🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

13 Ide Konten Instagram Tingkatkan Engagement Rate

Butuh ide konten instagram menarik, cocok untuk promosi produk sekaligus meningkatkan engagement rate? Klik di sini sekarang juga
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 24 August 2023

Ide Konten Instagram Menarik - Di era digital yang berkembang pesat saat ini, platform media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran paling efektif bagi bisnis. Salah satu platform yang sangat populer dan memiliki dampak besar adalah Instagram.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram tidak hanya menyediakan ruang bagi interaksi sosial, tetapi juga peluang besar bagi bisnis untuk berinteraksi dengan audiens mereka dan memperluas jangkauan merek.

Apa itu Engagement Rate?

Manfaat Instagram Bagi Bisnis

Mengenal Engagement Rate dan Fungsinya dalam Instargam Bisnis (Credit: Freepik.com)

Engagement Rate adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa aktif pengguna berinteraksi dengan konten yang Anda posting di media sosial. Salah satunya Instagram.

Cara menghitung engagement rate berasal dari  jumlah interaksi (seperti, komentar, dan berbagi) yang diterima oleh konten Anda, kemudian membandingkannya dengan jumlah pengikut atau jumlah tayangan konten tersebut.

Rumus umum untuk menghitung Engagement Rate adalah:

Rumus Engagement Rate

Dalam konteks Instagram, interaksi dapat mencakup jumlah total "like" (suka), komentar, berbagi (share), dan tindakan lainnya yang diambil oleh pengguna dalam merespons konten Anda. Pengukuran ini membantu Anda memahami seberapa efektif konten Anda dalam melibatkan dan berinteraksi dengan audiens Anda.

Oleh karena itu, hanya memiliki akun bisnis Instagram tidaklah cukup. Salah satu ukuran keberhasilan yang paling penting di platform ini adalah Engagement Rate, yang mengukur seberapa sering pengguna berinteraksi dengan konten Anda melalui like, komentar, dan berbagi.

Semakin tinggi Engagement Rate Anda, semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan kesadaran merek, mencapai tujuan pemasaran, dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 10 Manfaat Instagram Untungkan Bisnis Anda

Ide Konten Instagram Tingkatkan Engagement Rate Bisnis

Berikut beberapa inspirasi ide konten yang bisa Anda jadikan referensi:

Contoh Ide Konten Instagram Cerita Pelanggan

Contoh Ide Konten Instagram Cerita Pelanggan (Credit: Instagram/@beeaccounting)

 1. Cerita Pelanggan (Customer Stories)

Ide konten yang pertama adalah ide konten tentang cerita pelanggan, menceritakan tentang bagaimana kisah sukses mereka melalui gambar, video, atau caption yang menginspirasi.

Hal ini tidak hanya akan menghasilkan konten otentik, tetapi juga menunjukkan kepada audiens Anda bahwa produk atau layanan Anda memiliki dampak positif dalam kehidupan nyata.

2. Pertanyaan dan Jajak Pendapat (Polls and Surveys)

Ide konten selanjutnya melibatkan interaksi langsung dengan pengikut Anda melalui fitur jajak pendapat atau polling yang disediakan oleh Instagram. Anda dapat membuat pertanyaan atau pernyataan dengan dua opsi pilihan yang berbeda.

Kemudian  pengikut Anda dapat memilih salah satu opsi yang mereka pilih. Ide ini memberikan kesempatan kepada pengikut Anda untuk berpartisipasi secara aktif dalam konten Anda dan memberikan pendapat mereka.

Contohnya dengan memberikan pertanyaan tentang preferensi kebutuhan pelanggan terkait layanan, konten favorite dan seterusnya.

3. Tutorial Produk (Product Tutorials)

Berikutnya, Anda bisa membuat semacam tutorial singkat atau seri tutorial yang menunjukkan kepada pengikut cara menggunakan produk atau layanan Anda dengan efektif. Konten ini akan berpotensi memberi nilai tambah kepada pengguna dan membantu mereka memahami cara mengambil manfaat penuh dari apa yang Anda tawarkan.

Seperti video tutorial langkah-demi-langkah tentang cara menginstal atau menggunakan produk Anda, seri postingan yang menunjukkan berbagai cara kreatif untuk menggunakan produk Anda, tutorial tentang cara memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pengikut dan seterusnya.

4. Kulissel (Behind-the-Scenes)

Ide Konten Instaragam Bts Suasana Kerja

Contoh Ide Konten Instaragam Bts Suasana Kerja (Credit: Instragam/@lifeatbee)

Selanjutkan ide konten yang membagikan bagaimana momen di balik layar dari bisnis atau kehidupan sehari-hari Anda. Ini membantu membangun kedekatan dengan pengikut Anda dan memberi mereka pandangan yang lebih dalam tentang apa yang terjadi di belakang layar.

Seperti foto atau video proses produksi, momen-momen keseruan dan keseharian tim, konten acara khusus dan seterusnya.

5. Konten Edukatif (Educational Content)

Ide konten berikutnya adalah konten edukatif, seperti berbagi fakta, tips, atau panduan yang relevan dengan industri Anda, Anda dapat memposisikan diri sebagai sumber pengetahuan

Konten ini berfokus pada berbagi pengetahuan, informasi, atau tips yang relevan dengan industri Anda atau minat pengikut Anda. Ini membantu Anda membangun reputasi sebagai sumber pengetahuan yang berharga dan membantu pengikut Anda belajar hal baru.

Contoh penggunaan bisa berupa infografis yang menjelaskan konsep kompleks dalam industri Anda dengan cara yang mudah dipahami, tips dan trik hingga rtikel singkat atau video pendek yang membahas tren atau perkembangan terbaru dalam industri Anda.

6. Kontes dan Giveaway

Kontes atau giveaway dapat meningkatkan interaksi dengan cepat. Mintalah pengikut untuk berpartisipasi dengan like, komentar, atau berbagi konten Anda, dengan imbalan hadiah menarik.

Cara ini termasuk alternatif yang efektif untuk mendorong partisipasi pengikut Anda dan merangsang interaksi yang lebih tinggi dengan konten Anda.

Giveaway ini biasa Anda lakukan dengan memberikan hadiah menarik kepada pemenang yang dipilih secara acak dari mereka yang berpartisipasi dalam giveaway, dengan memenuhi syarat tertentu.

7. Kisah Inspiratif (Inspirational Stories)

Kisah Inspiratif Konten Instargram

Kisah Inspiratif Konten Instargram (Credit: Instaragam/@beeaccounting)

Rekomendasi ide konten yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membagikan kisah inspiratif tentang perjalanan Anda dalam bisnis atau tantangan yang berhasil Anda atasi. Hal ini dapat memotivasi dan menghubungkan Anda dengan pengikut yang memiliki nilai-nilai serupa.

Bisa dengan berbagi pengalaman pribadi yang mengilhami, seperti kisah tentang bagaimana Anda mendirikan bisnis Anda, kisah sukses klien, kisah inspiratif komunitas yng berkontribusi dalam industri Anda dan seterusnya.

 8. Pertanyaan Pengikut (Follower Q&A)

Dedikasikan sesi di mana Anda menjawab pertanyaan dari pengikut Anda. Sesi tanya jawab (Q&A) di mana Anda menjawab pertanyaan dari pengikut Anda. Ini menciptakan interaksi yang langsung dan berarti antara Anda dan pengikut, serta memberikan kesempatan untuk memperjelas informasi tentang produk atau layanan Anda.

Langkah pertama Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada pengikut untuk mengumpulkan pertanyaan yang ingin mereka tanyakan, menggunakan fitur cerita harian (Instagram Stories) untuk menjawab pertanyaan pengikut secara langsung dalam video singkat dan masih banyak lagi.

9. Postingan Berurutan (Carousel Posts)

Selanjutnya coba juga gunakan fitur postingan berurutan untuk menceritakan cerita atau informasi yang lebih lengkap. Pengguna dapat menggeser melalui gambar dan caption, memungkinkan Anda untuk mengekspresikan ide dengan lebih rinci.

Di mana Anda dapat membagikan serangkaian gambar atau video dalam satu postingan. Ini memungkinkan Anda untuk menceritakan cerita yang lebih lengkap atau mendalam, serta menyediakan informasi lebih banyak kepada pengikut Anda.

Tipe konten seperti ini bisa diterapkan untuk konten edukasi, perbandingan produk bahkan kisah inspirasi. Karena fitur ini cocok untuk menyampaikan informasi yang panjang.

10. Kolaborasi dengan Influencer atau Mitra Bisnis

Kolaborasi dengan influencer atau mitra bisnis dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih besar. Ini juga dapat membawa variasi konten baru dan menarik bagi pengikut Anda.

Melakukan kolaborasi semacam ini dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih luas dan membangun kredibilitas.

Contohnya mengajak influencer untuk mereview atau menggunakan produk Anda dan membagikan pengalaman mereka, menghadirkan tamu dalam sesi live streaming atau cerita harian untuk memberikan pandangan yang berbeda dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Memahami Manfaat Influencer Marketing, Contoh dan Tipsnya

11. Menggunakan Hashtag Tren (Trending Hashtags)

Mengikuti dan menggunakan hashtag tren dapat meningkatkan visibilitas konten Anda di antara audiens yang lebih luas, termasuk mereka yang belum mengikuti akun Anda.

Dengan menggunakan hashtag yang relevan dapat membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang tertarik pada topik atau tren tersebut.

Maka cobalah untuk memanfaatkan hashtag-hastag mingguan atau bulanan yang populer dalam industri Anda.

12. Repost UGC (User-Generated Content)

Berbagi konten yang dibuat oleh pengikut Anda sendiri (UGC) tidak hanya memperkuat hubungan Anda dengan mereka, tetapi juga menginspirasi partisipasi lebih lanjut.

Ini tidak hanya memperkuat hubungan Anda dengan pengikut, tetapi juga memberikan pengakuan kepada mereka dan mendorong partisipasi lebih lanjut.

Contoh penggunaan:

  • Berbagi ulang foto atau video dari pengikut yang menggunakan produk Anda.
  • Menunjukkan ulasan atau testimoni positif yang diberikan oleh pelanggan.
  • Menciptakan hashtag khusus untuk mendorong pengikut berbagi pengalaman mereka dengan produk Anda.

 13. Cerita Harian (Daily Stories)

Gunakan fitur cerita harian untuk berbagi momen sehari-hari, pengumuman, atau informasi singkat. Ini menciptakan keterlibatan sehari-hari dengan pengikut Anda.

Contoh penggunaan:

  • Memberikan cuplikan dari aktivitas harian tim Anda.
  • Mengungkapkan proses kreatif atau perencanaan di balik konten yang akan datang.
  • Berbagi tips atau fakta menarik dalam format yang singkat dan cepat.

Kesimpulan

Meningkatkan Engagement Rate di Instagram memerlukan kreativitas dan dedikasi. Dengan menggabungkan berbagai ide konten yang telah kami sebutkan di atas.

Anda dapat membangun kehadiran yang kuat di platform ini dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan audiens Anda.

Jangan lupa pantau dan kelola anggaran bisnis Anda dengan telili, termasuk anggaran untuk mengelola sosial media. Coba gunakan software akuntansi online Beecloud kelola keuangan bisnis jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dilengkapi fitur laporan keuangan otomatis, dari laba rugi hingga neraca, kelola stok barang, POS dan masih banyak lagi lainnya. Segera dapatkan gratis trial untuk Anda pengguna pertama!

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Selain itu, penting untuk memantau analitik dan mendengarkan umpan balik pengikut Anda untuk terus meningkatkan dan menyesuaikan strategi konten Anda. Sekian informasi tentang ide konten Instagram, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Menjanjikan di Tahun 2023
Beberapa contoh bisnis rumahan tanpa modal yang bisa dilakukan di HP adalah online shop, drophsip, jasa penulis dan lain sebagainya
Baca Juga
5 Contoh Bisnis Model Canvas serta Elemen Penting Didalamnya
Bisnis model canvas menjadi alat untuk menentukan arah bisnis perusahaan kedepannya, yang sudah tidak menjadi hal asing di kalangan pebisnis.
Baca Juga
Konsep Strategi Marketing Mix 7P dan Contohnya
Setiap bisnis perlu menjalankan pemasaran untuk bisa dikenal banyak orang sekaligus menjadi upayanya dalam meningkatka penjualan. Dalam proses pemasaran ini
Baca Juga
Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM
Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian.
Baca Juga
Contoh Kode Produksi, Pengertian dan Cara Membuatnya
Kode produksi adalah sebuah informasi penting sebuah produk untuk menunjukkan bagaimana proses produksi produk itu sendiri, biasanya berisi tentang tanggal
Baca Juga
5 Cara Bisnis Rental Mobil yang Sukses
Bisnis rental mobil termasuk salah satu jenis usaha yang memiliki peluang kesuksesan cukup menjanjikan. Namun, untuk memulai bisnis di bidang
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu