🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Aplikasi Kasir Bikin Kelola Kedai Kopi Semakin Mudah

Aplikasi kasir kedai kopi menjadi solusi mengembakan bisnis kedai kopi hingga karena aplikasi kasir diciptakan untuk memudahkan pengusaha.
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Monday, 28 March 2022

Aplikasi kasir kedai kopi menjadi solusi mengembakan bisnis kedai kopi hingga pesat. Itu karena aplikasi kasir diciptakan untuk memudahkan para pengusaha dalam mengelola bisnis kedai kopi.

Aplikasi kasir atau yang biasa disebut POS (Point of Sales) merupakan sebuah sistem teknologi yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail. Umumnya digunakan oleh restoran, kedai kopi, barbershop, franchise, booth, toko retail, dan yang lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi, fitur aplikasi kasir dikembangkan menjadi lebih lengkap dan kompleks. Bukan hanya mencatat transaksi penjualan, tapi juga dapat diintegrasikan dengan software akuntansi yang bertujuan untuk pelaporan keuangan dan pengendalian kas. Oleh karena itu, aplikasi kasir sangat penting dimiliki para pengusaha UKM atau salah satunya kedai kopi untuk mengembangkan bisnisnya secara lebih maksimal.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Kedai Kopi

keuntungan-menggunakan-aplikasi-kasir-kedai-kopi

Barista sedang Menyeduh Kopi di Kedai Kopi Photo by Karl Fredrickson on Unsplash

Secara ringkas kita sudah mengetahui apa itu aplikasi kasir dan digunakan untuk apa. Selain memiliki fungsi, aplikasi kasir dapat memberikan keuntungan yang diantaranya:

  • Pelayanan/Transaksi Lebih Cepat
    Manfaat aplikasi kasir yang paling utama adalah memudahkan pencatatan transaksi penjualan. Adanya aplikasi kasir, total transaksi pelanggan Anda bisa terhitung otomatis di aplikasi. Anda tidak perlu mencatat transaksi secara manual lagi di buku tulis dan juga Anda juga tidak perlu menggunakan kalkulator untuk menghitung total pembelian secara manual.
  • Kelola Seluruh Cabang Dalam Genggaman
    Berkembangnya teknologi membuat perkembangan dari aplikasi kasir disini semakin lebih canggih. Sudah banyak aplikasi kasir yang saat ini memiliki sistem backend yang berfungsi untuk melakukan pengecekkan terhadap seluruh transaksi yang terjadi pada aplikasi. Sebagai owner, Anda hanya mengecek laporan yang sudah terbuat secara otomatis melalui smartphone. Hal ini memudahkan Anda mengelola seluruh cabang yang Anda miliki
  • Analisis Bisnis Jadi Lebih Mudah
    Laporan penjualan sangat dibutuhkan untuk melakukan analisa dari usaha yang dimiliki. Analisa bisnis dari pembukuan atau laporan penjualan sangatlah penting untuk mengukur kemajuan usaha. Anda Cukup gunakan aplikasi kasir dan dapatkan laporan penjualan secara otomatis setiap harinya.
  • Bebas Pilih Metode Pembayaran
    Salah satu kemudahan yang akan dialami pelanggan adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran. Pelanggan dapat memilih sendiri dengan cara apa pembayaran tagihan, seperti cash, debet, dan kredit. Selain itu, metode pembayaran digital dapat dipilih jika pelanggan menginginkan pembayaran melalui ovo, gopay, linkaja, dana dan lainnya

Baca Juga: Software Kasir Cafe Persembahan dari Bee.id

Manfaat Aplikasi Kasir Kedai Kopi untuk Kemajuan Bisnis

software-program-kasir-cafe-tampilan-beepos-mobile

Aplikasi Kasir Kedai Kopi Beepos Mobile (Sumber: Bee.id)

Pentingnya aplikasi kasir menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakannya untuk usaha kedai kopi yang dimiliki. Keuntungan di atas tentu saja bisa Anda dapatkan, tapi ada pula beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi kasir, diantaranya:

1. Mengelola Bisnis Dari Mana dan Kapan Saja

Ketika Anda sedang ada perjalanan bisnis dan Anda membutuhkan laporan keuangan, akan merepotkan jika usaha masih menggunakan cara manual. Karena Anda harus mengunjungi tempat usaha untuk mengecek laporan.

Aplikasi yang memiliki fitur integrasi laporan akuntansi memudahkan Anda dalam melakukan evaluasi bisnis. Selain itu aplikasi yang berbasis cloud, akan menguntungkan karena karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja sesuai keinginan dan kebutuhan.

Ini merupakan salah satu kelebihan aplikasi yang menggunakan sistem cloud, dimana setiap aktivitas yang dilakukan akan terhubung satu sama lain secara real time.

2. Mengurangi Kesalahan Transaksi

Terkadang kesalahan dalam melakukan transaksi bisa saja terjadi apabila menggunakan cara manual. Mencatat dan menghitung transaksi yang dilakukan secara manual dibutuhkan ketelitian agar usaha tidak mengalami kerugian. Pasalnya jika salah sedikit pun maka akan mempengaruhi laporan keuangan nantinya.

Aplikasi kasir mengizinkan Anda untuk melakukan pengecekan kembali data transaksi yang sedang terjadi. Selanjutnya, aplikasi akan mencatat dan menghitung secara otomatis. Ini memudahkan Anda dan staf Anda dalam mengurangi resiko kesalahan tersebut

3. Memudahkan Penghitungan Penjualan

Hitung Transaksi Penjualan dengan Aplikasi Kasir Kedai Kopi Beepos (Sumber: Bee.id)

Menghitung banyaknya transaksi penjualan akan sangat merepotkan jika dilakukan secara manual dengan menghitung satu per satu item yang dibeli pelanggan. Ini akan membuang waktu yang lama mengingat kebutuhan pelanggan adalah pelayanan yang cepat.

Menggunakan aplikasi kasir memudahkan Anda dalam menghitung banyaknya transaksi penjualan secara menyeluruh. Bukan hanya 1 transaksi saja, melainkan menghitung semua transaksi yang terjadi pada hari itu juga.

4. Memberikan Kemudahan untuk Melakukan Pengecekan Histori Transaksi

Melakukan evaluasi penjualan sangat dibutuhkan untuk mengetehui pendapatan bisnis. Daftar penjualan sangat dibutuhkan untuk melakukan evaluasi tersebut. Jika masih manual, Anda akan kerepotan untuk mencari berkas laporan penjualan yang mungkin tidak disimpan secara rapi.

Pengecekan histori transaksi dapat dilakukan melalui aplikasi kasir. Aplikasi tersebut akan memberikan data transaksi yang Anda butuhkan sesuai dengan periode yang Anda pilih, sehingga melakukan evaluasi penjualan menjadi lebih mudah.

5. Memonitor Jumlah Stok Ketersediaan Barang

Memantau ketersediaan barang sangat dibutuhkan dan penting untuk dilakukan setiap hari. Ini mencegah jika terjadi stok yang kehabisan ketika dibutuhkan pelanggan yang akan menimbulkan kekecewaan. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu.

Aplikasi kasir dapat digunakan untuk memonitor jumlah stok yang tersedia secara real time. Karena sistem ini melakukan penambahan dan pengurangan stok secara otomatis ketika melakukan pembelian dan penjualan. Sehingga kemudahan dalam mengelola stok bisa Anda rasakan.

6. Memudahkan Pembuatan Laporan Ketersediaan Barang

Karena sistem yang bekerja secara otomatis, maka laporan yang dibutuhkan juga akan terbuat secara otomatis pula. Laporan ketersediaan barang dapat Anda cek melalui laporan stok. Selanjutnya Anda dapat memilih sendiri periode yang Anda inginkan, sehingga lebih mudah dalam melakukan evaluasi.

7. Menunjukkan Stok Barang Tersedia

Memantau Data Stok Kedai Kopi dengan Aplikasi Kasir POS Teruntegrasi Akuntansi Beepos (Sumber: Bee.id)

Dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda dapat melihat stok barang anda yang sedia saat itu juga. Hal ini bahkan tidak dapat dilakukan oleh mesin kasir terbaik sekalipun karena mesin kasir dibuat hanya untuk melakukan transaksi saja, sedangkan aplikasi kasir memiliki fitur untuk memotong langsung stok barang.

8. Membantu Strategi Penjualan Usaha

Anda dapat meningkatkan jumlah pelanggan Anda dengan menerapkan strategi penjualan. Aplikasi kasir punya kelebihan yang dapat mengatur pemberian diskon dan pengiklanan sehingga akan lebih terjadwal. Pengiklanan disini maksdunya memberikan informasi produk toko terbaru, atau produk kedai kopi yang paling laris terjual. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menjangkau pelanggan Anda agar tertarik untuk datang kembali ke kedai kopi Anda. Otomatis aplikasi kasir juga memiliki peran dalam membantu strategi marketing bisnis Anda.

9. Menyediakan Pelayanan yang Lebih Cepat

Setiap bagian dari proses pembayaran seperti melakukan pengecekan transaksi kartu kredit, mencetak struk pembelanjaan pelanggan dan sebagainya dapat dilakukan dengan lebih cepat jika Anda menggunakan aplikasi kasir. Karena semua itu dapat dilakukan dalam satu waktu saja dibandingkan dilakukan secara manual satu persatu. Ini akan menghemat waktu dan juga memberikan layanan yang lebih cepat kepada pelanggan.

10. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Dengan kemudahan metode pembayaran, transaksi penjualan yang cepat, dapat berpotensi menciptakan pengalaman pelanggan ketika mampir di kedai kopi Anda. Berkat aplikasi kasir yang membantu segala proses transaksi penjualan, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan Anda akan meningkat.

Kesimpulan

Aplikasi kasir memberikan kemudahan dan keuntungan jika digunakan dalam sebuah bisnis kedai kopi. Hasilnya akan membuat bisnis Anda berkembang secara drastis karena segala fitur yang memudahkan pekerjaan Anda.

Sistem Point of Sales (POS) atau aplikasi kasir kedai kopi untuk bisnis kedai kopi, cafe atau angkringan memudahkan anda untuk kelola usaha kedai kopi secara realtime. Aplikasi kasir kedai kopi Beepos Mobile bikin penjualan vs stok vs setoran klop dan bisa intip kedai kopi secara realtime. Gak perlu lembur cek 3 buku; penjualan, stok, setoran dan tahu omset/profit kapanpun dimanapun.

Coba gratis sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

Artikel Terkait

6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif
Strategi pemasaran saat ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang
Baca Juga
Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya
Biaya admin tokopedia hadir menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemilik online shop yang mulai bermigrasi menggunakan e-commerce atau marketplace.
Baca Juga
Cara Menentukan Harga Jual: Panduan Lengkap untuk Pebisnis
Menentukan harga jual produk yang tepat merupakan aspek penting dalam menjalankan bisnis. Menetapkan harga akan memengaruhi daya tarik produk atau
Baca Juga
3 Alat Kasir Toko Bеѕеrtа Kеuntungаnnуа, Yuk Simak!
Alat kasir toko adalah sebuat alat bantu kerja dalam menangani transaksi penjualan pada sebuah usaha yang menggunakan sistem kasir. Sеmаkіn
Baca Juga
Mau Jadi Reseller? Begini Penjelasan Lengkapnya
Reseller adalah sebuah usaha yang secara sederhana diartikan sebagai menjual kembali produk dari produsen ke konsumen dengan laba yang ditentukan.
Baca Juga
Apa yang Dimaksud dengan Forecast Penjualan dan Tujuan?
Anda mungkin pernah mendengar istilah "Forecast Penjualan" sebelumnya, tetapi apa arti sebenarnya? Dan mengapa hal ini sangat penting? Forecast artinya
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu