Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Program Bengkel Excel untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel

Dipublish Tgl: Tuesday, 28 June 2022

Program bengkel excel adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk memudahkan operasional sehari-hari usaha bengkel. Setiap bisnis memiliki cara berbeda untuk menghasilkan keuntungan, tidak terkecuali dalam bisnis bengkel. Namun, bisnis bengkel mobil tidak sesederhana kelihatannya.

Bisnis bengkel memiliki karakteristik yang harus dipahami dengan baik untuk membuat bengkel mobil yang menguntungkan. Dan dalam artikel ini kita akan membahas tips untuk meningkatkan laba bisnis bengkel menggunakan program bengkel excel.

Beberapa bisnis bengkel mobil kadang-kadang terlihat dengan sejumlah besar kendaraan di toko mereka tetapi masih gagal membuat bengkel mobil menguntungkan.

Ini mungkin karena bengkel telah menghabiskan banyak biaya yang tidak perlu, atau mungkin ada layanan dan proses yang sangat baik, tetapi tidak banyak orang yang menyadarinya.

Oleh karena itu banyak bidang perlu dipertimbangkan untuk menjalankan bengkel otomotif yang sukses. Beberapa orang mungkin memiliki kekhawatiran tentang betapa menguntungkannya bengkel mobil, tetapi jika pendekatan seimbang dilakukan dengan memperhatikan semua aspek bisnis, maka tentu saja bukan tugas besar untuk meningkatkan laba bengkel mobil.

7+ Tips Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel

program bengkel excel

Ilustrasi Program Bengkel (Sumber: Freepik.com)

Meskipun mungkin ada banyak bidang dan aspek seperti itu yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan margin laba bengkel mobil, kami telah merangkum 7+ cara terbaik untuk meningkatkan laba dalam bisnis bengkel mobil Anda dan Anda dapat dengan mudah beradaptasi.

1. Mengisi Tenaga Kerja Sesuai Segmen Pelanggan

Biaya tenaga kerja harus didasarkan pada segmen pelanggan seperti segmen mobil mewah pelanggan tidak harus membayar harga yang sama seperti untuk pelanggan mobil hatchback.

Metode ini diterima dengan sangat baik di sebagian besar pasar. Ini akan menyeimbangkan margin dan profitabilitas Anda. Anda dapat mengalokasikan dan membedakan tim Anda sesuai dengan yang terbaik yang harus menangani segmen mobil mewah.

Biaya tenaga kerja yang sesuai dengan layanan pelanggan yang baik membantu menarik dan memelihara lebih banyak pelanggan dengan margin yang lebih baik.

2. Berikan Pilihan Suku Cadang OEM & OES

Dengan kemajuan dalam kualitas suku cadang dan kondisi mengemudi, banyak pemilik mobil setuju dengan suku cadang setelah pasar (OEM) dari merek terkenal berkualitas tinggi tetapi harga yang lebih rendah dan dilengkapi dengan margin yang lebih tinggi untuk bengkel.

Strategi yang lebih baik adalah memberikan kedua opsi dengan informasi yang tepat kepada pelanggan sehingga mereka punya pilihan.

Pastikan Anda juga tahu kualitas berbagai bagian yang Anda jual. Meskipun Anda memberikan pilihan setelah suku cadang pasar, jangan pernah berkompromi tentang kualitas suku cadang karena kepercayaan pelanggan Anda pada tangan Anda.

3. Miliki Strategi Upselling

Ilustrasi Bahagia dengan Hasil Usaha (Sumber: Freepik.com)

Setiap pelanggan melakukan kendaraan mereka berdasarkan persyaratan atau status mereka. Namun tentu saja, kendaraan mencerminkan kepribadian mereka.

Mengetahui pelanggan Anda dan menawarkan layanan atau aksesori tambahan ketika kendaraan datang untuk dilayani atau diperbaiki dapat meningkatkan margin laba bisnis bengkel Anda.

Anda dapat membuat paket yang dipersonalisasi dengan pesan yang tepat dan memberi tahu pelanggan. Pendekatan yang jelas dan pribadi untuk layanan pelanggan dapat membantu meningkatkan penjualan sehingga meningkatkan keuntungan.

Untuk membantu, Anda dapat menggunakan Persona Pembeli untuk mengetahui apa yang dikunjungi pelanggan kepada pelanggan Anda, dan menerapkan strategi upselling yang berbeda untuk setiap kepribadian pelanggan yang berbeda.

4. Fokus Pada Strategi Retensi Pelanggan

Mendapatkan pelanggan baru tidak begitu mudah dan juga mahal, jadi cara terbaik adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan referensi melalui mereka.

Program rujukan pelanggan membantu mempopulerkan bisnis perbaikan mobil dan meningkatkan efektivitas promosi dari mulut ke mulut.

Pelanggan yang telah menggunakan layanan bengkel mobil dan puas dapat menyarankan beberapa teman dan kenalan mereka. Kemudian mereka juga akan dihargai untuk masing -masing referensi ini melalui diskon setiap kali mereka mengunjungi toko berikutnya.

5. Fokus Pada Memberikan Layanan Terbaik

Salah satu alasan utama bagi pelanggan untuk kembali menggunakan jasa Anda dalam bisnis perbaikan dan bengkel mobil adalah kualitas layanan yang Anda berikan.

Reputasi bengkel identik dengan kualitas perbaikan dan jika memburuk dapat merusak bisnis secara permanen.

Ini memiliki pendekatan fix-it-right bahwa kendaraan diperbaiki dengan benar untuk pertama kalinya dan tidak harus melakukan perbaikan berulang dapat membangun hubungan yang baik dan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Memberikan penawaran yang menjamin layanan yang Anda berikan akan membantu dalam mengembangkan kepercayaan di antara klien dan semakin memperkuat citra bisnis untuk meningkatkan laba toko.

6. Fokus Pada Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas Teknisi

Teknisi Bengkel

Ilustrasi Produktivitas Teknisi

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan margin laba bisnis bengkel adalah dengan mengurangi biaya.

Hal ini dimungkinkan dengan meningkatkan efisiensi teknisi dengan melatih dan memotivasi mereka untuk menjadi ahli sehingga teknisi yang sama sekarang dapat melakukan lebih banyak kendaraan atau pekerjaan yang sama dalam waktu yang lebih singkat.

Strategi yang baik adalah memiliki tenaga kerja yang sangat efisien sehingga bengkel Anda dapat melayani lebih banyak kendaraan tanpa investasi baru.

Ini juga akan menghemat waktu pelanggan Anda, karena semakin terampil teknisi yang Anda miliki, semakin cepat dan semakin baik hasil pekerjaan mereka.

7. Ingatkan Pelanggan Anda Tentang Layanan yang Tepat Secara Akurat

Pemeliharaan kendaraan yang tepat dan reguler meningkatkan kinerja dan usianya, tetapi melacak dan melakukan pemeliharaan sesuai dengan interval yang diperlukan/yang direkomendasikan merupakan tantangan.

Jika bengkel melacak setiap penggunaan kendaraan dan mengingatkan pelanggan pada waktu yang tepat tentang layanan yang tepat dapat membantu dalam membangun hubungan yang baik dan juga meningkatkan bisnis.

Waktu terbaik untuk menentukan, menjelaskan, dan mengambil perjanjian pelanggan tentang layanan yang jatuh tempo adalah ketika pelanggan mengambil pengiriman kendaraannya setelah layanan.

Ini memastikan keakuratan dan merupakan tanggung jawab bengkel untuk mengingatkannya melalui telepon, SMS, atau email tepat waktu. Jika pelanggan melewati layanan maka itu adalah kerugian bisnis untuk bengkel.

8. Gunakan Program Bengkel untuk Mendapatkan Sistem Otomasi

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalaha menggunakan program bengkel. Pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan usaha adalah hal yang tidak boleh diremehkan, apalagi untuk usaha bengkel sekalipun.

Tips diatas akan lebih mudah Anda lakukan dengan bantuan program bengkel excel seperti manajemen teknisi, manajemen stok suku cadang, hingga manajemen keuangan.

Semua itu bisa Anda lakukan dengan dukungan fitur seperti dashboard pada program bengkel. Dashboard ini akan memberikan Anda banyak informasi mengenai segala kondisi usaha bengkel Anda.

Contohnya penggunaannya dalam operasional sehari-hari adalah transaksi pembelian suku cadang, input keluar masuk stok suku cadang, pencatatan otomatis penjualan jasa dan suku cadang, bahkan hingga manajemen member bengkel.

Program Bengkel Mobil untuk Manajemen Service Antrian Bengkel

Program pembukuan bengkel didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor. Program bengkel Beeaccounting terintegrasi mulai dari pencatatan order dan servis, antrian kendaraan, riwayat service, penjualan jasa dan sparepart, komisi teknisi, pembelian, hutang, stok, kas/bank hingga akuntansi. Berikut beberapa fitur utama dari program bengkel Beeaccounting:

  • Sistem manajemen service dengan nomor urut antrian
  • Buat dan cetak surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) otomatis
  • Cepat rekap pekerjaan mekanik dan akurat hitung komisi
  • Mencegah kehabisan stok sparepart
  • Keterangan saran service untuk mengingatkan jadwal service selanjutnya
  • Monitor pendapatan jasa vs penjualan sparepart
  • Database pelanggan
  • Pencatatan riwayat service kendaraan terstruktur

Program bengkel excel juga memiliki fitur manajemen member sehingga Anda akan lebih mudah mengelola pelanggan setia Anda. Dengan memberi diskon, memberikan pelayanan terbaik, semua itu bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya fitur tersebut.

Selain itu juga, fitur antrian tidak boleh Anda lewatkan. Fitur ini memberikan Anda tampilan berupa kendaraan mana yang sedang dikerjakan mekanis dan mana yang belum sesuai dengan nomor antrian yang berlaku.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir mengelola antrian yang dimana itu bisa berdampak pada pelanggan yang memungkinkan tidak menyukai layanan karena antri terlalu lama.

Beeaccounting,  program bengkel yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor.

Memiliki sistem manajemen service dengan nomor urut antrian yaitu sebuah multiple order dari beberapa kendaraan sekaligus tersaji dalam satu dashboard. Penambahan/perubahan order dapat dengan cepat dan mudah di input.

Selain itu, Beeaccounting juga memiliki fitur membuat dan mencetak surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) Otomatis. Perintah Kerja Bengkel (PKB) bisa dicetak begitu customer datang, berisi keluhan berikut jasa service plus parts yang diperlukan.

Untuk kebutuhan manajemen keuangan, fitur penghitungan otomatis juga jangan dilewatkan. Dengan adanya rekap pekerjaan per mekanik, maka sistem penggajian lebih transparan dan fair untuk semua pihak, sehingga mekanik lebih semangat dan loyal.

Lebih lanjutnya mengenai program bengkel Beeaccounting, silahkan klik gambar di bawah ini!

Beeaccounting Bengkel Cc Web

5 Aplikasi Keuangan yang Paling Banyak Dicari Tahun Lalu
Aplikasi Keuangan – Mengelola keuangan memang gampang – gampang susah. Jika cara kita benar maka kita bisa untung, namun jika […]
Baca Juga
Aplikasi POS Alfamart, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Aplikasi POS Alfamart digunakan untuk memudahkan mereka menerima pembayaran dan melacak penjualan. Masing-masing POS memiliki pengaturan yang berbeda salah satunya […]
Baca Juga
Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi Seperti Starbucks
Apakah kalian tahu Starbucks ? mungkin bagi Anda yang penikmat kopi pastinya tidak asing dengan Starbucks. Starbaucks merupakan salah satu […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu