Logo Bee Web

Point of Sales: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat Menggunakannya

Point of Sales (POS) adalah program kasir yang digunakan untuk memudahkan proses transaksi penjualan barang atau jasa kepada pelanggan.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 7 April 2023

Point of Sales (POS) adalah sistem yang telah menjadi bagian penting dalam dunia bisnis modern. Sebagai alat untuk membantu mengelola transaksi, sistem POS atau yang kita kenal program kasir juga memudahkan pengelolaan toko dan bisnis dalam hal penjualan, inventarisasi, dan pelaporan keuangan.

Sistem ini memiliki berbagai macam fitur dan kelebihan, seperti kemampuan integrasi dengan sistem lain, analisis data yang mendalam, serta keamanan data yang lebih baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu sistem POS, bagaimana cara kerjanya, manfaat, dan perbedaannya dengan mesin kasir. Jika sudah tidak sabar ingin segera mempelajarinya, langsung simak penjelasan berikut!

Apa itu Point of Sales?

Point of Sales (POS) adalah sistem atau perangkat lunak yang digunakan dalam bisnis untuk memudahkan proses transaksi penjualan barang atau jasa kepada pelanggan. program kasir terdiri dari perangkat keras, seperti scanner barcode, printer struk, dan layar sentuh, serta perangkat lunak untuk mengelola data penjualan dan inventaris.

 

 

 

 

Dalam prosesnya, pelanggan akan membeli produk atau jasa yang diinginkan dan membayar dengan menggunakan metode pembayaran yang tersedia, seperti kartu kredit, tunai, atau transfer bank.

Apa Itu Point Of Sales

POS bisa menghitung secara cepat dan juga mencetak invoice bagi para pelanggan (Credit: Freepik)

Kemudian, informasi transaksi akan tersimpan di dalam sistem POS dan dapat digunakan oleh pengusaha untuk mengelola inventaris, menentukan strategi penjualan, dan mengoptimalkan efisiensi bisnis.

Dalam era digital, POS telah menjadi alat yang sangat penting bagi pelaku bisnis untuk mengelola transaksi jual beli dengan cepat, mudah, dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman belanja lebih baik.

Cara Kerja Sistem Point of Sale

Point of Sale adalah sistem yang digunakan untuk mengelola transaksi penjualan di sebuah bisnis atau toko. Sistem POS memungkinkan penjual untuk menghitung total harga transaksi, menghitung kembalian, mengelola persediaan barang, dan melacak penjualan.

Adapun berikut ini adalah cara kerja program kasir yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik bisnis, yaitu:

1. Hardware atau Perangkat Keras

Sebuah sistem POS terdiri dari beberapa hardware, di antaranya adalah komputer, scanner barcode, mesin kasir, printer, dan perangkat lunak POS.

Komputer digunakan untuk menjalankan perangkat lunak POS, sementara scanner barcode bertugas dalam memindai kode barang. Mesin kasir berguna untuk memproses pembayaran dan printer untuk mencetak struk pembayaran.

2. Software atau Perangkat Lunak

Perangkat lunak digunakan untuk mengelola penjualan, persediaan barang, dan pembayaran. Ini dapat diakses melalui komputer atau perangkat mobile, seperti tablet atau smartphone.

Sistem POS biasanya terintegrasi dengan program manajemen persediaan yang memungkinkan pemilik toko untuk melacak stok barang yang tersedia. Setiap kali barang dijual, sistem POS akan mengurangi jumlah stok yang ada.

 

Jika stok barang mencapai level minimum, sistem Point of Sales akan memberi tahu pemilik toko bahwa barang tersebut perlu diisi kembali.

3. Transaksi Penjualan

Ketika pelanggan memilih barang yang ingin dibeli, penjual akan menggunakan scanner barcode untuk memindai kode barang. Sistem POS kemudian akan mencari informasi produk dan menampilkan harga di layar komputer.

Bpm Transaksi Penjualan

Setelah semua barang telah dipindai, sistem akan menghitung total harga dan menampilkan jumlah yang harus dibayar.

Setelah itu, pelanggan membayar di mesin kasir menggunakan uang tunai atau kartu kredit dan struk pembayaran akan tercetak. Terakhir, sistem POS mengurangi jumlah stok barang yang tersedia di gudang atau toko.

4. Laporan Penjualan

Program kasir juga dapat menghasilkan laporan penjualan yang berguna untuk melacak kinerja toko. Laporan ini mencakup informasi tentang barang yang terjual, harga jual rata-rata, margin laba, dan penjualan harian atau bulanan.

Manfaat Memakai Sistem Point of Sale untuk Bisnis

Adapun beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem POS dalam bisnis, antara lain:

1. Meningkatkan efisiensi

Sistem POS memungkinkan bisnis untuk melakukan transaksi secara cepat dan efisien. Ini juga memudahkan karyawan dalam mengambil order, memproses pembayaran, dan memperbarui stok produk secara real-time.

Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan dan mempercepat proses checkout pelanggan sehingga mengurangi antrean serta menambah kepuasan pelanggan.

2. Mengurangi kesalahan

Sistem POS dapat membantu mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh manusia dalam melakukan transaksi. Karyawan tidak perlu lagi menghitung secara manual harga dan kembalian karena sistem akan melakukannya secara otomatis.

3. Meningkatkan akurasi stok

Point of Sales dapat membantu meningkatkan akurasi stok produk. Setiap kali terjadi transaksi, stok produk akan otomatis diperbarui. Hal ini membantu memastikan bahwa bisnis selalu memiliki stok yang cukup dan tidak kekurangan stok.

Kontrol Stok Bpm

 

Oleh sebab itu, bisnis dapat menghindari kehilangan pelanggan karena produk yang diinginkan sedang kosong.

4. Membantu mengelola inventaris

Bisnis dapat melacak produk yang laris dan produk yang kurang laku dan membuat keputusan tepat dalam mengelola inventaris. Menggunakan sistem POS berarti bisnis dapat membuat laporan penjualan dan analisis data untuk membuat keputusan dalam pengelolaan inventaris.

5. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Karyawan dapat memproses pembayaran dengan cepat, memberikan informasi tentang produk, dan memberikan rekomendasi produk yang mungkin diminati oleh pelanggan.

Hal ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu bisnis dalam menjaga pelanggan tetap loyal.

6. Meningkatkan keamanan

Menggunakan program kasir, bisnis dapat melacak setiap transaksi yang terjadi dan menghindari potensi kecurangan atau pencurian. Ini akan membantu bisnis dalam memastikan keamanan transaksi dan menghindari kerugian finansial.

Perbedaan Sistem Point Of Sales (POS) dan Mesin Kasir

Mesin kasir dan sistem (POS) keduanya digunakan untuk membantu dalam transaksi bisnis. Namun, ada beberapa perbedaan antara kedua sistem tersebut, antara lain:

1. Fungsi Utama

Mesin kasir umumnya hanya digunakan untuk menghitung jumlah total pembelian dan mencetak struk pembayaran.

Sementara itu, sistem POS memiliki fungsi yang lebih kompleks, seperti mengelola stok produk, menghitung total penjualan, melakukan pelacakan inventaris, menghasilkan laporan keuangan, dan lain sebagainya.

2. Kemampuan Integrasi

Mesin kasir cenderung memiliki keterbatasan dalam hal kemampuan integrasi dengan sistem bisnis lainnya, seperti sistem keuangan, inventaris, dan manajemen karyawan.

Sementara itu, sistem POS seringkali dapat diintegrasikan dengan sistem bisnis lainnya sehingga memungkinkan pengelolaan bisnis menjadi lebih terintegrasi dan efisien.

3. Faktor Biaya

Mesin kasir cenderung lebih murah daripada sistem Point of Sales, terutama untuk bisnis skala kecil atau menengah. Namun, jika bisnis telah tumbuh dan berkembang, sistem POS mungkin menjadi lebih efisien dan dapat menghasilkan penghematan dalam jangka panjang.

4. Kemampuan Analitik

Analisa Sesi Bpm

 

POS memiliki kemampuan analitik yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin kasir. Sistem ini dapat memberikan laporan penjualan yang rinci sehingga memungkinkan bisnis untuk melakukan analisis data dan memperbaiki strategi bisnis mereka.

5. Faktor Mobilitas

Mesin kasir biasanya lebih portabel dan mudah dibawa-bawa sehingga cocok untuk bisnis yang membutuhkan mobilitas, seperti penjualan di luar ruangan. Sementara itu, sistem POS biasanya lebih berat dan tidak terlalu mudah dipindahkan.

6. Keamanan Data

Sistem POS memiliki keamanan data yang lebih baik dibandingkan mesin kasir. Ini dikarenakan POS umumnya dilengkapi fitur keamanan, seperti autentikasi pengguna, enkripsi data, dan lain-lain yang menjaga data bisnis dari serangan hacker atau kebocoran data.

7. Penggunaan Layar Sentuh

Screenshot Beepos Mobile 2.0 Tablet Dan Hp

Sistem POS umumnya dilengkapi dengan layar sentuh yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya, sedangkan mesin kasir biasanya tidak memiliki fitur ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, sistem POS telah membuktikan dirinya sebagai solusi yang efektif untuk memudahkan pengelolaan bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional.

Berbagai fitur dan kelebihannya, seperti kemampuan integrasi dengan sistem lain, analisis data yang mendalam, serta keamanan data yang lebih baik, sistem POS dapat membantu bisnis untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, mempertimbangkan untuk mengimplementasikan sistem Point of Sales dapat menjadi keputusan yang bijak untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda.

Beepos Mobile adalah aplikasi kasir dengan segudang benefit seperti harga di label rak vs di nota dijamin cocok. POS dan Back-office terintegrasi dengan 1 database. Minimalisir perbedaan harga di label rak dan kasir dengan sistem kasir yang terintegrasi langsung dengan back-office. 1x ganti harga di back-office maka sistem POS otomatis mengikuti, single master data dan transaksi, POS kasir terintegrasi dengan akuntansi, aman karena semua by sistem

Coba gratis Beepos mobile sekarang! Info lebih lanjut klik gambar di bawah ini!

 

 

Pelayanan Kasir Pakai Bpm

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Yuk! Kenali Pengertian Akuntan Publik dan Tugasnya
Akuntan publik merupakan salah satu profesi yang dimiliki para profesional yang berhasil memiliki izin dari negara untuk membuka praktik akuntan
Baca Juga
5 Keuntungan Menggunakan Rental Mobil Aplikasi Terbaik
Saat ini, sudah ada banyak pihak yang memilih untuk memulai bisnis aplikasi untuk sewa mobil dengan kualitas dan pelayanan yang
Baca Juga
Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Bengkel Motor Mobil?
Untuk bertahan hidup di industri ini, banyak poin harus dipertimbangkan, termasuk pembukuan bengkel motor mobil hingga pengawasannya. Tidak dapat dipungkiri,
Baca Juga
Ini Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Toko Untuk Usaha Anda
Hari ini banyak beragam pertanyaan yang dilontarkan para pengusaha mengenai manfaat menggunakan aplikasi toko kasir bagi mereka? Jawabannya banyak sekali.
Baca Juga
3 Aplikasi Faktur Pembelian untuk Bisnis UMKM
Membuat faktur pembelian, merupakan hal yang rutin untuk dilakukan oleh seorang pebisnis, karena menjadi bukti transaksi bisnis, termasuk memuat seluruh
Baca Juga
7 Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan Bisnis
Adanya aplikasi catatan keuangan bisnis telah menjadi alat yang sangat penting bagi para pengusaha dan pemilik bisnis. Aplikasi ini tidak
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu