Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Keunggulan Aplikasi Toko Bangunan untuk Usaha Toko Bangunan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 19 April 2022

Aplikasi toko bangunan merupakan sebuah program yang dirancang untuk memudahkan operasional usaha toko bangunan. Tidak hanya menangani transaksi penjualan saja, tetapi juga menangani hal lain yang akan kita bahas di artikel ini.

Saat ini pembangunan gedung dan rumah baru masih berlanjut hingga saat ini. Selain itu, renovasi bangunan lama tidak pernah berhenti. Situasi ini membuat kebutuhan untuk bahan bangunan terus meningkat. Peluang ini tidak akan terbuang oleh Anda yang memiliki semangat bisnis. Memulai bisnis toko bangunan pada saat tak ada henti-hentinya adalah langkah yang tepat.

Sayangnya persaingan dengan sesama nama pemilik bangunan juga semakin sulit. Tidak dapat disangkal, dunia bisnis kejam. Hanya orang-orang kuat dan mampu berinovasi siapa yang bertahan hidup.

Apa itu Aplikasi Toko Bangunan?

pengertian-aplikasi-toko-bangunan

Ilustrasi Dua Orang Sedang Membawa Material Bangunan Photo by Kate Ferguson on Unsplash

Perkembangan teknologi membuat dunia bisnis mendapatkan manfaatnya seperti diciptakannya sebuah sistem yang dapat memudahkan operasional usaha. Sistem itulah yang disebut sebagai perangkat lunak. Perangkat lunak atau yang disebut dengan aplikasi tentu saja memiliki tujuan dan fungsi.

Tujuan ini diperoleh berdasarkan permasalahan atau keresahan para pengusaha yang sedang menjalankan bisnisnya. Banyak yang mengeluh karena sebuah kekurangan yang belum bisa diatasi, sehingga munculah aplikasi sebagai alat bantu yang membereskan masalah tersebut.

Usaha Toko bangunan mendapat jatahnya yakni dengan hadirnya aplikasi toko bangunan yang tentunya memiliki fungsi dan tujuan. Aplikasi toko bangunan merupakan sebuah sistem atau perangkat lunak yang berfungsi untuk memudahkan operasional usaha toko bangunan.

Kenapa Butuh Aplikasi Toko Bangunan?

Seperti yang kita tahu, toko bangunan memiliki beragam produk yang dijual, dan tentu saja banyak yang membutuhkannya. Banyaknya stok dan transaksi akan sangat sulit jika hanya dilakukan secara konvensional atau secara manual.

Alhasil, dibutuhkanlah sebuah sistem yang dapat membantu masalah tersebut. Namun ada alasan lain kenapa butuh menggunakan aplikasi toko bangunan yang bisa Anda simak berikut ini.

  • Mengatasi masalah transaksi penjualan yang masih manual, sehingga prosesnya lama hingga membuang waktu
  • Mengatasi pencatatan banyaknya stok toko bangunan dengan sistem yang otomatis
  • Membantu mencatat hutang dan piutang, tidak perlu menulisnya secara manual
  • Menyimpan data secara aman, dibandingkan menulis penjualan, stok, hutang dan piutang di kertas yang beresiko kehilangan atau rusak.
  • Laporan keuangan lebih akurat dan cepat

Keunggulan dan Manfaat Menggunakan Aplikasi Toko Bangunan

Toko Bangunan

Ilustrasi Toko Bangunan

Setelah mengetahui defini dan alasan mengapa harus menggunakan aplikasi toko bangunan, selanjutnya Anda perlu tahu tentang manfaat dan keunggulannya. Karena jika dibandingkan dengan cara kerja konvensional atau tanpa aplikasi, maka akan terlihat berbeda secara perkembangannya.

Anda yang menggunakan aplikasi, tentu saja mendapatkan manfaat dan keunggulan sehingga mengembangkan bisnis toko bangunan akan lebih mudah dan lebih cepat. Lalu apa saja keunggulan dan manfaat aplikasi toko bangunan?

1. Hemat Waktu & Tenaga

Aplikasi memberikan sistem kerja otomatis yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kegiatan operasional seperti transaksi penjualan dan pembelian, menghitung stok masuk dan keluar, membuat laporan arus kas, laporan akuntansi, dan masih banyak lagi.

Ketika Anda menggunakan aplikasi, Anda hanya perlu menginput item yang dibeli pelanggan, secara otomatis sistem akan mencatat transaksi penjualan, mengupdate stok, serta menghitung laba secara otomatis. Tiga pekerjaan tersebut dapat dilakukan dalam satu waktu, lalu bagaimana dengan yang lainnya? Tentu saja bisa lebih hemat waktu!

2. Meningkatkan Omset Penjualan

Salah satu strategi penjualan yang efektif adalah mengadakan sebuah promosi penjualan. Seperti halnya potongan harga, cashback, beli satu gratis satu, dan yang lainnya.

Untuk menjalankan promosi tersebut, akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi toko bangunan. Sebab, Anda tidak perlu mengingat-ingat barang apa saja yang mendapat discount, berapa total cashback pelanggan, barang mana yang dapat dijadikan bonus.

Ketika menggunakan aplikasi, semua itu dapat lebih mudah Anda kelola. Karena sistem akan menyimpan pengaturan promosi yang Anda jalankan. Ketika melakukan transaksi penjualan dan menginput barang pelanggan, secara otomatis sistem akan memberikan reminder program promosi sehingga harga akan secara otomatis terpotong.

3. Memperoleh Banyak Pelanggan

memperoleh-banyak-pelanggan-toko-bangunan

Ilustrasi Pemilik Toko Bangunan Mendengarkan Kebutuhan Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Selain menerapkan promosi penjualan, Anda juga bisa menerapkan sistem member. Sistem member ini terbukti dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena mereka akan merasa sangat spesial dengan bergabungnya sebagai member.

Aplikasi membantu Anda mengelola data member tersebut dengan mudah. Hasilnya jika pelanggan merasa senang, mereka akan memberikan testimoni kepada temannya.

4. Mengambil Keputusan Lebih Cepat

Laporan keuangan memiliki peran dalam analisa bisnis untuk mengetahui keadaan usaha yang dijalankan. Jika mengerjakan laporan keuangan membutuhkan yang lama, maka itu akan berdampak pada perkembangan bisnis yang lama pula.

Menggunakan aplikasi dapat membantu membuat laporan keuangan dengan waktu yang cepat karena sudah terbuat secara otomatis. Jika laporan keuangan sudah tersedia ketika Anda membutuhkannya, itu akan memudahkan dalam mengambil keputusan yang lebih cepat dibanding sebelumnya.

Sehingga, potensi mengembangkan bisnis menjadi lebih tinggi dan mudah.

5. Berpotensi Scale Up Bisnis Buka Cabang

Dengan segala keuntungan yang Anda dapatkan di atas, maka itu sangat memungkinkan untuk bisnis Anda lebih berkembang dalam waktu yang cepat. Bahkan lebih untungnya Anda bisa membuka cabang untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

Jangan khawatir ijika Anda sudah memutuskan untuk membuka cabang. Karena aplikasi toko bangunan akan membantu Anda mengelola cabang karena memiliki fitur data yang disimpan secara terpusat. Anda dapat membuka data tersebut dimana pun dan kapan pun.

Rekomendasi Aplikasi Toko Bangunan untuk Mengembangkan Bisnis Toko Bangunan

Setelah mengetahui pengertian, alasan dan keunggulan yang diberikan aplikasi toko bangunan, selanjutnya Anda bisa memilih aplikasi mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Saat ini, begitu beragam aplikasi yang tersedia di pasaran. Namun sebenarnya tidak semua aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Apalagi ini untuk bisnis toko bangunan, tentu harus yang sesuai dengan keunggulan yang dibahas di atas.

Beeaccounting merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa Anda pilih untuk usaha toko bangunan Anda. Beeaccounting dirancang untuk keamanan dan kecepatan dalam bertransaksi. Apa saja keunggulan dari Beeaccounting?

  • Aman dari Manipulasi & Kebocoran
  • Kontrol Stok Harian
  • Kontrol Banyak Cabang
  • Tetep Bisa Jualan Tanpa Internet
  • Mudah Kontrol Darimana Saja
  • Support Banyak Merk Hardware
  • Gampang Dioperasikan
  • Integrasi Akuntansi

Seperti yang sudah dibahas mengenai keunggulan dari aplikasi toko online, semua itu bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Beeaccounting.

Kesimpulan

Bisnis toko bangunan memang salah satu bisnis yang memiliki potensi besar karena menjual berbagai barang kebutuhan bangunan. Menggunakan aplikasi untuk mendukung bisnis toko bangunan adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mendapatkan segala keunggulan yang sudah dibahas di atas. Ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis toko online hingga memiliki banyak cabang.

Q: Software akuntansi untuk Toko Bangunan, BeeAccounting varian apa yg cocok untuk bisnis/usaha ini?

A: varian yang cocok untuk Toko Bangunan adalah Bee LITE atau Platinum. Kenapa varian Bee LITE atau Platinum?

Karena di versi LITE bisa digunakan untuk transaksi penjualan-pembelian tanpa ada proses perubahan bentuk material dan tanpa laporan akuntansi. Sedangkan untuk Bee Platinum terdapat proses perubahan bentuk material dan juga laporan akuntansi.

Aplikasi Toko Bangunan Catat Transaksi Hingga Laporan Keuangan Otomatis Jadi

App Sewa Mobil Lepas Kunci Berkualitas
Keberadaan app sewa mobil murah lepas kunci di Indonesia memang sudah sering membantu banyak orang. Sebab, dengan adanya aplikasi penyewaan […]
Baca Juga
5 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Dapat Diunduh Melalui Playstore
Aplikasi pengatur keuangan merupakan kunci utama dalam mencatat seluruh aktivitas kas masuk dan keluar, sehingga dapat membantu Anda untuk mengelola […]
Baca Juga
Aplikasi Minimarket Terbaik Agar Pebisnis Makin Cuan
Saat ini, kebutuhan akan aplikasi minimarket semakin meningkat. Karena banyak pengusaha mengalami pentingnya semua operasional bisnis mereka yang membutuhkan teknologi. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu