Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Mesin Kasir Alfamart, Aplikasi POS Minimarket Favorit Sejuta Umat

Dipublish Tgl: Wednesday, 20 April 2022

Mesin kasir alfamart merupakan toko retail terpopuler dengan jenis aplikasi POS yang diinginkan banyak orang. Terlebih mesin kasir alfamart yang dinilai efektif karena kecepatan transaksi meski begitu banyaknya pelanggan.

Sekilas, alfamart memang menjadi salah satu bisnis yang memiliki banyak keuntungan karena kalau kita perhatikan mereka selalu memiliki pelanggan yang banyak setiap harinya. Terlepas dari itu, ada salah satu strategi yang mereka terapkan untuk mendapatkan pelanggan sebanyak itu.

Yakni penggunaan mesin kasir yang merupakan sebuah alat yang membantu mempercepat transaksi sehingga pelanggan akan senang jika dilayani dengan cepat. Selain itu, banyak fungsi dan manfaat yang didapatkan untuk penggunaan mesin kasir tersebut.

Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai mesin kasir hingga cara penggunaannya.

Pengertian Mesin Kasir

mesin kasir alfamart

Ilustrasi Mesin Kasir Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Mesin kasir adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghitung transaksi keuangan. Mesin kasir biasanya memiliki keyboard yang digunakan untuk memasukkan data, pemindai, laci penyimpan uang tunai. Selain itu, dilengkapi dengan pencetakan untuk tanda terima pelanggan.

Mesin kasir adalah alat penting dalam berbagai bisnis. Mesin kasir dapat mencatat jumlah penjualan, memberikan tanda terima kepada pelanggan, dan membantu pembuatan laporan transaksi harian. Pada saat ini, mesin kasir semakin canggih dan memiliki banyak fungsi yang dapat membantu menjalankan toko, restoran, atau bisnis Anda yang lain.

Kasir yang mengikuti perkembangan teknologi cenderung kompleks hingga dapat digunakan untuk melakukan manajemen stok. Tidak hanya itu, kasir juga dapat digunakan untuk membantu Anda menghitung penjualan yang tergantung pada jenis atau kelas barang dagangan. Jenis mesin ini paling sering digunakan oleh usaha ritel.

Fungsi dan Kegunaan Mesin Kasir

fungsi-dan-kegunaan-mesin-kasir

Ilustrasi Kasir sedang Mengoperasikan Mesin Kasir Photo by Brian Lundquist on Unsplash

Selain membahas pengertian kasir, Anda juga perlu tau fungsi dan kegunaan mesin kasir untuk berbagai usaha. Berikut ini fungsi dan kegunaan mesin kasir:

1. Mesin Penghitung

Mesin kasir modern dapat melakukan berbagai fungsi dan perhitungan sesuai dengan nama alfabet dan harga semua item yang dibeli. Selain itu ada fungsi lain yang tak kalah penting yaitu penghitungan voucher diskon persentase, menghitung nominal potongan harga, hingga menghitung pajak. Hingga akhirnya mesin kasir memberikan akumalasi total belanjaan pelanggan secara akurat dan otomatis.

2. Menambah Loyalitas Pelanggan

Canggihnya toknologi memungkinkan sebuah mesin kasir dalam memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan. Anda bisa menerapkan strategi marketing berupa sistem member, sehingga itu akan membuat pelanggan Anda semakin loyal.

Mesin kasir akan mengelola daftar member sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengatur strategi penjualan. Dari daftar member, Anda bisa tahu sesering apa mereka berkunjung dan barang apa yang sering mereka beli.

3. Memudahkan Kinerja Manajer Toko

Dengan bantuan mesin kasir minimarket, manajer dapat melakukan restok ketika produk hampir habis. Selain itu, manajer juga dapat memahami produk mana yang populer pada hari-hari dan merek-merek yang disukai konsumen.

Data tersebut sangat bermanfaat untuk menganalisa kebutuhan pelanggan sehingga manager bisa menjalankan strategi penjualan yang tepat dan sesuai ekpektasi.

4. Memudahkan Pelanggan Memilih Metode Pembayaran

Hal yang terbilang jadul tetapi sampai sekarang masih ada, yaitu mengenai metode pembayaran. Pelanggan akan kesal jika keadaannya tidak membawa uang tunai dan pihak kasir tidak menyediakan metode pembayaran lain.

Sistem kasir yang canggih biasanya sudah mendukung fitur metode pembayaran yang beragam. Bisa tunai, kredit, atau melalui dompet digital. Karena saat ini sudah banyak orang menggunakan dompet digital seperti gopay, ovo, shopeepay, dana, sehingga mereka akan mudah dalam melakukan pembayaran apabila mereka sedang tidak membawa uang tunai.

5. Membuat Laporan Akuntansi

Biasanya, aplikasi penjualan atau aplikasi pos minimarket masih jarang yang menyediakan fitur integrasi accounting. Kebanyakan hanya menyediakan fitur laporan penjualan dan laporan arus kas saja. Sedangkan, jika ada laporan seperti neraca, laba rugi, itu akan sangat menguntungkan.

Pasalnya laporan neraca dan laba rugi memiliki peran penting dalam usaha apapun. Dengan laporan tersebut Anda akan bisa menganalisa kesehatan bisnis yang Anda jalankan. Seperti laporan laba rugi yang menunjukkan keadaan usaha, apakah mengalami keuntungan atau kerugian.

Bahkan, laporan seperti ini bisa terbuat secara otomatis tanpa harus melakukannya secara manual. Anda hanya butuh mengakses laporan tersebut dengan sekali klik, maka laporan akan tersaji dengan cepat kapan pun Anda mau.

Baca Juga: Kenali Tugas Kasir Cafe Yang Bukan Hanya Menerima Pembayaran

Aplikasi POS yang Mirip Mesin Kasir Alfamart

aplikasi pos alfamart adalah

Ilustrasi Kasir Alfamart

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan penggunaan mesin kasir, tak lupa sesuai tujuan kita akan bahas mengenai mesin kasir itu sendiri.

Seiring berkembangnya teknologi mesin kasir saat ini menjadi sebuah perangkat lunak yang bisa diakses melalui komputer dan juga smartphone. Perangkat lunak inilah yang memungkinkan kita untuk mendapatkan fitur lebih banyak dibandingkan menggunakan sebuah mesin kasir konvensional.

Komputer memang biasa digunakan sebagai alat yang digunakan untuk bekerja, layaknya seorang kasir yang melakukan pekerjaan melayani transaksi penjualan. Aplikasi yang terinstal di komputer memungkinkan kasir untuk mendapatkan fitur bermanfaat lainnya.

Berikut ini kami rekomendasikan sebuah Aplikasi POS yang mirip mesin kasir alfamart yang cocok untuk Anda gunakan di usaha minimarket.

  • Aplikasi POS Beepos Mobile

software-program-kasir-cafe-tampilan-beepos-mobile

Tampilan Aplikasi POS Beepos Mobile (Sumber: Bee.id)

Rekomendasi aplikasi mesin kasir alfamart yang pertama adalah Beepos Mobile. Ini adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan pada smartphone, cocok untuk Anda yang membutuhkan mobilitas pada usaha minimarket. Dengan fitur yang diberikan yaitu limit waktu/jam, syarat belanja, sistem member, setoran buta, slip kasir, dan masih banyak lagi.

Selain penjualan, ada fitur manajemen stok, kondisi stok plus minusnya, laporan analisa stok, laporan keluar masuk stok. Beepos mobile juga sudah integrasi accounting ya, sehingga jika membutuhkan laporan neraca, laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, semua lengkap bisa Anda akses sesuai keinginan.

  • Aplikasi POS Beepos Dekstop

Software-Kasir-Beepos-Desktop-Tampilan-Terminal-Kasir

Tampilan Aplikasi POS Beepos Desktop

Ini adalah versi desktop atau komputer dari Beepos mobile. Fitur yang dimiliki juga sama persis, lengkap, dan sesuai kebutuhan. Keunggulannya adalah kemudahan dan kecepatan, Anda hanya perlu menggunakan keyboard untuk pakai Beepos Desktop.

Dilengkapi fitur lainnya seperti cetak barcode, scan barcode, cash drawer otomatis, dan masih banyak yang lainnya.

Kesimpulan

Memiliki sebuah bisnis minimarket layaknya alfamart selalu menjadi impian setiap orang. Itu karena alfamart selalu ramai pembeli setiap harinya. Bisnis yang menjual berbagai barang kebutuhan hari-hari ini memang tidak ada matinya. Itu yang menjadi alasan mengapa bisnis ini menguntungkan.

Dibalik itu, kesuksesan alfamart didasari atas sistem yang mereka miliki dari awal hingga saat ini. Yaitu sebuah mesin kasir alfamart canggih, yang dapat mengatasi ratusan transaksi per harinya. Tanpa ada pelanggan yang antri, mesin kasir adalah alat yang dapat diandalkan.

Berkembangnya mesin kasir yang kini menjadi sebuah perangkat lunak atau aplikasi komputer dan smartphone. Aplikasi ini membuka segala fitur yang tidak dimiliki mesin kasir seperti laporan keuangan.

Anda bisa menggunakan aplikasi beepos mobile dan beepos desktop yang sistemnya mirip dengan mesin kasir alfamart.

Software Cetak Struk Integrasi dengan POS Android Makin Sat Set
Berkat sifat terbuka dari teknologi Android, tersedia berbagai macam tablet dan perangkat genggam yang diadopsi sebagai hardware pilihan oleh pengembang […]
Baca Juga
5 Aplikasi Penjualan Online Terbaik 2022 untuk UMKM
Kehadiran aplikasi penjualan online dapat membantu mempercepat transaksi penjualan yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini bahkan dapat diperoleh secara real-time. […]
Baca Juga
Jenis Software Akuntansi Apa Saja yang Cocok Untuk UKM?
Software akuntansi apa saja yang cocok dan terbaik untuk pembukuan UKM? Pertanyaan seperti ini banyak diungkap oleh pemilik UKM, terutama […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu