Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Aplikasi Toko Baju Terintegrasi Pembukuan & Laporan Keuangan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 21 April 2022

Aplikasi POS untuk toko baju saat ini memang sudah marak di pasaran. Usaha toko baju merupakan salah satu bisnis yang tak pernah mati karena barang yang dijual termasuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk Anda yang suka mengikuti trend, membuka usaha baju adalah ide yang bagus. Anda bisa menjangkau banyak pasar karena target marketnya cukup luas yaitu mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi, baju yang Anda pilih untuk dijual adalah jenis fashion yang kekinian. Itu akan memudahkan Anda untuk menarget pasar yang lebih lusa.

Namun dalam menjalani usaha toko baju, Anda perlu melakukan strategi yang tepat. Jangan sampai bisnis yang Anda baru mulai mengalami kerugian hanya karena pengelolaan yang tidak tepat.

Hadirnya aplikasi toko baju akan memudahkan pengelolaan usaha yang Anda jalankan. Pada artikel ini kami akan membeberkan mengapa Anda perlu menggunakan aplikasi untuk menjalankan usaha toko baju.

Apa itu Aplikasi Toko Baju?

aplikasi toko baju

Ilustrasi Pengusaha Toko Baju Melakukan Pembukuan Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Aplikasi toko baju adalah sebuah sistem perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat bantu operasional usaha toko baju. Awalnya, aplikasi tersebut diciptakan karena banyaknya kendala yang sering dialami pengusaha toko baju.

Selain mengatasi kendala, aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan segala kegiatan atau operasional usaha toko baju. Seperti halnya membantu mempercepat transaksi penjualan, mengontrol stok, hingga membuat laporan keuangan.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja

Manfaat Aplikasi Toko Baju

Selain pengertian, Anda juga perlu tahu manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi tersebut. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan:

  • Mempercepat proses transaksi, tak perlu manual menghitung total belanjaan pelanggan
  • Mudah analisa stok, tak perlu punya catatan stok manual, semua sudah tercatat otomatis pada aplikasi
  • Memudahkan pembelian, input transaksi dengan cepat dan stok bertambah otomatis
  • Data aman, cek segala riwayat penjualan dan pembelian lebih cepat, data tersimpan aman pada aplikasi
  • Aman catat hutang piutang, tidak perlu khawatir nota hutang piutang hilang, karena datanya aman
  • Laporan keuangan otomatis, laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca bisa Anda cek kapan pun tanpa membuatnya secara manual

Tips Memilih Aplikasi Toko Baju

tips-memilih-aplikasi-toko-baju

Ilustrasi Produk Dijual di Toko Baju (Sumber: Pexels.com)

Perkembangan teknologi penjadi peluang para startup untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk bisnis. Hingga saat ini begitu banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan. Tentunya ini akan menjadi dilema bagi sebagian pengusaha.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memimilih aplikasi yang tepat untuk usaha toko baju Anda.

1. Menentukan Kebutuhan Usaha

Buat daftar fitur yang ingin Anda dapatkan dari aplikasi, yang akan membantu Anda menjalankan bisnis toko baju Anda lebih mudah. Dengan membuat daftar seperti ini, Anda akan lebih fokus pada melakukan riset yang akhirnya Anda akan memilih, yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan toko Anda.

2. Riset Fitur

Dari daftar yang telah Anda buat, mulailah untuk menentukan aplikasi yang paling tepat. Meskipun kebutuhan setiap toko pakaian dapat bervariasi, tetapi sebagai ilustrasi, beberapa fitur di bawah ini penting di setiap toko pakaian. Coba periksa daftar Anda lagi, sudahkah Anda memasukkan fitur-fitur berikut:

  1. Transaksi penjualan. Aplikasi yang Anda pilih untuk toko baju Anda harus memiliki fitur yang akan membantu Anda mengatur harga modal dan menghitung laba penjualan secara otomatis. Selain itu, navigasi kasir dengan pilihan produk dan tampilan SKU akan memfasilitasi kasir dalam melakukan transaksi penjualan tersebut.
  2. Layanan pelanggan dan upselling. Aplikasi toko baju yang bagus akan memudahkan Anda mencatat riwayat pembelian pelanggan. Anda dapat mengakses informasi ini dan hal tersebut akan memudahkan Anda memberikan saran produk sebelum pelanggan membuat pembelian lain.
  3. Kemudahan manajemen karyawan. Dengan aplikasi, Anda dapat secara langsung dan mudah menghitung komisi untuk karyawan Anda. Menentukan shift kerja karyawan Anda juga dapat dilakukan berdasarkan kinerja mereka yang bisa Anda dapatkan dalam aplikasi ini.
  4. Manajemen persediaan stok. Dalam bisnis seperti toko baju, inventaris wajib dikelola dengan baik. Fitur aplikasi akan memudahkan Anda memantau item stok dan memberikan pemberitahuan ketika stok sedang sedikit. Ini juga penting untuk aplikasi toko pakaian dalam memiliki kemampuan untuk menyimpan inventaris dengan jumlah besar.
  5. Konsinyasi. Jika toko Anda menyajikan pengiriman penjualan, pilih aplikasi yang memiliki fitur konsinyasi yang terintegrasi dengan inventaris, pengembalian, faktur, dan keuangan sekaligus.

3. Fungsi dan Kemudahan

Tidak dapat dipungkiri, semakin banyak fitur yang ada dalam suatu aplikasi, semakin banyak fungsi akan dijalankan. Tapi ingat, itu juga akan membuat aplikasi lebih kompleks. Di sisi lain, fitur aplikasi yang lebih sederhana, cenderung menawarkan kemudahan penggunaan.

Nah, sekarang tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Apakah Anda memerlukan banyak fitur dan kompleks, atau cukup sederhana? Anda juga dapat memulai dengan aplikasi yang memiliki fitur dasar, kemudian menambahkan fitur lain nanti. Diskusikan dengan penyedia aplikasi apakah itu mungkin dilakukan.

4. Pertimbangkan Harga

Pastikan Anda memilih aplikasi yang menawarkan harga yang pasti, kompetitif, dan mencakup semua fitur yang Anda inginkan. Diskusikan dengan penyedia aplikasi tentang fitur-fitur ini. Periksa lagi, harga yang ditawarkan harus menyertakan fitur-fitur ini.

Berhati-hatilah dengan iming-iming aplikasi murah atau bahkan gratis. Anda mungkin berurusan dengan risiko harga tersembunyi dari fitur tambahan yang bisa lebih mahal daripada yang awalnya ditawarkan, atau lebih buruknya layanan yang tidak dapat diandalkan sama sekali.

5. Layanan After-Sales

Langkah terakhir yang tak kalah penting dalam memilih aplikasi adalah mengenai layanan yang mereka berikan terutama layanan after sales. Pasalnya begitu banyak yang hanya memberikan penawaran menarik tanpa memberikan dukungan ketika aplikasi sudah digunakan.

Layanan after sales sangat penting ketika Anda mulai menggunakannya. Di tengah jalan, saat ada fitur yang Anda butuhkan atau Anda ingin bertanya, pastika mereka siap memberika pelayanan kepada Anda. Terlebih mereka memberikan bantuan sehingga Anda akan lebih mudah menjalankan operasional usaha toko baju menggunakan aplikasi.

Rekomendasi Aplikasi Toko Baju untuk Anda

Setelah mengetahui beberapa langkah dalam menentukan aplikasi yang akan Anda gunakan, di sini kami akan memberikan rekomendasi salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan.

  • Aplikasi Toko Baju Beepos dan Beecloud

Beepos merupakan aplikasi kasir yang dapat digunakan untuk usaha toko baju. Dengan segala fitur POS yang diberikan, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan usaha. Selain itu, aplikasi Beepos telah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi Beecloud, sehingga laporan keuangan pada usaha Anda sudah secara otomatis dibuat ketika Anda sudah menggunakan aplikasi ini.

Anda cukup membeli Beepos maka Anda otomatis akan mendapatkan Beecloud. Jadi tidak perlu membeli dua aplikasi atau software. Cukup satu software saja bisa digunakan untuk POS dan pembukuan akuntansi dalam satu database.

  • Kelebihan Aplikasi Toko Baju Beepos dan Beecloud

  1. Aman dari Manipulasi & Kebocoran, biar Beepos yang jagain bisnis Anda sehingga setoran slip kasir, rekap penjualan per peyment, penjualan vs setoran, bisa aman sehingga Anda bisa tidur nyenyak.
  2. Jualan Kasir Cepat, didesain untuk kecepatan dan kemudahan dengan kelebihan full keyboard shorcut, edit qty input diskon, dan juga smart search tidak akan membiarkan kasir Anda memiliki antrian panjang
  3. Internet Offline Jualan Gass Teruss, enteng pakai sinyal 3G aja bisa lancar pakai software kasir online, jualan di jaringan 3G, theter hape, cocok untuk jualan di mall atau desa, Anda juga bisa melakukan monitor toko dari rumah
  4. Multi Payment, tidak hanya transaksi offline, Anda juga bisa menerima transaksi virtual dengan fitur multi payment. Pembayaran via GoPay bisa lebih mudah tercatat dan tersimpan

Kesimpulan

Aplikasi toko baju merupakan sebuah alat yang dapat membantu usaha yang dijalankan. Dengan berbagai fitur yang akan memberikan manfaat untuk usaha toko baju, sehingga Anda akan lebih mudah menjalankan operasional. Namun, Anda perlu mempertimbangkan atau memilih secara tepat yang mana aplikasi yang akan Anda pilih. Karena jika salah pilih, itu akan jadi sebuah kerugian bagi Anda.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi toko baju Beepos, Anda bisa mencoba gratis dengan klik gambar di bawah ini!

Kontrol-Bisnis-Retail-Realtime-Beepos

 

Cek 4 Keuntungan Pakai Software Faktur Penjualan
Software faktur penjualan merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam bisnis usaha barang dan jasa. Oleh karena […]
Baca Juga
Apa Itu Scan Produk dan Mengapa Penting Bagi Bisnis Anda?
Berbicara tentang scan produk, apa yang terlintas dalam benak Anda? Apakah sebuah kode batang yang terdapat pada produk belanjaan Anda? […]
Baca Juga
Daftar Harga Komputer Kasir Terlaris dan Terjangkau
Daftar Komputer Kasir - Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah lebih canggih dari zaman ke zaman. Teruma saat ini teknologi […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu