Logo Bee Web

15 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

Mencari ide peluang bisnis yang menjanjikan dan laris di pasaran menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha pemula. Simak informasi berikut.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Mencari ide peluang bisnis yang menjanjikan dan selalu laris di pasaran dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, pengusaha perlu mencari ide bisnis yang kreatif dan inovatif agar dapat bersaing dengan bisnis lainnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas 15 ide peluang usaha yang diharapkan akan selalu laris di tahun 2023.

15 Ide Peluang Usaha 2023 yang Berpeluang Laris Manis

1. Jasa Desain Grafis

Dalam era digital saat ini, kebutuhan akan desain grafis semakin meningkat. Desain grafis dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti desain logo, brosur, spanduk, dan sebagainya. Peluang bisnis ini bisa dijalankan oleh seorang freelancer atau perusahaan jasa desain grafis dengan menawarkan jasa desain yang kreatif, inovatif, dan berkualitas tinggi.

2. Jasa Edit Video

Kebutuhan akan konten video semakin meningkat, terutama untuk keperluan pemasaran dan promosi bisnis. Bisnis jasa edit video dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023. Jasa edit video dapat ditawarkan untuk membuat video promosi, video tutorial, video animasi, dan sebagainya.

Ide Bisnis Video Editor

editor video bisa menjadi opsi sebagai bisnis sampingan (sumber: Unsplash)

Bisnis yang menjanjikan ini juga bisa dijalankan oleh seorang freelancer atau perusahaan jasa edit video yang mampu membuat video berkualitas tinggi dengan biaya yang terjangkau.

3. Jual Barang Second

Dalam situasi ekonomi yang sulit, banyak orang memilih untuk membeli barang bekas atau second. Barang bekas yang dijual bisa berupa pakaian, aksesoris, peralatan rumah tangga, atau barang-barang elektronik. Peluang bisnis ini bisa dijalankan secara online melalui platform e-commerce atau secara offline melalui toko fisik.

4. Sewa Perlengkapan Bayi & Mainan

Bisnis sewa perlengkapan bayi dan mainan juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023. Bisnis ini bisa menawarkan berbagai macam perlengkapan bayi, seperti kereta dorong, kursi makan, dan box bayi, serta mainan anak-anak yang berkualitas tinggi.

Dalam mengembangkan bisnis ini, pengusaha perlu memperhatikan aspek keamanan, kesehatan, dan kebersihan dari perlengkapan bayi dan mainan yang disewakan.

5. Admin Media Sosial

Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren digital marketing, banyak bisnis yang membutuhkan admin media sosial untuk mengelola akun-akun media sosial mereka.

Bisnis Admin Sosial Media

bisnis idaman bagi yang suka scroll sosial media (sumber: Unsplash)

Admin media sosial dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness, engagement, dan penjualan melalui media sosial. Bisnis ini dapat dijalankan oleh seorang freelancer atau perusahaan jasa admin media sosial.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah bentuk bisnis di mana seseorang mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi ketika ada penjualan yang terjadi melalui link afiliasi yang diberikan. Bisnis affiliate marketing dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023, terutama dengan semakin banyaknya orang yang melakukan pembelian online.

Bisnis yang menjanjikan ini bisa dijalankan secara online dan dapat menghasilkan penghasilan pasif yang cukup signifikan. Bisnis daycare sendiri belum terlalu banyak ditemukan. Umumnya, bisnis daycare ini sangat diperlukan oleh keluarga yang suami dan istri, keduanya bekerja. Menurut beberapa penelitian yang dikutip dari Gramedia, anak yang tumbuh dan berkembang di dalam daycare cenderung tak mempunyai permasalahan dari segi perilaku dan emosional.

7. Coffee Shop

Bisnis coffee shop juga dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023. Kebutuhan akan kopi dan suasana kafe semakin meningkat, terutama di kota-kota besar.

Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan membuka toko kopi yang menyediakan berbagai macam jenis kopi, makanan ringan, serta suasana kafe yang nyaman dan instagramable.

8. Usaha Daycare Anak

Banyak orang tua yang membutuhkan jasa penitipan anak ketika mereka sedang bekerja atau memiliki kesibukan lainnya. Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan menyediakan layanan penitipan anak yang berkualitas, aman, dan nyaman. Dalam mengembangkan bisnis ini, pengusaha perlu memperhatikan aspek keamanan, kesehatan, dan kebersihan.

9. Pet Kit

Semakin banyak orang yang memiliki hewan peliharaan dan membutuhkan perlengkapan dan makanan berkualitas tinggi untuk hewan peliharaan mereka.

Bisnis Rumahan Pet Shop

ilustrasi bisnis rumahan pet shop (sumber: Unsplash)

Bisnis yang menjanjikan ini bisa dijalankan dengan menyediakan perlengkapan, makanan, dan aksesoris untuk hewan peliharaan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan hewan peliharaan.

10. 24 Hours Tempat Gym

Banyak orang yang memiliki kesibukan di siang hari dan hanya bisa berolahraga pada malam hari atau dini hari. Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan menyediakan fasilitas gym yang lengkap, dilengkapi dengan instruktur yang berkualitas dan ramah, serta buka selama 24 jam.

Dalam mengembangkan bisnis ini, pengusaha perlu memperhatikan aspek kebersihan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengunjung gym.

11. Houseware (Perlengkapan Rumah Tangga)

Bisnis houseware atau perlengkapan rumah tangga dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023, terutama dengan semakin banyaknya orang yang berdomisili di apartemen atau rumah kecil.

Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan menyediakan produk-produk perlengkapan rumah tangga yang praktis, fungsional, dan ramah lingkungan.

12. Buka Jasa Konseling Online

Bisnis jasa konseling online juga dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023, terutama dengan semakin banyaknya orang yang mengalami masalah kesehatan mental.

Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan menyediakan layanan konseling online untuk individu atau kelompok dengan memanfaatkan teknologi video conference atau chatting.

13. Jasa Online Invitation

Bisnis jasa online invitation atau undangan online juga dapat menjadi bisnis yang menjanjikan di tahun 2023. Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan menyediakan jasa pembuatan undangan online dengan desain yang menarik dan unik, serta mudah diakses melalui berbagai perangkat.

14. Jadi Pengajar Online

Banyak orang yang ingin mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. Bisnis menjadi pengajar online dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Belajar Online

ilustrasi belajar online (sumber: Unsplash)

Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan menyediakan layanan pembelajaran online untuk berbagai macam keterampilan, seperti bahasa asing, desain grafis, programing, atau musik.

15. Developer Aplikasi

Bisnis developer aplikasi juga dapat menjadi peluang usaha, terutama dengan semakin tingginya penggunaan perangkat mobile/ hp. Peluang bisnis ini bisa dijalankan dengan menyediakan jasa pembuatan aplikasi mobile atau web yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan klien atau perusahaan.

Ide-ide ini dapat menjadi inspirasi bagi pengusaha yang ingin memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang sudah ada.

Dengan mengikuti tren bisnis terkini dan mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar, diharapkan bisnis yang dijalankan dapat menjadi sukses dan berkelanjutan.

Tips Memulai Bisnis yang Menjanjikan

Memulai bisnis yang menjanjikan memerlukan persiapan yang matang agar dapat menghadapi persaingan di pasar.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis yang menjanjikan antara lain membuat rencana bisnis yang jelas, mempelajari pasar dan pesaing, mencari mentor atau konsultan bisnis, dan memilih mitra bisnis yang tepat. Berikut penjelasan detailnya :

1. Membuat Rencana Bisnis yang Jelas

Membuat rencana bisnis yang jelas adalah langkah penting dalam memulai bisnis yang menjanjikan. Rencana bisnis membantu menentukan tujuan bisnis, strategi pemasaran, sumber daya yang dibutuhkan, serta memproyeksikan pendapatan dan biaya yang akan dikeluarkan.

Dengan rencana bisnis yang jelas, pengusaha dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis dan mengukur keberhasilan bisnis dalam jangka panjang.

2. Mempelajari Pasar dan Pesaing

Mempelajari pasar dan pesaing sangat penting dalam memulai bisnis yang menjanjikan. Dengan mempelajari pasar, pengusaha dapat mengetahui kondisi pasar, tren konsumen, dan kebutuhan pasar yang belum terpenuhi.

Melakukan sebuah riset terhadap barang maupun pasar

Melakukan sebuah riset terhadap barang maupun pasar

Selain itu, mempelajari pesaing juga membantu pengusaha untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing, serta menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi persaingan.

3. Mencari Mentor atau Konsultan Bisnis

Mencari mentor atau konsultan bisnis dapat membantu pengusaha memulai bisnis yang menjanjikan dengan lebih baik. Mentor atau konsultan bisnis yang berpengalaman dapat memberikan saran dan panduan dalam menjalankan bisnis, seperti strategi pemasaran, manajemen keuangan, dan pengembangan produk.

Selain itu, mereka juga dapat membantu pengusaha untuk menghindari kesalahan yang umum dilakukan dalam memulai bisnis.

4. Memilih Mitra Bisnis yang Tepat

Memilih mitra bisnis yang tepat sangat penting untuk memulai bisnis yang menjanjikan. Mitra bisnis yang baik dapat membantu pengusaha dalam berbagai aspek bisnis, seperti pengembangan produk, manajemen keuangan, dan strategi pemasaran. Selain itu, mitra bisnis yang baik juga dapat membantu pengusaha dalam menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien.

Pengusaha harus memilih mitra bisnis yang memiliki nilai dan visi yang sama dalam menjalankan bisnis, serta memiliki keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan dalam bidang bisnis yang akan dijalankan.

5. Menyiapkan Software Pembukuan Sejak Awal

Salah satu tips memulai bisnis yang menjanjikan adalah dengan menyiapkan pembukuan yang dapat membantu Anda dalam melakukan analisa perkembangan bisnis. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Beeaccounting.

Dengan menggunakan Beeaccounting, Anda dapat melakukan pencatatan keuangan secara teratur dan mudah, sehingga memudahkan Anda dalam memonitor keuangan bisnis.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Selain software pembukuan, Anda juga perlu memiliki pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan dan bagaimana mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Dengan mempersiapkan software pembukuan dan memiliki pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan, Anda dapat memulai bisnis dengan lebih efektif dan efisien, sehingga meningkatkan peluang sukses bisnis Anda di masa depan.

Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang dan Formatnya
Hai, sahabat Pebisnis! Pernah tidak merasa bingung atau khawatir saat mengutang atau meminjam uang kepada teman atau bisnis partner? Nah,
Baca Juga
Contoh Invoice Jasa untuk Perkembangan Usaha Jasa
Untuk menulis invoice untuk layanan yang disediakan, usaha kecil harus dikembangkan dan mengikuti template invoice untuk mengenali cara mengadakan contoh
Baca Juga
Hindari Sikap-Sikap Ini Jika Ingin Usaha Anda Berkembang!
Tak peduli seberapa besar visi dan misi Anda dalam membangun usaha, beberapa sikap yang buruk bisa menghambat berjalannya usaha, bahkan
Baca Juga
Budidaya Ikan Lele untuk Pemula, Lengkap!
Siapa yang tidak tahu ikan lele, salah satu komoditas ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang berniat melakukan
Baca Juga
Stock Opname Artinya, Kapan Waktu Tepat untuk Stock Opname
Pada dasarnya stock opname artinya menghitung persediaan, tеtарі juga dараt dіgunаkаn untuk mеnghіtung bаrаng аtаu benda yang bеrhubungаn dengan kеgіаtаn
Baca Juga
MOQ Adalah Minimum Order Quantity, Begini Cara Menghitungnya
MOQ adalah singkatan dari minimum order quantity, merujuk pada jumlah minimal pembelian barang yang ditetapkan oleh penjual, khususnya untuk produsen
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu