Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Apa itu Warung Kopi? Cara Pembukuan dengan Aplikasi Warkop

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 11 March 2022

Aplikasi warkop emang ada ya? Warkop adalah salah satu tempat favorit para remaja untuk berkumpul dengan teman-temannya. Banyak yang ingin memiliki usaha warkop, terlebih jika usaha tersebut bisa berjalan lancar dengan bantuan aplikasi warkop.

Di zaman tekonologi canggih ini, kita memiliki banyak keuntungan dengan adanya beberapa teknologi yang memudahkan pekerjaan kita. Salah satunya jika ingin menjalankan bisnis warung kopi ada aplikasi warkop. Dengan aplikasi warkop kita jadi lebih mudah menghitung keuangan bisnis warkop kita.

Sebelum kita membahasa bagaimana cara pembukuan dengan aplikasi warkop, mari kita mengetahui terlebih dahulu bisnis warkop dan sejarahnya.

Mengenal Warkop dan Sejarahnya

warkop adalah

Mengenal Lebih Jauh Tentang Warkop (Sumber: Google.com)

Warkop adalah singkatan dari warung kopi. Seperti yang kita tahu bahwa warung adalah salah satu tempat dimana kita bisa membeli barang yang kita butuhkan. Sama halnya dengan kopi, kita bisa membeli dan menikmati kopi di warung tersebut.

Itu artinya, warung kopi adalah tempat usaha yang utamanya menyajikan berbagai jenis kopi. Beberapa warung kopi umumnya juga menyajikan minuman dingin seperti es kopi atau es teh. Warung kopi juga menyajikan makanan seperti cemilan, sandwich, buah, kue kering, atau gorengan.

Sejak jaman dulu, warkop sudah banyak ada di Indonesia. Perkembangan warkop cukup pesat, sehingga mungkin saat ini tak sedikit yang menyebutnya dengan coffee shop. Sejumlah coffee shop biasanya menyediakan kopi dari mesin. Namun awalnya kopi disajikan dari ceret kuno.

Baca Juga: 6 Rahasia ukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana

Apa Bedanya Cafe dan Warkop?

beda-cafe-dengan-warkop

Sandiaga Uno Menikmati Cafe di Solong Ulee Karang Coffee Aceh (Sumber: Instagram Sandiuno)

Seperti yang sudah disinggung di atas, terdapat perbedaan dari cafe dan warkop. Perbedaan yang menonjol adalah dari penyajiannya yang menggunakan alat yang berbeda. Jika cafe saat ini sudah lebih canggih yaitu dengan menggunakan mesin untuk membuat sebuah kopi, sedangkan warkop masih menggunakan cara yang manual.

Warkop juga umumnya masih menjual kopi yang sudah berada dalam kemasan. Dalam artian bijinya sudah dihaluskan dari suatu pabrik yang mengelolanya. Sedangkan untuk cafe, mereka sudah menggunakan mesin untuk menghaluskan biji kopi. Jadi kopi yang mereka beli dari supplier masih dalam bentu biji kopi.

Tips Memulai Usaha Warung Kopi

Memiliki usaha warung kopi adalah keinginan banyak orang. Hal ini disebabkan banyaknya orang yang memilih tempat untuk berkumpul dengan teman atau saudaranya di warung kopi. Tak heran jika kita melihat setiap warung kopi di pinggir jalan selalu ramai pengunjung.

Bagi Anda yang ingin memiliki dan menjalankan usaha warung kopi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai usaha warung kopi.

1. Memastikan Subjek Target

Ketika memulai bisnis warung kopi, munculah pertanyaan: siapa target market yang Anda sasar. Anda akan bisa menentukan konsep dari usaha Anda apabila sudah mengetahui target market Anda. Sehingga Anda bisa menghitung anggaran atau modal yang perlu disiapkan.

Salah satu contoh target market yang mudah dijangkau adalah kaum milenial. Nantinya Anda bisa membuat menu kopi kekinian yang menarik.

2. Menentukan Konsep

Sebuah bisnis akan berjalan dengan lancar apabila telah membuat yang namanya business plan. Kumpulkan dan catat pertanyaan yang perlu Anda jawab, seperti tujuan Anda dalam membuat usaha warung kopi, siapa saja kompetitor Anda, keunikan apa yang ingin ditonjolkan.

Setelah mengetahui semua jawaban tersebut, selanjutnya Anda bisa menentukan konsep. Jika memilih target market milenial, Anda bisa membuat dekorasi tempat yang instagramable. Ini memudahkan Anda dalam menjangkau market milenial.

3. Membuat Menu

menentukan-konsep-warung-kopi

Menu di Warung Kopi Purnama (Sumber: Instagram.com)

Menentukan apa saja yang dijual pada warung kopi juga harus dipikirkan. Jika Anda memutuskan membuat menu dengan pilihan yang banyak, ini berpotensi mendatangkan lebih banyak pengunjung. Disarankan untuk melakukan riset menu apa saja yang sangat disukai calon pelanggan Anda.

4. Memilih Lokasi

Lokasi menjadi penentu kesuksesan usaha warung kopi. Beri titik fokus dan modal yang cukup banyak untuk fokus dalam hal ini.

Carilah tempat strategis yang sering dilewati kendaraan atau dekat komplek perumahan yang ramai. Perhatikan juga calon pelanggan di lokasi yang akan Anda pilih.

5. Melakukan Pemasaran

Cara termudah melakukan pemasaran adalah dengan memanfaatkan sosial media. Anda bisa menggunakan instagram dan facebook untuk menjangkau lebih banyak orang melalui metode online.

6. Memiliki Izin Usaha

Memiliki izin usaha merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Karena percuma saja jika Anda sudah menjalan usaha namun belum punya izin usaha, maka bisa saja usaha yang telah Anda bangun ditutup karena tidak memiliki izin.

7. Selalu Lakukan Pembukuan

Banyak orang tidak mengetahui bahwa melakukan pembukuan pada bisnis warung kopi adalah hal yang wajib. Kenyataannya banyak usaha warung kopi yang bangkrut akibat tidak melakukan pencatatan keuangan. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan warung kopi, Anda bisa menggunakan aplikasi warkop dan cafe Beepos.

Tips Mengelola Modal Usaha Warkop untuk Pemula

tips-mengelola-usaha-warkop-untuk-pemula

Mengelola Usaha Warkop (Sumber: Instagram.com)

Untuk Anda yang awam dan ingin mengelola modal usaha untuk membangun warung kopi, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

  • Membuat Catatan Belanja

    Catatlah segala pengeluaran Anda dan jadikan sebuah pembukuan

  • Catat Penjualan Harian di Kedai Kopi

    Penjualan setiap harinya juga perlu dicatat agar nantinya Anda bisa menemukan jumlah keuntungan yang Anda dapatkan perharinya

  • Buat Pencatatan Inevestari Stok Barang

    Setiap barang yang keluar dan masuk harus dicatat untuk memudahkan Anda dalam mengelola stok

  • Membuat Buku Laba dan Rugi

    Setelah mencatat segala pengeluaran dan pemasukan stok dan keuangan, selanjutnya Anda bisa membuat laporan laba rugi

Bagaimana Cara Membuat Pembukuan untuk Usaha Warung Kopi?

Tujuan dari membuat pembukuan pada usaha warung kopi adalah untuk mengetahui sejauh mana bisnis Anda berkembang. Anda bisa melakukan pengecekan profit melalui pembukuan yang Anda buat. Jika Anda belum pernah membuat pembukuan, berikut ini adalah caranya:

  1. Menyiapkan Catatan Transaksi Pengeluaran
  2. Mencatat Transaksi Pemasukan
  3. Membuat Buku Kas
  4. Membuat Catatan Inventaris
  5. Membuat Laporan Laba-Rugi

Contoh Laporan Keuangan Warung Kopi

Ini adalah salah satu contoh laporan keuangan yang bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk membuat laporan keuangan usaha bisnis kopi Anda.

Contoh Laporan Keuangan Cafe Pahlawan dengan Beepos (Sumber: Bee.id)

Cara Menghitung Break-Even Point (BEP) Warung Kopi

  • Biaya Tetap (Fixed Cost)

    Merupakan Biaya yang harus dikeluarkan baik warkop Anda melakukan atau tidak melakukan kegiatan penjualan. Misalnya seperti biaya tetap listrik, internet, sewa bangunan dan biaya serupa lainnya.

  • Biaya Variabel (Variable Cost)

    Biaya variabel adalah biaya yang berhubungan langsung dengan penjualan. Biaya Harga Pokok Penjuala merupakan salah satu contoh biaya variabel yang krusial dan signifikan dalam menentukan nilai BEP kedai kopi.

  • Biaya Semi Variabel (Semi-Variable Cost)

    Gaji pekerja kadang dimasukkan dalam kategori semi-variable cost karena beberapa sudah tetap dan beberapa tidak.

Aplikasi Warkop Terintegrasi POS dan Akuntansi

Seperti yang sudah dibahas di paragram pertama, dalam memudahkan pengelolaan usaha warung kopi adalah dengan bantuan teknologi. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk usaha warkop adalah aplikasi warkop Beepos.

Beepos merupakan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan pos dan akuntansi. Sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan sistem kasir, dengan penghitungan dan pencatatan keuangan yang otomatis. Anda tinggal melakukan pengecekkan laporan akuntansi pada aplikasi kasir Beepos.

Aplikasi warkop Beepos adalah sistem Point of Sales (POS) yang terintegrasi langsung dengan pembukuan, transaksi, stok, invoice hingga laporan. Aplikasi ini dapat memudahkan anda dalam mempercepat pengambil keputusan bisnis. Banyak juga digunakan untuk bisnis Cafe, Kedai Kopi atau Angkringan.

Kesimpulan

Warung kopi salah satu bisnis populer yang mudah dijalankan oleh siapapun. Bisa dikatakan membuka warung kopi membutuhkan modal yang minim. Anda bisa menggunakan alat bantu yaitu aplikasi warkop kasir Beepos untuk memudahkan pengelolaan warung kopi Anda. Coba gratis 14 dengan klik gambar di bawah ini!

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

4 Tools Aplikasi Bikin Surat Penawaran
Membuat surat penawaran bukanlah menjadi masalah bagi orang yang sudsh terbiasa membuat surat penawaran untuk menjual barang atau jasa. Namun […]
Baca Juga
Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik
Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat […]
Baca Juga
5 Rekomendasi Printer Kasir Portable
Di tengah-tengah kegiatan bisnis yang semakin giat, printer kasir portable telah menjadi salah satu dari banyak perangkat yang dicari. Dalam […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu