Loyalitas Pelanggan Merupakan Asset Bagi Bisnis Anda

Monday, 12 October 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Loyalitas Pelanggan Merupakan Asset bagi suatu bisnis. Jika perusahaan Anda tidak memiliki customer loyal ini pasti ada yang salah, entah itu produk yang dijual jelek atau layanan yang diberikan mengecewakan.

Pengertian Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan dibagi menjadi 2 kata yaitu loyalty dan pelanggan. Apa arti kata loyalty ? loyalty artinya kesetiaan dan arti customer atau pelanggan adalah seseorang atau sebuah organisasi yang membeli produk berupa produk maupun jasa dari suatu perusahaan ataupun toko.

Loyalitas Pelanggan Merupakan Asset Bagi Bisnis Anda

Loyalti Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Jadi loyalitas pelanggan adalah kesetiaan customer dalam menggunakan atau menikmati produk dan layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan atau toko secara terus menerus.

Sedangkan arti loyalitas pelanggan menurut para ahli adalah sebagai berikut ;

Dharmesta, dalam Diah Dharmayanti,(2006:37-38), Loyalty adalah suatu respon perilaku pembeli yang dapat terungkap secara terus menerus oleh pengambil keputusan dengan memperhatikan satu atau lebih merk alternative dari beberapa merk sejenis dan merupakan fungsi proses psikologis.

Perlu ditekankan jika hal tersebut berbeda dengan perilaku membeli ulang, loyalitas pelanggan menyertakan aspek perasaan, tidak melibatkan aspek afektif didalamnya.

Amin Widjaja Tunggal (2008:6) Pelanggan loyal adalah kelekatan pelanggan pada suatu merk, toko, pabrikan,pemberi jasa, atau entitas lain berdasarkan sikap yang menguntungkan dan tanggapan yang baik, seperti pembelian ulang. Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa ada unsur perilaku dan sikap dalam loyalitas pelanggan.

Manfaat Loyalitas Pelanggan

Memiliki customer yang loyal akan memberikan banyak manfaat bagi, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mempunyai customer yang loyal.

  1. Customer loyal akan dengan rela dan senang hati mempromosikan produk atau jasa Anda kepada rekan maupun keluarga mereka,  jadi customer loyal bisa menjadi media promosi gratis.
  2. Memudahkan suatu toko atau perusahaan untuk menggapai target penjualan.
  3. Menghemat atau memaksimalkan biaya promosi. Karena saat Anda memiliki customer yang loyal maka biaya promosi yang ada bisa dialokasikan kepada customer baru.

Cara Membuat Customer Loyal

Sudah tahu kan pentingnya memiliki customer yang loyal?  Nah sekarang saatnya Anda harus membuat customer menjadi loyal.  Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat customer menjadi loyal kepada Anda.

  • Memberikan layanan yang terbaik kepada customer. Berikan ruang tunggu customer yang nyaman, jika perlu berikan minum dan cemilan. Dan jangan biarkan customer menunggu lama atau antri lama apalagi sampai mengabaikannya.
  • Jika ada masalah lebih baik akui kesalahan, meminta maaf dan berikan solusi misal barang yang diterima rusak maka bantu untuk retur dll.
  • Buatlah program loyalitas pelanggan dengan cara memberikan member card kepada setiap customer yang datang. Dan berikan program potongan khusus pemegang member card.
Contoh Member Card

Contoh Member Card (Sumber: Bee.id)

  • Namun dari hal-hal yang diatas adalah kualitas produk. Buatlah atau jual produk yang memiliki kualitas bagus karena sebaik apapun layanan yang diberikan namun jika produk nya jelek jangan harap customer akan membeli lagi di tempat Anda.

Seorang customer bisa dibilang sudah menjadi customer yang loyal jika memiliki beberapa kriteria sebagai berikut ;

Trust Customer

Trust Customer (Sumber: Freepik.com)

  • Repeat Order / Purchase
  • Referrals
  • Emotional Boanding
  • Retention
  • Satisfaction
  • Trust
  • History of C
  • Choice Reduction/ Habit

Kesimpulan

Loyal adalah kesetiaan sedangkan customer adalah orang yang membeli produk/jasa dari toko atau perusahaan. Nah untuk mendapatkan pelanggan yang loyal selain produk yang berkualitas ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan salah satunya adalah memberikan pelayanan yang maksimal.

software toko

Jangan sampai membuat customer menunggu karena antrian dikasir panjang dan juga berikan program-program yang bisa menarik loyalitas pelanggan seperti potongan diskon khsusus bagi pemegang member card.

Karena itu Anda harus didukung oleh software penjualan yang dapat mengakomodasi program-program yang menciptakan customer loyal. Seperti diskon khusus member card, undian berhadiah khusus member card, sistem point dll.

Gunakan aplikasi penjualan Beepos yang sudah dilengkapi dengan banyak fitur promosi seperti member card, diskon khusus member, poin, diskon khusus jam-jam tertentu dan juga bundling. Harga Beepos sangat hemat untuk melihatnya Anda bisa klik disini. Dan juga dapat mencobanya secara gratis selama 14 hari dengan cara klik disini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :