Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

7 Tips Membuka Toko Sembako Modern yang Sukses

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 27 October 2022

Toko sembako menjadi pilihan banyak orang yang ingin berbelanja sembako tanpa harus pergi ke supermarket. Karena hal tersebut, membuka toko sembako modern merupakan ide yang menarik. Dengan inovasi baru yang belum ada sebelumnya, orang pun menjadi lebih tertarik untuk berbelanja.

Dalam hal ini, pengusaha dapat mengkombinasikan sebuah toko kelontong dengan konsep yang lebih modern. Kesan toko sembako yang biasanya kecil, tidak rapi, dan tidak lengkap pun bisa dihilangkan. Jika rencana bisnis ini dilakukan secara cermat, toko sembako bisa memberikan keuntungan yang memuaskan.

Tips Membuka Usaha Toko Sembako Modern

Tips Membuka Toko Sembako Modern

Ilustrasi Sembako (Sumber: Freepik.com)

Sebelum membuka usaha toko sembako dengan konsep modern, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para pengusaha. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

  • Mengusung Ide One-Stop Store

Meskipun toko yang akan dibuka adalah toko sembako, penambahan ide one-stop store akan menambah daya tarik toko. Konsep ini akan mempermudah semua konsumen yang datang untuk berbelanja. Mereka tidak perlu lagi untuk pergi ke toko lain karena toko menjual berbagai kebutuhan yang lengkap.

Selain produk sembako, bisa juga ditambahkan dengan kebutuhan dapur lain mulai dari sayuran, buah-buahan, perlengkapan mandi, dan produk kebutuhan sehari-hari lainnya. Dengan kelengkapan produk yang ditawarkan, tentu saja akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk datang. 

  • Desain Modern

Karena akan mengusung konsep modern di toko sembako, maka desain toko yang modern adalah hal yang wajib. Buatlah toko menjadi lebih terang. Orang akan lebih tertarik untuk datang ke sebuah tempat yang menarik perhatian mereka, misalnya datang ke toko dengan penerangan yang baik.

Tidak hanya itu, permainan desain grafis pada logo atau banner toko bisa menjadi sebuah ide yang tepat. Desain grafis tersebut juga bisa diletakkan di dalam toko untuk menambah daya tarik.

Baca Juga: Toko Kelontong: Pengertian dan Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

  • Membuat Spot Center

Spot Center Toko Sembako Modern

Ilustrasi Spot Center Toko Sembako Modern (Sumber: Freepik.com)

Karena toko sembako atau toko kelontong biasanya dibuka di area yang cukup jauh dari jalan utama yang ramai, seperti di dalam perumahan, maka membuat spot center merupakan ide yang tepat. Spot center yang dimaksud ialah pembuatan tempat yang nantinya bisa dibuat sebagai tempat berkumpul.

Misalnya ialah membuat pangkalan ojek online di dekat toko sembako. Dengan adanya spot center tersebut, akan ada banyak orang yang mengetahui ada sebuah toko sembako disana. Kemudian, pastikan jika spot center yang dibuat didesain semenarik mungkin yang bisa mempermudah toko sembako viral.

  • Selalu Update Barang Baru

Masyarakat yang kini lebih suka dengan hal-hal modern membuat mereka cenderung memilih tempat belanja yang modern juga. Selain mengubah desain toko agar lebih kekinian, cara lain yang dapat dilakukan pemilik toko ialah dengan selalu update barang baru.

Manfaatkan grup chat dan juga media sosial untuk selalu terhubung dengan semua pelanggan. Dengan informasi tersebut, para konsumen bisa mengetahui barang apa saja yang dijual di toko. Hal ini akan sangat menguntungkan karena bisa menambah jumlah pelanggan toko.

  • Tambahkan Barang Menarik Secara Rutin

Menambahkan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang unik akan membuat para pelanggan tertarik datang ke toko sembako modern. Misalnya ialah penambahan produk peralatan kebersihan yang canggih, menambahkan makanan yang sedang viral, atau menambahkan layanan seperti pemotongan buah.

Pastikan jika hal-hal tersebut bisa menjadi ciri khas toko yang membuat konsumen mendapatkan kesan baru. Dengan kata lain, para konsumen akan lebih mudah mengingat toko tersebut dibandingkan dengan toko sembako biasa lainnya.

  • Penataan Barang yang Rapi

Penataan Rapi Toko Sembako Modern

Ilustrasi Penataan Rapi Toko Sembako Modern (Sumber: Freepik.com)

Barang dagangan yang lebih rapi akan mempermudah para konsumen untuk mencari barang yang mereka cari di toko. Pengelompokan barang dagangan juga sangat disarankan. Kelompok barang dagangan sembako sebaiknya jangan tercampur dengan barang dagangan peralatan kebersihan.

  • Menjaga Kebersihan Toko

Tidak kalah penting untuk dilakukan, pemilik toko wajib menjaga kebersihan toko dengan baik. Toko yang bersih akan membuat konsumen lebih nyaman saat berbelanja. Selain itu, kebersihan toko juga akan membantu menjaga kondisi dagangan agar tetap bersih dan menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Sederhana

Kesimpulan

Setidaknya ada 7 hal yang sebaiknya dilakukan untuk memulai sebuah toko sembako modern. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan pelayanan yang ramah kepada semua konsumen agar toko sembako semakin laris.

Setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekuarangan. Sama halnya dengan bisnis toko sembako. Maski masih banyak yang menganggap remeh bisnis ini, tetapi jika dilakukan dengan benar maka bisnis ini bisa menjadi bisnis paling menguntungkan. Tips yang kami bahas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari toko Anda.

Untuk mempermudah operasional toko sembako modern seperti kontrol stok, pencatatan transaksi, hingga laporan laba rugi Anda bisa menggunakan Software Kasir Beepos. Beepos memiliki fitur lengkap seperti potong stok otomatis, pembuatan faktur otomatis, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, penghitungan aset, dan bisa pantau secara realtime laporan keuangan seperti laba dan rugi.

Coba gratis Beepos sekarang!

aplikasi sembako catat transaksi stok hingga laba rugi

Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Wilayah, Transaksi, dan Bentuknya
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Jenis-jenis pasar juga berbeda-beda tergantung kepada waktu, cara transaksi, wilayah cakupan, dan lain […]
Baca Juga
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan […]
Baca Juga
Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna
Ada beberapa contoh pasar persaingan sempurna maupun tidak sempurna yang bisa dianalisis berdasarkan beberapa aspek. Misalnya komoditas yang diperjualbelikan juga […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu