platform e-commerce sebagai media berjualan, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Selain mengelola keuangan bisnis, Beecloud juga bisa memantau produk mama yang paling laris dan kurang laris, sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi secara merata.

7. Evaluasi dan Perbaiki

Terakhir adalah melakukan evaluasi, ini dilakukan untuk memantau bagaimana bisnis berjalan selama satu periode. Apa saja keunggulan dan kekurangannya selama ini. Keunggulan bisa dipertahankan atau ditingkatkan dan kekurangannya bisa diperbaiki lagi.

Sekian informasi tentang peluang usaha penggemar drakor dan KPOP yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi bisnis yang menguntungkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana
bisnis kedai kopi sederhana - Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Rasa dan baunya yang khas menjadi daya
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana
Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk
Baca Juga
4 Contoh Surat Penawaran Negosiasi & Cara Menulisnya
Proses negosiasi adalah hal yang umum dalam dunia bisnis. Salah satu komponen kunci dalam negosiasi adalah penggunaan surat penawaran negosiasi.
Baca Juga
10 Karakteristik Wirausaha, Apakah Anda Termasuk?
Pada saat ini banyak orang yang memilih untuk menjadi wirausahawan. Hal tersebut dikarenakan menjadi seorang wirausahawan mempunyai pendapatan yang cukup
Baca Juga
9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
Memahami Perbedaan Omzet dan Profit, Lengkap!
Tujuan seseorang melakukan bisnis tidak lain adalah untuk mendapat keuntungan atau disebut profit. Sementara itu, ada kata lain yang tidak
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu