4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Work From Home

Sunday, 10 May 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Seperti yang sudah kita ketahui, dunia saat ini tengah mewabah sebuah virus yang begitu cepat menularnya. Berbagai negara sudah mengambil tindakan dalam mencegah penularan virus covid-19. Pencegahan ini diharapkan dapat memutus rantai penularan virus corona. Salah satu tindakan pencegahan oleh pemerintah agar semua orang tidak terkena virus corona adalah dengan #dirumahaja. Alhasil semua kegiatan harus dilakukan di rumah termasuk work from home.

Beberapa perusahaan sudah memberikan intruksi agar karyawannya kerja dari rumah. Sebenarnya hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap usaha. Karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam bisnis tertentu, untuk melakukan dalam jarak jauh bisa dikatakan tidak efisien.

Baca Juga: Bagaimana Strategi Bisnis UKM Survive Saat “LockDown”?

Kebijakan Pemerintah untuk Work From Home

Semenjak Indonesia mulai terkena dampak virus corona, pemerintah mengambil keputusan untuk menyuruh masyarakat melakukan segala kegiatan di rumah saja. Sama seperti halnya kegiatan perkantoran, pemerintah menganjurkan untuk work from home.

Bekerja dari rumah atau work from home yang sedang dilaksanakan untuk saat ini merupakan tindak lanjut atas imbauan Presiden Joko Widodo pada konferensi pers di Istana Bogor.

Presiden mengimbau agar bisa meminimalisasi penyebaran virus corona, masyarakat diminta untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, dengan tujuan salah satunya menciptakan sistem bekerja dari rumah untuk sementara sampai pandemi virus ini berakhir.

Apa itu Work From Home?

work from home

ilustrasi kerja dari rumah (Sumber: Freepik.com)

Work from home atau yang biasa disebut WFH memiliki arti bekerja dari rumah. Sistem kerja dari rumah memang bisa dikatakan memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk mendukung keseimbangan karyawan antara pekerjaan dan kehidupan.

Tapi untuk saat ini wfh sedang menjadi solusi karena adanya wabah virus corona. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penularan virus corona dan keselamatan karyawan.

Kelebihan WFH

Adapun terdapat keuntungan atau kelebihan jika karyawan melakukan wfh. Diantaranya:

  1. Penghematan Biaya, kerja dari rumah dapat menghemat biaya makan dan biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Jika biasanya berangkat ke kantor membutuhkan biaya transport, jika wfh maka tidak perlu mengeluarkan biaya.
  2. Dekat dengan Keluarga, wfh tentu sangat menguntungkan seseorang yang telah berkeluarga. Momen bersama keluarga akan didapatkan seiring berjalannya waktu. Walaupun begitu, Anda tetap harus membatasi antara pekerjaan dan keluarga Anda.

Aplikasi untuk Menunjang Produktivitas saat WFH

Tak kalah saat kerja di kantor, tentunya dalam melakukan wfh terdapat beberapa aplikasi yang siap untuk membantu Anda untuk menunjang produktivitas. Beberapa aplikasi berikut memiliki fungsi dan fitur yang berbeda, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan Anda.

1. Aplikasi Meeting Online: Zoom

Ketika wfh jarak jauh memang memisahkan. Hal ini tidak menghalangi kerjasama tim apabila tetap menjaga suatu komunikasi. Salah satu aplikasi pilihan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan komunikasi atau meeting yaitu aplikasi Zoom. Kelebihannya Anda bisa melakukan sharing layar sekaligus menggunakan webcam untuk melakukan meeting misalnya.

2. Aplikasi Komunikasi: Slack

Dengan aplikasi Slack, Anda dapat membuat kelompok tim sesuai perannya dan membuat ruang bicara yang berbeda untuk setiap topik. Contohnya, ruang Marketing dimana Anda berbicara dengan team tentang strategi pemasaran.

3. Aplikasi Penyimpanan Bersama: Google Drive

Ketika Anda membutuhkan suatu file yang dimiliki rekan bisnis Anda, biasanya Anda membutuhkan flashdisk. Ketika wfh, Anda akan membutuhkan aplikasi penyimpanan bersama Google Drive. Anda bisa mengupload file yang bisa diakses oleh rekan kerja Anda.

4. Aplikasi Pengelola Keuangan, Stock, Transaksi, Analisa Bisnis: Beecloud

social distance

Salah satu aplikasi canggih yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan, stok, transaksi, sampai analisa bisnis ketika wfh adalah Beecloud. Fitur yang diberikan akan sangat menguntungkan Anda. Anda bisa pantau keuangan, pantau stok sampai melakukan analisa bisnis dengan laporan keuangan yang lengkap dan realtime.

Info Lengkap: Aplikasi Work From Home Beecloud

5. Aplikasi Manajemen Kegiatan: Trello

Trello adalah aplikasi yang bisa meningkatkan efektivitas kinerja Anda. Aplikasi ini seperti catatan to-do-list tetapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan sangat nyaman digunakan untuk bekerja dari rumah.

Kesimpulan

Wfh menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk meningkatkan produktivitas ketika wfh, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung di atas.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :