5 Cara Bisnis F&B Untuk Penguahsa Pemula

Monday, 29 July 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bisnis F&B Pengusaha Pemula – Dari sekian banyak bisnis yang ada, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling banyak diminati orang. Sehingga tak heran jika saat ini semakin banyak masyarakat yang membuka bisnis F&B dengan berbagai kreativitas yang dimiliki untuk menarik perhatian konsumen.

Namun tidak semua pebisnis F&B ini bisa bertahan, karena terkalahkan dengan inovasi yang lebih menarik dari pebisnis yang lain. Sehingga persaingan didunia F&B semakin ketat. Nah, jika Anda berniat untuk membuka bisnis F&B, ada beberapa cara yang harus anda lakukan agar bisnis ini bisa bertahan dan berkembang.

Cara Mudah Bisnis F&B

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk membuka bisnis F&B  ada beberapa cara agar bisa berkembang nantinya. Simak cara cara mudah bisnis F&B berikut…

1. Target Pasar

Bisnis f&b pengusaha pemula
Gambar 1. Pentingnya Target Market (Sumber: pexels.com)

Dalam bisnis apapun, target pasar merupakan hal yang terpenting. Karena sebelum membuka usaha, anda harus mengetahui apakah produk Anda bisa laku di pasar. Seperti yang telah kita ketahui bahwa target pasar adalah acuan yang digunakan untuk merancang strategi pasar. Adapun target pasar ini meliputi gaya hidup, umur, pekerjaan, pendapatan dan lain sebagainya.

Jika anda ingin membuka bisnis kuliner di sekitar sekolah atau perkuliahan, kuliner yang cocok untuk dijual yaitu makanan dengan harga terjangkau dengan tempat yang kekinian. Dalam hal ini, anda bisa mencoba membuka warung nasi yang berkonsep cafe dengan spot foto menarik. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, dalam menjual produk kuliner apa yang sesuai di pasar akan semakin mudah dilakukan.

2. Inovasi

Cara yang selanjutnya yaitu membuat inovasi terbaru. Pasalnya saat ini juga banyak bisnis kuliner, sehingga persaingan semakin ketat. Jika anda tidak memiliki inovasi baru, maka kemungkinan akan bersaing dengan bisnis yang lain. Dalam dunia kuliner, inovasi ini sangat dibutuhkan agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja..

Adapun inovasi ini meliputi tampilan kreasi dalam pembuatan, beragam rasa dan cara penyajian yang unik. Hal  yang perlu anda perhatikan dalam melakukan inovasi ini yaitu menyesuaikan dengan target pasar anda.

Baca Juga: 5 Trik Promosi Terbaru Di Facebook

3. Supplier

Cara yang selanjutnya yaitu mencari supplier yang terpercaya. Pasalnya untuk berbisnis kuliner, Anda harus mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan dan yang berkualitas. Untuk menemukan bahan-bahan yang berkualitas ini, anda bisa membelinya dari supplier yang sudah terpercaya. Dalam memilih supplier ini, Anda harus berhati-hati agar kedepannya tidak ada masalah dalam kualitas makanan.

4. Pengetahuan dan keahlian

Cara yang selanjutnya yaitu dibutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus di dunia kuliner. Karena pengetahuan dan keahlian yang dimiliki ini nantinya bisa membantu Anda dalam mengembangkan ide-ide inovasi baru, sehingga semakin banyak konsumen yang berminat pada bisnis anda. Dengan memiliki pengetahuan dan keahlian, Anda bisa lebih mudah dalam menjadikan menu makanan dan minuman menjadi berbeda dengan bisnis yang lain.

5. Jaga Reputasi

Cara yang terakhir yaitu menjaga reputasi. Pasalnya reputasi ini juga mempengaruhi perkembangan bisnis Anda nantinya. Dengan kata lain, bisnis yang mampu menjaga reputasi positif dari konsumen, bisnis tersebut bisa bertahan lebih lama, karena kepercayaan konsumen. Untuk menjaga reputasi ini, anda bisa memulai dengan menjaga kebersihan makanan, tempat dan penyajian. Selain itu, pelayanan terbaik kepada setiap konsumen juga sangat dibutuhkan.

Itulah ulasan mengenai cara bisnis F&B bagi pemula. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, setiap orang akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis F&B. Namun, dalam menjalankan bisnis ini Anda harus siap dengan segala resiko, sehingga Anda harus tetap konsisten. Semoga bermanfaat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :