Logo Bee Web

Bagaimana Memulai Membangun Usaha Digital Printing?

Membangun Usaha Digital printing adalah salah satu peluang usaha yang banyak dilirik saat ini. Tak mengherankan sebab usaha digital printing memiliki proses
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 13 August 2019

Membangun Usaha Digital Printing - Digital printing adalah salah satu peluang usaha yang banyak dilirik saat ini. Tak mengherankan, karena usaha digital printing memiliki proses dan produk yang sangat beragam. Namun karena banyaknya pilihan ini pula, Anda perlu menentukan mana yang paling cocok untuk usaha digital printing yang akan Anda bangun.

Beberapa jenis digital printing yang paling populer adalah screen printing, printing laser atau ink jet, offset tradisional, dan gravure. Jenis mana pun yang akan menjadi pilihan, pelajari dulu seluk-beluknya dari berbagai sumber terpercaya serta pastikan supplier untuk semua alat dan bahan bisa dijangkau dengan mudah.

Jika sudah menentukan jenis digital printing apa yang akan menjadi fokus utama Anda, saatnya mulai membangun bisnis digital printing. Masih bingung tentang langkah apa yang harus diambil pertama kali? Artikel ini akan membantu Anda mulai membangun usaha digital printing tanpa perlu takut dengan risiko gagal.

Langkah-Langkah Membangun Usaha Digital Printing

Membangun Usaha Digital Printing

Gambar 1. Membangun Branding Digital Printing Anda (Sumber: Pexels.com)

Berikut langkah-langkah dalam membangun usaha digital printing:

1. Buat Sebuah Business Plan

Dalam memulai usaha apa pun, Anda memerlukan perencanaan yang jelas agar bisa fokus pada tujuan yang jelas dalam membangun usaha. Tak terkecuali dalam membangun usaha digital printing, Anda harus mengetahui dengan rinci segala unsur seperti biaya pembukaan hingga operasional, strategi pemasaran dan pengiklanan, serta harga yang ditawarkan.

2. Tentukan Branding Usaha Anda

Pertama-tama, tentukan jenis badan usaha dari usaha digital printing yang akan Anda rintis. Setelah itu, mulailah memikirkan nama perusahaan. Pastikan bahwa nama yang Anda pilih belum dipakai oleh pihak lain sehingga tidak akan menimbulkan masalah di masa yang akan datang.

3. Cari Sumber Dana untuk Mulai Membangun Bisnis

Akan sangat baik jika modal usaha sepenuhnya berasal dari Anda sendiri. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa mendapatkan pendanaan dari bank atau pihak kreditor yang terpercaya.

Untuk memudahkan mendapatkan pinjaman, pastikan bahwa rencana keuangan dari tahap pembangunan bisnis hingga ke depannya tercantum secara rinci dalam business plan Anda.

4. Dapatkan Izin Usaha

Mendirikan usaha tanpa izin dari pihak berwenang hanya akan menimbulkan masalah. Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda telah mendapatkan izin tertulis dari pemerintah sebelum mulai membangun usaha digital printing – khususnya jika Anda mendirikan bisnis ini di kawasan yang padat penghuni.

5. Beli Peralatan dan Bahan untuk Usaha

Jenis dan jumlah alat maupun bahan yang harus Anda sediakan untuk memulai usaha digital printing tergantung dari jenis digital printing yang akan Anda jalankan. Salah satu aspek paling penting dari digital printing adalah kepiawaian mengoperasikan berbagai alat.

Jika supplier alat digital printing kepercayaan Anda menawarkan pelatihan, Anda sebaiknya menjalaninya karena itulah yang akan menentukan kualitas dari hasil digital printing.

Baca Juga: Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini

6. Pilih Supplier Bahan Baku yang Paling Menguntungkan

Seiring dengan berkembangnya bisnis, Anda lama kelamaan akan mengetahui sektor mana yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak keuntungan. Salah satu caranya adalah dengan memilih supplier bahan baku yang menawarkan harga paling kompetitif, karena dengan cara inilah Anda bisa menghasilkan produk berkualitas dengan modal minimum. Sangat dianjurkan untuk bekerja sama dengan usaha yang bukan merupakan saingan di bidang yang sama.

7. Promosikan Usaha Digital Printing Anda

Usaha apa pun tak akan berhasil tanpa adanya strategi pemasaran yang efektif. Beberapa cara untuk mempromosikan usaha digital Anda yang baru saja dirintis ini adalah dengan membagikan merchandise, memasang iklan di surat kabar atau media lain, dan ikut serta dalam pameran.
Beeaccounting Usaha Jasa Kelola Keuangan Mudah Dan Cepat

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk memulai usaha digital printing. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Anda bisa menjalankan semua cara tersebut untuk membangun usaha digital printing.

Semoga Bermanfaat 🙂

[DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet
Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet? Setiap bisnis pasti
Baca Juga
Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba
Pernahkah Anda mendengar atau melihat himbauan untuk mengurangi sampah plastik? Gerakan anti plastik ini mungkin terlihat sederhana namun besar manfaatnya.
Baca Juga
3 Penting Komponen Laporan Keuangan dan Pembagiannya
Laporan keuangan menjadi sumber informasi penting serta dasar dalam mengambil keputusan demi terjadinya bisnis yang sehat. Komponen laporan keuangan sendiri
Baca Juga
COD Artinya Cash On Delivery, Seperti Inilah Cara Menerapkannya
COD artinya sistem pembayaran langsung. Saat ini banyak sekali metode pembayaran yang tersedia sehingga mampu memberikan kemudahan bagi penjual dan
Baca Juga
Contoh Invoice Tagihan dan Cara Mudah Membuatnya
Contoh invoice tagihan adalah dokumen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Karena, dokumen ini memiliki fungsi bisnis yang sangat signifikan.
Baca Juga
7 Tips Promosi di Instagram Untuk Pemula
Tips promosi di Instagram - Bisnis online kini semakin banyak diminati orang, karena cara promosi yang semakin mudah. Media online
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu