Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Apa itu Konversi dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Data Konversi?

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 27 November 2022

Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang apa itu konversi. Pada dasarnya, konversi adalah salah satu jenis istilah dalam dunia digital marketing yang semakin sering digunakan oleh setiap pelaku usaha di Indonesia. Sebab, konversi memiliki peran yang cukup penting dalam dunia bisnis.

Dengan adanya konversi, bisnis dapat lebih mudah untuk memperoleh keuntungan yang sesuai dengan rencananya. Dalam hal ini, konversi utama dalam bisnis adalah penjualan, tapi hal ini tidak membuat jenis konversi lainnya tidak berharga, sehingga kenali definisi dari konversi dengan baik.

Apa itu Konversi?

Apa Itu Konversi Adalah

Ilustrasi Menghitung Laba Konversi (Sumber: Freepik.com)

Konversi dalam dunia bisnis juga sering disebut dengan nama conversion. Istilah ini merujuk pada suatu keadaan di mana pengunjung website melakukan tindakan yang dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan atau bisnis tertentu. Ada beberapa aktivitas yang termasuk dalam konversi.

Mulai dari menjadi pelanggan, follower, mendaftar membership, dan melakukan transaksi pembelian pada situs tersebut dapat dikategorikan sebagai aktivitas konversi. Sementara untuk tingkat konversi itu sendiri adalah persentase pengunjung website yang melakukan kegiatan menguntungkan tersebut.

Tak jarang dari beberapa tim pemasaran yang sering mengalami masalah di mana traffic website-nya cukup tinggi, tapi traffic ini tidak mampu menghasilkan konversi pelanggan yang besar. Jika masalah ini muncul, maka besar kemungkinannya penyebabnya ada di strategi pemasaran yang digunakannya.

Setiap pelaku usaha wajib melacak konversi website-nya secara rutin. Sebab, aktivitas ini dapat berguna untuk mengetahui apakah bisnis yang sedang dijalankan tersebut menguntungkan atau tidak.

Kendati demikian, hal ini tidak membuat konversi yang lebih rendah tidak perlu dilacak juga. Pasalnya, konversi yang lebih rendah juga penting untuk dilacak secara rutin.

Baca Juga: Seberapa Jauh Anda Benar-Benar Memahami Tentang Seluk Beluk Penjualan?

Cara Mengoptimalkan Angka Konversi

Cara Mengoptimalkan Angka Konversi

Ilustrasi Membaca Data Konversi (Sumber: Freepik.com)

Setelah memahami tentang apa itu konversi, sekarang sudah waktunya untuk memahami tentang bagaimana cara mengoptimalkan angka konversi situs dengan baik dan benar. Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan angka konversi situs bisnis, yaitu:

  • Tentukan Tujuan dari Konversi Situs

Langkah utama yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan tingkat konversi dalam bisnis adalah menentukan tujuan dari konversi situs tersebut. Penting untuk dilakukan oleh setiap tim pemasaran dalam menetapkan tujuan yang ingin diukur dan dioptimasi.

Sementara itu, untuk beberapa jenis tujuan konversi situs yang sering dipilih oleh para pelaku usaha di Indonesia adalah:

  • Konversi khusus
  • Klik pada elemen di landing pages
  • Klik pada tautan yang tercantum
  • Formulir yang diisi
  • Kunjungan ke halaman tertentu
  • Kumpulkan dan Lakukan Analisis Data Pengunjung dengan Baik

Selain konversi penjualan, bisnis juga akan membutuhkan jenis-jenis konversi yang lainnya seperti leads, pendaftaran email, pengisian formulir, registrasi, berlangganan, kunjungan ke halaman utama, dan panggilan telepon bisnis. Namun, tidak semua jenis konversi ini akan berlaku untuk semua bisnis.

Pada saat hendak mengoptimalkan angka konversi dalam situs, sangat tidak disarankan untuk melakukan asumsi dan estimasi. Semua harus dilakukan dengan menggunakan data yang tepat, sehingga semua pengambilan keputusan dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Ada beberapa jenis poin utama yang harus dilacak untuk melakukan aktivitas ini, dan beberapa poin tersebut adalah:

  • Data dan sumber lalu lintas
  • Detail perilaku pengguna pada halaman arahan
  • Bounce rate
  • Click Through Rate (CTR) dari iklan atau kampanye pemasaran lainnya
  • Informasi terkait pelanggan yang kembali berkunjung
  • Kenali Nilai Funnel Konversi Saat Ini

Ilustrasi Funnel Konversi (Sumber: Freepik.com)

Untuk bisa memperbaiki maupun mengoptimalkan angka konversi dalam situs bisnis, pastikan Anda sudah memahami secara jelas tentang apa dan bagaimana perjalanan pengguna pada situs serta funnel dari konversi tersebut.

Dengan melakukan langkah ini, setiap pelaku usaha dapat lebih merasa terbantu untuk mengukur di mana pengunjung merasa ragu ketika akan melakukan transaksi pembelian. Biasanya, aktivitas ini akan menghasilkan alasan-alasan yang masuk akal.

Sehingga, baik pihak pelaku usaha maupun tim pemasaran bisnis tersebut dapat merevisi strategi pemasarannya secara lebih efektif lagi.

  • Tekankan Proposisi Nilai Bisnis

Ketika memahami tentang apa itu konversi, Anda pasti juga tahu bahwa hal ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan angka penjualan bisnis. Pada dasarnya, proposisi nilai bisnis adalah penjelasan singkat mengenai alasan pengguna harus membeli produk atau jasa tersebut.

Dengan menekankan proposisi nilai bisnis secara lebih baik lagi, hal ini dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs Anda. Sebab, konsumen bisa lebih mudah untuk membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan pesaing lainnya.

Untuk melakukan langkah ini, ada baiknya pelaku usaha memahami pihak kompetitor secara jelas terlebih dahulu. Dengan memahami serta mempelajari strategi yang digunakan oleh perusahaan kompetitor ini, Anda bisa melihat di mana mereka mampu meraih keberhasilan.

  • Optimalkan Visual dan Tata Letak Halaman

Jika semua langkah yang ada di atas sudah dilakukan namun angka konversi tidak kunjung meningkat, maka sangat disarankan untuk melakukan perubahan pada landing pages. Perubahan ini dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk bisnis.

Usahakan untuk mengoptimalkan visual serta tata letak dari halaman situs tersebut berdasarkan data pengunjung dan praktik yang terbaik. Dengan begitu, pelaku usaha dapat lebih mudah untuk melihat konversi mana yang terpengaruh.

  • Andalkan Copywriting

Sudah ada banyak orang yang tahu bahwa copywriting dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap angka penjualan atau konversi bisnis. Kalimat yang lebih persuasif dipercaya dapat dijadikan sebagai poin di mana para pelanggan bisa merasa relate dengan apa yang sedang ditawarkan tersebut.

Saat ini, sudah ada banyak jasa copywriter yang siap membantu pelaku usaha untuk mengoptimalkan konversi pada situsnya. Jadi, tidak perlu khawatir ketika angka konversi situs bisnis Anda mengalami penurunan di periode-periode tertentu.

Manfaat Konversi dalam Bisnis

Manfaat Konversi Dalam Bisnis

Ilustrasi Manfaat Konversi dalam Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Salah satu alasan mengapa konversi harus selalu ditingkatkan dan dioptimalkan oleh setiap pelaku usaha adalah karena konversi memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Berikut adalah beberapa jenis manfaat yang berlaku di dalamnya:

  • Mengoptimalkan Strategi Pemasaran

Hanya dengan memahami apa yang dimaksud dengan konversi, Anda pasti sudah tahu bahwa istilah ini dapat mengoptimalkan strategi pemasaran secara lebih efektif. Melalui strategi pemasaran yang optimal ini, perusahaan bisa lebih mudah untuk meraih keuntungan yang berlimpah.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD

  • Lebih Memahami Target Pasar

Konversi juga dapat membantu perusahaan dalam memahami target pasar secara lebih baik lagi. Ketika perusahaan lebih memahami target pasarnya dengan baik, hal ini dapat membuat angka penjualannya semakin meningkat di setiap waktu.

  • Hemat Biaya

Dengan menggunakan conversion marketing atau pemasaran konversi, pelaku usaha dapat lebih menghemat biaya marketing yang harus dikeluarkan.

Sebab, mengonversi pelanggan yang sudah lama tertarik untuk membeli dan menggunakan produk, terbukti lebih mudah dibanding mencari pelanggan baru lainnya.

Kesimpulan

Setiap pelaku usaha memang harus memahami tentang apa itu konversi. Pasalnya, konversi dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap perusahaan, jika hal ini selalu ditingkatkan dan dioptimalkan dengan cara yang tepat.

Download Flowchart Cara Meningkatkan Omset Penjualan Pakai Matematika SD di sini atau klik gambar di bawah ini.

Flowchart tersebut bisa ditempel di dinding atau dibagikan ke tim Anda.

download-flowchart-cara-menaikkan-omset-dengan-matematika-sd

4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah
Kemajuan teknologi memudahkan segala aktivitas kita, salah satunya dalam mendukung bisnis, yaitu dengan adanya inovasi aplikasi invoice. Dahulu, pembuatan invoice […]
Baca Juga
Apa itu Warung Kopi? Cara Pembukuan dengan Aplikasi Warkop
Aplikasi warkop emang ada ya? Warkop adalah salah satu tempat favorit para remaja untuk berkumpul dengan teman-temannya. Banyak yang ingin […]
Baca Juga
Inilah 3 Tools dan Cara Membuat Invoice
Membuat Invoice dalam dunia perdagangan memang sangat familiar. Invoice biasa disebut dengan faktur penjualan yang biasanya digunakan sebagai surat penagihan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu