Web Logo Bee
Penulis: Nindya Adityanti

7+ Inspirasi Desain Meja Kasir Bikin Pelanggan Makin Betah Mampir

Dipublish Tgl: Wednesday, 23 March 2022

Desain meja kasir adalah kesan pertama saat seseorang memasuki cafe. Sehingga kita harus berusaha menciptakan kesan pertama yang baik dengan penampilan dan perilaku yang mengesankan. Seperti, ketika kita memasuki sebuah cafe, tempat yang pertama kali kita tuju adalah meja kasir. Di sinilah kita melakukan transaksi, dengan memilih-milih menu terlebih dahulu.

Dari sinilah patut disadari bahwa meja kasir tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembayaran, tapi juga merupakan kesan pertama pelanggan terhadap cafe Anda. Apabila desain meja kasir cafe anda dilakukan secara optimal, maka pelanggan cafe Anda akan tertarik untuk datang kembali, sehingga penjualan juga semakin meningkat.

Pentingnya Meja Kasir Dalam Sebuah Cafe

desain-meja-kasir

Interior Desain Meja Cafe (Sumber: Pexels.com)

Pemesanan dan pembayaran di meja kasir terlihat seperti fase akhir dari suatu penjualan. Namun dalam suatu cafe, meja kasir merupakan lokasi awal terbinanya hubungan dengan pelanggan. Tidak semua pelanggan paham dengan menu yang ingin dipesan, mungkin karena baru pertama kali berkunjung ke cafe Anda. Ketika pelanggan memerlukan bantuan untuk pemesanan, akan terjadi komunikasi dengan pegawai cafe di meja kasir.

Maka dari itu, desain kasir menjadi sangat penting, selain agar tertata dengan rapi dan memiliki dekorasi menarik, keserasian desainnya dengan suasana cafe akan menciptakan pengalaman unik bagi pelanggan Anda, yang membedakan dengan bisnis lain yang serupa.

Biasanya, meja kasir merupakan salah satu furnitur paling mahal yang perlu dibeli ketika membangun sebuah cafe. Memilih desain yang tidak tepat untuk meja kasir merupakan kesalahan yang fatal, karena peran pentingnya dalam keseluruhan desain interior cafe. U

ntuk menghindari pemborosan dan meningkatkan pengalaman pelanggan di cafe anda, memilih desain meja kasir yang tepat untuk cafe Anda menjadi sangat esensial.

Desain Meja Kasir Minimalis, untuk Cafe Mini

desain-meja-kasir-minimalist

Interior Desain Cafe Minimalist Photo by Jeff Sheldon on Unsplash

Zaman sekarang, orang banyak melakukan aktivitas di cafe. Ada yang datang ke cafe karena ingin minum kopi. Ada yang ingin ngobrol dan kumpul-kumpul bersama teman di cafe. Ada orang bekerja sembari ngopi di cafe. Ada juga pelajar atau mahasiswa mengerjakan tugas kelompoknya bersama-sama di cafe.

Untuk kebutuhan modern, cafe mini sering dijadikan tujuan. Karena suasananya yang tidak bising, nyaman untuk mengobrol, dan kesan yang simpel, maka desain minimalist merupakan pilihan tepat bagi cafe mini. Untuk mendukung desain minimalist, meja kasir yang dipilih sebaiknya berbahan dasar elegan, seperti kayu solid atau kayu buatan; bentuk yang simpel tanpa ukiran; dan warna yang netral.

Selain ada area untuk sistem Point of Sales (POS) dan area pengambilan pesanan, diperlukan juga area display untuk memajang kue atau camilan yang dijual di cafe Anda, baik menu andalan maupun menu baru. Selain mengundang pelanggan Anda untuk memesan menu tersebut, area display ini juga memanjakan mata pelanggan saat memasuki cafe Anda.

Tips Menyusun Interior Cafe Sederhana

tips-menyusun-interior-cafe-sederhana

Interior Cafe Sederhana (Sumber: Pexels.com)

  • Penempatan Rak Dinding

Rak dinding di belakang meja kasir bisa menjadi opsi tempat untuk meletakkan ornamen kecil sebagai aksen dari desain interior di cafe anda. Sebagai contoh, bisa diletakkan pot-pot tanaman, gelas-gelas cantik, pigura foto, atau toples berisikan aneka jenis biji kopi.

Selain itu, rak dinding juga bisa menjadi area display bagi merchandise dan promo seasonal produk atau layanan cafe Anda. Misalnya, anda bisa memajang tumbler atau mug dengan desain logo cafe Anda; atau ada menu khusus menyambut hari khusus, seperti hari kemerdekaan, hari Valentine, hari raya Idul Fitri, tahun baru Cina, Halloween, dan lain-lain; bisa juga apabila ada diskon khusus atau event yang diadakan oleh cafe Anda.

  • Ukuran Meja Kasir

Pada umumnya, ukuran panjang meja kasir berkisar dari 120 hingga 180 cm, bergantung dengan luas area yang tersedia dan jenis layanan pada meja kasir. Semua cafe membutuhkan area di meja kasir untuk sistem POS dan pengambilan pesanan, namun beberapa juga membutuhkan area untuk meletakkan merchandise atau iklan produk.

Ada model meja kasir yang tersusun dua tingkat seperti meja teller bank. Idealnya, untuk meja tingkat atas memiliki tinggi dari lantai 110 hingga 120 cm, sementara tingkat bawah memiliki tinggi 75 cm. Sedangkan untuk ukuran lebarnya biasanya berkisar antara 50 hingga 60 cm saja.

  • Ukuran Meja untuk Tamu Cafe

ukuran-meja-untuk-cafe

Contoh Desain Ukuran Meja untuk Pengunjung Cafe (Sumber: Pexels.com)

Meja untuk tamu cafe memiliki beraneka jenis bentuk, ukuran, dan bahan baku, tapi secara umum memiliki kesamaan dalam efisiensi dan fleksibilitas sebagai permukaan datar. Meja untuk tamu cafe biasanya didesain dengan material ringan dan mudah dipindahkan, sehingga letaknya bisa disusun ulang secara baik oleh pegawai cafe maupun pelanggan sendiri.

Disarankan meja berbentuk bundar dengan kapasitas 2 orang memiliki diameter 60 cm, atau 53x71 cm untuk meja berbentuk persegi di ruangan yang tidak terlalu luas. Untuk meja dengan kapasitas 4 orang, disarankan memiliki panjang diameter atau sisi 76 cm. Sedangkan untuk tingginya berkisar antara 71-76 cm.

  • Efek Ruangan Luas dengan Furnitur Modern

Menciptakan suasana yang sempurna untuk desain interior merupakan kunci kesuksesan bisnis Anda. Ruangan yang sempit dan furnitur yang kaku tidak mengundang orang untuk duduk dan bersantai sejenak. Sesuatu yang terlalu tradisional tidak kondusif bagi produktivitas tamu cafe Anda. Keseimbangan antara ruangan yang luas dan furnitur cafe yang modern merupakan kombinasi sempurna untuk memastikan kenyamanan tamu cafe Anda, sehingga mereka dapat bersantai atau bekerja dengan leluasa.

  • Lighting untuk View Terbaik

Meja kasir perlu menjadi focal point dari suatu cafe, sehingga desainnya harus menarik dan memikat mata. Salah satu cara terbaik untuk membuat desain meja kasir cafe menonjol adalah dengan mengatur lighting dengan tepat. Pencahayaan yang terang tidak hanya memudahkan pelanggan untuk melihat keunikan kreatifitas desain meja kasir cafe, tetapi juga menambah kesan aestetik pada interior cafe. Lighting terbaik adalah yang fungsional sekaligus estetis.

  • Hiasan Berupa Tanaman untuk Kesan Natural

hiasan-tanaman-untuk-kesan-natural-cafe

Tanaman Hias Menambah Kesan Natural dam Segar (Sumber: Pexels.com)

Ingin menambah kesan asri dan segar pada cafe Anda secara mudah dengan biaya ekonomis? Tambahkan hiasan tanaman. Ada banyak jenis tanaman yang mudah perawatannya dengan harga yang terjangkau. Dengan adanya tanaman di sekitar area meja kasir, maka kesan natural cafe anda akan semakin menonjol. Apabila ingin menekan biaya perawatan, bisa juga menggunakan tanaman sintetis.

Inspirasi Desain Meja Kasir Kayu, untuk Cafe Earthtone

desain-meja-kasir-kayu

Cafe dengan Tema Earth Tone dengan Bahan Utama Kayu Photo by Ian Baldwin on Unsplash

Inspirasi Desain Meja Kasir Marmer, untuk Cafe Modern

desain-meja-kasir-marmer

Cafe dengan Tema Modern dengan Bahan Utama Marmer Photo by Joshua Rodriguez on Unsplash

Inspirasi Desain Meja Kasir dengan Hiasan Tanaman, untuk Cafe Rustic

desain-meja-kasir-dengan-tanaman-hias

Cafe dengan Tema Rustic dengan Hiasan Tanaman Photo by Louis Hansel on Unsplash

Inspirasi Desain Meja Kasir Open Space untuk Cafe Modern

Cafe dengan Tema Modern dengan Kasir Open Space Photo by cottonbro from Pexels

Inspirasi Desain Meja Kasir Bohemian untuk Cafe Mini

desain-meja-kasir-bohemian

Cafe Mini dengan Tema Bohemian (Sumber: Pexels.com)

Inpirasi Desain Meja Kasir dengan Ornamen Kapur untuk Cafe Modern

Cafe Modern dengan Kasir Ornamen Kapur

Inspirasi Desain Meja Kasir Monochrome untuk Cafe Mini

Cafe Mini dengan Tema Monochrome Photo by rawkkim on Unsplash

Inspirasi Desain Meja Kasir Minimalis untuk Cafe Modern

desain-meja-kasir-dengan-ornamen-kapur

Inspirasi Desain Meja Kasir Minimalis untuk Cafe Modern

Inspirasi Desain Meja Kasir Minimalis untuk Cafe Outdoor

warkop-cafe-kasir-outdoor

Warkop Cafe dengan Tema Outdoor Photo by Imanuel Reza Setyo on Unsplash

Inspirasi Desain Meja Kasir dengan Ornamen Poster untuk Cafe Pinggir Jalan

desain-meja-kasir-poster-pinggir-jalan

Meja Kasir Penuh Tempelan Poster untuk Cafe Mini Pinggir Jalan (Sumber: Pexels.com)

Kesimpulan

Selain untuk melayani pemesanan dari pelanggan, meja kasir juga berfungsi sebagai focal point dari cafe Anda. Meskipun merupakan salah satu furnitur paling mahal yang perlu dibeli, tetapi peranannya sangat penting terhadap lancarnya bisnis cafe Anda. Jadi, diperlukan ketepatan dalam memilih desain meja kasir cafe yang tepat.

Dengan menerapkan salah satu dari berbagai inspirasi desain meja kasir yang tersedia, Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, pembelian produk, dan membangun basis pelanggan setia. Teknologi paling penting yang ada di meja kasir cafe Anda adalah sistem Point of Sale (POS).

Software Kasir Beepos mendukung banyak merk dan tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman. Software Kasir Beepos yang memiliki fitur lengkap seperti potong stok otomatis, pembuatan faktur otomatis, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, penghitungan aset, dan bisa pantau secara realtime laporan keuangan seperti laba dan rugi.

Coba gratis 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya
Biaya admin tokopedia hadir menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemilik online shop yang mulai bermigrasi menggunakan e-commerce atau marketplace. […]
Baca Juga
Kepanjangan KPI Adalah: Macam-macam KPI dalam Perusahaan
Bagi Anda yang masih awal dalam dunia pekerjaan, mungkin masih merasa asing dengan istilah KPI. KPI sendiri sebenarnya merupakan poin […]
Baca Juga
7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu