Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Tips Memilih Software Kasir Minimarket Terbaik

Dipublish Tgl: Friday, 26 August 2022

Jumlah penduduk Indonesia yang banyak memiliki potensi yang besar untuk menjalankan sebuah bisnis usaha. Populasi dan keberagaman tersebar di seluruh Indonesia. Tidak kaget jika hampir semua jenis bisnis akan laku. Salah satunya adalah bisnis minimarket. Jika Anda memiliki bisnis minimarket maka Anda sudah tidak asing dengan software minimarket. Nah di artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana tips memilih software kasir minimarket terbaik.

Alasan Mengapa Bisnis Ritel Menggunakan Software Minimarket?

Tugas Karyawan Minimarket

Ilustrasi Kasir dengan Software Minimarket (Sumber: Freepik.com)

Ada banyak barang yang dijual oleh para pelaku usaha retail. Tentunya banyak juga transaksi penjualan barang setiap harinya. Ditambah harus membuat laporan penjualan dari transaksi-transaksi tersebut. Ini membutuhkan waktu yang lama apabila pengerjaan dilakukan secara manual.Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis untuk mempunyai software yang dapat membantu meringankan pekerjaan tersebut.

Ada beberapa alasan lain yang bisa menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk memiliki software kasir, diantaranya :

  • Mengurangi terjadinya human error

Pasti ada kesalahan dalam suatu kegiatan berbisnis. Contohnya dalam melakukan perhitungan stok. Sebagai upaya untuk meminimalisir hal tersebut kita dapat membebankan pekerjaan tersebut kepada software kasir.

  • Meminimalkan kerugian perusahaan

Ada banyak celah kelemahan dalam sistem apabila semua kegiatan usaha dilakukan secara manual. Berbeda ketika kita menggunakan software kasir. Dengan mneggunakan software kasir kita dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi jalannya pengadaan stok barang hingga barang terjual.

  • Meningkatkan efesiensi

Software kasir memberikan banyak kemudahan dalam memantau kegiatan usaha. Proses yang memakan waktu lama ketika dikerjakan secara manual, dapat dengan singkat dikerjakan oleh software kasir. Dari sini kita dapat menganalisa bahwa dengan software kasir kita dapat memangkas waktu. Kita bisa menggunakan SDM kita untuk melakukan hal lain yang lebih penting.

  • Proses checkout akan lebih maksimal

Sekarang proses checkout dapat lebih mudah dilakukan karena telah menggunakan pemindai barcode. Proses checkout yang cepat dapat membuat pelanggan merasa puas karena tidak perlu menunggu antrian lama.

  • Harga yang konsisten

Dengan software kasir kita dapat melakukan perubahan harga sevara serentak tanpa harus mengubah satu persatu. Sehingga pelanggan dapat melihat harga terupdate dari setiap produk yang ada.

Konsep Bisnis Minimarket Rumahan

Keberadaan bisnis minimarket sebetulnya adalah bentuk penyederhanaan dari modern market yang sebelumnya telah ada. Konsep bisnis mini market hampir sama dengan modern market hanya saja skalanya lebih kecil. Dengan luas yang tidak terlalu lebar, lokasi yang mudah dijangkau, produk yang lebih murah membuat usaha minimarket menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di masa depan.

Strategi Mengembangkan Bisnis Minimarket

Ilsutrasi Minimarket Pinggir Kota

  • Pilih lokasi yang strategis

Dalam sebuah kegiatan usaha, pemilihan lokasi sangat penting. Lokasi yang strategis dapat mendekatkan kita pada target pasar. Semakin ramai lokasi usaha semakin mudah kita mendapatkan pelanggan.

  • Hitung laba yang ingin diraih secara tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa profit dalam tujuan utama dalam berbisnis. Penting bagi pelaku usaha untuk menganalisa penjualan. Membandingkan cost yang dikeluarkan tidak lebih dari hasil penjualan. Dengan kata lain, bisnis yang dijalankan mendapat keuntungan.

  • Memiliki branding yang baik

Semakin terkenalnya usaha kita di masyarakat maka semakin mudah kitamendapatkan pelanggan. Maka dari itu diperlukan usaha agar konsumen dapat dengan mudah teringat dengan bisnis kita. Disini peran branding sangat diperlukan. Branding yang baik akan memberikan kesan yang baik pula di mata konsumen. Untuk membantu proses branding, kita dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk melakukan co-branding.

  • Melakukan promosi dengan cara yang kreatif

Salah satu pendekatan konsumen adalah dengan menawarkan diskon, program yang dapat membuat konsumen merasa diuntungkan. Cara-cara kreatif dapat dilakukan untuk menarik konsumen berbelanja di supermarket kita.

  • Memaksimalkan penggunaan teknologi

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, kita diharapkan dapat peka terhadap perubahan teknologi dalam kegiatan berbisnis. Salah satu penerapan teknologi dalam usaha ini adalah, dengan memanfaatkan software akuntansi untuk membantu dalam pencatatan transaksi, pengontrolan kegiatan keluar masuk stok barang dan masih banyak lainnya.

  • Miliki manajemen usaha yang baik

Dalam kegiatan usaha, manajemen yang baik dapat mempengaruhi kinerja kegiatan usaha. Manajemen yang kurang baik akan mempengaruhi layanan kita kepada konsumen. 

Fungsi dan Tujuan Software Kasir Minimarket

Thumbnail Youtube Minimarket email

Ilustrasi Software Minimarket Beepos (Sumber: Bee.id)

  1. Melakukan pencatatan transaksi peregrakan barang masuk dan keluar
  2. Mencatat biaya-biaya lain yang ada di toko
  3. Mencatat transaksi pelanggan
  4. Mencatat performa dari tim sales
  5. Laporan secara otomatis dapat langsung dilihat
  6. Dapat dijalankan secara offline, sehingga tidak terganggu transaksi ketika koneksi internet terganggu

Apa Manfaat menggunakan Software Minimarket?

  1. Membantu pencatatan transaksi penjualan agar lebih cepat
  2. Melakukan pengawasan aktifitas took dengan sistem point of sale
  3. Melakuakn pembukuan transaksi pengadaan barang dari vendor
  4. Harga penjualan otomatis/terstandarisasi
  5. Melakukan pencocokan data secara otomatis
  6. Penyesuaian atas penerimaan pembayaran menjadi lebih cepat
  7. Meminimalisir kesalahan pencatatan dan operasional toko
  8. Meningkatkan pelayanan agar lebih optimal
  9. Menghindari penipuan sehingga meningkatkan kepercayaan diri kepada pelanggan
  10. Menyimpan riwayat transaksi pelanggan yang melakukan pembelian berulang untuk program loyaltias
  11. Dapat membantu menganalisa barang apa yang paling banyak diminati dan sebaliknya

Tips Memilih Software Minimarket Terbaik

01 Software Kasir Minimarket POS

Tampilan Software Kasir Minimarket Beepos (Sumber: Bee.id)

  • Software kasir yang responsive untuk perangkat PC

Melihat kondisi banyak swalayan, sangat direkomendasikan software kasir dapat kompatibel untuk digunakan pada perangkat desktop. Sebab dari banyak device yang ada, perangkat PC yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan ini.

  • Software kasir supermarket yang kompetibel dengan hardware kasir

Perangkat yang dibutuhkan kasir supermarket cukup kompleks. Ada mesin scan kode, mesin card reader atm, printer nota, dan laci kasir. UIntuk mendukung kegiatan bisnis agar berjalan lancar, maka software kasir harus compatible dengan berbagai perangkat hardware yang dibutuhkan kasir. 

  • Software kasir supermarket yang mendukung banyak sistem pembayaran

Semakin hari semakin beragam metode pembayaran yang bisa digunakan dalam transaksi jual beli. Melihat hal tersebut, software kasir harus mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

  • Software kasir yang mendukung membership

Tidak jarang supermarket memberikan diskon khusus kepada pembeli yang telah menjadi member. Ini merupakan salah satu strategi untuk menggaet pelanggan baru. Maka dari itu diharapkan software kasir mampu mengelolah data membership pelanggan.

  • Software kasir yang mudah digunakan

Kecepatan dan kemudahan software kasir sangat mempengaruhi kinerja pelayanan transaksi.

  • Software kasir yang memberikan fitur laporan

Sebuah laporan transaksi di dalam kegiatan usaha sangat diperlukan untuk melihat kondisi bisnis yang sedang dijalankan. Software kasir yang memiliki fitur laporan dapat dipertimbangkan.

  • Software kasir supermarket yang memberikan fitur pengelolaan stok

Software kasir yang bagus dapat membantu mempermudah pelaku usaha untuk mengelola stok barang yang dimiliki.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas kita dapat melihat banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan software kasir. Beberapa proses dalam kegiatan usaha dalam dilakukan secara cepat sehingga dapat menghemat waktu. Lalu bagaimana dengan bisnis kalian? Apakah sudah menggunakan software kasir?

Setelah mengetahui pentingnya penggunaan software mnimarket terbaik untuk toko/minimaarket, Anda akan bertanya kemana harus mempercayakan urusan ini. Jangan khawatir, Anda cukup mempercayakannya urusan Anda ke Software Minimarket Beepos sebagai salah satu penyedia software minimarket terbaik. Selamat mencobanya. Coba gratis dengan klik gambar di bawah ini!

software-minimarket-terbaik-beepos

Demikian artikel Tips Memilih Software Minimarket Terbaik. Semoga apa yang dijelaskan dapat bermanfaat!

Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan¬† sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus […]
Baca Juga
Pentingnya Standar Operasional Prosedur Perusahaan
Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang baik dan benar akan menentukan bagaimana masa depan suatu perusahaan. SOP menjadi sebuah tolak ukur […]
Baca Juga
Mesin Kasir Alfamart, Aplikasi POS Minimarket Favorit Sejuta Umat
Mesin kasir alfamart merupakan toko retail terpopuler dengan¬†jenis aplikasi POS yang diinginkan banyak orang. Terlebih mesin kasir alfamart yang dinilai […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu