Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Cari Aplikasi Pembukuan Bengkel? Simak Biar Nggak Salah Pilih!

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 20 June 2022

Ketika Anda adalah pemilik bisnis yang menjalankan bengkel otomotif, memiliki aplikasi pembukuan bengkel yang tepat akan membantu manajemen service antrian bengkel.

Aplikasi pembukuan bengkel terbaik memiliki fitur -fitur ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan khusus pemilik bisnis, tidak terkecuali untuk bisnis layanan seperti bengkel.

Ketika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pembukuan bengkel, penting untuk meninjau semua fitur di dalamnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih aplikasi pembukuan untuk bisnis bengkel Anda.

Kenapa Bengkel Butuh Aplikasi Pembukuan?

Kenapa Bengkel Membutuhkan Aplikasi Pembukuan Bengkel

Ilustrasi Mekanik sedang Memperbaiki Mobil (Sumber: Pexels.com)

Sama seperti bisnis lain, bisnis bengkel juga perlu memastikan keuangan mereka baik -baik saja. Tanpa kondisi keuangan yang baik, semua bisnis tidak dapat berjalan dengan seharusnya.

Sayangnya tidak sedikit bisnis, terutama bengkel di Indonesia tidak menggunakan aplikasi pembukuan atau bahkan tidak melaksanakan proses pembukuan untuk memastikan kesehatan keuangan mereka.

Mereka masih berasumsi bahwa pembukuan adalah proses yang memakan waktu dan sulit.

Mungkin alasan ini benar jika Anda menggunakan proses manual, tetapi jika Anda menggunakan aplikasi pembukuan seperti Beeaccountting, Anda dapat dengan mudah melakukan proses pembukuan dan manajemen bisnis Anda dengan mudah dan praktis tanpa harus mengetahui pengetahuan akuntansi secara mendalam.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan untuk bengkel, Anda dapat dengan mudah merekam semua transaksi, memeriksa pos pemborosan pada bisnis, memastikan rencana Anda berjalan secara optimal dengan data keuangan faktual, dan memudahkan Anda membuat keputusan bisnis.

Selain itu, mari kita ketahui beberapa fitur yang dapat menjadi pertimbangan ketika Anda memilih aplikasi pembukuan yang tepat untuk bengkel Anda.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Aplikasi Pembukuan Bengkel

Memilih Aplikasi Pembukuan Bengkel

Ilustrasi Mekanik Berdiskusi tentang Surat Perintah Kerja (Sumber: Pexels.com)

Untuk memastikan bahwa aplikasi pembukuan yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis bengkel, pastikan Anda memiliki hal atau fitur berikut:

1. Pencatatan Pengeluaran dan Pemasukan Terintegrasi dengan Akuntansi

Ini adalah fitur utama yang harus ada di setiap aplikasi pembukuan untuk bisnis apa pun. Ingat, Anda tidak dapat menghitung apa yang tidak dapat Anda ukur.

Oleh karena itu pastikan aplikasi pembukuan yang Anda pilih dapat membuat pengeluaran dan pendapatan sehingga Anda dapat mengetahui berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Untuk bisnis bengkel, pastikan aplikasi pembukuan juga dapat mencatat penjualan layanan atau item per paket. Ini karena bisnis bengkel tidak hanya menjual produk seperti suku cadang tetapi juga bisnis bengkel menjual layanan seperti service.

Jadi, jika Anda berencana untuk menggunakan aplikasi pembukuan, tanyakan pada penyedia software tentang fitur pencatatab layanan sehingga Anda tidak memilih aplikasi pembukuan yang salah untuk bisnis Anda.

2. Membuat Invoice dan Mencatatnya Secara Otomatis

Ini juga merupakan fitur dasar yang harus dimiliki oleh setiap aplikasi pembukuan, membuat faktur atau invoice secara otomatis. Jika Anda menjual atau membeli, faktur diperlukan sebagai dasar bukti untuk transaksi.

Jika Anda menggunakan metode manual dalam membuat faktur, itu pasti akan memakan waktu. Dengan menggunakan Beeaccountting, Anda dapat memilih lebih dari templat faktur yang sesuai dengan karakteristik bengkel Anda dan akan tercatat dalam sistem secara otomatis.

Selain itu, Anda juga dapat mengirim faktur melalui email atau whatsapp sehingga Anda tidak perlu mencetaknya dan membuat bisnis Anda lebih efisien dan ramah lingkungan.

3. Memiliki Fitur Manajemen Persediaan yang Lengkap

Penjualan Vs Stok Klop Software Bengkel

Ilustrasi Kartu Stock Aplikasi Pembukuan Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bisnis bengkel juga menyediakan produk seperti suku cadang, aksesori otomotif, dan sejenisnya.

Untuk alasan ini, penting bagi Anda untuk memilih aplikasi pembukuan yang memiliki fitur manajemen inventaris paling lengkap untuk memastikan bahwa semua stok yang Anda jual sedang dalam pemantauan.

Dengan Beeaccounting, Anda dapat memantau semua stok di banyak gudang dengan fitur multi gudang dan memudahkan Anda untuk merekam dan memeriksa stok yang tersedia menggunakan pemindai barcode.

Pembukuan dan manajemen inventaris adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Proses manajemen stok yang buruk akan berdampak pada laporan keuangan bengkel, dan membawa Anda ke kerugian bisnis.

4. Penghitungan Penyusutan Aset

Bisnis apa pun tentu memiliki aset, terutama bisnis jasa seperti bengkel. Aset Anda seperti bangunan, peralatan, dan persediaan harus dihitung secara teratur untuk memastikan bahwa semua aset ini selalu dalam kondisi prima.

Jika Anda menggunakan Beeaccouting, Anda juga dapat menghitung penyusutan aset secara otomatis. Dengan begitu Anda dapat menentukan nilai penjualan aset sesuai dengan sistem Beeaccounting. (Jika Anda ingin menjualnya)

Banyak pemilik bisnis tidak tahu seberapa penting perhitungan aset, meskipun nilai ini juga termasuk dalam laporan keuangan dan berguna ketika Anda ingin mengajukan pinjaman ke bank atau investor.

5. Pastikan Skalabilitasnya

Untuk setiap pemilik bisnis, tentu saja Anda ingin melihat bisnis berkembang. Tetapi apakah alat yang Anda gunakan untuk mendukung perkembangan ini?

Bahkan ada banyak perangkat lunak di luar sana yang dikembangkan hanya untuk skala tertentu. Dan ketika bisnis berkembang dengan semua proses di dalamnya, perangkat lunak tidak dapat memenuhi kebutuhan bisnis.

Jika Anda menggunakan Beeaccountting, Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, mulai dari gratis hingga dibayar.

Jadi dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi Beeaccountting, Anda tidak perlu meragukan skalabilitas untuk bisnis Anda dengan Beeaccountting, karena Beeaccountting dirancang untuk setiap jenis dan skala bisnis.

6. Laporannya Mudah Dimengerti

Laporan Komisi Mekanik Usaha Bengkel

Ilustrasi Laporan Komisi Mekanik Aplikasi Pembukuan Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Ingat, tidak semua pemilik bisnis harus memahami pembukuan, tetapi setiap bisnis harus memiliki pembukuan. Jadi pastikan Anda mencari aplikasi pembukuan yang memiliki laporan yang mudah dipahami agar lebih mudah bagi Anda untuk membuat keputusan berdasarkan data keuangan yang valid.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan bengkel Beeaccounting, Anda dapat dengan mudah mendapatkan jenis laporan keuangan secara praktis dan hanya dalam beberapa klik.

Tidak hanya itu, dasbor di Beeaccounting juga memiliki penampilan sederhana dan intuitif yang berisi informasi bisnis yang mudah dimengerti bahkan bagi mereka yang bahkan tidak memahami akuntansi.

Dengan menggunakan semua data ini, nanti Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data keuangan yang valid dan sesuai dengan kenyataan yang terjadi di bengkel Anda.

7. Memiliki Layanan Pelanggan yang Baik

Jika Anda adalah pemilik bengkel yang baik, Anda pasti tahu bahwa layanan pelanggan adalah segalanya untuk bisnis jasa, dan itulah yang membedakan bengkel Anda dan bengkel lainnya.

Ini juga sama ketika Anda memilih aplikasi pembukuan untuk bisnis bengkel Anda. Pastikan mereka memiliki layanan pelanggan yang baik sehingga Anda tidak menyesal saat menggunakan aplikasi.

Ingat, pengembang aplikasi pasti akan mengatakan bahwa aplikasi mereka memiliki operasi termudah, tetapi kenyamanannya relatif, terutama jika Anda adalah pemilik bisnis yang buta dengan pembukaan.

Karena alasan ini, layanan pelanggan penting ketika Anda mencoba memahami seluruh fitur aplikasi pembukuan yang Anda pilih dan fungsinya dalam pengoperasian bengkel Anda.

Dan tentu saja, Beeaccounting memiliki layanan pelanggan professional yang tidak akan mengecewakan Anda.

Aplikasi Pembukuan Bengkel untuk Manajemen Service Antrian Bengkel

Aplikasi pembukuan bengkel didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor. Aplikasi pembukan bengkel Beeaccounting terintegrasi mulai dari pencatatan order dan servis, antrian kendaraan, riwayat service, penjualan jasa dan sparepart, komisi teknisi, pembelian, hutang, stok, kas/bank hingga akuntansi. Berikut beberapa fitur utama dari aplikasi pembukuan bengkel Beeaccounting:

  • Sistem manajemen service dengan nomor urut antrian
  • Buat dan cetak surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) otomatis
  • Cepat rekap pekerjaan mekanik dan akurat hitung komisi
  • Mencegah kehabisan stok sparepart
  • Keterangan saran service untuk mengingatkan jadwal service selanjutnya
  • Monitor pendapatan jasa vs penjualan sparepart
  • Database pelanggan
  • Pencatatan riwayat service kendaraan terstruktur

Beeaccounting Bengkel Cc Web

4 Tools Aplikasi Bikin Surat Penawaran
Membuat surat penawaran bukanlah menjadi masalah bagi orang yang sudsh terbiasa membuat surat penawaran untuk menjual barang atau jasa. Namun […]
Baca Juga
Pentingnya Analisi Laporan Keuangan
Biasanya di akhir periode tahun berjalan, seorang akuntan yang bekerja untuk sebuah perusahaan akan membuat berbagai macam laporan keuangan seperti […]
Baca Juga
Apa Pengertian Invoice? Jenis-jenis, Fungsi dan Contohnya
Pada artikel ini akan dijelaskan secara detail mengenai pengertian, jenis-jenis invoice, hingga contohnya. Bukti transaksi merupakan salah satu bagian penting […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu