Logo Bee Web

Apa Saja Skill Pengusaha yang Wajib Anda Kuasai?

Banyak orang percara sukses itu dari skill yang dilatih Sebenarnya ada banyak skill pengusaha yang wajib Anda kuasai untuk membawa bisnis menuju kesuksesan.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 23 August 2019

Banyak pengusaha yang percaya bahwa kesuksesan dari suatu bisnis adalah kemampuan dan pengalaman di bidang mereka masing-masing. Namun, sebenarnya ada banyak skill pengusaha yang wajib Anda kuasai untuk membawa bisnis menuju kesuksesan.

Meskipun keberanian dan kesabaran pasti diperlukan adalah membangun sebuah bisnis baru, Anda juga harus memiliki beberapa skill di bawah ini untuk menunjang berkembangnya bisnis.  Di bawah ini, Anda bisa mengetahui beberapa skill penting yang akan membantu Anda menjalankan usaha dengan lancar.

Baca Juga: 6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana

1. Sikap ambisius

Kita semua rentan menyerah saat menghadapi hal yang sulit, namun pengusaha yang paling sukses hingga saat ini pasti memiliki sikap ambisius sehingga mampu mengatasi kesulitan. Mereka didorong oleh semangat untuk sukses serta menyadari bahwa ada banyak langkah yang harus dilalui untuk meraih kesuksesan itu.

Jika Anda memiliki sikap ambisius, Anda akan memiliki dorongan pribadi untuk bekerja keras serta mau berjuang demi kesuksesan. Jangan pernah mencari cara singkat yang menawarkan hasil instan tanpa proses, karena hasil yang Anda dapatkan pasti akan berbeda dibandingkan dengan usaha sendiri.

2. Skill dalam Memauan Belajar

Skill Pengusaha

Pentingnya Memiliki Kemauan untuk Belajar (Sumber: Freepik.com)

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa proses belajar berakhir saat Anda lulus kuliah atau selesai dalam pelatihan tertentu, namun ini tidak tepat. Seiring dengan perkembangan zaman, Anda harus tetap belajar dalam berbagai hal yang bisa menunjang usaha seperti perubahan teknologi, evolusi industri, cara pemasaran, dan lain-lain. Intinya, Anda harus selalu haus akan pengetahuan.

Jangan ragu mencari saran atau solusi dari orang yang sudah sukses dalam bisnis serupa.

3. Skill Menjadi Pendengar yang Baik

Memimpin sebuah tim yang hebat atau melayani konsumen dengan sepenuh hati tentunya tidak bisa terlaksana jika Anda tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Karena komunikasi berjalan dua arah, Anda harus bisa memahami apa yang diungkapkan lawan bicara dari kata-kata dan bahasa tubuh.

Dengan mengetahui ketertarikan dan motivasi orang lain dari komunikasi Anda, Anda bisa memberikan pelayanan yang tepat serta membangun image positif di komunitas. Jangan sampai orang menilai Anda terlalu fokus dengan tujuan pribadi tanpa mempedulikan keinginan konsumen.

4. Memiliki Kreativitas Tinggi

Skill Pengusaha

Setiap Orang Memiliki Kreativitas Masing-masing (Sumber: Freepik.com)

Jika hal yang sama dilakukan terus menerus dalam bisnis tanpa adanya suatu perubahan, bisa dipastikan tidak akan ada hasil yang lebih baik. Dalam menjalankan bisnis, salah satu skill pengusaha yang paling penting adalah kreativitas.

Jangan takut mencoba hal baru, karena pada akhirnya Anda akan menemukan sesuatu yang berhasil dan bisa diterapkan dalam bisnis. Perhatikan juga ketertarikan dan keinginan orang-orang di sekitar Anda karena itu bisa membantu Anda mengembangkan inovasi baru.

5. Sikap Asertif dan Percaya Diri

Walaupun tadi disebutkan bahwa mendengarkan lawan bicara sangat penting untuk komunikasi yang efektif, penting juga bagi Anda untuk mengetahui kapan harus mengambil alih pembicaraan serta mengungkapkan dan bertahan pada pendapat Anda.

Anda memang sebaiknya mempertimbangkan permintaan dan saran dari orang lain, namun bukan berarti Anda harus selalu setuju. Untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda perlu memiliki prinsip dan berpegang teguh kepadanya.

6. Memiliki Skill Daya juang

Hampir tidak ada pengusaha sukses yang tidak pernah mengalami kegagalan. Hal yang membawa mereka menuju kesuksesan adalah kemauan untuk bangkit dan tidak melihat suatu kegagalan sebagai akhir dari segalanya. Jika suatu saat Anda menemui halangan atau bahkan kegagalan, jangan bersikap pesimis.

Anda harus terus mencoba, namun tentunya dengan usaha yang lebih baik dan risiko yang lebih diperhitungkan. Dengan daya juang yang tinggi, pasti akan ada hasil yang bisa Anda nikmati di kemudian hari. Akan lebih baik jika Anda menjadi diri sendiri. Namun beberapa skill di atas bisa Anda pelajari dan latih agar Anda bisa menjadi pengusaha Sukses 🙂

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya
Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran
Baca Juga
11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
7 Tips Kelola Hutang Usaha dengan Mudah
Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha. Dalam
Baca Juga
9 Tips Manajemen Kontrol Stok dan Inventaris
Kontrol stok atau dikenal sebagai kontrol inventaris, digunakan untuk menunjukkan berapa banyak stok yang Anda miliki pada satu waktu. Berlaku
Baca Juga
Cara Berbisnis Pemula dan Rekomendasi Usaha
Ingin tahu cara berbisnis pemula dan memulai bisnis dengan sukses? Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, tidak perlu khawatir.
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu