🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Tips Memulai Bisnis F&B Untuk Pengusaha Pemula

Ragu memulai bisnis f&b? Tidak tahu langkah awalnya? Simak beberapa langkah dan tips yang bisa Anda terapkan para artikel berikut ini.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2019

Dari sekian banyak bisnis yang ada, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling banyak diminati orang. Sehingga tak heran jika saat ini semakin banyak masyarakat yang membuka bisnis F&B dengan berbagai kreativitas yang dimiliki untuk menarik perhatian konsumen.

Namun tidak semua pebisnis F&B ini bisa bertahan, karena terkalahkan dengan inovasi yang lebih menarik dari pebisnis yang lain. Sehingga persaingan didunia F&B semakin ketat. Nah, jika Anda berniat untuk membuka bisnis F&B, ada beberapa cara yang harus anda lakukan agar bisnis ini bisa bertahan dan berkembang.

Tips dan Rahasia Sukses Memulai Bisnis F&B

Food Truck Adalah

Langkah pertama dalam memulai bisnis F&B bisa dilakukan dengan mengenai target market (Sumber: pexels.com)(Credit: Freepik.com/ @Artphotostudio)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk membuka bisnis F&B  ada beberapa cara agar bisa berkembang nantinya. Simak cara cara mudah bisnis F&B berikut:

1. Mengenali Target Pasar

Dalam bisnis apapun, target pasar merupakan hal yang terpenting. Karena sebelum membuka usaha, anda harus mengetahui apakah produk Anda bisa laku di pasar. Seperti yang telah kita ketahui bahwa target pasar adalah acuan yang digunakan untuk merancang strategi pasar.

Adapun target pasar ini meliputi gaya hidup, umur, pekerjaan, pendapatan dan lain sebagainya. Jika anda ingin membuka bisnis kuliner di sekitar sekolah atau perkuliahan, kuliner yang cocok untuk dijual yaitu makanan dengan harga terjangkau dengan tempat yang kekinian.

Dalam hal ini, anda bisa mencoba membuka warung nasi yang berkonsep cafe dengan spot foto menarik. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, dalam menjual produk kuliner apa yang sesuai di pasar akan semakin mudah dilakukan.

Baca Juga: 7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM

2. Mengembangkan Inovasi

Cara yang selanjutnya yaitu membuat inovasi terbaru. Pasalnya saat ini juga banyak bisnis kuliner, sehingga persaingan semakin ketat. Jika anda tidak memiliki inovasi baru, maka kemungkinan akan bersaing dengan bisnis yang lain. Dalam dunia kuliner, inovasi ini sangat dibutuhkan agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja..

Adapun inovasi ini meliputi tampilan kreasi dalam pembuatan, beragam rasa dan cara penyajian yang unik. Hal  yang perlu anda perhatikan dalam melakukan inovasi ini yaitu menyesuaikan dengan target pasar anda.

3. Mencari Supplier yang Tepat

Selanjutnya yaitu mencari supplier yang terpercaya. Pasalnya untuk berbisnis kuliner, Anda harus mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan dan yang berkualitas. Untuk menemukan bahan-bahan yang berkualitas ini, anda bisa membelinya dari supplier yang sudah terpercaya. Dalam memilih supplier ini, Anda harus berhati-hati agar kedepannya tidak ada masalah dalam kualitas makanan.

4. Terus Belajar

Berikutnya dibutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus di dunia kuliner. Karena pengetahuan dan keahlian yang dimiliki ini nantinya bisa membantu Anda dalam mengembangkan ide-ide inovasi baru, sehingga semakin banyak konsumen yang berminat pada bisnis anda. Dengan memiliki pengetahuan dan keahlian, Anda bisa lebih mudah dalam menjadikan menu makanan dan minuman menjadi berbeda dengan bisnis yang lain.

Baca Juga: Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B

5. Jaga Reputasi

Berikutnya menjaga reputasi. Pasalnya reputasi ini juga mempengaruhi perkembangan bisnis Anda nantinya. Dengan kata lain, bisnis yang mampu menjaga reputasi positif dari konsumen, bisnis tersebut bisa bertahan lebih lama, karena kepercayaan konsumen.

Untuk menjaga reputasi ini, anda bisa memulai dengan menjaga kebersihan makanan, tempat dan penyajian. Selain itu, pelayanan terbaik kepada setiap konsumen juga sangat dibutuhkan.

6. Memberikan Pelayanan yang Baik

Langkah selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang baik kepada customer, mulai dari bersikap ramah hingga memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap. Kenapa kecepatan pelayanan penting dalam bisnis f&b? Jawabannya sederhana, tidak suka mengunggu.

Untuk hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi restoran dari Beepos, degan banyak fitur pendukung yang akan memudahkan Anda dalam mengoptimalkan pelayanan bisnis Anda. Mulai dari mudahya input data penjualan dan pembelian, cetak struk ke kitchen, kontrol stok mudah dan masih banyak lagi lainnya. Kepoin selengkapnya pada banner di bawah ini:

Pakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

Itulah ulasan mengenai cara bisnis F&B bagi pemula. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, setiap orang akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis F&B. Namun, dalam menjalankan bisnis ini Anda harus siap dengan segala resiko, sehingga Anda harus tetap konsisten. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan Bisnis
Adanya aplikasi catatan keuangan bisnis telah menjadi alat yang sangat penting bagi para pengusaha dan pemilik bisnis. Aplikasi ini tidak
Baca Juga
8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula
Memulai Bisnis Kuliner - Saat ini memang banyak sekali jenis bisnis yang bisa dilakukan. Salah satu bisnis yang sampai saat
Baca Juga
Memahami Psikologi Warna Sebelum Membangun Brand
Penggunaan warna bukan hanya tentang estetika semata, tetapi juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap persepsi, emosi, dan tindakan kita. Dalam
Baca Juga
Mengenal Visual Merchandising, Strategi Meningkatkan Penjualan
Visual merchandising salah satu strategi sekaligus  menyajikan produk secara menarik dan memikat pelanggan agar dapat memperkuat brand hingga meningkatkan penjualan,
Baca Juga
5+ Cara Menawarkan Produk Online Efektif & Menarik
Saat ini ada banyak sekali cara menawarkan produk ke konsumen secara online akhir-akhir ini, seiring dengan perkembangan media online yang
Baca Juga
Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis
Saat zaman beralih serba digital, ada berbagai peluang usaha di desa yang bisa dirintis untuk memulai bisnis. Orang tidak perlu
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu