Logo Bee Web

Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja

Aplikasi pos alfamart adalah sebuah alat yang digunakan untuk bertansaksi. Jika Anda baru memulai sebuah usaha minimarket....
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 21 April 2022

Aplikasi pos alfamart adalah sebuah alat yang digunakan untuk bertansaksi. Jika Anda baru memulai sebuah usaha minimarket, Anda pasti mencari arti aplikasi pos alfamart. Wajar, karena pasti kebanyakan pengusaha menginginkan bisnsinya lancar seperti alfamart.

Aplikasi pos alfamart umumnya merupakan sebuah alat atau sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan menggunakan komputer. Sistem inilah yang membantu para pegawai kasir untuk melakukan transaksi penjualan tanpa melakukannya secara manual.

Karena, fitur yang dimiliki aplikasi pos alfamart disini sangat beragam. Mulai dari pencarian item yang cepat, memberikan promo, menghitung otomatis, kalkulasi stok, dan masih banyak lagi.

Jika Anda memulai bisnis, Anda mungkin berpikir untuk berinvestasi dalam sistem aplikasi kasir point of sale (POS) seperti alfamart. Namun, jika Anda hanya di sisi lain dari konter selama transaksi penjualan, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang apa itu sistem pos, cara kerjanya, dan apakah bisnis Anda membutuhkannya atau tidak.

Apa itu Aplikasi POS Alfamart

aplikasi pos alfamart adalah

Ilustrasi Kasir POS Alfamart

Point of Sale (POS) dapat disebut aplikasi kasir modern yang digunakan oleh toko untuk membantu transaksi seperti mesin kasir di toko ritel, tetapi utilitas mereka lebih canggih daripada mesin kasir konvensional. POS ini digunakan untuk mencatat transaksi, membantu menghitung laba per item yang ter jual, perhitungan stok, dan lain sebagainya.

Aplikasi pos kasir sering digunakan untuk membantu manajer bisnis atau pemilik bisnis dalam hal memfasilitasi transaksi dengan pelanggan mereka.

Sedangkan untuk aplikasi pos alfamart adalah sofware yang diguakan untuk memudahkan proses transaksi langsung antara penjual dan pembeli, khususnya untuk toko ritel yang memiliki banyak cabang.

Aplikasi ini hampir sama dengan definisi poit of sale. Namun bedananya, mereka membuat sendiri aplikasi pos-nya dan tidak dijual secara umum.

Mengapa Pengusaha Butuh Aplikasi POS Seperti Alfamart?

Seperti yang kita tahu, alfamart adalah salah satu tempat yang selalu memiliki banyak pelanggan setiap hari. Dengan lengkapnya barang yang dijual, serta pelayanan yang memuaskan menjadi alasan mengapa banyak orang memilih belanja di alfamart. Tentunya ini menjadi sebuah peluang untuk para pengusaha yang ingin memiliki bisnis seperti alfamart.

Dibalik pelayanan pegawai alfamart yang memuaskan tersebut, terdapat sebuah sistem yang memudahkan mereka dalam memberikan pelayanan. Aplikasi pos alfamart adalah fungsinya bukan hanya sekedar untuk melakukan transaksi saja.

Benar saja, para pengusaha menginginkan sebuah sistem yang sama seperti yang dimiliki alfamart, aplikasi point of sale. Untungnya, sekarang banyak perusahaan yang berinovasi dengan menciptakan aplikasi pos yang mirip bahkan melebihi fitur yang dimiliki aplikasi alfamart.

Lalu, mengapa sih para pengusaha harus menggunakan aplikasi pos alfamart?

  • Terintegrasi dengan sistem stok (inventaris), sehingga mengendalikan kurangnya bahan baku dan ketersediaan produk lebih mudah.
  • Mencatat data transaksi secara penuh dan prosesnya menjadi laporan sederhana yang mudah dianalisis.
  • Memberikan laporan penjualan bisnis Anda secara langsung dan praktis
  • Semua jenis perubahan pada data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat.
  • Cetak tanda terima pembelian untuk pelanggan, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas nota / tanda terima secara manual.
  • Perhitungan otomatis, kasir tidak perlu repot menghitung kembalian dan mempercepat proses transaksi, sehingga dapat mengurangi antrian.
  • Menerima berbagai metode pembayaran baik uang tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit, dll.
  • Keamanan data, untuk menghindari kecurangan yang dilakukan pegawai kasir dengan memberikan sistem keamanan data pada aplikasi kasir.

Perbedaan Aplikasi POS Alfamart dengan Aplikasi POS Umum

mesin kasir alfamart

Ilustrasi Mesin Kasir Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Di atas sudah disinggung sedikit mengenai perbedaan dari aplikasi pos alfamart dengan aplikasi pos umum lainnya adalah aplikasi pos alfamart yang tidak diperjual belikan secara umum atau dalam artian tidak boleh dipakai selain yang memiliki bisnis layaknya franchise alfamart.

Disisi lain ada banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi pos yang serupa, tetapi memiliki fitur yang bahkan melebihi aplikasi pos alfamart. Sebagai contoh salah satu aplikasi pos adalah Beepos.

Perbedaan paling menonjol dari aplikasi pos alfamart dengan aplikasi Beepos adalah sistem penyimpanannya. Jika pos alfamart harus diinstall pada komputer, yang itu artinya data penyimpanan bisnisnya disimpan pada storage komputer.

Namun untuk aplikasi Beepos, ini memiliki sistem yang berbasis cloud yang dimana datanya disimpan pada suatu server di internet, yang artinya data tersebut dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Lebih untungnya lagi, Beepos disini tidak harus selalu menggunakan internet untuk mengunggah data pada server, sehingga meski internet mati transaksi tetap bisa berjalan.

Baca Juga: 8 Aplikasi Keuangan Online Gratis Terbaik dan Mudah Digunakan

Cara Kerja Aplikasi POS Minimarket

Ilustrasi Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir POS Minimarket (Sumber: Bee.id)

POS sebagai sistem memiliki cara kerja dalam implementasinya. Cara kerjanya dari pos ini tentu saja dapat memudahkan Anda dalam proses pembelian dan penjualan transaksi dengan konsumen. Cara pekerjaan pos dibagi menjadi beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:

1. Transaksi

Dengan hadirnya pos, konsumen dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit. Ini karena sistem pos dapat diintegrasikan dengan bank yang Anda gunakan sebagai pengusaha atau pemilik toko dan secara otomatis sistem pos juga terhubung ke sistem financial tracking system se-dunia sehingga Anda dapat mengetahui catatan keuangan perusahaan Anda.

Salah satu contoh fitur dalam pos terkait dengan proses transaksi adalah perhitungan pajak penjualan dan produk diskon yang dapat dilakukan dengan mudah. Masih banyak fitur pos yang dapat Anda gunakan dalam proses penjualan dan pembelian transaksi. Intinya, sistem pos dapat memudahkan Anda untuk bertransaksi dengan konsumen.

2. Berbasis Internet

Bagi Anda yang memiliki bisnis di berbagai lokasi, aplikasi pos berbasis internet dapat menjadi pilihan Anda. Dengan sistem pos yang terhubung ke Internet, Anda dapat mengetahui laporan penjualan di setiap cabang kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, sistem pos juga dapat dikembangkan untuk terhubung dengan sistem akuntansi sehingga Anda dapat melacak setiap laporan keuangan yang Anda butuhkan. Anda dapat merasakan fitur-fitur lain dari posting berbasis Internet, seperti mencadangkan data, mengunduh katalog dari berbagai pemasok, melacak persediaan, dan sebagainya.

3. Perangkat Keras

Selain perangkat lunak, pos juga perlu dilengkapi dengan hardware atau perangkat keras. Salah satu fungsinya adalah untuk mencetak tanda terima dari proses transaksi.

Ada dua jenis printer yang dapat dihubungkan dengan pos, yaitu printer dot matrix dan printer termal. Perbedaan dari keduanya dalam hal biaya, di mana printer termal memiliki harga yang lebih mahal karena cara kerjanya lebih baik daripada printer lain.

Setiap perangkat keras terhubung ke aplikasi pos. Ketika proses perhitungan produk selesai, maka selanjutnya laci kas atau cash drawer pada kasir akan terbuka secara otomatis untuk proses pembayaran berikutnya.

Perangkat keras seperti laci kas harus aman dan hanya dapat dibuka secara manual oleh manajer atau atasan. Selain itu, ada juga card reader yang dapat digunakan untuk pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Card reader ini juga harus dihubungkan dengan aplikasi pos sehingga proses pembayaran dapat diintegrasikan dengan bank yang ditautkan.

Perangkat keras lain yang tidak kalah pentingnya dalam pos adalah barcode scanner. Fungsinya jelas untuk memindai setiap barcode pada produk, sehingga Anda dapat mengetahui harga produk yang dibeli oleh konsumen.

Ini karena aplikasi pos telah diprogram untuk memasukkan detail produk yang dijual. Semua jenis perangkat keras untuk pos dapat diperoleh dalam satu paket atau terpisah sebagai perangkat tambahan.

Istilah-Istilah dalam Toko Alfamart beserta Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa istilah yang umum digunakan dalam toko Alfamart beserta fungsinya:

1. Kasir

Seorang kasir adalah orang yang bertanggung jawab untuk melayani pelanggan yang melakukan pembayaran di kasir. Tugas mereka meliputi menerima uang dari pelanggan, memproses transaksi, dan memberikan kembali kembalian yang tepat.

2. Penjaga Toko

Penjaga toko adalah petugas keamanan yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam toko. Mereka memastikan bahwa pelanggan dan karyawan merasa aman selama berada di dalam toko dan melakukan pengawasan terhadap keluar-masuknya orang.

3. Penata Barang

Penata barang atau merchandiser adalah orang yang bertanggung jawab untuk merapikan dan mengatur barang-barang di rak atau display toko. Tugas mereka termasuk mengisi stok barang, menjaga ketersediaan produk, dan memastikan penataan produk yang menarik dan mudah diakses oleh pelanggan.

4. Supervisor

Supervisor adalah orang yang memiliki tanggung jawab mengawasi operasional toko dan kinerja karyawan. Tugas mereka termasuk memberikan arahan kepada karyawan, memastikan kepatuhan terhadap prosedur dan kebijakan perusahaan, serta menangani masalah atau keluhan pelanggan.

5. Pembantu Gudang

Pembantu gudang adalah karyawan yang bertanggung jawab untuk menerima, menyimpan, dan mengatur stok barang di gudang toko. Mereka membantu dalam memastikan ketersediaan barang di toko dengan mengatur pengiriman dan pengeluaran barang dari gudang.

6. Asisten Manajer Toko

Asisten manajer toko adalah orang yang membantu manajer toko dalam mengawasi dan mengelola operasional harian toko. Tugas mereka meliputi penugasan tugas kepada karyawan, pengawasan stok barang, menangani keluhan pelanggan, serta membantu dalam mencapai target penjualan toko.

7. Departemen Kepatuhan

Departemen Kepatuhan bertanggung jawab untuk memastikan toko dan karyawan mematuhi peraturan dan kebijakan perusahaan, serta peraturan pemerintah terkait perniagaan. Mereka mengawasi pelaksanaan standar keamanan, higienis, serta kepatuhan terhadap ketentuan pelaporan dan perpajakan.

8. Penerimaan Barang

Bagian penerimaan barang adalah yang bertanggung jawab untuk menerima dan memeriksa barang yang dikirimkan ke toko. Mereka memastikan barang yang diterima sesuai dengan pesanan dan melakukan pengecekan kualitas serta kondisi barang sebelum disimpan di gudang atau ditampilkan di rak.

9. Customer Service

Customer Service atau Layanan Pelanggan adalah tim yang memberikan bantuan dan pelayanan kepada pelanggan. Mereka membantu menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk, menangani keluhan, serta memberikan pengalaman pelanggan yang baik selama berbelanja di Alfamart.

Kesimpulan

Beepos Desktop Minimarket web

Memiliki usaha seperti alfamart merupakan impian banyak orang, karena bisnis tersebut sangat menguntungkan dan dibutuhkan banyak orang. Dibalik itu, harus ada sebuah pelayanan yang berkualitas supaya menjaga kepercayaan pelanggan.

Menggunakan aplikasi pos alfamart adalah jawaban yang tepat, karena dengan alat tersebut, pengusaha dapat meningkatkan keuntungan pada bisnis minimarket.

Memiliki sebuah bisnis minimarket layaknya alfamart selalu menjadi impian setiap orang. Itu karena alfamart selalu ramai pembeli setiap harinya. Bisnis yang menjual berbagai barang kebutuhan hari-hari ini memang tidak ada matinya. Itu yang menjadi alasan mengapa bisnis ini menguntungkan.

Dibalik itu, kesuksesan alfamart didasari atas sistem yang mereka miliki dari awal hingga saat ini. Yaitu sebuah mesin kasir alfamart canggih, yang dapat mengatasi ratusan transaksi per harinya. Tanpa ada pelanggan yang antri, mesin kasir adalah alat yang dapat diandalkan.

Berkembangnya mesin kasir yang kini menjadi sebuah perangkat lunak atau aplikasi komputer dan smartphone. Aplikasi ini membuka segala fitur yang tidak dimiliki mesin kasir seperti laporan keuangan.

Anda bisa menggunakan aplikasi beepos mobile dan beepos desktop yang sistemnya mirip dengan mesin kasir alfamart.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Kasir Minimarket yang Penting Untuk Anda Ketahui dan Pelajari
Kasir minimarket selalu stand by di depan mesin kasir dan membantu dalam urusan transaksi ketika kita mengunjungi minimarket. Merekalah yang
Baca Juga
Komputer Akuntansi: Pengertian Serta Manfaatnya Dalam Perusahaan
Komputer akuntansi dengan perkembangan teknologinya yang semakin maju, hampir semua bisnis terdorong untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk menunjang kinerja perusahaan.
Baca Juga
3 Rekomendasi Software Toko Baju Terbaik 2023
Menjalankan bisnis toko baju tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika tidak memiliki software toko baju. Saat ini, tren fashion saat
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan
Baca Juga
Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android
Hampir seluruh kemasan produk, jasa pembayaran, dan keperluan lain kini menggunakan pemindai barcode online untuk kemudahan transaksi. Selain karena kegunaannya
Baca Juga
7 Tips Membuka Toko Sembako Modern yang Sukses
Toko sembako menjadi pilihan banyak orang yang ingin berbelanja sembako tanpa harus pergi ke supermarket. Karena hal tersebut, membuka toko
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu