🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Contoh Perusahaan Jasa Berbagai Bidang di Indonesia

Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan, contoh perusahaan jasa pun semakin berkembang. Berikut 7 contohnya!
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 31 October 2022

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan di berbagai bidang, kini banyak perusahaan jasa yang berkembang. Ada berbagai contoh perusahaan jasa yang memberikan layanan di berbagai sektor yang dibutuhkan masyarakat.

Berbeda dengan perusahaan manufaktur atau dagang, perusahaan jasa ini akan menjual jasa atau layanan mereka kepada konsumen. Dengan adanya inovasi dan pelayanan yang baik kepada semua konsumen, bisnis jasa ini dapat menjadi sebuah bisnis jangka panjang yang menguntungkan.

Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Contoh Perusahaan Jasa Di Indonesia

Ilustrasi Perusahaan Jasa (Sumber: Freepik.com)

Perusahaan jasa yang ada di Indonesia saat ini cukup banyak dan terbagi dalam berbagai sektor atau bidang. Simak ulasan singkat contoh perusahaan yang menawarkan berbagai layanan kepada masyarakat di bawah ini:

  • Perusahaan Jasa Keuangan

Perusahaan jasa keuangan merupakan salah satu sektor yang paling besar. Banyak perusahaan layanan di bidang ini yang telah terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Bahkan beberapa diantaranya masuk ke dalam daftar perusahaan dengan saham terbaik.

Contoh perusahaan yang memberikan layanan keuangan ialah perusahaan perbankan. Ada banyak bank daerah maupun nasional yang menawarkan banyak layanan kepada para nasabahnya. Beberapa jasa yang ditawarkan seperti transaksi pembayaran, transfer, pembayaran tagihan, dan tabungan.

Baca Juga: Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa

  • Perusahaan Jasa Transportasi

Perusahaan jasa transportasi memang telah ada sejak lama. Namun, perusahaan tersebut masih menerapkan sistem tradisional kepada para konsumen. Dengan perkembangan teknologi yang makin maju, perusahaan-perusahaan tersebut mulai mengalami digitalisasi.

Berbagai perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi baru pun mulai muncul. Layanan ojek online dan taxi online kini sudah menjadi layanan yang telah mempermudah masyarakat. Umumnya, tarif akan disesuaikan berdasarkan jarak, jenis transportasi, dan layanan yang ditawarkan.

  • Perusahaan Jasa Telekomunikasi

Perusahaan Jasa Telekomunikasi

Ilustrasi Perusahaan Jasa Telekomunikasi (Sumber: Freepik.com)

Jasa telekomunikasi merupakan jasa yang telah ada cukup lama dan sangat diperlukan oleh masyarakat. Bahkan, beberapa di antaranya masuk ke dalam perusahaan jasa terbesar yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Berbagai perusahaan telekomunikasi swasta maupun nasional terus berinovasi untuk memberikan layanan komunikasi terbaik bagi masyarakat. Didukung dengan digitalisasi, kini para konsumen pun bisa mendapatkan layanan komunikasi yang lebih mudah dan cepat.

  • Perusahaan Jasa Pendidikan

Selain dilakukan di sekolah formal, kegiatan belajar mengajar juga bisa didapatkan dari tempat kursus, bimbingan belajar, ataupun lembaga pelatihan. Bahkan, saat ini telah banyak perusahaan jasa di sektor pendidikan yang menawarkan pelatihan atau pengajaran secara online.

Tentu saja, hal tersebut sangat membantu siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang lebih fleksibel. Setiap perusahaan biasanya menawarkan paket pembelajaran atau pelatihan tertentu dengan berbagai fasilitas yang dapat dipilih. Seperti sekolah formal, tersedia juga ujian dan sertifikat untuk semua murid.

  • Perusahaan Jasa Investasi

Saat ini peminat investasi semakin beragam. Bahkan banyak anak muda yang tertarik melakukan investasi sejak dini. Tidak heran jika perusahaan jasa investasi semakin banyak dengan penawaran dan fasilitas yang beragam.

Perusahaan tersebut biasanya menyediakan sebuah aplikasi yang akan membantu konsumen untuk menyetor hingga mengambil dana investasi tersebut. Sedangkan produk investasinya pun beragam. Mulai dari saham, reksadana, investasi emas, hingga mata uang kripto.

  • Perusahaan Jasa Asuransi

Perusahaan Asuransi Jasa

Ilustrasi Perusahaan Asuransi Jasa (Sumber: Freepik.com)

Contoh perusahaan jasa lainnya ialah perusahaan jasa asuransi. Ada banyak perusahaan asuransi pemerintah maupun swasta yang telah berdiri dan menawarkan berbagai macam jasa perlindungan kecelakaan, perawatan rumah sakit, hingga asuransi kematian.

Selain asuransi diri, jaminan asuransi lain yang bisa dipilih ialah asuransi kendaraan dan barang-barang dengan nilai tinggi lainnya. Untuk mendapatkan layanan asuransi, pembayaran iuran asuransi setiap bulan atau tahun harus dilakukan.

  • Perusahaan Jasa Kesehatan

Layanan kesehatan adalah layanan yang sangat penting bagi masyarakat. Dengan adanya perusahaan jasa yang satu ini, semua masyarakat bisa mendapatkan berbagai layanan kesehatan di rumah sakit atau klinik pemerintah maupun swasta.

Beberapa contoh layanan yang akan diberikan termasuk perawatan kesehatan, konsultasi, terapi, dan masih banyak lainnya. Bahkan, saat ini layanan kesehatan bisa didapatkan secara online menggunakan sebuah aplikasi di smartphone.

Baca Juga: Jasa Konsultan Adalah: Pengertian dan Apa Tugasnya

Dengan banyaknya contoh perusahaan jasa di berbagai bidang, masyarakat tentu bisa mendapatkan berbagai layanan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dengan inovasi terbaik, sebuah perusahaan jasa tersebut tentu bisa bersaing dengan perusahaan layanan lainnya.

Transaksi Akuntansi pada Perusahaan Jasa

Dalam ilmu akuntansi, yang disebut dengan transaksi adalah kejadian yang terjadi dalam perusahaan yang berhubungan dengan keuangan, hingga mengakibatkan terjadinya perubahan pada harta, utang dan juga modal perusahaan.

Trransaksi yang terjadi dalam perusahaan jasa ini mencangkup: penanaman modal, pendapatan, pemasukan kas, pengeluaran kas dan pembelian. Mengenai transaksi yang terjadi pada perusahaan jasa ini dapat ditulis dalam bentuk penulisan harian atau menggunakan bukti transaksi.

Pencatatan dan Bukti Transaksi Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Software Akuntansi Beeaccounting

Pencatatan di perusahaan jasa, pada umumnya hampir sama dengan perusahaan dagang. Tapi ada jenis transaksi tertentu yang hanya ada di perusahaan jasa. Seperti yang kita tahu, karakteristik perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang seperti perusahaan barang atau manufaktur. Agar semakin mudah dalam pembuatan jurnal umum di perusahaan jasa, Anda bisa menggunakan software akuntansi BEEACCOUNTING untuk pencatatan transaksi akuntansi.

Keuntungan lain menggunakan software akuntansi selain hemat juga bisa meminimilasir kesalahan pencatatan pembukuan dan tindakan fraud yang bisa saja dilakukan oleh karyawan.

Software Akuntansi Beeaccounting akan membantu segala kegiatan laporan keuangan pada perusahaan jasa. Coba gratis klik di sini atau klik banner di bawah ini!

Beeaccounting Software Bengkel Sparepart Bisa Cek Riwayar Antrian

Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa
Karakteristik perusahaan jasa adalah menjual jasa kepada pelanggannya. Perusahaan jasa memperoleh laba berasal dari pendapatan jasa yang diterima dikurangi dengan
Baca Juga
Keuntungan Usaha Jasa dan Tips Menjalankannya
Tertarik untuk menjalankan usaha sendiri tapi bingung menentukan produk untuk dijual? Usaha tidak melulu tentang menjual produk, Anda bisa mempertimbangkan
Baca Juga
Perusahaan Jasa: Karakteristik, Contoh, serta Pengelolaan
Perusahaan jasa adalah salah satu jenis perusahaan yang digolongkan berdasarkan kegiatan yang dilakukan. Berbeda dengan perusahaan manufaktur atau dagang, perusahaan
Baca Juga
Vendor: Pengertian, Jenis, dan Tips Jadi Pebisnis Sukses
Vendor adalah perusahaan yang mempunyai peran besar dalam perekonomian. Ini dikarenakan mereka sebagai supplier yang menyediakan produk atau jasa bagi
Baca Juga
10 Ide Kerajinan dari Bahan Bekas Beserta Potensinya
Bahan bekas atau sering juga disebut sebagai limbah adalah bahan atau barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh pemiliknya dan
Baca Juga
Konsumen Adalah, Definisi hingga Jenis Lengkapnya
Membahas definisi konsumen adalah hal yang menarik, sebab berkaitan erat dengan marketing. Konsumen atau pemakai barang merupakan hal yang tidak
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu