Software Kasir Alfamart dan 7 Fitur Canggihnya

Tuesday, 16 November 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
software-kasir-alfamart-tantangannya-setiap-hari

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Software kasir Alfamart merupakan sesuatu yang wajib bagi seorang kasir. Banyak orang menganggap profesi ini mudah karena tidak membutuhkan banyak tenaga, padahal resiko yang mereka emban sangat besar. Tidak terbayangkan jika mereka harus menghitung transaksi secara manual.

Ragam Tantangan yang Setiap Hari di Hadapi Kasir Alfamart

software-kasir-alfamart-tantangannya-setiap-hari

Potret Kasir Alfamart (Sumber: Republika.co.id)

Alasan pentingnya menggunakan software kasir Alfamart tidak lepas dari banyaknya tantangan yang harus dihadapi oleh seorang kasir setiap hari. Tantangan tersebut yaitu:

1.      Berpacu dengan Waktu

Seorang kasir dituntut cepat dan tangkas dalam menyelesaikan transaksi dari konsumen yang sudah mengantri. Dalam konsep pelayanan publik, kecepatan jasa sangat penting. bukankah Setiap orang ingin menghindari kegiatan yang membuat mereka menunggu?

2.      Berpacu dengan ketepatan Hitung

Selain kecepatan, ketepatan dalam menghitung jumlah transaksi konsumen sangat menentukan kasir seorang kasir. Meskipun kesalahan hitung adalah manusiawi, namun kasir sebisa mungkin harus meminimalisir kemungkinan tersebut.

3.      Efisiensi Membuat Laporan

software-kasir-efisien-membuat-laporan

Dengan Software Kasir Membuat Laporan Jadi Lebih Efisien (Sumber: Pexels.com)

Seorang kasir tidak hanya bertanggung jawab terhadap pembeli, tetapi juga atasan mereka melalui laporan harian. Laporan ini mencakup jumlah transaksi, barang yang terjual, jumlah pemasukan, dan lain sebagainya.

Seorang kasir alfamart harus menyerahkan laporan tersebut setelah sift mereka selesai. Artinya, seorang kasir harus mengerjakan laporan dengan kinerja se-efektif mungkin agar tidak memakan terlalu banyak waktu agar segera bisa beristirahat.

4.      Tampilan dan Transparansi Data

Tidak hanya mendokumentasikan data keseluruhan transaksi, seorang kasir juga harus mampu menampilkan data tersebut secara rapi, rinci, dan mudah dipahami.

5.      Skill Mengoperasikan Sistem

Tantangan terakhir yang juga tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah skill untuk mengoptimalkan fungsi dari software kasir minimarket. Dalam realita, pekerjaan seorang kasir tidak bisa selalu mulus. Kadang kala kasir harus bisa menyelesaikan tugas-tugas tidak terduga.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya jika seorang kasir menguasai software mereka agar tidak kebingungan ketika menerima komplain maupun pertanyaan mendadak dari pembeli.

Pentingnya Menggunakan Software Kasir Alfamart

Software-Kasir-Android-Beepos-Mobile

Software Kasir Beepos Cepat dan Aman. Klik gambar untuk info selengkapnya.

Sepertinya memang akan sulit bagi kita untuk membayangkan tidak adanya software kasir Alfamart. Berikut ini alasan pentingnya penggunaan software bagi kasir alfamart:

1.      Meringankan Kerja Kasir

Keberadaan aplikasi minimarket gratis maupun berbayar tentu saja sangat meringankan pekerjaan kasir. Dengan sistem perhitungan transaksi yang mudah, seorang kasir bisa menyimpan lebih banyak energi mereka sehingga keramahan terhadap pembeli tetap prima.

2.      Membuat Pembeli Lebih Yakin

Software kasir Alfamart bekerja secara sistemis sehingga tidak memungkinkan terjadinya kesalahan hitung. Perhitungan yang presisi ini membuat pembeli semakin merasa aman dari dugaan adanya kecurangan maupun keteledoran dalam menghitung jumlah barang tersebut.

3.      Laporan Keuangan Lebih Terjamin

Dengan menggunakan software, kasir tidak perlu membuat laporan keuangan secara manual dengan cara menginput data satu per-satu. Sesuai fungsi utamanya, software kasir bertugas menyusun laporan keuangan secara otomatis, hanya dalam hitungan detik.

4.      Proses Pemantauan Penjualan lebih Mudah

Secara simultan, dengan adanya laporan keuangan yang rinci, akurat, dan tepat, pihak Alfamart bisa lebih mudah memantau penjualan secara rutin. Jika proses pemantauan dilakukan secara benar, maka proses pengembangan bisnis akan menjadi lebih optimal.

Fitur-Fitur yang Tersedia dalam Software Kasir Alfamart

Software-Kasir-Beepos-Desktop-Tampilan-Terminal-Kasir

Fitur-fitur Software Kasir

Atas berbagai kelebihan dan kepentingan menggunakan software kasir Alfamart, tentu Anda menjadi penasaran fitur apa saja yang tersedia dalam software tersebut.

Penjelasan ini berdasarkan kepada salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi kasir alfamart. Software ini dikenal dengan nama Bee.pos yang sudah populer di dunia keuangan dan akuntansi. Bee.pos seringkali menjadi gambaran dari aplikasi yang ideal dalam dunia software akuntansi.

Berikut fitur-fiturnya:

1.      Fitur Inventaris Produk dan Harga

Software kasir ini bisa menyimpan data ratusan ribu produk lengkap dengan harganya. Dengan begitu, kasir tidak perlu memasukkan nama produk secara lengkap atau mencari daftar harga. Anda hanya perlu memasukkan inisial atau kode produk dan sistem akan memunculkan rekomendasi.

Dengan begini, kasir bisa melayani pembeli lebih cepat karena menginput produk bisa mereka lakukan dalam hitungan detik.

2.      Fitur Mencetak Nota

Software Kasir Berhasil Cetak Nota

Software Kasir Berhasil Cetak Nota

Anda tidak perlu pusing mencari hardware eksternal tertentu untuk mengintegrasikannya dengan software kasir alfamart Bee.pos. Software ini sudah menyediakan layanan tersebut dan sangat mudah untuk diaplikasikan pada berbagai jenis hardware.

3.      Mengintegrasikan Data

Software Alfamart menggunakan jaringan internet untuk menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat lain. Teknologi ini memungkinkan atas Anda bisa memantau data tersebut kapan saja dan di mana saja, seaktual mungkin.

Tentu ini adalah keuntungan besar karena akses transparansi data antara kedua belah pihak semakin mudah.

4.      Fitur Barcode Scanner

Bee.pos melengkapi produk software mereka dengan fitur barcode scanner untuk mengenali produk. Sehingga hanya dengan mengarahkan barcode produk kepada sinar merah pada mesin scanner, kasir sudah bisa merekam data produk secara lengkap.

Sekali lagi, hal ini meningkatkan efektifitas kerja transaksi. Kasir tidak lagi perlu khawatir salah memasukkan nama barang sehingga menyebabkan keseluruhan laporan data menjadi rancu. Selain itu, proses merekam barang juga sangat mempersingkat waktu.

5.      Pengoperasian Melalui Online maupun Offline

Software kasir yang profesional idealnya memiliki sistem yang ramah terhadap berbagai macam kondisi. Contohnya jika jaringan internet sedang buruk, software seharusnya tetap bisa menjalankan tugasnya. Dengan demikian, pengguna akan merasa lebih aman dan tenang.

Bee.pos sendiri menyediakan layanan dalam fitur online ataupun offline. Adapun kebutuhan jaringan internet dari software ini hanya level 3G saja sehingga tidak mengharuskan koneksi internet harus selalu tinggi dan stabil.

6.      Fitur Pembaruan Harga Otomatis

Gambar 9. Harga Sudah Termasuk Pajak

Di Alfamart, pengadaan promo, potongan harga, bonus produk, atau sejenisnya adalah sebuah agenda rutin. Setiap bulan Alfamart mengadakan promo dan diskon untuk konsumen. Hal ini menuntut adanya software kasir yang menyediakan fasilitas untuk meng-update harga secara simpel.

Dengan fitur ini, seorang kasir tinggal menandai produk mana yang akan terkena diskon kemudian mengatur berapa besar diskon tersebut. Software secara otomatis akan merubah harga dari produk tersebut sesuai intruksi yang Anda masukkan.

7.      Fitur Pemantau Stok Barang

Fitur terakhir adalah pemantau stok barang. Bayangkan jika Anda harus keluar masuk gudang untuk mengecek stok barang-barang, mungkin hal itu akan membutuhkan waktu lama dan tentu saja menguras tenaga.

Dengan software, hal itu tidak perlu lagi. Seorang kasir hanya perlu memantau berapa persediaan barang yang masuk dan keluar dari gudang setiap hari. Sistem secara otomatis akan mengakumulasi jumlah tersebut.

Jika setiap barang masuk dan keluar sesuai dengan catatan, dijamin tak akan terjadi miskomunikasi antara data di software dengan jumlah barang di gudang.

Dengan demikian, 7 fitur utama di aplikasi Bee.pos mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk memilih software yang sesuai dan memadai dengan bisnis Anda. Sebagaimana kita ketahui, kualitas akuntansi sebuah bisnis sangat menentukan keberhasilan dalam pengembangan bisnis. Begitulah kurang lebih kesimpulan dari banyak pebisnis sukses.

Dengan teknologi software kasir Alfamart, proses pencatatan keuangan bisa menjadi lebih mudah dan aman. Tentu sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi-teknologi tersebut untuk membangun bisnis. Oleh sebab itu, tunggu apalagi?

Kontrol-Bisnis-Retail-Realtime-Beepos

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :