Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Software Distributor Grosir, Wujudkan Laporan Keuangan Secara Mudah!

Dipublish Tgl: Tuesday, 14 June 2022

Era globalisasi kini berdampak dengan munculnya teknologi yang membantu aspek kehidupan. Teknologi berupa software distributor grosir misalnya.

Software termasuk dalam teknologi informasi dan komunikasi yang terus-menerus mengalami perkembangan dan kemajuan. Hal ini dikarenakan masifnya penggunaan seperti pada sistem android, website, aplikasi, dan berbagai platform lainnya. Perkembangan tersebut tentu saja untuk mempermudah urusan manusia.

Kita ambil contoh penggunaan software distributor grosir. Bagi Anda pemilik bisnis grosir, software seperti ini tentu sangat memudahkan Anda dalam perhimpunan data, penyederhanaan sistem, dan sarana mudah untuk Anda dalam mengakses informasi keuangan.

Apa itu Toko Grosir?

Toko Grosir

Ilustrasi Gudang Toko Grosir (Sumber: Freepik.com)

Simpelnya, toko grosir merupakan pedagang yang menjual produk atau barang dalam jumlah besar dari produsen untuk dijual kepada retail atau pengecer dengan harga murah. Anda tentu sering mendengar kalau kita membeli grosir, maka harga barang akan lebih murah dibandingkan ketika Anda membeli eceran.

Informasi seperti itu memang benar adanya. Produsen tidak menjual produk secara eceran kepada toko grosir. Jadi, mereka akan menjual produk dalam jumlah yang besar kepada toko grosir.

Selanjutnya, toko grosir menjual produk tersebut kepada toko retail dalam jumlah yang banyak pula. Nah, nantinya toko retail yang akan menjual produk tersebut secara satuan atau eceran. Karena produk yang dijualnya dalam jumlah besar, maka harga yang diberikan pun akan lebih murah dibandingkan membeli produk satuan.

Baca Juga: Toko Kelontong: Pengertian dan Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

Perbedaan Toko Grosir dan Toko Retail

Dari pengertian di atas, Anda tentu sudah memiliki gambaran mengenai toko grosir dan toko retail. Di bawah ini akan diuraikan mengenai perbedaan toko grosir dan toko retail.

  • Toko grosir menjual produk atau barang dalam jumlah besar dan harga murah. Sedangkan, toko retail menjual produk atau barang dalam jumlah kecil kepada konsumen tingkat akhir.
  • Toko grosir menjadi jembatan antara produsen dan toko retail. Sedangkan, toko retail menjadi jembatan antara toko grosir dan konsumen.
  • Harga grosir akan lebih murah jika dibandingkan dengan harga retail atau eceran. Hal itu karena kuantitas produk yang dijualnya.
  • Sebagai pebisnis, modal yang Anda perlukan akan lebih besar pada toko grosir dibandingkan pada toko retail.
  • Lokasi bisnis dan tampilan produk juga menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh toko retail. Sedangkan, toko grosir tidak begitu memperhatikan hal tersebut.

Perbedaan di atas sudah cukup menjelaskan mengenai perbedaan toko grosir dan toko retail, bukan?

Pengelolaan Finansial Toko Grosir

Kelola Finansial Bisnis Dimana Saja Apa Itu Aplikasi Pembukuan Kas Berbasis Cloud scaled

Finansial Toko Grosir Accounting

Nah, pengelolaan keuangan bagi kedua jenis toko tersebut sama-sama penting, karena termasuk hal mendasar bagi keseimbangan finansial pribadi dan bisnis. Bagi pebisnis yang masih kecil, seringkali pengelolaan keuangan masih menggunakan cara manual. Hal itu tentu membuat tingkat efektivitas dan efisiensi berkurang.

Padahal, pengelolaan keuangan yang baik, cepat, dan akurat itu penting. Misalnya untuk membuat laporan keuangan seperti laba rugi secara akurat. Di mana hal itu akan bermanfaat bagi Anda dalam membuat keputusan bisnis ke depannya.

Bayangkan saja, jika Anda masih menggunakan sistem keuangan manual menggunakan buku, apakah Anda akan terus-menerus membawa buku tersebut ke mana pun Anda pergi? Jawabannya tentu tidak. Selain itu, mencatat keuangan dalam buku tentu akan membutuhkan waktu cukup lama alias tidak otomatis, Anda perlu menuliskan transaksi hari itu dan menjumlahkannya secara manual.

Berangkat dari permasalahan tersebut, maka sudah selayaknya Anda beralih ke pengelolaan keuangan otomatis menggunakan software untuk gerai pusat. Software tersebut juga perlu Anda sesuaikan lagi dengan kebutuhan.

Cara Memilih Software Distributor Grosir

software distributor gambar

Software Distibutor Grosir Beecloud

Ada banyak software distributir grosir yang menawarkan berbagai kemudahan untuk Anda aplikasikan dalam bisnis Anda. Nah, untuk mempermudah Anda dalam memilih software mana yang paling cocok untuk toko Anda, maka perhatikan tips dan trik cara memilihnya di bawah ini!

  • Pilih yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Anda perlu mencari software yang sesuai dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menganalisis bisnis Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan akan menggunakan software seperti apa. Misalnya, Anda membutuhkan software untuk apa? Apakah membantu analisis keuangan saja? Atau untuk semua kebutuhan mulai dari analisis keuangan sampai kontrol transaksi?

  • Sesuaikan dengan Budget

Tidak perlu perangkat lunak dengan harga tinggi untuk menunjang operasional toko grosir Anda. Cukup gunakan software yang bisa menunjang operasional bisnis dengan baik dan harga terjangkau.

  • Fitur yang Dibutuhkan Software Distributor Grosir

Image Software Akuntansi Online integrasi kasir twitter

Ilustrasi Software Akuntansu Online Integrasi Kasir (Sumber: Bee.id)

Perlu Anda perhatikan, bahwa semakin banyak fitur yang Anda gunakan, mungkin Anda akan membayarnya lebih. Oleh karena itu, tentukan dulu kebutuhan Anda seperti apa dan lakukan identifikasi terhadap beberapa aplikasi toko pusat yang tersedia.

Software distributor grosir Beecloud memiliki fitur-fitur seperti di bawah ini:

    • Integrasi POS kasir: beberapa software menyediakan integrasi dengan POS (Point of Sale) kasir supaya tidak perlu menggunakan dua software sekaligus. Cukup satu software sudah bisa mengintegrasikan banyak hal.
    • Kontrol bisnis cabang dan pusat: tidak semua software memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengontrol bisnis pada tingkat pusat dan cabang. Adanya fitur ini akan membuat Anda mengontrol semua cabang dari mana pun dan kapan pun.
    • Analisis finansial lengkap: setelah proses transaksi berlangsung, maka Anda membutuhkan analisis dan laporan yang lengkap seperti laba rugi, selisih antara data keuangan yang balance, dan urusan utang-piutang.
    • Bisa diakses di android, tablet, dan laptop: hal ini bisa sangat membantu Anda ketika perlu mengontrol cabang toko dari mana pun dan kapan pun. Jika Anda sedang tidak membawa laptop, maka Anda tetap bisa mengontrolnya menggunakan android Anda.
  • Aplikasi Toko Grosir yang User Friendly

Software distributor grosir digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikan keuangan toko. Sehingga, Anda perlu memilih sistem yang mudah untuk digunakan. Kalau dalam mengoperasikan sistem saja Anda kesulitan, bagaimana dengan pemanfaatan fitur lainnya? Tentu Anda akan merasa kesulitan, kan?

Baca Juga: Software Akuntansi untuk Distributor, Agen, Grosir, Star Outlet, Wholesaler

Rekomendasi Software Distributor Grosir

Memilih software distributor grosir untuk mengatur data akuntansi yang tepat tidak terlalu melelahkan jika Anda sudah punya beberapa referensi yang bisa digunakan, seperti Beecloud. Tidak perlu sistem yang rumit, cukup yang sederhana saja selama bisa membantu operasional bisnis Anda dengan optimal.

Usaha grosis sangat wajib untuk menggunakan software distributor grosir dalam mengontrol stok, agar tidak terjadi salah stocn. Dengan software distributor grosir juga dapat melakukan promo barang yang sudah slow moving agar tidak rusak atau kadaluarsa yang akhirnya menjadi beban/biaya.

Selain mengontrol stok software distributor grosir juga dapat mengontrol keluar masuknya uang dan manajemen piutang. Agar cash flow bisnis Anda sehat.

Nah salah satu software distributor grosir terpopuler di Indonesia, yang harganya terjangkau mulai Rp. 100rb adalah Software Distributor Grosir Beecloud. Coba Beecloud gratis sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya.

Software Distributor twitter

Software Distributor dan Grosir

Yuk! Kenali Pengertian Akuntan Publik dan Tugasnya
Akuntan publik merupakan salah satu profesi yang dimiliki para profesional yang berhasil memiliki izin dari negara untuk membuka praktik akuntan […]
Baca Juga
Apa Itu Scan Produk dan Mengapa Penting Bagi Bisnis Anda?
Berbicara tentang scan produk, apa yang terlintas dalam benak Anda? Apakah sebuah kode batang yang terdapat pada produk belanjaan Anda? […]
Baca Juga
Software Akuntansi Sederhana dan Mudah Digunakan Tahun 2021
Akuntasi sangat penting sekali untuk sebuah perusahaan atau koperasi. Maka dari itu, seorang akuntan sangat krusial dalam sebuah perusahaan. Namun, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu