Logo Bee Web

7 Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian dan Tipsnya

Selain bertani ada banyak loh peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian lainnya, seperti toko perlengkapan bertani, sewa alat, dll
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 12 February 2024

Menjadi petani juga bisa pebisnis lho, ada banyak usaha yang berhubungan dengan pertanian berpeluang menjanjikan cocok untuk dicoba. Sebab, bisnis pertanian tidak hanya terbatas pada produksi tanaman dan peternakan, melainkan telah berkembang ke sektor-sektor yang beragam. Ada apa saja?

Rekomendasi Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian

Contoh Usaha Yang Berkaitan Dengan Pertanian

Ilustrasi toko bibit tanaman (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa contoh usaha yang berhubungan dengan pertanian:

1. Toko Pertanian

Contoh usaha yang berhubungan dengan pertanian yang pertama adalah toko pertanian, seperti menjual bibit, pupuk, peralatan bertani dan sejenisnya. Selain itu, membuka toko pertanian uga bisa memudahkan petani untuk mencari kebutuhannya. Pastikan And menetapkan harga yang kompetitif dan memiliki pengelolaan keuangan yang efektif agar bisnis bisa berjalan lancar dan optimal.

2. Jasa Sewa Alat Pertanian

Selain membutuhkan bibit, pupuk dan alat sederhana dalam bertani, petani juga membutuhkan peralatan lain untuk menunjang operasional mereka. Alat ini biasanya memiliki harga yang tinggi dan tidak setiap hari digunakan, sehingga petani memilih untuk menyewanya.

Dengan kebutuhan tersebut, Anda bisa membuka jasa sewa alat berat pertanian kepada petani, sekaligus passive income yang menjanjikan. Alat ini biasanya berupa traktor, mesin combine dan sejenisnya.

3. Budidaya Tanaman Hidroponik

Berikutnya adalah budidaya tanaman hidroponik, yakni teknik penanaman tumbuhan tanpa menggunakan media air sebagai penggantinya. Teknik ini dapat meningkatkan keberlanjutan pertanian melalui penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan minimnya dampak lingkungan negatif.

Selain itu juga sebagai solusi pertanian inovatif, hidroponik menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan sektor pertanian.

4. Jual Produk Olahan Pertanian

Ide usaha yang berhubungan dengan pertanian selanjutnya adalah menjual produk olahannya. Anda tidak hanya menjual produk mentahnya saja tapi juga produk olahannya. Dengan menjual produk olahan pendapatan yang akan diperoleh juga akan lebih banyak.

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi solusi ketika harga hasil panen anjlok dan merugikan petani. Contohnya, menjual produk olahan makanan kering dari buah/ sayuran hasil panen, produk makanan ringan dan lain sebagainya.

5. Edukasi Pertanian

Berikutnya membuka area edukasi pertanian, dimana Anda menyediakan wilayah pertanian Anda sebagai area untuk edukasi masyarakat umum, baik untuk anak-anak atau orang dewasa yang ingin belajar mengenai dunia pertanian.

Dalam hal ini Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus, pertama dari penjualan total hasil panen, kemudian tarif biaya edukasi, belum lagi oleh-oleh yang dibeli pelanggan untuk dibawa pulang.

6. Agrowisata

Selanjutnya adalah agrowisata, konsepnya hampir sama. Anda membuka area pertanian Anda untuk tempat wisata pertanian. Sistem yang ditawarkan beragam, mulai dari edukasi, makan hasil panen sepuasnya sambil berfoto dan lain sebagainya.

7. Jasa Penggilingan

Terakhir adalah membuka jasa penggilingan, seperti penggilingan besar, penggilan jaging dan sejenisnya. Jasa ini pastinya dibutuhkan petani yang ingin memproses hasil panennya. Seperti mengolah padi menjadi beras, melepas biji jagung dari bonggolnya dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, usaha ini juga dibutuhkan di desa-desa.

Baca Juga: Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis

Keuntungan Bisnis di Bidang Pertanian

Pertanian Sayuran Organik

Bidang pertanian merupakan aspek penting dalam petahanan pangan sebuah negara (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa keuntungan dari usaha yang berhubungan dengan pertanian:

  • Bisnis di bidang pertanian menawarkan potensi pasar yang besar karena ketergantungan global pada produksi pangan.
  • Produk pertanian merupakan kebutuhan dasar manusia, dan permintaan terhadap produk-produk ini relatif stabil.
  • Bisnis di bidang pertanian tidak hanya terbatas pada produksi tanaman dan peternakan.
  • Pelaku bisnis pertanian dapat terlibat dalam pengembangan teknologi pertanian, penggunaan metode pertanian organik, atau menciptakan produk pertanian dengan nilai tambah.
  • Dengan berkontribusi pada produksi pangan lokal, bisnis pertanian membantu mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan ketahanan pangan.

Tantangan Usaha di Bidang Pertanian

Berikut beberapa tantangan usaha dibidang pertanian:

  • Salah satu tantangan utama dalam bisnis pertanian adalah ketidakpastian cuaca. Perubahan iklim dan cuaca ekstrem dapat mempengaruhi produksi tanaman dan kesehatan ternak.
  • Serangan hama dan penyakit dapat merusak tanaman atau hewan ternak secara signifikan, mengancam hasil panen dan produktivitas.
  • Harga jual produk seringkali dihadapi oleh petani karena fluktuasi pasar yang tidak terduga.
  • Keterbatasan akses modal sering menjadi hambatan bagi petani, terutama yang memiliki skala usaha kecil atau menengah. Pembiayaan untuk pembelian benih, pupuk, peralatan modern, dan pengelolaan pertanian memerlukan investasi yang signifikan.

Tips dan Cara Sederhana Kelola Usaha Pertanian

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika menjalankan usaha di bidang pertanian:

1. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memahami kebutuhan pelanggan. Lakukan riset pasar untuk mengetahui tren konsumen, preferensi, apa yang petani butuhkan dan harapan.

Dengan memahami kebutuhan pelanggan, Anda dapat menyesuaikan produk atau layanan Anda untuk memenuhi ekspektasi pasar, meningkatkan daya saing, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

2. Jalin Kerja Sama yang Strategis

Selanjutnya jalin kerja sama, bentuk kemitraan strategis dengan pemasok, distributor, atau lembaga lain dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar.

Kerja sama yang baik dapat mencakup berbagi sumber daya, peningkatan akses ke pasar, dan pertukaran pengetahuan. Kerja sama ini dapat mendukung pertumbuhan bisnis pertanian Anda.

3. Lakukan Pemasaran

Pemasaran yang efektif penting untuk memperkenalkan produk Anda ke pasar. Gunakan strategi pemasaran yang berfokus pada keunggulan produk Anda, baik melalui pemasaran online, pameran pertanian, atau promosi lokal.

Manfaatkan media sosial dan platform online untuk memperluas visibilitas bisnis Anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan potensial.

4. Kelola Persediaan yang Baik

Selanjutnya, mengelola persediaan dengan efisien membantu mencegah pemborosan, meminimalkan risiko kerugian, dan menjamin ketersediaan produk.

Rencanakan mana produk yang dijual pertama, kapan tanggal kadaluarsa dan sebagainya dengan cermat, sesuaikan juga dengan musim dan permintaan pasar.

Gunakan metode manajemen persediaan yang efektif untuk memastikan keberlanjutan pasokan dan menghindari kelebihan persediaan.

Baca Juga: 11 Tips Cara Kelola Gudang yang Baik dan Praktis

5. Kelola Keuangan yang Efektif

Berikutnya, memahami dengan baik aspek keuangan bisnis pertanian sangat penting. Buat anggaran yang rinci, catat pendapatan dan pengeluaran, dan pantau aliran kas secara rutin.

Manajemen keuangan yang efektif membantu Anda menghindari masalah keuangan, memastikan keberlanjutan bisnis, dan memberikan dasar yang kuat untuk pertumbuhan.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud membantu dalam pencatatan transaksi keuangan dengan lebih efisien dan akurat. Selain transaksi keuangan, Beecloud juga bisa membantu Anda dalam mengontrol stok secara klop dan real time. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

6. Evaluasi Berkala

Terakhir, lakukan evaluasi rutin terhadap seluruh operasional bisnis pertanian Anda. Tinjau kinerja finansial, efisiensi operasional, dan respons pasar.

Identifikasi area yang perlu diperbaiki dan perbarui strategi bisnis sesuai dengan perubahan pasar atau lingkungan bisnis. Evaluasi berkala membantu Anda tetap responsif terhadap dinamika industri pertanian.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai usaha yang berhubungan dengan pertanian, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis
Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan,
Baca Juga
Kumpulan Ide Usaha Sampingan, Dijamin Banyak Cuan!
Anda berencana untuk mulai menjalankan usaha sampingan? apa bingung nentuin ide usaha sampingan apa? Alasan setiap orang tertarik mungkin tidak
Baca Juga
7 Contoh Personal Branding Efektif dan Menarik untuk Bisnis
Contoh personal branding untuk bisnis yang baik dan efektif itu bagaimana? Apakah haru selalu berkaitan dengan citra diri? Atau ada
Baca Juga
Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital
Media sosial atau sosial media menjadi sebuah platform sudah umum digunakan oleh berbagai kalangan, baik untuk hiburan atau untuk perkembangan
Baca Juga
7 Tips Memulai Usaha Toko Bangunan untuk Pemula
Peluang usaha toko bangunan terbilang cukup menjanjikan, dimana kebutuhan dalam sektor pembangunan atau perbaikan menjadi kebutuhan banyak kalangan. Bisa untuk
Baca Juga
10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel
Tujuan utama dari setiap bisnis ritel adalah menjual produk sesuai target. Karena produk ritel maka proses stok dan inventory harus
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu