Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Apa itu Dropship? Begini Penjelasan, Cara dan Keuntungannya

Dipublish Tgl: Tuesday, 3 January 2023

Apa itu dropship? Dropship adalah sebuah cara bisnis memasarkan produk yang mereka produksi dengan cara memasarkan produk dari penjual ke pengecer tanpa perlu membeli dan menyimpannya terlebih dahulu.

Bisnis dropship bisa menjadi solusi jitu pada pebisnis pemula yang tidak memiliki modal banyak. Apa arti cara dan sistem dari dropship? Selengkapnya simak di bawah ini:

Apa itu Dropship?

Bisnis Dropshipping

Ilustrasi Dropshipper Sedang Mengontrol Bisnisnya (Sumber: Freepik.com)

Sebelum memulai bisnis dropship sudah sangat wajar jika orang tersebut perlu memahami arti dan makna dari bisnis yang akan mereka jalankan. Termasuk arti dropship.

Apa itu dropship? dropship adalah sebuah cara pemasaran yang dilakukan tanpa perlu membeli atau menyimpan barang terlebih dahulu. Artinya seorang penjual atau pebisnis dropship hanya menjadi perantara kepada konsumen mereka.

Ada beberapa pendapat lain yang menjelaskan apa itu dropship, yakni sebuah cara pemasaran online yang dilakukan ketika menjual tidak melakukan kegiatan stok dan pengiriman barang ke pembeli, karena kegiatan tersebut merupakan tugas dari supplier/ produsen.

Sistem dropship dan reseller sering kali dianggap sama, padahal mereka jelas memiliki sistem yang berbeda. Seorang reseller perlu melakukan stok dan pembelian pada barang yang akan mereka jual, sedangkan dropship tidak.

Baca juga: Mau Jadi Reseller? Begini Penjelasan Lengkapnya

Cara Jadi Dropship Mudah Bagi Pemula

Setelah memahami apa itu dropship, untuk menjadi seorang Dropshipper handal, sebagai pemula Anda perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Hal pertama dan paling dasar yang perlu dilakukan oleh dropshipper adalah menentukan produk apa yang akan mereka jual. Produk ini akan menentukan kelanjutan bisnis yang akan dijalankan.

Utamakan untuk memilih produk yang memiliki banyak peminat dan mudah dipasarkan, hal ini akan mengurangi kemungkinan bisnis dropshipping Anda mengalami kerugian.

Namun, jangan yang terlalu pasaran, takutnya nanti bisnis Anda kurang bisa berkembang karena banyak saingan.

Menentukan produk yang akan dijual ini sebaiknya harus dilakukan dengan riset secara mendalam, untuk menghindari potensi kegagalan dan lambatnya perkembangan bisnis dropship yang dijalankan.

2. Melakukan Riset Supplier

Setelah melakukan riset tentang produk, berikutnya adalah melakukan riset supplier produk. Karena tidak hanya produk yang menjadi poin penting dalam keberlangsungan bisnis dropshipping Anda.

3. Menentukan Supplier yang Tepat

Reset sudah dilakukan kemudian menentukan supplier yang akan diajak kerja sama, pastikan supplier ini sudah banyak dipercaya orang dan kredibilitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

Supplier sendiri adalah orang yang menyediakan barang yang akan Anda pasarkan nantinya, salah memilih supplier bisa mengakibatkan gagalnya bisnis yang Anda jalankan.

4. Menyiapkan Harga Produk yang Bersaing

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan harga yang bersaing, penentuan harga ini bisa Anda lakukan dengan riset harga dari pe-bisnis dropshipping lainnya.

Jangan memberikan harga yang terlalu mahal dan terlalu murah. Pastikan harga yang ditetapkan juga masih memberikan keuntungan pada bisnis dropship Anda.

Penentuan harga ini juga bisa dipengaruhi oleh siapa supplier yang anda pilih, sehingga menentukan supplier yang tepat akan memudahkan Anda menentukan harga.

5. Membuat Website Untuk Mengelola Bisnis

Jika ingin bisnis semakin profesional dan berkembang, Anda bisa mencoba untuk membuat website untuk pemasarannya. Dengan membuka website para calon konsumen akan mudah melakukan riset tentang produk yang akan mereka beli.

Untuk membuat website Ada beberapa hal dasar yang perlu disiapkan.

  • Memilih nama domain yang akan digunakan.
  • Memilih penyedia hosting yang tepat
  • Membuka toko online melalui website.
  • Kembangkan bisnis secara bertahap dan konsisten.

6. Melakukan Promosi Secara Berkala

Berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengambangkan bisnis dropship dalam tahap lanjut adalah membuat promosi secara berkala.

Bisa menggunakan media sosial, menggunakan SEO, Iklan berbayar, email marketing dan beberapa promosi lainnya.

7. Memanfaatkan Marketplace

Terakhir adalah coba kembangkan bisnis dropship dengan menggunakan marketplace, beberapa marketplace sudah menyediakan fitur dropshipping yang tentunya akan sangat mampu memudahkan Anda.

Ada beberapa tambahan ketika mencoba di marketplace, yakni Anda perlu dan harus mencari supplier di marketplace yang akan Anda gunakan.

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web 768x402

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud, Anda bisa mengecek mana produk yang paling laris dan channel mana yang paling menguntungkan bisnis Anda.

Fitur pembukuan online shop ini akan membantu Anda lebih cepat mengembangkan bisnis dan unggul dibanding kompetitor lainnya.

Tips Penting Jalankan Bisnis Dropship

Berikut tips penting yang bisa dilakukan dan dijalankan seorang dropshipper agar bisnisnya lancar dan terus berkembang:

  • Terus memantau dan melakukan riset target pasar, pastikan apa kebutuhan, keinginan dan kemampuan daya beli.
  • Memantau dan terus memprediksi turun dan naiknya harga pasar.
  • Melakukan pertimbangan resiko, modal dan keuntungan.
  • Melakukan promosi sosial media sesuai tren
  • Menggunakan marketplace yang banyak dikunjungi konsumen.

Kelebihan Bisnis Dropship

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda mulai mencoba membuka bisnis Dropship, diantaranya:

1. Hemat Modal

Bisnis Dropshipping dapat dimulai dengan modal yang sedikit, karena apa? seorang dropshipper tidak perlu melakukan pembelian kepada produk yang akan dijual.

Sehingga jenis bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi seorang pebisnis pemula yang tidak memiliki modal terlalu banyak.

Baca juga: 8 Bisnis Modal Kecil yang Hasilkan Keuntungan Besar

2. Fleksibel

Keunggulan lainnya adalah fleksibel baik waktu maupun lokasi. Bisa dilakukan di rumah dan kapan saja, bahkan tidak jarang banyak orang yang menjadikan bisnis dropshipping menjadi bisnis sampingan mereka.

3. Mudah dan Efisien

Kelebihan dari bisnis dropshipping berikutnya adalah mudah dilakukan dan efisien jika dibandingkan dengan bisnis reseller.

Dropshipper hanya perlu melakukan pengecekan barang, melakukan penjualan tanpa repot memikirkan produksi dan pengiriman.

4. Pilihan Produk Beragam

Melakukan bisnis dropship Anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan produk yang bisa dijual. Mulai dari makanan, kerudung, pakaian bayi, pakaian dewasa dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu melakukan riset, mana sekiranya produk yang berpotensi tinggi untuk dijual dan mana produk yang minim kerugian.

5. Menghemat Tenaga Kerja

Selain menghemat modal, bisnis dropship juga menghemat tenaga kerja dan waktu, sehingga jika Anda sebelumnya sudah bekerja dan ingin mencoba bisnis sampingan, dropship bisa menjadi salah satu solusinya.

Kekurangan Bisnis Dropship

Dropshipping

Hal penting untuk memulai bisnis dropship adalah pemilihan supplier (Sumber: Freepik.com)

Selain keunggulan, bisnis dropship juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa dipertimbangkan, diantaranya:

1. Jumlah Laba Sedikit

Meskipun bisnis dropship hanya membutuhkan modal sedikit, tidak menjadikan dropshipper mendapatkan laba banyak.

Perang harga menjadi salah satu penyebabnya, sehingga seorang dropshipper harus memutar otak untuk menetapkan harga agar bisa terus eksis di tengah persaingan yang ketat.

2. Supplier Bermasalah

Sudah menjadi penjelasan di awal jika memilih supplier yang tepat untuk bisnis dropship memang diperlukan.

Karena jika supplier bermasalah maka bisnis dropship yang dijalankan juga akan berpotensi mengalami masalah juga.

3. Kontrol Barang Sulit

Masalah lain yang menjadi kekurangan dari bisnis dropship adalah kontrol barang yang sulit dilakukan, hal ini karena dropshipper tidak menyetok barangnya sendiri sehingga perlu mengontrol ketersediaan barang pada supplier/distributor.

Pada intinya pengertian apa itu dropship adalah sebuah metode penjualan yang dilakukanseseorang tanpa perlu melakukan stok dan membeli produk yang akan dijual terlebih dahulu.

Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online […]
Baca Juga
Program Bengkel Excel untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel
Program bengkel excel adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk memudahkan operasional sehari-hari usaha bengkel. Setiap bisnis memiliki cara […]
Baca Juga
Fungsi dan Pengertian Manajemen
Fungsi dan pengertian manajemen merupakan materi dasar-dasar manajemen, sangatlah dibutuhkan oleh para pebisnis seperti Anda. Bagaimana ilmu manajemen yang akan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu