Logo Bee Web

Tips dan Cara Jualan Online Lewat WA Bisnis

Memulai bisnis online kini tidak hanya lewat marketplace namun juga termasuk aplikasi chatting WhatsApp yang sudah hadir versi WA bisnis
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Memulai bisnis online kini tidak hanya bisa dilakukan lewat marketplace namun juga lewat social media termasuk aplikasi chatting WhatsApp yang sudah hadir versi WA bisnisnya, yang mana membantu pengusaha untuk memasarkan bahkan melakukan transaksi didalamnya.

Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa cukup signifikan dalam segi fitur yang diberikan. WA biasa tidak menghadirkan fitur katalog, lokasi bisnis,link website atau media sosial bisnis dan beberapa lainnya, yang memudahkan pengguna dan pebisnis untuk memasarkan produk mereka. Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini:

Tutorial Cara Membuat Wa Bisnis Lengkap

Sebelum melangkah pada pembahasan lebih lanjut mengenai bagaimana cara dan tips jualan online melalui aplikasi chatting WA Bisnis, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu bagaimana cara membuat akun wa bisnis agar bisa dijadikan sebagai platform usaha:

  • Langkah pertama untuk membuat akun WA Bisnis adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di platform resmi seperti Play Store dan App Store.
  • Berikutnya daftarkan nomor telepon baru khusus untuk bisnis atau nomor yang sudah Anda gunakan untuk WA sebelumnya.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu setting dan klik profil yang nantinya akan Anda isi dengan data diri bisnis Anda nantinya.
  • Cara membuat akun WA Bisnis selanjutnya adalah dengan mengisikan data diri dengan lengkap. Mulai dari nama bisnis online, lokasi, link sosial media atau website jika ada. Usahakan semua kolom data diri diisi agar profil terlihat informatif.
  • Berikutnya adalah mengatur dan memanfaatkan fitur yang ada dalam WA Bisnis,mulai dari pesan otomatis,mengisi kategori bisnis, katalog bisnis dan beberapa lainnya yang akan memudahkan Anda nantinya.

Tips dan Cara Jualan Online Lewat Wa Bisnis, Simple dan Praktis

Cara Jualan Lewat aplikasi chatting Wa Bisnis

ilustrasi jualan melalui WA Bisnis (sumber: Istockphoto)

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat akun WhatsApp Bisnis, selanjutnya adalah mengetaui tips dan cara memulai usaha di sini, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Daftarkan Akun WhatsApp Menjadi WA Bisnis

Langkah pertama yang wajib dan harus dilakukan oleh pengusaha jika ingin memulai bisnis dengan WA Bisnis adalah dengan mendaftarkan akun atau nomor d WA Bisnis, seperti tutorial pada penjelasan di atas.

2. Gunakan dan Pilih Nama Pengguna

Selanjutnya adalah memilih nama bisnis. Pemilihan anma ini sangat penting karena bisa menjadi brand atau tanda pengenalan diri Anda kepada konsumen nantinya. Selain itu, dari nama ini juga konsumen akan lebih percaya jika ingin melakukan transaksi dengan Anda.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat nama bisnis di WA bisnis, berbeda dengan akun wa biasa, WA bisnis lebih ketat dalam peraturan pemberian nama. Jika di WA Biasa pengguna dibebaskan memberi nama bahkan menambahkan emoticon di WA bisnis tidak bisa.

Nama Dan Foto Wa Bisnis

Nama dalam WA bisnis tidak bisa menggunakan nama lengkap perorangan saja, nama istilah umum, menggunakan huruf kapital pada semua huruf, bahkan menggunakan tanda tertentu. Hal ini dikarenakan akan mengurangi ‘rasa’ resmi pada bisnis yang Anda kelola.

Kemudian, nama pada akun WA bisnis Anda juga tidak bisa diganti sembarangan. Sebab, ada kemungkinan Anda bisa kehilangan identitas Akun Bisnis Resmi. So, tetapkan nama sebaik mungkin dan semudah mungkin agar cepat diingat oleh konsumen.

3. Lengkapi Profil Akun Bisnis

Selanjutnya adalah melengkapi profil akun bisnis mulai dari nama usaha,. Kategori bisnis, dekripsi, email, dan beberapa link lain. Bisa merujuk pada link website atau link e-commerce.

Dengan memasang link ini pada bagian profil WA Bisnis akan memudahkan konsumen untuk mengulik lebih dalam mengenai produk yang akan mereka beli. Selain itu, dari link ini juga Anda bisa manfaatkan sebagai media promosi.

Sehingga, konsumen memiliki dua pilihan metode transaksi, bisa melalui e-commerce atau melakukan transaksi secara langsung di WA dn keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

4. Aktifkan Fitur Balas Pesan Otomatis

Agar aplikasi chatting WA Bisnis semakin digunakan Anda perlu mengaktifkan fitur balas pesan otomatis.Fitur ini akan membantu Anda merespon secara cepat jika konsumen ada yang mulai memberi pesan. Sehingga, konsumen tidak merasa diinginkan.

Fitur Quick Reply aplikasi chatting

Dalam hal ini WA Business memberikan 3 pilihan fitur balas pesan, diantaranya:

  • Away Message, fitur balas pesan otomatis ketika konsumen memberikan pesan diluar jam kerja.
  • Greeting Message, fitur balas pesan khusus untuk konsumen yang baru pertama kali melakukan kontak
  • Quick Reply, fitur penjawab pesan otomatis berdasarkan jawaban terkait frequently asked question (FAQ)

Ketiga fitur ini membebaskan pengguna dalam mengatur kalimat yang akan dikirimkan ke konsumen nantinya.

5. Tambahkan Kategori Bisnis

Selanjutnya adalah menambahkan kategori bisnis pada profil akun, sehingga aplikasi chatting WA Bisnis Anda akan menjadi lebih informatif. Konsumen juga akan lebih mudah mengetahui sebenarnya produk apa yang ditawarkan.

Pebisnis juga akan lebih diuntungkan karena konsumen tidak lagi bertanya-tanya terkait hal yang sama, yang nantinya akan mempengaruhi kecepatan respon pada customer lainnya.

6. Tambahkan Katalog yang Menarik

Selanjutnya, dalam WA Bisnis memberikan fitur katalog yang didesain mirip dengan menu etalase dalam e-commerce. Dari fitur ini pebisnis bisa memasukkan foto produk sesuai dengan kelompoknya dan konsumen juga lebih mudah melihat bagaimana bentuk fisik dari produk yang akan mereka beli berdasarkan foto yang dipasang.

Fitur Katalog Wa Bisnis

Untuk itu, dalam pemasangan foto ini, pebisnis harus lebih giat dan lebih hati-hati. Kualitas foto akan mencerminkan bagaimana produk Anda yang sebenarnya di mata konsumen. Artina dengan foto yang berkualitas lebih meyakinkan konsumen dibandingkan yang tidak.

7. Gunakan Statistik Pesan

Berikutnya untuk menunjang kelancaran operasional jualan online melalui aplikasi chatting WhatsApp, Anda perlu mengaktifkan fitur pesan statistic, untuk memantau performa bisnis di WA. Mulai dari jumlah pesan yang diterima, terkirim sampai terbaca.

Selain itu, untuk lebih menunjang kelancaran bisnis jualan online, Anda juga memerlukan pencatatan transaksi yang aktual dan akurat, sehingga bisnis Anda akan lebih mudah dipantau dan dikembangkan.

8. Gunakan Fitur Label

Berikutnya adalah aktifkan fitur label, fitur ini berfungsi untuk mengelompokkan chat dari konsumen sesuai dengan tahapan proses transaksi yang berlangsung. Mulai dari pelanggan baru, pesanan baru, sampai pesanan telah berakhir.

Fitur Label pada aplikasi chatting

Dengan fitur ini Anda tidak perlu lagi pusing menghafalkan setiap customer satu persatu. Dengan demikian proses balas chat dan pencatatan keuangan bisnis mudah dikelompokkan dan diatur.

Fitur ini juga dilengkapi dengan pengolahan warna, pesan broadcast dan lepas pasang label yang memudahkan berbisnis via WA Bisnis karena lebih praktis.

9. Verifikasi Centang Hijau

Terakhir dan yang paling penting dan jangan sampai dilewatkan adalah verifikasi akun, dengan mendapatkan verifikasi ini kredibilitas bisnis akan terjamin, konsumen juga akan lebih percaya ketika melakukan transaksi dengan Anda.

Kesimpulan

Menjalankan bisnis lewat WA Bisnis juga menguntungkan dan patut dicoba, apalagi dengan fitur pendukungnya yang semakin memudahkan pengusaha untuk menjalankan bisnis.

Poin pentingnya adalah melakukan optimasi fitur pada WA Bisnis dan mencatat transaksi dan aktivitas keuangan bisnis lainnya secara jelas dan akurat agar bisnis lebih mudah dikontrol dan kembangkan. Semoga bermanfaat.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

5 Pаnduаn Bisnis Rental Mobil dаn Alasannya
Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya bisnis rental mobil mеnjаdі ѕаrаnа trаnѕроrtаѕі ріlіhаn untuk bepergian keluar kоtа. Semakin lаmа bisnis tеrѕеbut menjamur
Baca Juga
Software Kasir Percetakan yang Detail dan Lengkap
Banyak orang yang berkeinginan memiliki usaha sendiri. Namun, tidak sedikit yang bingung menentukan jenis usaha apa yang akan mereka bangun.
Baca Juga
Slogan Adalah: Jenis, Ciri, Contoh dan Tips Membuatnya
Slogan merupakan kalimat pendek yang memiliki kekuatan dalam membangun citra merek dan mempengaruhi perilaku konsumen. Sebuah slogan yang baik mampu
Baca Juga
10+ Contoh Barang Mentah Berdasarkan Jenisnya
Dalam dunia manufaktur dan industri, penggunaan barang mentah menjadi bagian penting dari rantai pasok produksi. Dimana barang mentah merupakan bahan
Baca Juga
15 Contoh Invoice Pembayaran, Jenis dan Cara Buatnya
Invoice pembayaran, atau faktur merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti transaksi antara pembeli dan penjual. Di dalamnya tercantum informasi
Baca Juga
Cari Tahu Peluang Usaha 2023 Paling Menguntungkan
Peluang Usaha tahun 2023 saat ini sangat beragam dan menguntungkan. Apabila dijalani dengan serius, maka bisnis bisa berkembang menjadi industri
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu