Logo Bee Web

7+ Cara FYP di TikTok Bikin Promosi Makin Top

Pusing buat konten tidak fyp-fyp? Yuk simak beberapa tips berikut ini tentang cara fyp di TikTok untuk promosi bisnis lebih top
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 11 May 2023

Siapa saat ini yang tidak mengenal TikTok? Media sosial yang kini sedang populer dan digandrungi banyak kalangan. Membangun berbagai trend dari lagu, makanan, jasa sampai produk. Tak jarang pebisnis berbondong-bondong melakukan promosi di TikTok Hal ini menjadi peluang yang cukup bagus bagi pebisnis dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan. Yuk, cara fyp di TikTok untuk mensukseskan promosi.

Cara FYP di Tiktok dan Cara Promosinya

Promosi Di Tiktok

Ilustrasi Aplikasi TikTok (Credit: Freepik.com/@goodmood_studio)

Tiktok sendiri adalah media sosial berbasis video singkat dengan fitur perekam sampai pengeditan, fitur inilah yang membedakan TikTok dengan media sosial lainnya.

Dengan keberagaman fitur dan kemudahan dalam penggunaan TikTok semakin berkembang dan memiliki banyak penggemar.

Simak tips sukses cara promosi bisnis di tiktok berikut ini:

1. Menggunakan Akun Bisnis

Tips awal agar sukses melakukan promosi bisnis dengan menggunakan platform TikTok adalah dengan menggunakan akun bisnis. Dimana dengan menggunakan akun bisnis Anda bisa menambahkan tautan website toko atau platform e-commerce pada bio.

Penambahan link ini akan lebih memudahkan calon konsumen dalam melakukan promosi. Selain itu, dengan menggunakan akun bisnis Anda akan mendapatkan beberapa fitur keuntungan lainnya.

2. Riset Style Pengguna TikTok

Setelah memiliki akun tiktok, langkah selanjutnya cara fyp di Tiktok adalah dengan melakukan riset bagaimana style kesukaan pengguna badan bagaimana cara melakukan optimasinya. Setiap media sosial memiliki gaya masing-masing termasuk TikTok.

Pengguna TikTok sendiri kebanyakan dipengaruhi oleh generasi milenial dan gen Z, yang mana konten yang kreatif, semangat dan jenaka lebih digemari. Sehingga dalam membuat konten nantinya usahakan menggunakan jenis konten yang menarik dan fresh agar lebih mudah digemari.

3. Buat Konten yang Menarik dan Berkualitas

Coba lihat dari sudut pandang pengguna dan penikmat konten, Anda lebih memilih mana konten yang berkualitas atau konten yang hanya sekedar dengan kualitas gambar asal-asalan isi konten yang tidak jelas.

Jelas Anda lebih memilih konten yang berkualitas untuk di tonton, untuk itu Anda perlu upgrade skill dan kualitas kamera dalam proses pembuatan konten. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan konten yang menarik, menghibur lebih lagi konsep konten yang sedang viral kala itu.

Dengan membuat konsep kontan yang sedang viral atau trending di TikTok akan lebih memudahkan Anda berbaur secara alami dengan audience, promosi pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Berikut ini ada rekomendasi ide konten promosi yang cukup diminati di TikTok

a. Konten Komedi Hiburan

rekomendasi ide konten promosi pertama adalah konten komedi hiburan yang bersifat ringan, meskipun Anda berniat untuk melakukan promosi coba balut dengan unsur komedi yang menghibur.

Usahakan juga buat konten semenyenangkan mungkin. Dengan demikian konsep promo Anda akan lebih mudah diterima oleh audience TikTok.

b. Konten Tutorial

Selain konten hiburan, audience Tiktok juga menyukai video tutorial, baik tutorial make-up, memasak sampai melukis. Jenis konten ini bisa Anda manfaatkan untuk menunjukkan bagaimana produk Anda digunakan.

Contohnya Anda merupakan pebisnis yang menjual produk make-up Anda bisa membuat video promosi dengan konsep tutorial make-up yang juga bisa berguna untuk membangun brand awareness dan kepercayaan calon customer.

Dimana dalam video tersebut Anda memberikan gambaran bagaimana produk make-up Anda ketika diaplikasikan, jika memang bagus maka peluang penonton untuk menjadi pembeli juga akan semakin tinggi.

c. Konten Edukasi

Berikutnya adalah membuat konten edukasi, audience TikTok cukup tertarik dengan konten edukasi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya dokter sekaligus konten kreator yang sukses terkenal di platform tersebut dengan edukasi kesehatan yang mereka berikan dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak selamanya konten edukasi membosankan, Anda hanya perlu berkreasi bagaimana caranya membuat konten edukasi semenarik mungkin agar banyak diminati.

d. Behind the Scene

Selanjutnya adalah konten behind the scene, kenapa jenis konten ini cukup diminati? sebab, para konsumen zaman sekarang memiliki kepedulian tinggi kepada produk yang akan mereka beli.

Mulai dari apa yang akan mereka kenakan atau akan mereka makan nantinya. Dengan memberikan konten behind the scene ini konsumen akan lebih percaya dengan produk yang Anda jual.

Karena sebelumnya mereka telah mengetahui bagaimana proses di balik layar pembuatan produk. Bahkan tidak jarang audience TikTok memberikan kritik pedas pada pedagang yang didalam kontennya tidak menggunakan standar yang sesuai.

Oleh sebab itu, yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten behind the scene semenarik mungkin dan sebersih mungkin. Usahakan kebersihan tidak hanya untuk konten saja tapi untuk keseharian juga.

Baca Juga: Cara Membuat Content Marketing Menarik dan Unik

4. Gunakan Filter, Sound, dan Effect yang lagi Viral

Tips sukses promosi di TikTok adalah dengan memanfaatkan filter, sound hingga effect yang sedang viral dan banyak digunakan. Kenapa harus menggunakan sound dan filter yang sedang viral?

Ini yang menjadi keunikan dari TikTok, akun yang hanya memiliki follower yang sedikit saja berpotensi mendapatkan view yang tinggi hanya dengan memanfaatkan fitur tersebut.

Sebab, biasanya TikTok akan merekomendasikan jenis konten yang menggunakan filter, sound dan effect yang sedang viral untuk masuk di halaman audience.

Dengan tingginya view, maka dapat mendatangkan followers baru, menaikkan engagement dan tentunya meningkatkan penjualan.

5. Cantumkan Hastag Challenge

Dalam meningkatkan engagement media sosial mana saja hastag bisa menjadi solusinya. Namun, setiap platform memiliki aturan dan konsep yang berbeda.

Untuk TikTok penggunaan hashtag challenge yang sedang trend pada postingan memudahkan konten muncul di beranda para pengguna atau biasa disebut dengan FYP atau for your page. Namun, untuk Anda yang sedang promosi alangkah sebaiknya mencantumkan hashtag challenge sendiri dan menciptakan trend.

Contoh penggunaan hashtag challenge pada brand ternama di Indonesia adalah traveloka dengan memanfaatkan tagline singkatnya sebagai hashtag #JamTerbangTraveloka

6. Manfaatkan Fitur Stitch

Berikutnya adalah menggunakan dan memanfaatkan fitur stitch, apa itu stitch? Stitch adalah fitur yang ada dalam platform Tiktok yang digunakan untuk menanggapi informasi yang diberikan oleh konten kreator lain dengan cara menyambung adegan dari video konten ang pertama.

Anda bisa membangun brand awareness dari penggunaan fitur ini dengan memberikan tanggapan dan pendapat Anda, atau melakukan penjualan secara langsung sebagai dengan dalih memberikan solusi kepada mereka.

7. Tambahkan Fitur Terbaru

Cara promosi di Tiktok berikutnya adalah senantiasa update dengan perkembangan fitur yang ada di TikTok begitu juga dengan trend yang sedang terjadi, biasanya fitur dan trend ini saling berkaitan.

Dengan Anda menggunakan fitur terbaru dan selalu update informasi customer akan merasa lebih dekat dengan Anda, tujuan dari promosi pun akan lebih mudah tercapai.

8. Gunakan Fitur TikTok Ads

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan fitur ads yang disediakan di TikTok, pada tahapan ini Anda perlu mengeluarkan beberapa budget untuk pemasaran, meskipun demikian promosi di TikTok bisa dianggap menguntungkan dengan pengguna dan audience begitu besar.

Baca Juga: Instagram Ads: Cara Efektif Beriklan di Platform Populer 2023

Meskipun Anda sudah menggunakan fitur ads, pastikan tetap fokus pada seberapa menarik konten Anda, karena meskipun budget yang sudah dikeluarkan tinggi namun konten tidak menarik hasilnya akan sama saja.

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Selain memperhatikan konten, ketika melakukan promosi pastikan anggaran keuangan yang dikeluarkan sudah benar, dan tidak asal-asalan. Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online Beecloud dalam melakukan manajemen keuangan bisnis.

Hanya perlu klik-klik dan memasukkan transaksi jual dan beli laporan keuangan akuntansi langsung jadi, analisa anggaran keuangan pun jauh lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Kumpulan Ide Usaha Sampingan, Dijamin Banyak Cuan!
Anda berencana untuk mulai menjalankan usaha sampingan? apa bingung nentuin ide usaha sampingan apa? Alasan setiap orang tertarik mungkin tidak
Baca Juga
Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21
Aplikasi e-SPT PPh 21 diciptakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21. Sebelum era e-SPT,
Baca Juga
Tahapan Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain), Komponen dan Prinsipnya
Rantai pasok adalah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai tahap, entitas, dan proses yang saling terkait dalam mengantarkan produk atau
Baca Juga
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
Permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan utama yang membentuk dinamika pasar dalam ekonomi. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pun
Baca Juga
Instagram Ads: Cara Efektif Beriklan di Platform Populer 2023
Apakah Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas untuk bisnis Anda? Instagram Ads dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda.
Baca Juga
Software Kasir Android; 8 Fitur Andalan Bee.id
Di era menjamurnya bisnis jual beli online, banyak orang berbondong-bondong mencari software kasir Android. Tidak peduli seberapa besar omset atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu