🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Harga, Syarat dan Cara Daftar Franchise Alfamart (Update 2023)

Apakah Anda saat ini ingin memulai usaha? Jika iya, maka Anda bisa mencoba untuk memulai usaha dengan franchise alfamart. Bagaimana caranya?
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Tuesday, 14 June 2022

Melihat ramainya toko ritel seperti alfamart seking kali menjadikan iri, bagaimana ya caranya buat usaha seperti itu? Tenang Anda bisa mencoba franchise alfamart.

Franchise Alfamart adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan oleh siapapun yang ingin memulai usaha minimarket. Tentu saja bisnis ini memiliki peluang yang sangat besar mengingat Alfamart ini adalah salah satu brand besar di Indonesia.

Pembukaan franchise Alfamart dapat menjadi pilihan bisnis yang dapat dipertimbangkan. Pt Sumber Alfaria Trijaya TBK menyediakan tiga skema waralaba Alfamart untuk dipilih.

Syarat Mendaftar Franchise Alfamart (2023)

Ada beberapa syarat yang bisa dilengkapi sebelum memutuskan untuk mendaftar franchise alfamart, yakni:

  • Memiliki minat di bidang usaha ritel, khususnya minimarket
  • Berkebangsaaan Indonesia dengan badan usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan)
  • Memiliki lokasi tempat usaha, dengan area yang luas baik untuk area penjualan maupun gudang, dimana 100 m2 khusus untuk area gudang. Jika ditotal maka lahan yang dibutuhkan kira-kira 150 m2 s.d 250 m2.
  • Melengkapi syarat perizinan, mulai dari Izin Tetangga, Izin Domisili, SIUP, TDP/NIB, NPWP, NPPKP, STWP, IUTM, dan sejenisnya biasanya berbeda sesuai dengan peraturan desa setempat.
  • Bersedia mengikuti kenentuan dan prosedur yang berlaku di Alfamart

Skema dan Jenis Frenchise Alfamart

Skema Frenchise Alfamart

Ilustrasi Skema Frenchise Alfamart (Sumber: Freepik.com)

Seperti diketahui, Alfamart terlibat dalam bisnis ritel yang menjual kebutuhan harian dan terletak di sekitar area perumahan, kantor, dan fasilitas publik. Alfamart memiliki ribuan outlet franschise di mana outlet ini adalah bisnis minimarket yang dimiliki dan dioperasikan berdasarkan perjanjian waralaba dari PT Sumber Alfaria Trijaya TBK.

Skema waralaba Alfamart  ini sudah ada sejak tahun 2001 hingga sekarang yang terus tumbuh dan berkembang. PT Sumber Alfaria Trijaya TBK sebagai pemegang merek Alfamart, menawarkan tiga skema bisnis waralaba bagi mereka yang tertarik untuk memiliki outlet waralaba Alfamart mereka sendiri.

Biaya dan ketentuan ini dilaporkan dari halaman Alfamart, berikut adalah tiga skema waralaba Alfamart bersama dengan harga waralaba Alfamart yang berbeda, yaitu:

1. Alfamart New Outlets Franchise

Skema waralaba Alfamart memungkinkan calon waralaba untuk mengusulkan lokasi baru. Harga Franschise Alfamart, skema outlet baru ini sekitar RP. 300 juta hingga RP. 500 juta.

Jenis outlet dalam skema waralaba ini adalah sebagai berikut:

  • Dengan harga RP franchise Alfamart 300 juta dapat memiliki outlet yang memiliki 9 rak dengan total 1.200 produk dan area penjualan seluas 30 meter persegi.
  • Dengan harga RP franchise Alfamart 350 juta dapat memiliki outlet yang memiliki 18 rak dengan total 1.600 produk dan area penjualan seluas 60 meter persegi.
  • Dengan harga RP franchise Alfamart 450 juta dapat memiliki outlet yang memiliki 36 rak dengan total 3.800 produk dan area penjualan seluas 80 meter persegi.
  • Dengan harga RP franchise Alfamart 500 juta dapat memiliki outlet yang memiliki 45 rak dengan total 4.500 produk dan area penjualan 100 meter persegi.

Harga franchise Alfamart termasuk biaya waralaba lima tahun sebesar RP. 45 juta, instalasi listrik, outlet dan peralatan pendingin udara, register tunai dan sistem informasi ritel, tanda toko dan polysign, outlet lisensi, serta promosi dan persiapan untuk membuka outlet.

2. Alfamart Outlet Baru - Waralaba Konversi

Skema Waralaba Konversi Alfamart menawarkan kerja sama Franschise dengan pemilik toko minimarket lokal atau toko bahan makanan yang ingin mengembangkan bisnis mereka.

Untuk skema waralaba ini, halaman Alfamart tidak menampilkan detail harga waralaba Alfamart. Namun, kandidat waralaba Alfamart akan menikmati dua kenyamanan, yaitu:

  • Barang dagangan yang dimiliki oleh minimarket lokal atau toko kelontong diakui sebagai barang dagangan untuk stok pembukaan outlet waralaba Alfamart.
  • Rak yang dimiliki oleh minimarket lokal atau toko kelontong dapat digunakan dan dikurangi dari biaya investasi. Dengan catatan, rak sesuai dengan standar outlet Alfamart.

3. Franchise Alfamart Gerai Takeover

Skema waralaba ini dalam bentuk pembelian outlet Alfamart yang telah beroperasi dengan harga paket yang telah ditentukan.

Harga franchise pengambilalihan Alfamart bervariasi, mulai dari RP. 800 juta. Jumlah ini tergantung pada harga sewa dan penjualan per hari.

Dengan harga waralaba Alfamart mencakup biaya waralaba dan lokasi penyewaan selama lima tahun, outlet dan peralatan pendingin udara, register tunai dan sistem informasi ritel, tanda toko dan Polandia

Baca Juga: Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

Cara Bisnis Franchise Alfamart

Cara Bisnis Franchise Alfamart

Ilustrasi Kerjasama Franchise (Sumber: Freepik.com)

Untuk skema waralaba Alfamart dari outlet baru, calon waralaba harus memiliki lokasi yang akan diusulkan untuk membuka outlet waralaba Alfamart yang baru. Empat langkah untuk memiliki outlet Alfamart mereka sendiri sebagai berikut:

1. Usulkan lokasi

Kandidat waralaba Alfamart dapat mendaftarkan proposal lokasinya melalui halaman resmi Alfamart di Alaman www.alfamartku.com. Harap sertakan denah lantai dan foto lokasi tampilan depan.

2. Proposal dan Persetujuan

Kandidat waralaba Alfamart harus mengajukan proposal dan persetujuan kepada Pt Sumber Alfaria Trijaya TBK. Proposal yang diusulkan berisi studi tentang lokasi potensial, gambar kerja, RAB, dan proyeksi keuangan.

3. Perjanjian Waralaba Alfamart

Perjanjian Waralaba Alfamart menjelaskan hak dan kewajiban kandidat waralaba Alfamart dan Pt Sumber Alfaria Trijaya TBK. Perjanjian ini harus disepakati oleh kedua belah pihak sehingga outlet dapat mulai dibuka.

4. Pembukaan outlet

Setelah semua tahap berhasil disahkan, termasuk lisensi dan renovasi, outlet waralaba Alfamart siap beroperasi. Dengan demikian skema waralaba Alfamart yang dapat dianggap sebagai pilihan bisnis. Untuk cara bisnis waralaba Alfamart yang lebih lengkap, Anda dapat bertanya kepada Petugas Alfamart terdekat.

Tips Sukses Franchise Alfamart

Tips Sukses Franchise Alfamart

Ilustrasi Tips Sukses Franchise Alfamart (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui syarat dan prosedur memulai franchise alfamart, tentu saja Anda perlu melakukan strategi untuk mengembangkan bisnis Anda. Silahkan Anda simak penjelasan berikut ini.

1. Bersikaplah Antusias

Keberhasilan bisnis selalu terkait dengan tingkat antusiasme dengan pekerjaan itu. Antusiasme akan membawa tingkat kegembiraan dan energi positif, yang dapat dirasakan oleh semua orang - termasuk pelanggan dan staf Anda.

Biarkan staf Anda juga bersenang -senang. Mengakui pekerjaan mereka baik dengan pengakuan atau kenaikan gaji.

2. Merekrut yang Terbaik

Keluhan yang sering terjadi adalah kesulitan menemukan sumber daya manusia yang dipercaya untuk melindungi toko atau outlet waralaba. Jika Anda telah menemukannya, maka bersikaplah adil.

Bekerja dengan staf Anda untuk mengembangkan jadwal. Perlakukan karyawan Anda dengan hormat. Jangan biarkan karyawan tidak sopan kepada karyawan lain.

Anda bisa bertanya kepada karyawan prosedur mana yang berhasil dan mana yang tidak berhasil. Buat hari kerja karyawan Anda selalu menantang. Kemudian, tinjau kinerja mereka tepat waktu dan buat kenaikan gaji atau berikan bonus ketika penjualan mencapai target.

3. Ajari Karyawan Anda

Dalam waralaba, pelatihan harus berkelanjutan. Karyawan adalah Anda di garis depan. Kelas pelatihan adalah cara yang baik untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa mereka penting bagi Anda.

Pegang kelas penyegaran dan kelanjutan secara teratur. Anda bisa memberitahu pemilik waralaba Anda jika Anda membutuhkan pelatihan tambahan. Manfaatkan setiap peluang pelatihan, keduanya ditawarkan oleh pemilik waralaba atau oleh sekolah lokal, asosiasi perdagangan, dan sumber lainnya.

4. Berikan Layanan Terbaik

Hal penting yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik usaha adalah membuat semua orang tersenyum! Beri tahu pelanggan, bahwa Anda senang jika mereka memilih bisnis Anda.

Terlibatlah dengan komunitas, pelanggan suka berbelanja di tempat -tempat yang mendukung apapun kegiatan mereka. Misalnya, mensponsori tim liga kecil, mendukung grup pemuda dan masyarakat.

5. Gunakan Software Kasir Minimarket

Berkembangnya teknologi tentu saja dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis secara maksimal. Salah satunya adalah menggunakan software minimarket.

Mengapa? Software minimarket memiliki manfaat yang mungkin tidak pernah Anda sangka. Yang paling menonjol adalah meningkatnya penjualan serta loyalitas pelanggan.

Berkat kecepatan dan kemudahan dalam melakukan transaksi dengan kasir, tentu saja memberikan rasa aman dan puas terhadap pelanggan Anda. Selain itu, karyawan kasir juga tidak akan merasa terlalu berat jika bekerja menghadapi banyaknya pelanggan yang datang setiap harinya.

Anda bisa menggunakan software minimarket seperti alfamart yang memiliki nama Beepos. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menuju halaman berikut ini: Software Minimarket Beepos

Baca Juga: Aplikasi Kasir Bikin Kelola Kedai Kopi Semakin Mudah

Software Minimarket Beepos

Software kasir minimarket untuk toko ritel (minimarket), bikin customer gak merasa tertipu, harga di label rak vs di nota dijamin cocok. Berikut beberapa fitur utama dari software minimarket Beepos:

  • POS dan back-office terintegrasi dengan 1 database
  • Aman! Atur hak akses untuk cegah kasir nakal
  • Gampang stok opname ribuan produk
  • Jualan kasir cepat, gak perlu mouse
  • Setting promo terpusat otomatis sinkron di POS
  • Kas kecil terintegrasi dengan setoran kasir
  • Cetak label rak otomatis dengan BeeToolKit

Coba gratis software minimarket sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya.

Beepos Desktop Minimarket web

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah Peluang Bisnis, Ini Caranya
Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah sebuah kegiatan usaha kreatif dengan memanfaatkan limbah/ sampah bekas untuk dikelola kembali menjadi produk inovatif
Baca Juga
Strategi Jurus Promosi Alpamaret yang Terbukti Laris
Kalau membaca judul artikel ini, apa yang Anda bayangkan? Kalau saat ini Anda sedang mencari jurus rahasia promosi yang ampuh
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah
Kemajuan teknologi memudahkan segala aktivitas kita, salah satunya dalam mendukung bisnis, yaitu dengan adanya inovasi aplikasi invoice. Dahulu, pembuatan invoice
Baca Juga
Contoh Laporan Arus Kas, Komponen dan Cara Buatnya
Bagi sebuah bisnis cash flow digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dari sebuah perusahan. berikut ini untuk contoh
Baca Juga
10 Ide Bisnis Gila, Unik, Menarik dan Menguntungkan
Jadi pebisnis memang harus memiliki pemikiran out of the box, bahasa sederhananya di luar nalar. Untuk apa? Untuk menciptakan inovasi
Baca Juga
10 Contoh & Tips Membangun Peluang Usaha di Tahun 2023
Di tahun 2023 ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha sendiri. Hal ini tidaklah mengherankan karena bisnis dapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu