Logo Bee Web

9 Perbedaan Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap Dalam Akuntansi

Perbedaan aktiva lancar dan aktiva tetap umumnya ada pada jangka waktunya, bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak artikel berikut ini.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 16 February 2024

Aktiva merupakan bagian integral dari struktur keuangan suatu perusahaan, yang dapat dibagi menjadi dua kategori utama: aktiva lancar dan aktiva tetap. Perbedaan antara aktiva lancar dan aktiva tetap memiliki karakteristik yang berbeda.

Dimana aktiva lancar memiliki sifat lebih likuid dan dapat digunakan dalam jangka pendek, sementara aktiva tetap bersifat lebih tetap dan digunakan dalam jangka panjang untuk mendukung operasional perusahaan secara berkelanjutan.

Pemahaman yang jelas terhadap perbedaan ini memainkan peran krusial dalam manajemen keuangan perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja dan pertumbuhan bisnis.

Pengertian Aktiva Lancar

Perbedaan aktiva Tetap dan aktiva lancar

Aktiva lancar digunakan dalam waktu kurng dari satu periode sedangkan aktiva tetap lebih dari satu periode akuntansi (Credit: Frepik.com)

Menurut Kasmir (2013), aktiva lancar adalah harta perusahaan yang dijadikan sebagai uang dalam waktu kurang dari satu tahun. Meliputi kas, bank, surat berharga, piutang, pinjaman dan lainnya.

Sedangkan menurut munawir (2004), aktiva lancar adalah uang kas dan aktiva lainnya yang diharapkan untuk ditukarkan menjadi uang tunai, dijual dan dikonsumsi dalam periode paling lama satu tahun atau dalam perputaran kegiatan perusahaan secara normal.

Pengertian Aktiva Tetap

Dalam pernyataan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) (2012) menjelaskan jika aktiva eta adalah aset berwujud yang disiapkan untuk kepentingan produksi atau penyediaan produk kepada pihak lain, dengan tujuan administratif dan diperkirakan akan digunakan tidak lebih dari satu periode.

Dalam penjelasan Lukman Syamsudin (2007) juga kembali dijelaskan jika aktiva tetap memiliki masa hidup lebih dari satu tahun, sehingga penanaman modal aktiva tetap ini disebut dengan investasi jangka panjang.

Perbedaan Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap

Nah, berikut ini beberapa rincian perbedaan aktiva lancar dan aktiva tetap dalam akuntansi:

1. Komponen

Perbedaan aktiva lancar dan aktiva tetap adalah dari komponennya, dimana aktiva lancar adalah aset yang diharapkan menjadi kas atau digunakan paling lama satu periode akuntansi.

Dan terdiri dari kas, piutang usaha, persediaan dagang, wesel tagih, penghasilan yang masih akan diterima, biaya yang dibayar dimuka dan investasi jangka pendek lainnya.

Sedangkan aktiva tetap aset yang diharapkan digunakan dan memberikan manfaat dalam waktu lebih dari satu periode, komponennya terdiri dari tanah, bangunan, kendaraan, mesin produksi dan peralatan lainnya.

2. Karakteristik

Perbedaan berikutnya adalah dari segi karakteristik, dimana dalam PSAK 1, karakteristik aset lancar mencakup aset yang diharapkan digunakan atau dijual dalam kurun siklus normal kurang dari satu tahun buku, termasuk piutang usaha dan kas.

Di sisi lain, aktiva tetap, seperti yang dijelaskan oleh Henry Simamora, diperoleh untuk digunakan dalam kegiatan usaha dan menyediakan manfaat selama beberapa periode akuntansi.

Baca Juga: Apa itu Periode Akuntansi? Ini Jenis dan Penjelasannya

3. Proses Pemerolehan

Selanjutnya adalah dari cara memperolehnya, dimana aktiva lancar diperoleh melalui proses dan dihasilkan dari kegiatan operasional bisnis sehari-hari, seperti dari menjual produk, menerima pembayaran dan sejenisnya.

Sedangkan aktiva tetap proses memperolehnya memerlukan jangka waktu yang lebih lama dan kompleks, dimana dalam proses pembuatannya memerlukan proses tender, negosiasi dan sejenisnya.

4. Fungsi

Berikutnya perbedaan aktiva lancar dan aktiva tetap berdasarkan fungsinya, yang mana aktiva lancar digunakan untuk operasional perusahaan sehari-hari.

Sedangkan aktiva tetap digunakan untuk mendukung produksi, pelayanan, dan beberapa hal lain yang bertujuan untuk investasi jangka panjang. Jenis aktiva ini juga menjadi tolak ukur perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang mereka.

5. Kemampuan Daya Kuasa

Contoh Aktiva Tetap Berwujud

Peralatan produksi adalah salah satu contoh dari aktiva tetap (Credit: Freepik.com)

Setelah itu adalah kemampuan daya kuasa, aktiva lancar cenderung memiliki daya kuasa lebih rendah dibanding aktiva tetap.

Dimana aktiva tetap dapat menghasilkan pendapatan bagi perusahaan, yang mana sangat mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam mendapatkan penghasilan.

6. Jangka Waktu

Perbedaan aktiva tetap dan aktiva lancar adalah dari jangka waktu penggunaannya. Dimana aktiva lancar dapat digunakan dalam jangka waktu maksimal satu periode akuntansi. Sedangkan aktiva tetap jangka waktu pemanfaatannya lebih dari satu periode akuntansi.

7. Likuiditas

Berikutnya dari segi likuiditas atau konversinya, dimana aktiva lancar lebih mudah dicairkan menjadi uang tunai, sedangkan aktiva tetap cenderung lebih susah dicairkan menjadi uang tunai.

8. Jenis dan Contohnya

Selanjutnya dari jenis-jenisnya dimana contoh aktiva lancar seperti kas, wesel tagih, piutang dagang dan lainnya. Sedangkan jenis dan contoh aktiva tetap terdiri dari tanah, bangunan, mesin, kendaraan dan lainnya.

9. Cara Menghitungnya

Berikutnya adalah dari komponen yang akan dihitung, dimana aktiva lancar menghitung total seluruh komponen dari aktiva lancar. Sedangkan aktiva tetap menghitung seluruh total dari komponen aktiva tetap yang dimiliki.

Baca Juga: 9 Pertanyaan Umum Tentang Aktiva Terjawab

Kelola Aset Bisnis Lebih Efektif dengan Beecloud

Saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud untuk mengelola aset bisnis secara lebih efisien, menghitung nilai penyusutannya dengan lebih mudah tanpa perlu jago akuntansi dahulu.

Selain itu, Beecloud memungkinkan pengguna untuk mencatat, memonitor, dan menganalisa semua transaksi keuangan dengan mudah. Aplikasi ini tidak hanya menyederhanakan proses pencatatan keuangan, tetapi juga memberikan laporan keuangan yang dapat diakses secara real-time. Klik banner di bawah untuk informasi selengkapnya!

Beecloud Hitung Otomatis Penyusutan Aset Depresiasi

Artikel Terkait

Pengertian Break Even Point (BEP) dan Metode Perhitungannya
Pengertian break even point baik itu di unit produksi atau nilai rupiah dalam bisnis, dan bagaimana metode perhitungan yang digunakan
Baca Juga
Contoh Jurnal Umum dan Buku Besar Akuntansi Perusahaan
Jurnal umum dalam bidang ilmu akuntansi, sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari dan tentunya wajib diketahui
Baca Juga
Jurnal Umum Akuntansi: Fungsi, Cara Buat, dan Contoh
Jurnal umum akuntansi adalah salah satu instruksi yang dapat digunakan dalam pembuatan laporan keuangan di sebuah perusahaan. Kegiatan akuntansi ini
Baca Juga
Contoh Laporan Arus Kas, Komponen dan Cara Buatnya
Bagi sebuah bisnis cash flow digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dari sebuah perusahan. berikut ini untuk contoh
Baca Juga
Mengenal Profesi Auditor: Pengertian, Tugas, dan Jenis
Auditor adalah seseorang yang mempunyai kualifikasi dan keahlian tertentu pada bidang finance. Seorang auditor mempunyai tugas untuk melakukan berbagai kegiatan
Baca Juga
Apa itu Bookkeeping? Ini Jenis dan Bedanya dengan Akuntansi
Pembukuan dalam bahasa inggris adalah bookkeeping, yang jika diartikan secara istilah adalah proses pencatatan atau pengorganisasian data transaksi yang terjadi
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu