Tips Akuntansi untuk Anda Pengusaha Bisnis Minimarket

Thursday, 22 August 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tips Akuntansi MinimarketDalam menjalankan bisnis, terlebih jual-beli seperti minimarket, tentunya dibutuhkan sistem akuntansi untuk mencatat semua transaksi yang terjadi secara tepat. Dengan adanya akuntansi, Anda sebagai pemilik bisnis minimarket bisa melacak semua pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Pada akhirnya, data yang Anda peroleh dari kegiatan jual-beli sehari-hari bisa digunakan untuk perencanaan keuangan di masa depan.

Jika Anda belum mempunyai dasar ilmu akuntansi, Anda bisa mempelajarinya di bawah ini. Kenali beberapa istilah umum dalam akuntansi, lalu terapkan ilmunya. Gunakan berbagai tips di bawah ini untuk membawa bisnis minimarket Anda menuju kesuksesan.

Baca Juga: Bagaimana Memulai Membangun Usaha Digital Printing?

1. Catat Semua Perubahan dalam Inventaris

Tips Akuntansi Minimarket
Gambar 1. Mencatat Semua Perubahan Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Dalam menjalankan bisnis, terlebih jual-beli seperti minimarket, tentunya dibutuhkan sistem akuntansi untuk mencatat semua transaksi yang terjadi secara tepat. Dengan adanya akuntansi, Anda sebagai pemilik bisnis minimarket bisa melacak semua pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Pada akhirnya, data yang Anda peroleh dari kegiatan jual-beli sehari-hari bisa digunakan untuk perencanaan keuangan di masa depan.

Jika Anda belum mempunyai dasar ilmu akuntansi, Anda bisa mempelajarinya di bawah ini. Kenali beberapa istilah umum dalam akuntansi, lalu terapkan ilmunya. Gunakan berbagai tips di bawah ini untuk membawa bisnis minimarket Anda menuju kesuksesan.

2. Catat Pendapatan dari Semua Sumber dengan Rinci

Catatlah semua pendapatan yang masuk secara tepat, lalu bandingkan dengan dana yang tersedia dalam rekening bank untuk memastikan jumlahnya sudah sesuai. Keuntungan dari penjualan berbagai barang memang merupakan sumber penghasilan dari minimarket, namun mungkin saja ada sumber pendapatan lain seperti biaya pasca-penjualan, garansi (jika ada), bahkan komisi dari hasil penjualan barang konsinyasi.

Jika Anda memiliki sistem pencatatan penjualan online, pastikan juga jumlahnya sesuai sehingga tidak terjadi kesalahan yang berlanjut. Kuncinya, catat semua penjualan sedini mungkin untuk mengurangi risiko kerugian.

3. Pastikan Jumlah Pengeluaran Tercatat dengan Benar

Selain pendapatan, pengeluaran yang terjadi juga harus dicatat secara rinci serta dicocokkan dengan dana dalam rekening Anda. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa pencatatan pengeluaran dilakukan dengan tepat adalah:

  • Usahakan semuanya dilakukan secara otomatis atau secepat mungkin
  • Jangan lupa memperhitungkan biaya sewa dan operasional
  • Catat segala hal serinci mungkin: Harga barang yang terjual, gaji karyawan, pajak, serta pembelian dari supplier barang
  • Catat pengeluaran yang hanya satu kali dilakukan, misalnya biaya rak pajangan dan furniture lainnya.

4. Perhitungan Hutang dan Piutang

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam sistem akuntansi mana pun adalah keberadaan utang dan piutang. Manfaatkan sistem akuntansi untuk membantu Anda mengingat jatuh tempo pembayaran pinjaman, nota, serta pembelian kredit.

Piutang pun juga harus dicatat dengan tepat, contohnya konsumen yang belum melunasi pembayaran walaupun sangat kecil kemungkinan hal ini terjadi dalam bisnis minimarket. Mengatur utang dan piutang bisa menjamin bisnis Anda akan berjalan dengan lancar serta mendapatkan keuntungan maksimal

5. Antisipasi Pengeluaran Besar

Pembaruan perangkat komputer, penggantian peralatan, dan tanggal jatuh tempo pajak sebaiknya tidak lagi menjadi suatu hal yang mengejutkan. Dalam menjalankan bisnis minimarket, Anda pasti akan menghadapi pengeluaran yang besar pada waktu tertentu. Persiapkan dana cadangan yang cukup agar Anda tidak kewalahan menghadapinya.

6. Buat Rencana Keuangan.

Dari jalannya keuangan dalam bisnis minimarket selama ini, Anda bisa melakukan perubahan kecil maupun besar untuk membuat bisnis ini semakin menguntungkan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan software akuntansi untuk membantu membuat prediksi yang akurat.

Menerapkan suatu sistem akuntansi dalam bisnis minimarket Anda akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis serta menghindari masalah keuangan. Ditunjang dengan sistem akuntansi online yang semakin mutakhir, menjalankan bisnis minimarket akan semakin menguntungkan dan mudah dijalankan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki akuntansi dalam usaha minimarket Anda.

Semoga Bermanfaat

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :