Bisnis Travel Agent: Cara Ampuh Survive dari Gempuran Startup

Tuesday, 17 March 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kali ini saya akan membahas artikel mengenai Cara Ampuh Survive Travel Agent dari Gempuran Startup. Baca artikel ini sampai selesai ya, supaya bisnis travel Anda bisa bertahan di tengah-tengah ketatnya persaingan.

Apa itu Bisnis Travel Agent?

Seperti yang kita ketahui bersama bisnis travel agent atau yang disebut juga dengan agen perjalanan merupakan bisnis di bidang jasa, yang menyediakan tiket perjalanan baik udara, darat maupun laut.

Tidak sedikit pula travel agent yang juga menyediakan paket tour luar negeri maupun dalam negeri. Untuk hanya sekedar liburan maupun dalam rangka perjalanan ibadah seperti umroh dan haji plus.

Kenapa Bisnis Travel Agent Sekarang Lagi Trend?

Gambar Perlengkapan Travel Agent

Trend Travel Agent Masa Kini Ilustrasi (Sumber : freepik.com)

Ada beberapa hal yang mendasari mengapa bisnis travel agent saat ini sangat trend alias menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Nah berikut ini ada 3 alasanya :

1. Liburan Menjadi Kebutuhan

Kalau jaman dulu kebutuhan dasar manusia hanya ada 3 yaitu sandang, pangan dan papan. Nah kalau sekarang kebutuhan manusia mulai bertambah, selain pendidikkan kebutuhan dasar manusia lainnya adalah liburan.

Dengan tingginya angka orang yang bunuh diri dan depresi itu sudah cukup membuktikan jika tekanan hidup di era sekarang begitu tinggi. Karena itu liburan menjadi kebutuhan dasar manusia untuk dapat me-refresh otak hati dan pikiran agar kembali segar.

2. Gaya Hidup

Ilustrasi Liburan Melepas Penat (Sumber : freepik.com)

Tidak dapat kita pungkiri jika dengan adanya sosial media saat ini suka atauptidak suka berdampak pada berubahnya gaya hidup seseorang. Liburan tidak lagi hanya berfungsi untuk menyegarkan otak yang penat.  Tetapi juga untuk ajang pembuktian status sosial seseorang.

3. Meningkatnya Daya Beli Masyarakat

Jika kita lihat daya beli masyarakat kita sekarang ini saat baik. Oleh karena itu banyak sekali orang-orang yang melakukan perjalanan ibadah. Ini bisa kita lihat dari data perjalanan umroh yang setiap tahunnya terus naik.

4. Pembebasan Visa Masuk Indonesia Untuk Beberapa Negara

Seperti yang kita ketahui bersama jika pemerintah saat ini sedang menggalakkan sektor pariwisata. Sehingga ada beberapa negara yang bebas masuk indonesia tanpa harus memiliki visa.

Selain ini berpengaruh pada industri ke pariwisataan tentu saja ini juga berdampak langsung pada bisnis travel agent karena permintaan tiket maupun layanan tour akan naik.

Tantangan Bisnis Travel Saat Ini

Kalau ada barang manis pasti ada semut yang mengkerubuninya. Istilah ini sangat cocok untuk bisnis travel agent saat ini. Meski peluangan bisnis ini sangat menjanjikan namun persaingannya pun sangat ketat.

Apa saja yang menjadi tantangan terbesar dari sebuah bisnis travel agent saat ini ? ini dia ada 3 ;

1. Gempuran Startup, Banyak Competitor

Tiketcom vs Traveloka

Tiket.com vs Traveloka (Sumber : Techinasia.com)

Bukan lagi menjadi rahasia umum salah satu tantangan terbesar dari bisnis travel agent yaitu bermunculannya starup-starup baru. Ini membuat persaingan bisnis travel agent menjadi sangat ketat.

Selain itu seperti kita ketahui jika starup-starup saat ini bisa mendapatakan suntikan besar dari investor. Dari segi modal saja sudah berbeda bukan ? tapi jangan berkecil hati. Anda tetap bisa survive kok asal baca artikel ini sampai selesai ya.

2. Harga Tiket Mahal

Setelah ada peraturan baru mengenai tarif pesawat tahun 2019 lalu dan kenaikan tiket kereta tahun ini juga berdampak langsung pada bisnis travel agent. Ini menyebabkan biro perjalanan tidak bisa mengambil margin / keuntungan yang besar agar harga tiket jadi tidak terlalu mahal.

3. Perilaku Pelanggan

Ilustrasi Wanita Liburan Pegang Laptop

Ilustrasi Wanita Liburan Pegang Laptop (Sumber : Pexels.com)

Banyak orang yang sekarang lebih suka atau nyaman menggunakan aplikasi seperti Traveloka atau Tiketdotcom. Karena lebih mudah dan efisien tidak ribet dengan konfirmasi data dll ke agent travel.

Ibaratnya nie ya cukup sekali klik tiket sudah ditangan. Pembayarannya pun sangat mudah bisa mengguankan transfer bank maupun kartu kredit.

Kalau sudah seperti ini lantas bagaimana dong agar bisnis travel Anda tetap bisa survive di tengah-tengah gempuran starup-starup yang semakin menjamur

Solusi Masalah di Bisnis Travel

Ini dia 3 cara ampuh survive bisnis travel dari gempuran startup. Baca pelan-pelan dan jangan lupa di praktekkan ya. Dan ke 3 cara tersebut ialah ;

1. Adain Promosi

Anda harus rajin-rajin yang namanya mengadakan Promo. Mulai dari promo diskon sampai giveaway. Karena yang perlu Anda pahami adalah masyarakat kita ini paling demen kalau dapat diskon ataupun giveaway.

Apalagi baru-baru ini giveaway lagi trend banget lho. Jadi Anda perlu mencoba untuk melakukan promo giveaway. Tetapi jangan lupa perhitungannya agar bisnsi travel agent Anda tetap cuan hehe.

2. Mulai List Building (Email Marketing)

Apakah Anda sudah melakukan list building ini ? Jika sudah , berarti Anda sudah selangkah lebih maju ini bagus untuk travel agent Anda. Namun jika belum maka Anda harus segera bangun dari tidur Anda. Dan mulai lah list building saat ini juga karena ini akan menguntungkan Anda di masa mendatang.

Beberapa keuntungan jika Anda memiliki list building antara lain ;

  • Membangun relasi yang lebih erat dengan calon customer ataupun customer kita.
  • Membangun Branding Travel Agent
  • Membangun Trust Calon Customer
  • Sifatnya Yang Long Term jadi tak lenkang oleh waktu.

3. Monitor Cost Agar Efisien

Dengan banyak persaingan yAnda harus pintar-pintar untuk mengelola cost Anda. Pangkas lah biaya-biaya yang tidak penting dan memaksimalkan semua potensi strategi marketing yang ada miliki. Supaya

harga tiket maupun paket tour yang Anda tawarkan bisa bersaing di pasaran. Dan salah satu cara agar Anda dapat memonitor cost agar lebih efisen adalah dengan menggunakan Software.

Banner Beecloud untuk Travel Agent

Dengan adanya software Anda dapat mengurangi biaya-biaya yang tidak penting dan mengalihkan biaya itu untuk memaksimalkan promosi. Ada 2 keuntungan yang bisa Anda dapat jika Anda menggunakan Software:

  1. Bisa monitor biaya dan omset secara online jadi ini Anda tidak harus setiap hari berada di kantor.
  2. Bisa diakses dari hape karena bisa diakses lewat hp Anda bisa akses laporan kapanpun dimanapu cukup dengan menggunakan hp. Pokoknya jadi anti ribet deh.

Kesimpulan

Sebagai seorang pengusaha bisnis travel melek teknologi adalah sebuah keharusan. Agar bisnis travel Anda dapat bertahan ditengah-tengah gempuran starup-starup yang bermunculan. Dan ciptakan lah list building agar Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Jika startegi marketing sudah Anda kerjakan dengan baik jangan lupa untuk menciptakan sistem untu Anda memonitor cost/ biaya maupun omset. Karena itu Anda harus menggunakan software untuk mendukung itu semua.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk coret-coret di kolom diskusi ya. Terima Kasih dan selamat mencoba.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :