Logo Bee Web

15 Contoh Usaha Jasa di Tahun 2023 dan Tips Suksesnya

Usaha jasa adalah jenis bisnis yang menyediakan layanan atau jasa kepada konsumen, berikut ide-ide usaha jasa yang menjanjikan untuk Anda
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 14 March 2023

Usaha jasa adalah jenis bisnis yang menyediakan layanan atau jasa kepada konsumen. Contoh usaha jasa ini tidak memproduksi barang fisik, namun menyediakan berbagai layanan atau pengalaman kepada pelanggan.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari ide usaha jasa yang menjanjikan, ada baiknya untuk membaca artikel ini sampai selesai. Seperti yang Anda ketahui, usaha jasa memiliki potensi keuntungan yang besar dan juga memberikan layanan yang bermanfaat bagi pelanggan Anda.

Namun, mencari ide contoh  usaha jasa yang tepat dan sesuai dengan minat dan keahlian Anda bisa menjadi sebuah tantangan. Oleh karena itu, pada artikel ini, akan dibahas beberapa ide usaha jasa yang menjanjikan dan bisa menjadi inspirasi bagi bisnis Anda di masa depan.

Yuk, kita mulai dengan mengenal beberapa ide usaha jasa yang dapat menarik minat pelanggan dan menguntungkan bisnis Anda.

Baca juga: Inilah Bisnis Menjanjikan yang Bisa Anda Jalankan di Era Digital

Ide Contoh Usaha Jasa yang Menjanjikan

Ide Usaha Jasa Menjanjikan

Reparasi laptop jadi ide usaha jasa pertama yang ditawarkan (Sumber: Freepik.com)

1. Jasa Reparasi Laptop

Jasa reparasi laptop merupakan ide bisnis jasa yang menjanjikan, terutama mengingat semakin banyaknya pengguna laptop di era digital saat ini. Dengan memulai bisnis jasa reparasi laptop, Anda bisa membantu para pelanggan Anda dalam memperbaiki masalah yang terjadi pada laptop mereka.

Anda dapat menawarkan layanan perbaikan berbagai masalah seperti layar yang rusak, kerusakan motherboard, masalah koneksi internet, dan masih banyak lagi.

Tips! Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis jasa reparasi laptop, pastikan untuk memperbaiki laptop dengan cara yang profesional dan menjaga kualitas layanan yang baik. Selain itu, penting juga untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial atau iklan online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

2. Jasa Pijat Bayi

Jasa pijat bayi adalah ide bisnis jasa yang menjanjikan, terutama untuk para orang tua yang ingin memberikan perawatan khusus untuk bayi mereka. Anda dapat menawarkan berbagai teknik pijat bayi yang sesuai dengan kebutuhan bayi, seperti pijat perut untuk mengurangi kembung atau pijat punggung untuk mengurangi ketegangan.

Pastikan untuk menggunakan produk pijat bayi yang berkualitas dan aman serta menjaga kualitas layanan yang baik agar pelanggan merasa puas dan dapat merekomendasikan jasa pijat bayi Anda ke orang lain.

Tips! Pastikan Anda memiliki sertifikasi atau kualifikasi yang diperlukan untuk melakukan pijat bayi dengan aman dan efektif. Selain itu, jalinlah hubungan baik dengan pelanggan Anda, memberikan layanan yang ramah dan memperhatikan kebutuhan khusus bayi mereka.

3. Jasa Riset Pemasaran

Melakukan sebuah riset terhadap barang maupun pasar

Melakukan sebuah riset terhadap barang maupun pasar (Sumber: Freepik.com)

Contoh perusahaan jasa ketiga adalah jasa riset pemasaran merupakan ide usaha yang menjanjikan untuk membantu bisnis Anda meningkatkan penjualan dan keuntungan. Dalam menjalankan usaha jasa riset pemasaran, pastikan Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam bidang ini.

Lakukan riset dan analisis yang menyeluruh terhadap pasar dan pesaing bisnis Anda.

Tips! Berikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan Anda dengan memberikan laporan riset yang lengkap dan mudah dipahami. Terus tingkatkan kualitas dan layanan jasa riset pemasaran Anda untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan.

4. Jasa Antar Jemput Sekolah

Jasa antar jemput sekolah adalah ide usaha jasa yang menjanjikan untuk memudahkan para orangtua dalam mengantar dan menjemput anak-anak mereka dari sekolah. Untuk menjalankan usaha ini, pastikan Anda memiliki sopir yang terpercaya dan memiliki izin mengemudi yang valid.

Tips! Sediakan kendaraan yang nyaman dan aman untuk anak-anak yang diantar-jemput. Pastikan Anda mengikuti protokol kesehatan dengan ketat untuk mencegah penyebaran virus. Berikan pelayanan yang baik dan jadilah mitra yang bisa diandalkan bagi para orangtua.

5. Usaha Jasa Home Painting

Ide Usaha Jasa

Home Painting Bisa Jadi Rekomendasi Memulai Usaha Jasa dari Rumah (kredit: Freepik.com)

Untuk ide usaha jasa home painting, Anda dapat menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jasa home painting yang sudah terkenal. Anda juga bisa menawarkan berbagai macam jenis lukisan dinding, seperti lukisan abstrak, wallpaper, atau mural.

Selain itu, pastikan untuk memiliki cat dan peralatan berkualitas dan tawarkan layanan berkualitas dengan pelayanan yang baik dan profesional.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Rumahan Menjanjikan, Ada yang Tanpa Modal!

Tips! yang bisa diberikan adalah memperhatikan tren terkini, misalnya memperkenalkan warna-warna yang sedang menjadi trend. Selain itu, lakukanlah riset mengenai tipe cat dan peralatan yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Anda juga bisa mencari pelanggan dari media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Terakhir, jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang ramah dan profesional, dan tawarkan harga yang kompetitif agar dapat bersaing dengan jasa home painting lainnya.

6. Usaha Jasa Cari Kost

Anda dapat memulai usaha jasa cari kost dengan membuat kerjasama dengan pemilik kos di daerah-daerah tertentu atau memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan jasa Anda. Pastikan Anda memiliki daftar kos yang lengkap dan berkualitas untuk menarik calon penyewa kos.

Tips! Pastikan Anda memperhatikan kondisi dan fasilitas kos yang Anda tawarkan. Kedua, berikan pelayanan yang baik dan profesional kepada calon penyewa kos untuk membangun reputasi yang baik dan mendapatkan calon penyewa kos yang loyal.

7. Usaha Jasa Pindahan

Ide Usaha

Ide Usaha Bisnis Membuka Usaha Jasa Pindahan (Sumber: Freepik.com)

Anda bisa membuka usaha jasa pindahan yang dapat membantu pelanggan Anda dalam proses pindah rumah, apartemen, atau kantor. Anda dapat menyediakan jasa pindahan dengan menyewa truk dan tenaga kerja yang terampil dalam memindahkan barang-barang pelanggan.

Tips! Untuk memulai usaha jasa pindahan, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki tenaga kerja yang handal dan truk yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Selain itu, pastikan bahwa Anda memberikan harga yang bersaing dan pelayanan yang berkualitas untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

8. Usaha Jasa Personal Chef

Anda dapat memulai usaha jasa personal chef untuk menyediakan layanan memasak makanan khusus untuk acara tertentu atau sebagai layanan katering pribadi. Anda dapat menawarkan variasi menu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi klien.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan saran menu yang sehat dan bergizi untuk klien yang memerlukannya.

Tips! Pastikan untuk memperluas jaringan dan membuat portofolio yang menarik. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan layanan Anda dan mendapatkan testimoni dari klien. Selain itu, penting untuk memperhatikan kualitas bahan makanan dan memastikan kebersihan dan keamanan dalam proses memasak.

9. Usaha Jasa Konsultasi Bisnis

Anda dapat membuka usaha jasa konsultasi bisnis untuk membantu para pebisnis mengatasi masalah dalam menjalankan bisnis mereka.

Dalam usaha ini, Anda akan memberikan saran dan solusi untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Untuk menjadi sukses dalam usaha jasa konsultasi bisnis, Anda perlu membangun reputasi dan kredibilitas yang kuat. Anda juga harus memahami persyaratan dan tantangan bisnis di berbagai industri dan dapat menawarkan solusi yang inovatif dan efektif.

Anda juga harus memperbarui pengetahuan dan keterampilan Anda secara teratur untuk tetap kompetitif di pasar. Belajar dari pengalaman dan kesalahan adalah kunci untuk sukses dalam usaha jasa konsultasi bisnis.

10. Jasa Pembuatan Parsel atau Hamper

Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai usaha jasa pembuatan parsel atau hamper untuk merayakan berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, atau hari raya.

Anda dapat menawarkan variasi paket hadiah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pelanggan Anda.
Untuk memulai usaha ini, Anda perlu memahami preferensi pelanggan Anda dan membuat desain yang menarik dan unik.

Tips! Anda dapat meningkatkan promosi usaha Anda dengan membuat situs web dan memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon pelanggan.

11. Jasa Penambah Follower

Anda dapat menawarkan jasa meningkatkan jumlah follower pada akun sosial media pelanggan Anda dengan cepat dan aman. Untuk memulai usaha jasa penambah follower adalah dengan membangun portofolio yang kuat dan menawarkan layanan yang kompetitif dengan harga yang wajar.

Tips! Pastikan Anda menggunakan teknik pemasaran yang efektif, seperti iklan berbayar, jaringan, dan promosi online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Selalu prioritaskan keamanan dan kredibilitas dalam pekerjaan Anda, serta pastikan Anda memperoleh persetujuan tertulis dari pelanggan sebelum memulai kampanye pemasaran mereka.

12. Jasa Crew Youtube

Jika Anda memiliki keahlian dalam produksi video dan pengalaman dalam mengoperasikan kamera dan peralatan audio, membuka bisnis jasa crew Youtube bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Banyak YouTuber atau perusahaan yang membutuhkan bantuan dalam produksi video berkualitas tinggi untuk promosi atau konten online mereka.

Dengan menyediakan jasa crew Youtube yang terlatih dan ahli dalam produksi video, Anda dapat membantu pelanggan Anda dalam memproduksi konten video yang menarik dan menghasilkan keuntungan yang besar dari bisnis ini.

13. Menjadi Pengurus Pembukuan Online

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha jasa pengurus pembukuan online, di mana Anda akan membantu para pebisnis dalam melakukan pencatatan keuangan secara online.

Dalam usaha ini, Anda perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang akuntansi serta penggunaan software pembukuan online.

Tips! Sebagai seorang pengurus pembukuan online, Anda perlu memanfaatkan software akuntansi untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan Anda. Salah satu software akuntansi yang dapat Anda gunakan adalah Beecloud.

Dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, Anda dapat mengelola transaksi keuangan dengan mudah, memonitor laporan keuangan perusahaan secara real-time, dan menyimpan data keuangan dengan aman.

14. Menjadi Spesialis Iklan Online

Anda bisa menjalankan bisnis jasa spesialis iklan online dengan mengoptimalkan platform pemasaran digital seperti Google AdWords, Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, LinkedIn Ads, dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan keahlian Anda dalam pemasaran digital, Anda dapat menjadi solusi bagi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan yang lebih besar melalui kampanye iklan online yang sukses.

Bisnis ini memiliki potensi yang sangat besar mengingat semakin banyak perusahaan yang beralih ke pemasaran digital dan membutuhkan jasa konsultan profesional untuk memaksimalkan keuntungan mereka dari platform tersebut.

15. Rental Proyektor beserta Screen-nya

Contoh usaha jasa berikutnya adalah jasa rental proyektor beserta screen-nya bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, terutama untuk acara-acara seperti presentasi, seminar, atau pertemuan besar lainnya. Anda dapat menawarkan paket lengkap yang mencakup proyektor, layar, dan peralatan pendukung lainnya, serta menawarkan layanan pengiriman dan instalasi.

Tips! Pertama, pastikan Anda memiliki kualitas peralatan yang baik dan terbaru, sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Kedua, tentukan harga yang wajar dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan pastikan tidak ada biaya tersembunyi yang dapat mengecewakan pelanggan.

Terakhir, buatlah branding yang menarik dan jangkau pelanggan potensial melalui berbagai platform media sosial atau website Anda.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ide usaha jasa yang menjanjikan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis. Ingatlah bahwa kesuksesan dalam bisnis jasa tidak hanya ditentukan oleh jenis usaha yang dipilih, tetapi juga oleh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik, menjaga kualitas produk atau layanan, dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda.

Selain itu, lakukanlah riset pasar dan perencanaan bisnis yang matang sebelum memulai usaha, serta manfaatkan teknologi dan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan kerja keras, kreativitas, dan semangat pantang menyerah, siapa tahu bisnis jasa Anda bisa menjadi sukses dan berkembang di masa depan.

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan
Baca Juga
9 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu
Sudah saatnya pebisnis memahami apa saja strategi pemasaran online, guna meningkatkan jumlah penjualan mereka. Sebab, kini berbisnis tidak hanya bisa
Baca Juga
Usaha Bengkel untuk Pemula Mulai Persiapan Hingga Cuan
Apakah Anda termasuk pelaku usaha bengkel pemula ? Atau mempunyai niatan untuk membuka usaha bengkel? Anda sebelum membangun usaha ini
Baca Juga
8 Ide Bisnis Rumahan Online Bisa Untung Sampai Jutaan
Bekerja remote atau mencoba ide bisnis rumahan online sudah menjadi trend belakangan ini. Selain menguntungkan, bisnis online tidak pernah semudah
Baca Juga
7 Strategi Pegelolaan Bengkel Sepeda Motor Efektif
Bengkel sepeda motor saat ini bukan lagi sekadar tempat untuk memperbaiki kendaraan. Di tangan yang tepat, bengkel dapat menjelma menjadi
Baca Juga
Kuliner Surabaya: 20+ Makanan & Minuman Khas yang Legend
Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, memiliki segudang daya tarik bagi para wisatawan, tak terkecuali dalam hal Kuliner
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu