Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Bisnis Model Kanvas Contoh, Elemen, dan Tips Membuatnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 25 August 2022

Apakah Anda pernah mendengar mengenai bisnis model kanvas? Bisnis model kanvas contoh dan penerapannya sangat berguna bagi Anda untuk menjalankan ide sebuah bisnis agar dapat terealisasikan dengan baik.

Untuk mengetahui beberapa informasi selengkapnya beserta bisnis model kanvas contoh apa saja yang bisa Anda gunakan, yuk simak artikel berikut ini:

Definisi Bisnis Model Kanvas

Definisi Bisnis Model Kanvas

Ilustrasi Bisnis Model Kanvas (Sumber: Freepik.com)

Bisnis model kanvas adalah gabungan dari berbagai elemen yang memiliki poin penting untuk membuat kerangka manajemen yang tepat dari sebuah ide bisnis. Bisnis model kanvas ini jauh lebih ringkas dan lebih cepat dibuat dibandingkan dengan bisnis plan.

Bisnis model kanvas biasanya hanya memuat beberapa poin penting yang dan digambarkan dalam bentuk visual. Sehingga bisa disusun dengan satu halaman saja. 

Bisnis model kanvas ini paling banyak digunakan untuk bisnis startup. Akan tetapi, bisnis model kanvas bisa juga digunakan untuk model bisnis apapun.

Elemen dalam Bisnis Model Kanvas

Dalam membuat bisnis model kanvas ada beberapa elemen yang harus Anda masukkan agar bisa lebih terperinci dan jelas. Berikut ini adalah 9 elemen yang harus ada dalam bisnis model kanvas contoh ide bisnis apa saja:

  • Segmentasi Konsumen (Customer Segments)

Segmentasi Konsumen

Ilustrasi Segmentasi Konsumen (Sumber: Freepik.com)

Anda harus menulis segmentasi konsumen apa saja yang cocok untuk ditargetkan dalam promosi produk Anda. Segmentasi tersebut bisa dilihat dari area geografis, usia, jenis kelamin, perilaku dan lain sebagainya.

  • Proposisi Nilai Konsumen (Value Proposition)

Dalam elemen ini, Anda harus menentukan keunggulan apa yang dimiliki pada produk dan tidak dimiliki oleh pesaing untuk menarik calon pembeli.

  • Channels (Saluran)

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui channels apa yang cocok digunakan untuk mempromosikan produk. Channels yang dimaksud bisa berupa sosial media, blog, SEO, SEM, ads, marketplace dan lain sebagainya.

  • Hubungan dengan Konsumen (Customer Relationship)

Selain memiliki keunggulan dari produk yang dijual, Anda juga harus membuat hubungan baik dengan konsumen agar bisnis bisa terus berjalan dengan lancar. 

Cara untuk mempererat hubungan baik dengan konsumen bisa mulai dengan memberikan pelayanan 24 jam atau hadiah bagi pelanggan yang setia.

  • Sumber Pendapatan (Revenue Streams)

Sumber Pendapatan

Ilustrasi Laporan Revenue (Sumber: Pexels.com)

Elemen satu ini sangat penting untuk dibuat secara maksimal. Hal ini dikarenakan pada elemen ini, Anda harus menentukan seberapa besar pendapatan yang akan diterima. Buat strategi yang bisa mendapatkan keuntungan dengan maksimal.

  • Sumber Daya (Key Resource)

Selain mencari sumber pendapatan, Anda juga harus merancang sumber daya atau pengeluaran dalam bisnis model kanvas contoh apa saja. Sumber daya yang dimaksud bisa mulai dari pemilihan penggunaan listrik, internet, gedung atau ruang kerja hingga peralatan kantor.

  • Aktivitas yang Dijalankan (Key Activities)

Elemen yang ketujuh adalah rancang segala aktivitas yang akan dijalankan untuk membuat sebuah produk atau jasa bisa sampai ke konsumen dengan baik. Aktivitas tersebut bisa mulai dari pada saat mendapatkan bahan baku hingga pengiriman ke konsumen.

  • Kerja Sama (Key Partnership)

Dalam sebuah bisnis pasti membutuhkan partner untuk kerjasama. Hal tersebut bertujuan agar bisnis yang dimiliki bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu merancang partner mana saja yang cocok untuk diajak kerja sama dan sesuai dengan produk atau jasa yang dikerjakan.

  • Struktur Biaya (Cost Structure)

Dan yang terakhir adalah struktur biaya. Elemen ini sangat penting karena untuk mengoperasikan sebuah produk atau jasa pasti membutuhkan biaya. 

Oleh karena itu, rancang elemen ini dalam bisnis model kanvas dengan sebaik mungkin agar anggaran yang dibuat nantinya tidak melebihi kapasitas. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tips Membuat Bisnis Model Kanvas

Elemen Penyusun Bisnis Model Kanvas

Ilustrasi Sales Canvas

Jika Anda masih bingung bagaimana membuat bisnis model kanvas, berikut ini adalah beberapa tisp untuk membuat bisnis model kanvas apa saja:

  •  Analisa keunggulan dari competitor mulai dari keberhasilan dan kegagalan mereka.
  • Urutkan elemen bisnis model kanvas di atas secara sistematis.
  • Elemen harus terhubung serta mendukung satu sama lain.
  • Fokus dengan kondisi atau ide bisnis saat ini.
  • Lakukan review dan perbaiki jika ada yang kurang.

Kesimpulan

Jika Anda mau punya bisnis distributor yang berkembang dan benar-benar menguntungkan maka sangat penting untuk membuat database outlet dan sales kanvas. Masalah yang sering dikeluhkan adalah bagaimana memantau kinerja sales kanvas agar terhindar dari sales nakal yang suka mark-up harga, buat nota dobel, sales kanvas yang males jarang visit ke outlet sehingga pelanggan kabur.

Untuk Anda disttibutor yang memiliki masalah-masalah tsb, sekarang ada apliksi SO (Sales Order) Mobile Beecloud untuk sales kanvas yang memiliki fitur, lokasi GPS, bagikan foto tampan depan dan dalam outlet, foto owner toko, nama toko dan owner, dan kontak.

Coba gratis SO (Sales Order) Mobile Beecloud sekarang!

Sales Order (so) Mobile Beecloud

Apa itu Proses Pemesanan Pembelian (Purchase Order)?
Di dunia bisnis yang mengglobal saat ini, proses pemesanan yang lambat dapat melumpuhkan bisnis Anda. Pemrosesan pesanan pembelian manual dan […]
Baca Juga
Software Akuntansi Distributor dan Manfaatnya Untuk Bisnis
Menjalankan bisnis tanpa harus repot modar-mandir dan menghabiskan banyak waktu di kantor adalah impian bagi banyak pengusaha. Jadi, kegiatan bisnis […]
Baca Juga
Aplikasi Grosir Sembako Terpopuler di Indonesia Harga Mulai Rp. 100rb
Aplikasi Grosir Sembako sangat dibutuhkan untuk mencatat setiap transaksi. Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis. Sedangkan usaha grosir […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu