Software Akuntansi yang Sering Digunakan di Perusahaan

Wednesday, 4 August 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
tips-memilih-software-akuntansi

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Memilih software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan sering menjadi jalan pintas bagi para pemula di dunia bisnis. Pengetahuan yang masih terbatas mengenai macam-macam software akuntansi bisa menyebabkan Anda salah pilih dan menimbulkan kerugian bisnis.

Keuangan merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu bisnis. Pengembangan bisnis dapat Anda capai ketika berhasil mengelola keuangan dengan baik melalui pendataan yang tepat. Bayangkan jika Anda harus mencatat, menghitung, hingga mengakumulasi laporan keuangan tanpa menggunakan software akuntansi, sangat merepotkan bukan?

Tips Memilih Software Akuntansi untuk Perusahaan

tips-memilih-software-akuntansi-yang-sering-digunakan

Tips Memilih Software Akuntansi yang Sering Digunakan Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Dari banyaknya jenis software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan, Anda tidak boleh ikut-ikutan tanpa mempertimbangkan kesesuaian software tersebut untuk perusahaan. Perlu Anda ketahui, software akuntansi untuk perusahaan terbagi dalam beberapa jenis yang masing-masing memiliki perbedaan sangat signifikan.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan, pertimbangkan beberapa aspek berikut:

1.      Kesesuaian Jenis Bisnis

Se-populer apapun suatu software akuntansi di banyak perusahaan, Anda tidak bisa menggunakannya jika perusahaan Anda memiliki jenis yang berbeda. Setiap bisnis memiliki model akuntansi mereka sendiri, misalnya antara perusahaan dagang dengan perusahaan kontraktor. Tentu kebutuhannya berbeda.

Dalam mencari referensi software akuntansi, pilih perusahaan-perusahaan yang memiliki bidang sama dengan bisnis Anda. Usahakan mengambil nama perusahaan yang sudah mapan dan terkenal memiliki pembukuan akuntansi yang baik.

2.      Kesesuaian Jenis Kepemilikan Bisnis

Dari jenis kepemilikan bisnis, Anda dapat menentukan tujuan pembuatan laporan akuntansi. Contoh, jika perusahaan adalah milik sendiri, maka laporan akuntansi berfungsi sebagai sumber evaluasi pribadi. Untuk tujuan ini, Anda bisa menentukan sendiri kolom apa saja yang perlu menjadi perhatian dalam laporan.

Berbeda jika bisnis Anda bersifat UMKM, Firma, CV, atau perusahaan mitra. Pada tipikal ini, umumnya catatan akuntansi juga berfungsi sebagai laporan pertanggung jawaban antara kedua pihak yang bekerja sama. Oleh karena itu, catatan ini memiliki aturan tertentu yang mendapatkan persetujuan pihak-pihak terkait.

Software akuntansi UMKM, Firma atau sejenisnya sebaiknya bersifat online. Perangkat yang terhubung dengan jaringan internet memiliki fasilitas berbagi data kepada perangkat lain melalui persetujuan dari kedua pihak. Dengan begitu, proses koordinasi data menjadi lebih mudah, cepat, dan tentunya transparan.

3.      Fitur Back up Data

fitur-backup-data-pada-software-akuntansi-beeaccounting

Fitur Backup Data pada Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Software akuntansi yang ada di Indonesiakini secara umum sudah memasang fitur back up data. Jadi, jika sebelumnya Anda sudah menggunakan software akuntansi. Anda bisa langsung memindahkan data tersebut ke software baru dengan sistematis.

Aspek ini penting menjadi pertimbangan karena catatan akuntansi terdahulu tidak   boleh hilang begitu saja. Catatan akuntansi harus menjadi arsip untuk Anda simpan sebagai acuan atas dinamika perkembangan bisnis dari tahun ke tahun.

4.      Ketersediaan Fitur Integrasi

Sebagaimana sudah kita singgung sebelumnya mengenai software akuntansi online yang memfasilitasi pengguna membagikan data mereka kepada pihak lain yang berhak, fitur integrasi juga berfungsi mengefektifkan kerja setiap divisi dalam satu perusahaan.

Jadi, setiap divisi tidak perlu memiliki software yang berbeda. Fasilitas ini merupakan salah satu pencapaian teknologi software akuntansi terbaru yang patut untuk Anda terapkan pada perusahaan.

5.      Biaya Berlangganan

Anggaran biaya berlangganan software akuntansi juga perlu Anda sesuaikan dengan pemasukan rutin bisnis Anda. Jangan sampai terjadi ‘pasak lebih besar daripada tiang’ hanya karena mengejar kualitas software sehingga anggaran untuk aspek lain menjadi kocar-kacir.

Umumnya, software yang sudah umum bagi kebanyakan perusahaan memiliki harga standart, tidak terlalu mahal atau murah. Namun tetap saja, kebutuhan keuangan perusahaan Anda adalah aspek yang paling penting sebagai pertimbangan.

Beberapa pihak developer menyediakan variasi level software dengan pilihan harga. Fasilitas ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk memilih level mana yang menyesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

Keuntungan menggunakan software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan

keuntungan-menggunakan-software-akuntansi-yang-sering-digunakan

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih memakai software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan daripada software-software lain yang kurang populer. Tak perlu khawatir karena tampak ikut-ikutan, karena ini tidak berkaitan dengan kontestasi produk. Cukup fokus pada keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Beberapa keuntungan tersebut yaitu:

1.      Mudah Mendapatkan Testimoni

Keuntungan pertama, karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan software tersebut, maka tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkan testimoni. Sebelum benar-benar menggunakan, Anda juga bisa mencari informasi dahulu seputar software tersebut, seperti kelebihan, kekurangan, fitur-fitur dan lain sebagainya.

Informasi dari pengguna juga memiliki sudut pandang berbeda dengan penjelasan dari pihak developer aplikasi. Umumnya, calon konsumen lebih mempercayai ucapan testimoni karena lebih natural dan objektif.

2.      Terbukti Memiliki Fitur Memadai

Macam-Macam Software Akuntansi mempunyai fitur berbeda dan menjadi ciri khas  masing-masing. Jika sebuah perusahaan bertahan menggunakan software akuntansi yang sama selama bertahun-tahun, tandanya fitur tersebut memang cukup memadai untuk laporan akuntansi mereka.

Dengan memilih software akuntansi yang sudah cukup umum, Anda tidak perlu mengecek kualitas fitur di beberapa merk software untuk memilih mana yang paling baik. Konsensus dari beberapa perusahaan layaknya sudah cukup sebagai bahan pertimbangan Anda.

3.      Memiliki Branding yang Bagus

beeaccounting-dipercaya-banyak-perusahaan-akuntansi

Beeaccounting Telah Dipercaya 33.000 Perusahaan di Seluruh Indonesia (Sumber: Bee.id)

Kualitas software akuntansi yang Anda gunakan secara tidak langsung menunjukkan grade perusahaan. Misalnya Anda menggunakan software yang memiliki kelas sama dengan milik pesaing, secara otomatis Anda sedang menunjukkan kalau perusahaan Anda memiliki kualitas sama.

Membangun branding perusahaan melalui berbagai aspek juga penting menjadi perhatian. Eksistensi ini tidak hanya tertuju kepada kompetitor, melainkan juga bagi konsumen Anda. Branding yang bagus mengesankan profesionalitas serta kompetensi perusahaan Anda.

4.      Memiliki Harga Standart

Penggunaan software akuntansi yang umum di banyak perusahaan juga menandakan bahwa harga software tersebut standart, tidak terlalu mahal atau murah. Yang jelas, sofware tersebut menyediakan kualitas yang sesuai dengan harganya.

Aspek ini memang tidak bisa menjadi patokan mutlak karena banyak juga software akuntansi gratis. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda tidak membuat patokan pada satu perusahaan saja, melainkan survei ke beberapa perusahaan secara umum.

5.      Memudahkan Integrasi Antar Perusahaan

Hubungan kerja sama antar perusahaan akan lebih mudah terbangun ketika dua instansi memiliki model catatan akuntansi yang sama. Proses integrasi bisa berlangsung dengan mudah tanpa harus menyamakan model data satu sama lain.

Banyak kasus perusahaan terpaksa mengganti software akuntansi mereka dengan jenis software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan agar integrasi menjadi lebih mudah dengan perusahaan mitra. Kasus tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi Anda untuk memprioritaskan software yang sudah umum.

Demikian ulasan lengkap mengenai software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih software paling tepat. Dengan software akuntansi yang sesuai, Anda bisa menjalankan roda akuntansi perusahaan dengan mudah dan efektif. Tanpa khawatir telat selesai atau terjadi kesalahan.

Laporan Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :