Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 22 April 2022

Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang menerapkan sistem kasir dan menggunakan alat barcode adalah usaha minimarket, supermarket. ritel, dan lainnya.

Salah satu cara mempercepat transaksi penjualan pada kasir adalah dengan menggunakan alat barcode untuk membaca item, lalu aplikasi kasir akan melanjutkan transaksinya. Ini lebih cepat dan efektif dibandingkan harus mengetik dan mencari manual item yang dibeli pelanggan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai barcode, ada baiknya Anda mengetahui juga tentang pengertian, cara kerja, dan jenis-jenis barcode.

Apa itu Barcode?

pengertian-apa-itu-barcode-adalah

Ilustrasi Kasir Sedang Memindai Barcode (Sumber: Freepik.com)

Dalam arti sederhana, barcode adalah mekanisme identifikasi untuk barang atau produk untuk kebutuhan komputerisasi. Informasi dalam barcode dalam bentuk huruf dan angka dikonversi dalam bentuk bilah atau garis dengan tingkat ketebalan yang berbeda dan memiliki jarak tertentu satu sama lain.

Datang dari suku kata bar & kode, dalam bahasa Indonesia disebut kode bar atau kode batang. Sistem kerja ini sering digunakan sebagai proses identifikasi barang. Kode dalam bentuk garis atau bilah akan membaca huruf dan angka.

Dari kode ini, informasi atau informasi produk ini sepenuhnya diterjemahkan melalui media terkomputerisasi. Di mana informasi produk, seperti nama, tahun pembuatan, produsen, kedaluwarsa, dan bahkan jumlah atau stok yang dapat kita temui di komputer lain atau peralatan digital yang dapat melakukan tugas ini.

Untuk cara membaca barcode, umumnya diperlukan alat yang biasanya kita ketahui dengan nama pemindai barcode atau barcode scanner. Alat ini membaca dan melanjutkan informasi dari barcode ke media terkomputerisasi.

Metode ini memfasilitasi proses identifikasi barang yang dapat diketahui dalam hitungan detik. Mekanisme barcode sering ditemukan pada kebutuhan pergudangan, industri, dan paling sering kebutuhan komersial dan perniagaan.

Bahkan untuk menghindari privasi, barcode sering digunakan alih-alih menulis alamat dan nama pelanggan dalam proses pengiriman barang. Metode ini mulai dilakukan, terutama di era pesatnya dunia e-commerce seperti sekarang.

Cara Membaca Barcode dengan Scanner

cara membaca barcode

Salah Satu Cara Scan Barcode (Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels)

Pemindai barcode memiliki beragam bentuk dan varian. Varian dari produk peralatan ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, ditempatkan di tengah supermarket sehingga pelanggan mengetahui harga produk yang ingin Anda beli.

Cara kerjanya sangat sederhana, dengan sistem pemindai laser, kode akan diteruskan melalui kabel atau nirkabel ke jaringan basis data. Untuk menampilkan informasi yang terkait dengan produk, biasanya memerlukan tampilan layar yang dapat menampilkan info cepat setelah kode dibaca.

Dalam perkembangannya, alat-alat penting dalam membaca bahasa barcode ini ditawarkan dalam berbagai jenis. Kembali ke informasi sebelumnya, ini disesuaikan dengan kebutuhan di mana produk ini diperlukan, diantaranya:

1. Cara Membaca Pemindai Barcode Pensil

Biasanya dikenal sebagai pembaca tipe pena atau tongkat barcode, karena namanya menyiratkan model ini memiliki bentuk seperti pensil atau pena. Mekanisme kerja alat ini masih menggunakan alat monitor, atau lebih tepatnya "photo diode" yang ditempatkan pada akhirnya.

Seperti menggunakan pensil atau pena, penggunaan alat ini dilakukan dengan menempelkan ujung alat ke kode, dengan bergeser dari ujung kiri ke ujung kanan kode batang. Proses pemindaian dilakukan dengan melemparkan cahaya dengan mantap dan menangkap bayangan pada kode batang.

Jika proses berjalan dengan baik, informasi produk akan ditampilkan pada layar monitor komputer. Karena bentuknya yang sederhana, peralatan pemindaian barcode sangat ideal untuk persyaratan penyimpanan atau penyimpanan (pergudangan) untuk memantau barang-barang atau produk stok.

2. Cara Membaca Pemindai Barcode Laser

Produk ini berfungsi hampir sama dengan pemindai barcode pensil. Yaitu menggunakan media ringan untuk menangkap bayangan kode batang, sehingga dapat diteruskan ke database komputer.

Hanya saja produk ini memiliki bentuk yang lebih kompleks dengan media cermin yang memastikan kesalahan membaca kode sangat minim. Jenis peralatan yang biasanya kita temui di toko-toko modern seperti supermarket dan sebagainya.

3. Cara Membaca Scanners CCD

Memiliki bentuk yang hampir sama dengan pemindai laser barcode, tetapi dengan sumber cahaya yang lebih efisien. Media ini sejalan dengan paralel dan berada di ujung pemindai. Untuk itu, untuk berfungsi, alat ini harus dipindahkan sehingga kode batang atau barcode dibaca.

Selain itu, alat ini berfungsi dengan mengukur intensitas cahaya yang dikirim, tidak membaca hasil refleksi cahaya seperti pemindai laser barcode atau pensil. Produk ini juga sering ditemukan di supermarket atau gudang penyimpanan.

4. Cara Membaca Camera Scanner

Camera scanner Adalah mekanisme pemindai barcode modern dengan memanfaatkan fasilitas kamera. Cara kerjanya alat ini seperti mata, menangkap objek atau citra digital (gambar) yang terlihat kemudian diterjemahkan melalui proses komputerisasi.

Metode ini juga diadopsi pada pekerjaan smartphone untuk mekanisme membaca barcode dengan mudah. Sayangnya kurangnya standardisasi penggunaan kamera yang benar-benar membuat proses kadang-kadang tidak sejalan dengan harapan.

Dalam penggunaan kabel sering menjadi media untuk informasi distributor dari pemindai barcode ke komputer. Perkembangan teknologi membuat metode ini lebih mudah, karena proses ini dapat diteruskan tanpa menggunakan kabel, alias menggunakan teknologi nirkabel.

Mekanisme ini membuat alat mudah dibawa kemana-mana, dan proses identifikasi produk dapat dilakukan pada saat yang sama. Karena terkadang, alat pemindaian juga dilengkapi dengan monitor dan media penyimpanan yang dapat menyediakan barang atau info produk dalam hitungan detik.

Baca Juga: Harga Alat Kasir Android & Jenis Kasir Lainnya untuk Usaha

Mengenal Jenis-jenis Barcode

jenis-jenis-barcode

Ilustrasi Jenis-jenis Barcode (Sumber: Freepik.com)

Namun, dalam perkembangannya, barcode yang kita tahu juga berkembang dengan varian lain. Atau umumnya dikenal sebagai barcode 1 dimensi dan barcode 2 dimensi.

1. Barcode 1 Dimensi

Ini adalah kode batang konvensional yang terdiri dari garis tebal dan tipis, dengan jarak yang berbeda satu sama lain. Dalam perkembangannya, jenis barcode ini tampaknya memiliki beberapa jenis varian.

  • Barcode 39: adalah jenis barcode satu dimensi dengan kode angka dan huruf. Memiliki panjang kode yang bervariasi biasanya digunakan untuk proses identifikasi, pelacakan dan sebagainya. Varian barcode biasa ini juga dikenal sebagai Kode Bar Full ASCII.
  • Interval barcode 2 dan 5: Ini memiliki kesamaan panjang yang bervariasi seperti barcode 39. Hanya saja dalam menulis kode batang jenis ini hanya menggunakan angka, lebih sering digunakan sebagai identifikasi kartu identifikasi dan sebagainya.
  • Barcode 128: Jenis kode batang ini memiliki kepadatan maksimum, dan menggunakan kedua nomor kode dan huruf, sehingga dikenal sebagai barcode Full ASCII.
  • Barcode UPC: Memiliki interval jarak antar bar sangat kecil, barcode ini juga dikenal sebagai Universal Product Code. Karena efisiensi jarak, jenis bilah kode ini sering digunakan untuk beberapa jenis mini, atau produk kecil.

2. Barcode 2 Dimensi

Jenis ini juga dikenal sebagai kode matriks, dengan desain kode tidak lagi menggunakan garis atau bar. Sebagai gantinya, jenis kode batang ini menampilkan karakter secara linear. Dan dalam satu linier dapat memuat ratusan karakter kode.

Mekanisme yang efektif dan efisien adalah nafas kebutuhan setiap kegiatan masyarakat modern seperti sekarang. Solusi untuk menggunakan barcode adalah cara modern untuk menyediakan, menyimpan dan mendapatkan setiap informasi yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Keberadaan cara membaca barcode akan memfasilitasi proses manajerial, pemantauan dan komersial dalam menyampaikan pesan objek yang diperlukan. Sehingga mengurangi aktivitas pencatatan dan sejenisnya secara berlebihan dan tidak diperlukan.

Anda butuh aplikasi kasir yang bisa membaca barcode dan tersimpan dalam database? Aplikasi kasir Beepos komplit! Barcode scanner, laci kasir, customer display, card reader, printer nota, dll. Beepos mendukung banyak merk & tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman.

cara-membaca-barcode-beepos

 

Balanced Scorecard Adalah: Pengertian dan 4 Perspektif di Dalamnya
Balanced scorecard adalah sistem yang berperan penting untuk mengukur kinerja perusahaan. Berikut ini pembahasan fungsi dan 4 perspektif di dalamnya […]
Baca Juga
8 Kelebihan Software Kasir Minimarket untuk Kepentingan Bisnis
Software kasir minimarket - Kasir merupakan pekerjaan yang bertugas untuk melayani transaksi pembelian di sebuah toko. Profesi kasir untuk toko […]
Baca Juga
Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Bengkel Semrawut Jadi Sistematis
Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu