Logo Bee Web

7 Rekomendasi Aplikasi POS (Point of Sale) 2023 

Ini dia rekomendasi aplikasi POS (Point of Sale) dari berbayar hingga gratis, pastikan baca ulasan ini sebelum langganan
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 22 June 2023

Lagi butuh aplikasi pos? Point of Sale yang juga dikenal dengan sistem kasir yang sering kali ditemukan pada bisnis ritel hingga restoran, untuk memudahkan proses pelayanan, pembukuan dan masih banyak lagi lainnya.

Baik di Indonesia maupun di luar negeri banyak perusahaan yang menawarkan aplikasi pos ini, tentu saja dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memilih Anda bisa membaca artikel berikut ini dan jadikan bisnis Anda lebih menguntungkan.

Apa itu Aplikasi POS?

Aplikasi Pos Adalah

Ilustrasi petugas kasir sedang melayani pelanggan (Credit: Freepik.com)

Aplikasi POS (Point of Sale) adalah perangkat lunak atau program komputer yang dirancang untuk digunakan dalam bisnis ritel atau layanan untuk memfasilitasi proses penjualan, transaksi keuangan, dan manajemen inventaris.

Umumnya digunakan di toko, restoran, cafe, hotel, dan berbagai jenis bisnis lainnya yang melakukan transaksi dengan pelanggan.

Fungsi utama dari aplikasi POS adalah mencatat dan memproses penjualan, mengelola persediaan barang, melacak penjualan dan laporan keuangan, serta mempermudah proses pembayaran dan pengelolaan transaksi.

Oleh sebab itu, aplikasi POS ini memiliki fitur seperti pencatatan penjualan, manajemen inventaris, pelacakan penjualan dan pembelian, manajemen inventaris dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan menggunakan Aplikasi POS Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis, mengurangi kesalahan dalam pencatatan penjualan, meningkatkan akurasi persediaan, dan memberikan wawasan penting untuk mengambil keputusan yang lebih baik dalam pengelolaan bisnis.

Baca Juga: Point of Sales: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat Menggunakannya

Rekomendasi Aplikasi POS Cocok untuk Segala Usaha

Berikut ini deretan rekomendasi aplikasi kasir Point of sale yang bisa Anda gunakan:

1. Beepos

Beepos Buat Program Poin Reward Untuk Customer Loyalty

 

Pertama ada Beepos, aplikasi kasir buatan Indonesia Beepos, merupakan software kasir online berbasis cloud yang bisa diakses via dekstop ataupun mobile. dengan berbagai fitur yang akan memudahkan proses usaha. Dipercaya ribuan pengusaha untuk mengelola bisnis mereka.

Beepos dilengkapi dengan banyak fitur, seperti pencatatan transaksi, manajemen inventaris, setting promo dan diskon, berbagai metode pembayaran, QRIS hingga mengetahui mana produk yang paling laris hitung HPP otomatis, cari barang dengan mudah, hingga terintegrasi dengan software akuntansi Beecloud.

Artinya, Beepos tidak hanya bisa mengelola dan memberikan fitur kasir saja namun juga manajemen bisnis Anda, dari mengelola stok barang hingga laporan akuntansi keuangan perusahaan. Anda bisa mulai berlangganan dari harga 100rb-an aja.

2. Beeaccounting

Jika sebelumnya dijalankan secara online, kali ini versi offlinenya. Dikelola dari perusahaan yang sama Beeaccounting sebenarnya adalah software akuntansi namun memiliki fitur POS yang tidak kalah dengan aplikasi POS yang lainnya.

Untuk menunjang kinerja sistem POS-nya Beeaccounting dilengkapi dengan fitur pencatatan penjualan dan pembelian produk, dilengkapi dengan pencatatan pembayaran dari berbagai metode, mudah diaplikasikan dan masih banyak lagi lainnya.

Beeaccounting juga memiliki harga cukup terjangkau karena Anda hanya perlu beli sekali untuk akses seumur hidup. Cocok untuk Anda yang berbisnis di daerah yang memiliki jaringan internet kurang lancar. Disisi lain Beeaccounting pada dasarnya adalah software akuntansi ia dilengkapi dengan laporan pembukuan, pencatatan hutang/ piutang, kontrol stok barang dan laporan akuntansi keuangan langsung jadi.

3. Aplikasi POS: Vend

Aplikasi Pos Vend

Gambar aplikasi Vend POS (Credit: ecommerce-platforms.com)

Berikutnya ada Vend POS, dalam websitenya mereka menjelaskan memiliki seperti mudah digunakan, berbasis cloud monitoring sehingga bisa diakses dimana saja kapan saja.

Cocok untuk memanajemen beberapa bisnis yang memiliki banyak cabang dan remote support. Dengan harga yang ditawarkan untuk bisa menggunakan Vend Pos mulai dari $199 USD hingga $249 USD

4. Aplikasi POS: Keyhut

Rekomendasi aplikasi POS selanjutnya adalah Keyhut, aplikasi ini memiliki tampilan seperti Windows di era awal sehingga terkesan kuno. Namun dengan UI seperti itu Keyhut bisa diakses di pc jadul dan dapat diakses secara gratis.

Meskipun keyhut meskipun Keyhut merupakan aplikasi POS gratis fitur yang diberikan tidak kalah dengan yang lain, seperti CRM (Customer Relationship Management), pelacakan penjualan hingga manajemen karyawan.

Dengan akses gratis yang dimiliki Keyhut mereka masih optimal dalam memberikan fitur untuk para penggunanya, sehingga tidak kalah saing dengan aplikasi POS berbayar lainnya.

5. Chromis POS

Chrome Pos

Gambar aplikasi Chrome POS (Credit: hockeycomputindo.com)

Selanjutnya adalah Chromis POS, aplikasi ini cukup digemari dan banyak digunakan oleh para pebisnis. Chromis cocok untuk bisnis food and beverage. Sebab, mereka memiliki fitur tampilan gambar yang akan memudahkan Anda untuk menampilkan foto menu Anda.

Chromis bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma atau gratis, sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjadi aplikasi POS gratisan. Pastikan juga fitur di aplikasinya cocok dengan usaha Anda agar proses operasional tidak terganggu di kemudian hari.

6. Square POS

Keenam ada Square PIS, aplikasi ini cukup populer dan bisa digunakan via mobile sehingga akan memudahkan mobilitas dan lebih praktis. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur pembayaran online, inventory manajemen, manajemen customer, retail hingga karyawan dan masih banyak lagi lainnya.

Mengutip dari softwaretestinghelp.com. Square POS bisa diakses secara gratis, Namun yang perlu anda bayar adalah persentase dari setiap transaksi yang Anda lakukan. jika dijumlah seluruh biaya software dan hardware Anda perlu mengeluarkan budget sekitar $199 USD hingga $999.

7. Aplikasi POS: Sapaad

Rekomendasi terakhir ada Sapaad, aplikasi POS yang dirancang untuk restoran dengan basis cloud. Bisa digunakan di tablet dan Android. Aplikasi asal Dubai ini dapat digunakan secara gratis amun dalam bentuk trial.

Beberapa fitur yang dimiliki Sapaad seperti penambahan biaya yang bisa disesuaikan kedua belah pihak, call center, hingga pelacakan pemesanan yang dilakukan via telepon untuk menghindari orderan fiktif.

Tips Memilih Aplikasi Point of Sale yang Baik

Memilih aplikasi Point of Sale (POS) yang baik adalah langkah penting dalam memastikan kesuksesan operasional bisnis Anda. Berikut adalah beberapa kriteria dan tips yang dapat membantu Anda dalam memilih aplikasi POS yang tepat:

1. Kepuasan Pengguna

Periksa ulasan dan testimoni dari pengguna lain yang telah menggunakan aplikasi POS yang Anda pertimbangkan. Perhatikan umpan balik positif dan negatif mereka untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pengalaman penggunaan aplikasi tersebut.

2. Kesesuaian dengan Bisnis Anda

Pastikan aplikasi POS dapat diadaptasi dengan kebutuhan bisnis Anda. Pertimbangkan jenis dan skala bisnis Anda, serta fitur yang diperlukan seperti manajemen inventaris, integrasi pembayaran, pelacakan penjualan, dan lainnya.

3. Ketersediaan Fitur yang Penting

Tentukan fitur-fitur yang paling penting bagi bisnis Anda, seperti pencatatan penjualan yang mudah, pelacakan inventaris real-time, laporan keuangan yang komprehensif, integrasi dengan perangkat keras yang Anda gunakan, dan sebagainya. Pastikan software POS yang Anda pilih menyediakan fitur-fitur tersebut.

4. Kemudahan Penggunaan

Pilih software POS yang memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Aplikasi yang rumit atau sulit dipahami dapat menghambat efisiensi operasional dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk pelatihan karyawan.

5. Skalabilitas

Pertimbangkan pertumbuhan bisnis Anda di masa depan. Pastikan aplikasi POS dapat dengan mudah ditingkatkan dan diintegrasikan dengan sistem yang lebih besar jika bisnis Anda berkembang.

6. Keamanan

Pastikan aplikasi POS memiliki keamanan yang kuat untuk melindungi data transaksi dan informasi pelanggan. Cari tahu tentang langkah-langkah keamanan yang diimplementasikan, seperti enkripsi data, sistem otentikasi, dan perlindungan terhadap ancaman keamanan seperti kebocoran data.

7. Dukungan Pelanggan dan Layanan

Perhatikan tingkat dukungan pelanggan yang disediakan oleh penyedia aplikasi POS. Pastikan mereka menyediakan dukungan teknis yang baik dan tersedia jika Anda membutuhkan bantuan atau menghadapi masalah teknis.

8. Integrasi dengan Perangkat dan Sistem Lain

Jika Anda sudah menggunakan perangkat keras atau sistem lain seperti printer struk, scanner barcode, atau sistem keuangan tertentu, pastikan aplikasi POS dapat diintegrasikan dengan lancar dengan perangkat tersebut untuk memaksimalkan keefektifan dan keberlanjutan operasional.

9. Biaya dan Model Pembayaran

Tinjau biaya penggunaan aplikasi POS, baik biaya awal, biaya langganan, atau biaya tambahan untuk fitur-fitur tertentu. Perhatikan juga model pembayaran yang ditawarkan, apakah berbasis langganan bulanan atau pembelian sekali bayar.

Baca Juga: Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis

Nah, aplikasi POS mana nih yang paling cocok untuk Anda? Gratis maupun berbayar pastikan fitur yang mereka miliki cocok untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Hindari Sikap-Sikap Ini Jika Ingin Usaha Anda Berkembang!
Tak peduli seberapa besar visi dan misi Anda dalam membangun usaha, beberapa sikap yang buruk bisa menghambat berjalannya usaha, bahkan
Baca Juga
Harga, Syarat dan Cara Daftar Franchise Alfamart (Update 2023)
Melihat ramainya toko ritel seperti alfamart seking kali menjadikan iri, bagaimana ya caranya buat usaha seperti itu? Tenang Anda bisa
Baca Juga
Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba
Pernahkah Anda mendengar atau melihat himbauan untuk mengurangi sampah plastik? Gerakan anti plastik ini mungkin terlihat sederhana namun besar manfaatnya.
Baca Juga
15 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023
Mencari ide peluang bisnis yang menjanjikan dan selalu laris di pasaran dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha pemula maupun yang
Baca Juga
5 Rahasia Sukses Bisnis ala Warung Madura
Siapa saat ini yang tidak tahu apa itu warung Madura, toko kelontong yang dimiliki dan dikelola oleh orang Madura yang
Baca Juga
Jualan Apa yang Laku di Kampung? 7 Ide Usaha Ini Pasti Laris
Jualan apa yang laku di kampung? Saat ini ada berbagai ide bisnis yang bisa dipilih bagi para pengusaha di kampung.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu