Logo Bee Web

Apa itu Dividen? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dividen adalah bagian dari laba bersih dan dibagikan kepada pemegang saham Perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Silahkan simak pengertian dividen
Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 3 December 2020

Dividen adalah salah satu kata yang sering kita dengarkan. Kata dividen identik dengan sebuah perusahaan umum atau juga perusahaan yang telah dimasukkan dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Setiap tahun, perusahaan biasanya mendistribusikan dividen kepada pemegang saham, yang bertindak sebagai investor.

Jumlah dividen yang ditawarkan sering menjadi "penjualan" sehingga perusahaan menarik investor untuk membeli saham. Namun, distribusi dividen memiliki persyaratan tertentu yang perlu diketahui dan investor.

Untuk investor pemula seperti Anda, lihat penjelasan dividen dalam investasi berikut.

Pengertian Dividen

Dividen adalah

Pengertian Dividen (Sumber: Freepik.com)

Dividen adalah bagian dari laba bersih dan dibagikan kepada pemegang saham Perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Di sisi lain, Perusahaan harus memperoleh persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebelum mendapatkan pembagian dividen.

Periode waktu distribusi dividen umumnya satu tahun. Namun, ini juga tergantung pada kondisi keuangan perusahaan pada waktu itu. Apabila perusahaan mengalami kerugian sehingga membutuhkan modal usaha, dividen tidak dibagikan dan bakal dialihkan sebagai laba ditahan.

Namun ada juga yang namanya capital gain dan dividen adalah keuntungan yang dapat diperoleh dari perdagangan saham. Bedanya Capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan dari transaksi jual/beli saham, sedangkan dividen adalah pembagian laba perusahaan.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

Lantas apa itu Utang Dividen (Scrip Dividen)? Utang dividen adalah pembagian laba saham kepada semua pemegang saham yang berbentuk janji tertulis dimana perusahaan akan membayarkan sejumlah kas di waktu yang akan datang. Dividen scrip bisa berupa bunga atau tidak berbunga, dan dapat diperjual belikan kepada para pemegang saham yang lainnya.

Cara Menghitung Porsi Dividen

Rasio pembayaran dividen adalah bagian dari dividen yang dibagikan sesuai dengan jumlah pendapatan tahunan. Dalam bahasa Inggris, istilah ini disebut Indeks Pembayaran Dividen (DPR). Perusahaan mengumumkan jumlah dividen yang akan didistribusikan dalam RUPS dan kemudian menentukan bagian dividen. Berikut cara menghitungnya:

  • Tentukan rasio pembayaran dividen (DPR) yang diumumkan oleh perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). DPR ini merupakan persentase dari laba bersih tahunan yang akan dibagikan sebagai dividen.
  • Hitung total laba bersih tahunan perusahaan. Ini adalah laba bersih yang dihasilkan oleh perusahaan selama satu tahun fiskal.
  • Kalikan total laba bersih tahunan dengan rasio pembayaran dividen (DPR). Misalnya, jika DPR adalah 40%, maka jumlah dividen yang akan dibagikan adalah 40% dari laba bersih.
  • Identifikasi jumlah saham yang beredar. Ini adalah jumlah total saham yang dimiliki oleh para pemegang saham.
  • Bagi jumlah dividen yang akan dibagikan dengan jumlah saham yang beredar. Ini akan memberikan porsi dividen per saham.
  • Jika ingin menghitung porsi dividen untuk investor tertentu, kalikan porsi dividen per saham dengan jumlah saham yang dimiliki oleh investor tersebut. Misalnya, jika seorang investor memiliki 2.000 lembar saham, hitung porsi dividen dengan mengalikan jumlah tersebut dengan porsi dividen per saham.

Sebagai ilustrasi, Perusahaan B mencatat laba bersih tahunan sebesar Rp10 miliar. Sejak RUPS, DPR ditetapkan mendapatkan 40% dari pendapatan bersih, sedangkan jumlah saham yang beredar adalah 100 juta lembar. Oleh karena itu, jumlah total dividen yang diberikan kepada investor stok adalah:

Anda dapat menghitung, semakin banyak lembar saham yang dimiliki investor, dividen akan lebih besar diperoleh. Misalnya, seorang investor memiliki perusahaan seluas 2.000 lembar. Kemudian, dari perhitungan itu, ia akan menjadi mendapatkan dividen sebesar Rp800 ribu.

Jenis -Jenis Dividen

Ada dua jenis dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham sesuai dengan persetujuan RUPS. berikut diantaranya:

1. Dividen Tunai

Dividen tunai merupakan pembayaran dividen yang diberikan kepada pemegang saham dalam bentuk uang tunai. Ini berarti perusahaan membayar sejumlah uang kepada pemegang saham sebagai bagian dari laba bersih yang diperoleh.

Jenis dividen ini dapat dibayarkan baik sebagai dividen interim, yang diberikan sebelum akhir tahun fiskal, maupun sebagai dividen final, yang dibagikan setelah akhir tahun penutupan akuntansi keuangan.

Dengan catatan penting, jika pemegang saham telah menerima dividen interim, jumlah dividen final yang dibagikan kemudian akan dikurangi dengan jumlah dividen interim yang telah diterima oleh pemegang saham.

2. Dividen Saham

Sedangkan dividen saham memungkinkan pemegang saham untuk menerima dividen dalam bentuk saham perusahaan, bukan uang tunai. Sebagai gantinya, perusahaan memberikan saham tambahan kepada pemegang saham sebagai dividen.

Dengnan mekanisme pembayaran yang juga dapat dibagikan sebagai dividen interim atau dividen final, tergantung pada keputusan RUPS dan situasi keuangan perusahaan. Catatan pentingnya, penerimaan dividen saham tidak langsung berdampak pada kas pemegang saham seperti dividen tunai, namun dapat meningkatkan kepemilikan saham mereka dalam perusahaan.

Misalnya, investor saham telah menerima dividen menengah dari Rp250 per saham. Kemudian, ketika dividen final dibagikan, itu hanya diperoleh Rp150 per saham. Angka ini diperoleh dari pengurangan jumlah dividen per saham, Rp.400, dikurangkan dengan dividen interim Rp250 yang telah dibayarkan.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Artikel Terkait

Kurva Penawaran: Perbedaannya dengan Kurva Permintaan
Istilah kurva penawaran dan kurva permintaan memang sangat identik dengan kegiatan bisnis. Kedua jenis kurva ini adalah bagian dari ilmu
Baca Juga
Jika Mengabaikan Akuntansi, Inilah Dampaknya pada Bisnis Anda
Sebagai pemilik bisnis kecil, penting bagi Anda untuk memperhatikan dampak mengabaikan akuntansi dan juga mengetahui bahwa kesalahan yang tampaknya kecil
Baca Juga
11 Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Lengkap
Masing-masing jenis akuntansi memiliki tahapan siklusnya sendiri, hal ini juga berlaku pada siklus akuntansi perusahaan dagang. Jenis siklus ini sangat
Baca Juga
Bagaimana Cara Membuat Laporan Laba Rugi Cepat & Mudah
Sebagian perusahaan menginginkan operasional yang dijalankan berjalan dengan yang diharapkan. Semua kegiatan perusahaan seperti perputaran uang, keluar masuknya stok, manajemen
Baca Juga
Akuntansi Aplikasi: Manfaat, Fitur dan Rekomendasi Terbaik 2023
Akuntansi aplikasi saat ini akrab dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan aplikasi untuk
Baca Juga
Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Mengirim faktur atau invoice tepat waktu adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan segera membayar produk dan layanan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu