Logo Bee Web

21+ Contoh Kerajinan Tangan Berpeluang Cuan!

Suka berkreasi? Ini dia contoh kerajinan tangan yang berpotensi jadi ide bisnis kreatif, cocok untuk Anda yang ingin punya usaha
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 26 May 2023

Dalam era modern ini, banyak orang yang mencari peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satu bidang yang dapat dijadikan peluang bisnis salah satu contoh kerajinan tangan dan beberapa kreasi ide kreatif lainnya.

Kerajinan tangan merupakan suatu bentuk kreativitas manusia yang dapat dihasilkan dari berbagai bahan seperti kain, kayu, kertas, dan lain sebagainya. Berikut ide peluang bisnis kreatif untuk Anda

Ide Bisnis Contoh Kerajinan Tangan

Berikut ini deretan contoh kerajinan tangan yang bis dikembangkan menjadi ide bisnis kreatif yang menguntungkan.

1. Contoh Kerajinan Anyaman Bambu

Kerajinan anyaman bambu merupakan kerajinan yang sudah sangat populer di Indonesia. Bambu yang mudah didapat dan murah membuat kerajinan ini memiliki potensi bisnis yang besar. Kerajinan anyaman bambu dapat dijadikan sebagai keranjang, tas, tempat penyimpanan, dan lain sebagainya.

2. Aneka Kreasi Batik

Batik merupakan kerajinan khas Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Batik dapat dihasilkan dari berbagai bahan seperti kain, kayu, dan kertas. Kerajinan batik dapat dijadikan sebagai baju, tas, dan aksesoris lainnya.

3. Ukir Kayu

Kerajinan ukir kayu merupakan kerajinan yang membutuhkan keahlian khusus. Namun, kerajinan ini memiliki nilai seni yang tinggi dan dapat dijual dengan harga yang cukup mahal. Kerajinan ukir kayu dapat dijadikan sebagai hiasan dinding, patung, dan lain sebagainya.

4. Seni Kriya Anyaman Rotan

Anyaman rotan merupakan kerajinan yang sudah sangat populer di Indonesia. Rotan yang mudah didapat dan murah membuat kerajinan ini memiliki potensi bisnis yang besar. Kerajinan anyaman rotan dapat dijadikan sebagai kursi, meja, dan aksesoris lainnya.

5. Kreasi Kain Flanel

Kain flanel merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Kerajinan kain flanel dapat dihasilkan menjadi boneka, bros, dan aksesoris lainnya. Kerajinan kain flanel memiliki potensi bisnis yang besar karena banyak diminati oleh anak-anak dan remaja.

6. Aneka Kreasi Kain Perca

Kain perca merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Kerajinan kain perca dapat dihasilkan menjadi tas, baju, dan aksesoris lainnya. Kerajinan kain perca memiliki potensi bisnis yang besar karena banyak diminati oleh anak-anak dan remaja.

7. Contoh Kerajinan Tanan Tenun

Contoh Kerajinan Tangan Kain Tenun

Ilustrasi pembuatan kain tenun (Credit: Freepik.com)

Tenun merupakan kerajinan yang membutuhkan keahlian khusus. Namun, kerajinan ini memiliki nilai seni yang tinggi dan dapat dijual dengan harga yang cukup mahal. Kerajinan tenun dapat dijadikan sebagai baju, tas, dan aksesoris lainnya.

8. Paduan Kreasi Kain Flanel dan Perca

Kombinasi antara kain flanel dan perca dapat menghasilkan kerajinan yang unik dan menarik. Kerajinan kain flanel dan perca dapat dihasilkan menjadi tas, baju, dan aksesoris lainnya. Kerajinan kain flanel dan perca memiliki potensi bisnis yang besar karena banyak diminati oleh anak-anak dan remaja.

9. Kerajinan Kain Perca dan Anyaman Bambu

Kombinasi antara kain perca dan anyaman bambu dapat menghasilkan kerajinan yang unik dan menarik. Kerajinan kain perca dan anyaman bambu dapat dihasilkan menjadi tas, baju, dan aksesoris lainnya. Kerajinan kain perca dan anyaman bambu memiliki potensi bisnis yang besar karena banyak diminati oleh anak-anak dan remaja.

10. Kreasi Paduan Kain Flanel dan Anyaman Rotan

Kombinasi antara kain flanel dan anyaman rotan dapat menghasilkan kerajinan yang unik dan menarik. Kerajinan kain flanel dan anyaman rotan dapat dihasilkan menjadi tas, baju, dan aksesoris lainnya. Kerajinan kain flanel dan anyaman rotan memiliki potensi bisnis yang besar karena banyak diminati oleh anak-anak dan remaja.

11. Kriya Berbahan Dasar Kaca

Produk seperti lampu gantung, vas, gelas, atau hiasan dinding dari kaca bisa menjadi pilihan menarik. Namun, Anda memerlukan keahlian khusus agar dapat mengelola produk kaca juga bisa terhindar dari kecelakaan kerja.

12. Bisnis Kreatif Berbahan Logam

Peluang ide bisnis kerajinan selanjutnya berbahan dasar logam. Ansa bisa membuat barang-barang seperti perhiasan, patung, atau aksesori rumah dari logam seperti tembaga, kuningan, atau besi.

13. Kerajinan Kulit

Sudah tidak lagi menjadi hal baru jika kulit bisa dikreasikan dan dijadikan sebagai peluang bisnis kreatif. Yang mana Anda bisa mengelola kulit hewan menjadi produk yang berkualitas dan desain yang unik pada dompet, ikat pinggang, atau tas kulit dapat menarik minat konsumen.

Baca Juga: Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

14. Kerajinan Keramik

Kerajinan Keramik

Contoh kerajinan tangan keramik (Credit: pexels.com0

Berikutnya adalah, membuat produk berbahan dasar keramik. Anda memiliki bakat dalam pembuatan keramik? Tidak ada salahnya untuk mencoba menciptakan keramik bernilai seni seperti mangkuk, piring, atau patung dengan teknik pengolahan yang kreatif. Kemudian dijual dengan harga harga yang tinggi.

15. Kerajinan Sabun

Ide bisnis kreatif kerajinan tangan selanjutnya adalah kreasi sabun. Sabun tidak hanya bisa dibuat dalam skala besar seperti merek-merek ternama di luaran sana. Anda bisa mencoba bisnis membuat sabun kreatif dengan bentuk, warna, dan aroma yang menarik untuk hadiah atau penggunaan pribadi. Tentunya dengan bahan dasar yang lebih sehat.

16. Kerajinan Batu

Selanjutnya adalah ide peluang bisnis kreatif dari kerajinan tangan batu. Anda perhiasan, dekorasi taman, atau patung dari batu alami seperti batu marmer atau batu sungai. Bahkan untuk perabotan dapur seperti cobek dan sejenisnya.

17. Kerajinan Logam Daur Ulang

Berikutnya adalah kerajinan dari bahan logam daur ulang. Anda bisa memanfaatkan material logam bekas seperti kaleng atau kawat untuk membuat produk seperti dekorasi dinding atau hiasan meja. Dengan nilai estetika dan jual yang tinggi.

Baca Juga: Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah Peluang Bisnis, Ini Caranya

18. Beberapa Contoh Kerajinan Tangan dari Bahan Unik

Selain beberapa bahan di atas, Anda juga bisa memulai kreasi bisnis kreatif Anda dengan menggunakan beberapa bahan baku yang unik dan mudah ditemukan disekitar Anda, seperti berikut ini:

  • Kerajinan dari kulit ikan, Memanfaatkan kulit ikan yang diolah menjadi produk seperti dompet, ikat pinggang, atau aksesori fashion yang unik.
  • Botol plastik daur unik, Gunakan botol plastik bekas untuk membuat barang-barang seperti vas bunga, lampu hias, atau perhiasan.
  • Kerajinan dari kertas daur ulang, dengan mengolah kertas bekas menjadi produk seperti kartu ucapan, bingkai foto, atau hiasan dinding dengan teknik origami atau quilling.
  • Karya berbahan dasar ranting dan cabang pohon, dapat dikreasikan menjadi dekorasi rumah seperti rak dinding, bingkai cermin, atau hiasan dinding dengan menggunakan ranting dan cabang pohon yang dihias.
  • Kerajinan dari paku bekas, mengubah paku bekas menjadi produk unik seperti patung, hiasan dinding, atau aksesori rumah tangga dengan seni paku.
  • Ide bisnis kerajinan dari kawat tembaga: Bentuk kawat tembaga menjadi perhiasan seperti anting-anting, kalung, atau gelang dengan desain yang kreatif.
  • Peluang bisnis dari kaset atau CD bekas: Gunakan kaset atau CD bekas untuk membuat hiasan dinding, mainan, atau aksesoris rumah tangga dengan motif dan warna yang menarik.
  • Kerajinan dari ban bekas: Olah ban bekas menjadi produk seperti sandal, tempat pensil, atau kursi dengan teknik daur ulang yang kreatif.

Harapannya, rekomendasi ini dapat memberikan ide baru dan inspirasi dalam menciptakan kerajinan tangan berpeluang bisnis dari bahan unik. Selain mengoptimasi produk, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting untuk mencatat, memantau dan mengontrol biaya produksi Anda.

Selain itu, Banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan, mulai dari mengontrol stok barang, laporan stok, laporan keuangan laba rugi dan beberapa laporan akuntansi lainnya. Cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:

Buat Catatan Biaya Produksi Dan Laporan Keuangan Mudah Dan Akurat Dengan Beeaccounting

Semoga rekomendasi ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda dalam menciptakan kerajinan tangan berpeluang bisnis.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
5 Tips Memulai Bisnis F&B Untuk Pengusaha Pemula
Dari sekian banyak bisnis yang ada, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling banyak diminati orang. Sehingga tak heran jika saat
Baca Juga
9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga
4 Cara Menghitung Modal Awal Usaha dan Contohnya
Memulai merintis karir sebagai seorang pengusaha mengetahui cara menghitung modal adalah hal dasar yang perlu dipahami, dimana modal ini menjadi
Baca Juga
Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat perizinan yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang menjalankan usaha di bidang perdagangan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu