Logo Bee Web

Mengenal Analisis Peluang Usaha dan Cara Menganalisanya

Pengertian analisis peluang usaha adalah proses identifikasi, penilaian, dan evaluasi peluang-peluang baru yang mungkin dapat dimanfaatkan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 6 July 2023

Apabila saat ini Anda tertarik untuk terjun ke dunia usaha, mengetahui, memahami, dan melakukan analisis peluang usaha merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena ada banyak bermanfaat yang Anda dapatkan jika melakukan analisis ini.

Analisis tentang peluang bisnis sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Anda bisa melakukan analisis ini secara mandiri sehingga menghemat budget yang dimiliki.

Definisi Analisis Peluang Usaha Adalah ...

Analisis Peluang Usaha Adalah

Analisis bisnis atau analisa peluang usaha merupakan proses identifikasi, penilaian dan evaluasi (Credit: Freepik.com)

Pengertian analisis peluang usaha adalah proses identifikasi, penilaian, dan evaluasi peluang-peluang baru yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh suatu bisnis untuk mengembangkan atau memperluas operasinya. Tujuan dari analisis peluang usaha adalah untuk mengidentifikasi peluang yang memiliki potensi menguntungkan dan sejalan dengan visi dan strategi bisnis.

Analisa Peluang Usaha juga bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dimana seseorang atau perusahaan melakukan proses penelitian, perencanaan, perkiraan. Hal ini sampai proses evaluasi sebuah bisnis, baik yang masih baru atau yang sedang berjalan.

Jika Anda inginbekerja lebih efisien dalam mendapatkan keuntungan yang selalu mengalami peningkatan, sangat penting menganalisa peluang bisnis tersebut. Analisa peluang bisnis ini menampilkan data yang terkait semua aspek usaha.

Di antaranya, analisis pasar, pesaing, keuangan, serta resiko usaha. Untuk memperjelas pemahaman tentang analisa ini, berikut contoh analisis peluang usaha. Contoh ini khususnya menggunakan analisis SWOT.

Pada contoh analisis peluang usaha ini dijelaskan mengenai kekuatan serta kekurangannya apa saja. Kemudian, juga peluang serta masalah yang bisa terjadi pada usaha alat kesehatan.

Contoh Analisa Usaha Dengan Swot

Contoh Analisis Peluang Usaha dengan SWOT (Sumber: www.qiscus.com)

4 Komponen Utama Analisa Peluang Usaha

Analisis peluang usaha melibatkan empat komponen utama yang perlu dievaluasi dengan cermat. Keempat komponen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Identifikasi Peluang

Komponen pertama adalah mengidentifikasi peluang-peluang baru yang ada di pasar. Ini melibatkan mengamati tren pasar, kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi, perubahan teknologi, pergeseran demografi, dan faktor-faktor lain yang dapat menciptakan peluang bisnis. Dalam tahap ini, penting untuk mencatat setiap peluang yang teridentifikasi secara spesifik dan jelas.

2. Evaluasi Potensi

Setelah peluang teridentifikasi, langkah berikutnya adalah mengevaluasi potensi masing-masing peluang tersebut. Evaluasi potensi melibatkan penilaian terhadap ukuran pasar yang relevan, tingkat pertumbuhan pasar, potensi keuntungan, dan dampaknya terhadap bisnis yang ada. Evaluasi ini membantu dalam memprioritaskan peluang-peluang yang paling menjanjikan dan layak untuk dikejar.

3. Analisis Risiko

Komponen selanjutnya adalah melakukan analisis risiko terhadap setiap peluang yang dievaluasi. Analisis risiko melibatkan mengidentifikasi potensi hambatan atau tantangan yang mungkin dihadapi dalam memanfaatkan peluang tersebut.

Hal ini mencakup aspek persaingan, regulasi, perubahan tren pasar, dan risiko operasional lainnya. Dalam analisis ini, penting untuk mengevaluasi kesiapan bisnis untuk menghadapi risiko-risiko ini dan merencanakan strategi mitigasi yang tepat.

4. Pengembangan Strategi

Setelah melalui proses identifikasi, evaluasi, dan analisis risiko, langkah terakhir adalah mengembangkan strategi untuk memanfaatkan peluang-peluang yang telah diidentifikasi. Strategi ini melibatkan pemilihan pendekatan bisnis yang tepat, pengembangan produk atau layanan yang sesuai, penentuan model bisnis yang optimal, dan rencana tindakan yang terperinci. Penting untuk merencanakan strategi yang komprehensif dan realistis yang mempertimbangkan aspek-aspek kunci yang berkaitan dengan peluang yang dipilih.

Dengan menjalankan keempat komponen ini secara komprehensif, bisnis dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang peluang-peluang yang tersedia dan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memanfaatkannya. Analisis peluang usaha membantu bisnis untuk tetap relevan, berkembang, dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar.

Ciri-Ciri Peluang Bisnis

contoh analisis peluang usaha

Salah satu ciri dari peluang usaha adalah ide yang unik dan berbeda dari yang lain (Credit: Freepik.com)

Ada 4 ciri utama yang perlu Anda perhatikan supaya mengetahui peluang bisnis. Mulai dari mempunyai ide usaha yang unik, memiliki resiko yang rendah, bisa beradaptasi, hingga modal usaha yang aman.

1. Mempunyai Ide Usaha yang Unik

Ada beragam ide usaha yang bisa Anda temukan ketika ingin memulai usaha. Meskipun begitu, Anda wajib memilih 1 diantara pilihan ide itu yang mempunyai nilai jual bagus.

Maksudnya, produk Anda mempunyai keunggulan serta keunikan dari produk yang telah ada di pasaran. Tidak berarti harus baru, Anda dapat membuat suatu inovasi dengan melakukan modifikasi terhadap produk tersebut agar lebih kreatif serta efektif.

2. Memiliki Resiko Rendah

Setiap bisnis pasti menemui resiko yang akan datang. Namun, produk Anda sedapat mungkin mempunyai resiko yang rendah agar menghindari terjadinya kerugian yang besar hingga berefek pada keberlangsungan perusahaan.

3. Bisa Beradaptasi

Tidak hanya bertahan, keahlian dalam beradaptasi bisa memberikan banyak peluang bagi usaha Anda agar semakin berkembang. Selain itu, perusahaan yang bisa adaptasi akan bertahan lama hingga bertahun-tahun kedepan.

4. Modal Usaha yang Aman

Dalam menjalankan suatu usaha, diharapkan perusahaan Anda dapat balik modal. Modal yang terus tergerus menjadi tanda bahwa usaha yang dijalankan tidak berjalan dengan baik. Untuk menghindarinya, Anda wajib mempunyai rencana keuangan usaha.

Tujuan dari Melaksanakan Analisis Peluang Usaha

Tujuan Segmentasi Pasar

Salah satu tujuan dalam menerapkan strategi ini adalah untuk mengidentifikasi pasar (Credit: Freepik.com)

Ada 4 tujuan analisis untuk peluang bisnis. Diantaranya, melakukan identifikasi pasar yang berpotensi, menemukan celah usaha, menentukan beragam strategi pemasaran, serta melakukan evaluasi produk.

1. Melakukan Identifikasi Pasar yang Berpotensi

Menganalisa peluang bisnis membuat Anda bisa melakukan identifikasi terhadap beragam resiko yang bisa kapan saja muncul. Hal ini agar Anda dapat lebih siap untuk menghadapinya dengan beragam rencana.

2. Menemukan Celah Usaha

Jika Anda melakukan analisa terhadap peluang bisnis, Anda bisa langsung menemukan celah usaha yang belum terisi atau kompetitor yang masih sedikit. Ini membuat Anda dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan usaha.

3. Menentukan Beragam Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran atau marketing merupakan rencana sebuah perusahaan agar dapat memperkenalkan merek, produk, atau layanan yang ditawarkan seluas mungkin. Tujuannya untuk mencapai target konsumen serta penjualan.

Tujuan dilakukan analisis peluang usaha adalah untuk menentukan ragam strategi pemasaran ini. Di dalam membuat atau menentukan strategi pemasaran, Anda bisa menerapkan 5 prinsip, yakni spesific, measurable, actionable, relevant, serta time bound.

Spesific berarti target pemasaran wajib ditentukan secara spesifik pada 1 tujuan. Measurable memiliki arti target bisa diukur dengan acuan tertentu. Actionable, target yang memiliki sifat realistis. Relevant berarti target dicocokkan dengan misi serta visi usaha Anda. Sedangkan time bound, ada batas waktu yang pasti.

4. Melakukan Evaluasi Produk

Tidak hanya memulai suatu usaha, produk atau layanan yang telah masuk ke pasar juga perlu dilakukan analisa peluang bisnis. Hal ini untuk mengetahui tanggapan masyarakat atas produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan agar Anda bisa mengembangkannya lagi.

Baca Juga: Biaya Peluang Adalah, Jenis, Manfaat, dan Cara Menghitung

Cara Melakukan Analisa tentang Peluang Usaha

Analisis Swot

SWOT bisa jadi cara atau metode dalam melakukan analisis peluang bisnis (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa cara dalam melakukan analisa pada peluang bisnis ini. Di mulai dari memakai analisa SWOT, memahami kondisi market, hingga menghitung kesiapan dari modal perusahaan.

1. Memakai Analisa SWOT

SWOT atau Strength, Weakness, Opportunity, serta Threats merupakan salah satu jenis alat yang sering dipakai untuk menganalisa peluang dari bisnis Anda. Strength berarti mencari hal yang positif untuk dijadikan kekuatan usaha Anda.

Weakness merupakan kebalikan dari strength yakni mencari aspek kelemahan ide untuk bisnis Anda. Opportunity berita melihat peluang yang ada. Sedangkan threats ialah mencari tahu potensi adanya ancaman yang bisa terjadi.

Kelebihan menggunakan metode analisa ini ialah biaya yang murah atau bisa tanpa biaya. Ini dikarenakan orang yang sudah paham usaha Anda bisa melaksanakan metode analisa ini secara mandiri.

Sedangkan kelemahannya, tidak bisa memprioritaskan masalah yang ada. Hal ini membuat Anda menunda atau mengabaikan banyak hal. Metode analisa ini tidak bsia menawarkan sebuah solusi alternatif.

Analisa SWOT ini menghasilkan banyak informasi tetapi tidak seluruhnya yang memiliki nilai guna bagi keperluan usaha Anda. Selain itu, meskipun terlihat membantu dalam menghasilkan banyak ide, metode analisa ini tidak membantu Anda memilih yang terbaik.

Baca Juga: 7 Contoh Analisa SWOT di Berbagai Bisnis

2. Memahami Kondisi Market

Anda bisa melakukan riset secara mendalam melalui wawancara langsung dengan calon konsumen usaha Anda. Selain itu, mempelajari bagaimana pesaing dapat berkembang di dalam pasar.

3. Menentukan Target Pelanggan

Tujuan dari cara ini ialah perusahaan Anda bisa menawarkan produk yang sesuai kepada target pelanggan. Anda memulainya dengan memilih segmentasi pasar dengan jumlah yang besar.

Usahakan memilih target pasar yang memiliki tingkat persaingan kecil. Perhatikan juga kelas pelanggan yang tepat dengan harga produk atau layanan perusahaan.

4. Melakukan Identifikasi terhadap Pesaing

Berdasarkan jenisnya, ada 3 jenis pesaing. Di antaranya, direct, indirect, serta replacement competitor. Direct competitor berarti pesaing yang menawarkan produk yang sama dengan usaha Anda.

Indirect competitor ialah pesaing yang menawarkan produk dengan kategori usaha yang sama. Sedangkan replacement competitor yakni pesaing yang menawarkan produk yang berbeda serta dari kategori bisnis yang berbeda juga.

5. Menghitung Kesiapan dari Modal Perusahaan

Anda perlu menghitung kesiapan dari modal perusahaan untuk menjalankan usaha Anda. Hal ini bertujuan supaya masing-masing operasional serta sumber daya yang dipakai bisa disesuaikan dengan modal yang dipunyai.

Kesimpulan

Sebelum memulai suatu usaha, Anda bisa mencari peluang bisnis yang ada. Hal ini bertujuan agar perusahaan yang dibangun bisa mengalami perkembangan serta mencapai keuntungan yang maksimal.

Analisis peluang usaha perlu dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang ada di artikel ini. Adanya ciri-ciri, manfaat, tujuan, contoh analisis peluang usaha di artikel membuat Anda bisa langsung memahami lebih jauh sebelum mempraktikkannya. Ini dikarenakan analisis peluang usaha bisa Anda lakukan secara mandiri sehingga menghemat biaya.

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Yuk, gunakan software akuntansi online Beecloud, dengan Beecloud, Anda dapat memperoleh kemudahan dalam proses analisis bisnis dengan fitur-fitur yang lengkap. Mulai dari pencatatan penjualan dan pembelian, hingga analisa laba rugi, cash flow, neraca, dan manajemen stok otomatis. Jadikan bisnis Anda lebih mudah, menguntungkan, dan menyenangkan. Segera manfaatkan Beecloud untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda!

Artikel Terkait

10+ Contoh Barang Mentah Berdasarkan Jenisnya
Dalam dunia manufaktur dan industri, penggunaan barang mentah menjadi bagian penting dari rantai pasok produksi. Dimana barang mentah merupakan bahan
Baca Juga
Entrepreneur Adalah? Ini Perbedaannya dengan Pengusaha
Banyak yang mengira entrepreneur sama saja dengan pengusaha, padahal pernyataan tersebut masih keliru dan keduanya memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Baca Juga
Investasi Jangka Pendek: Manfaat, Jenis & Tips Memulainya
Investasi secara sederhana dibedakan menjadi dua jenis yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Dalam kesempatan ini akan membahas
Baca Juga
Tutorial Cara Bikin QR Code di Website, iOS dan Android
Apakah Anda tertarik untuk mempelajari cara bikin QR code dengan mudah dan efektif? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara
Baca Juga
4+ Contoh Surat Jalan Barang, Pengertian dan Kegunaannya
Anda mungkin pernah melihat contoh surat jalan barang sebelumnya, tetapi Anda mungkin tidak tahu apa itu surat jalan barang atau
Baca Juga
17 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2023
Biaya hidup meningkat tapi penghasilan itu-itu aja, ide bisnis rumahan bisa menjadi solusi isi waktu luang juga tingkatkan penghasilan setiap
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu